cover
Contact Name
Indra Hardian Mulyadi
Contact Email
indra@polibatam.ac.id
Phone
+6289693659849
Journal Mail Official
indra@polibatam.ac.id
Editorial Address
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Batam, Kepulauan Riau 29461, Indonesia
Location
,
INDONESIA
Journal of Applied Electrical Engineering
ISSN : -     EISSN : 25489682     DOI : -
Core Subject : Engineering,
JAEE (Journal of Applied Electrical Engineering) e-ISSN: 2548-9682 is a peer-reviewed scientific journal published by the Department of Electrical Engineering, Politeknik Negeri Batam, Indonesia. It is a free-of-charge open access journal published in two issues per year (June, December). The journal publishes original papers that show advances in the applied electrical engineering field, which includes, but are not limited to, electronics, microelectronics, instrumentation, electrical (power), telecommunication, electro-material, image processing, robotics, artificial intelligence, machine learning, signal processing, biomedical engineering, electronics manufacturing, computer engineering, control engineering, and automation.
Articles 73 Documents
Kendali Lengan Robot Manipulator Menggunakan Kamera Stereo Ary Alfianto
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 1 No 1 (2017): JAEE, October 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.935 KB)

Abstract

Robot Manipulator banyak digunakan dalam berbagai proses, salah satunya dibidang kedokteran. Dokter menggunakan alat bantu berupa robot manipulator sebagai alat mentranslasikan pergerakan tangan untuk melakukan pembedahan. Pada aplikasi lain, pergerakan robot manipulator menggunakan joystick dan membutuhkan kemampuan untuk mengontrol pergerakan robot. Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis membuat sistem kendali robot manipulator menggunakan pergerakan tangan. Sistem kendali yang menghubungkan robot manipulator dengan kamera stereo menggunakan koneksi TCP IP. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu metode offline dan online. Metode offline yaitu hasil data yang diterima dari kamera stereo akan ditampilkan visual robot manipulator pada PC. Sedangkan metode online, data yang di terima dari input akan di kirim ke PC server menggunakan komunikasi TCP IP untuk mengendalikan robot manipulator. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah robot manipulator dapat bergerak sesuai dengan pergerakan tangan secara offline maupun online. Kecepatan pergerakan robot manipulator mendekati kecepatan pergerakan tangan ketika kecepatan internal dari robot manipulator maksimal.
Optimalisasi Identifikasi Sidik Jari Menggunakan Metode Neural network pada Sistem Keamanan Sepeda Motor Sumantri K. Risandriya
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 1 No 1 (2017): JAEE, October 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.85 KB)

Abstract

Tingkat pencurian sepeda motor setiap tahunnya cukup tinggi. Penyebab maraknya pencurian sepeda motor karena lemahnya sistem keamanan pada sepeda motor. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem yang bisa mengatasi pembobolan sepeda motor, salah satu nya dengan membuat sistem keamanan pada sepeda motor. Sistem keamanan yang sedang berkembang adalah menggunakan sidik jari. Finger print atau sidik jari manusia memiliki karakteristik yang berbeda di setiap individu. Untuk dapat memanfaatkan sidik jari sebagai alat autentifikasi digunakan finger print scanner Sensor. Namun, terkadang masih ada error yang terjadi pada proses pengenalan diakibatkan oleh masalah spesifikasi sensor yang kurang akurat. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan membuat suatu system keamanan motor menggunakan sidik jari yang diintegrasikan dengan algoritma neural network. Algoritma neural network digunakan untuk mengoptimalkan proses pengenalan citra sidik jari, sehingga akan mengurangi error pada proses identifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem keamanan sepeda motor menggunakan sidik jari yang terintegrasi dengan algoritma neural network, sehingga sepeda motor hanya dapat dihidupkan oleh pemilik motor.
Robot Hybrid pada Kontes Robot ABU Indonesia 2016 (Climbing Task) Alex Nico Simanjuntak
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 1 No 1 (2017): JAEE, October 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.458 KB)

Abstract

Pada Kontes Robot ABU Indonesia tahun 2016 terdapat task terakhir yaitu climbing task yang harus diselesaikan oleh robot hybrid untuk memenangkan pertandingan. Pada bagian ini, robot hybrid harus memanjat tiang dan memasang propeller pada bagian engine. Untuk menyelesaikan task tersebut maka pada penelitian ini dikembangkan sistem pemanjat dan pemasang propeller yang menggunakan 4 buah roda polyurethane dan 3 buah motor power window sebagai pemanjat. Kemudian akan dikontrol menggunakan metode Proporsional Derivatif (PD) dengan menggunakan EDF dan rotary encoder sebagai feedback. Lalu setelah berada di atas tiang, robot akan memasang propeller ke engine. Hasil percobaan menunjukkan robot dapat meluruskan diri dengan garis dalam waktu 0,3 detik dan memanjat tiang dengan rata – rata error sebesar 2,17°. Robot dapat memasang propeller dengan tingkat keberhasilan 65,0% dengan rata – rata waktu yang dibutuhkan adalah 6,46 detik untuk sukses memasang propeller pada engine. Kegagalan pemasangan propeller disebabkan oleh mekanik robot yang kurang kuat dan pemasangan roda yang tidak sejajar pada pipa.
Pirani Gauge Inficon BPG400 Sebagai Alat Ukur dan Analisis Tekanan Pompa Vakum Berbasis Logika Fuzzy M. Syafei Gozali
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 1 No 1 (2017): JAEE, October 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1273.624 KB)

Abstract

Vacuum Drying Oven (VDO) is used in soft lens drying process by applying vacuum pressure to soft lens. The vacuum pressure is produced by vacuum pump. Because performance of vacuum pump has a big effect to drying process, so vacuum pump performance need to know to keep in optimum performance (vague). Existing measurement device can only measure vacuum pressure, thus vacuum pump performance is analyzed manually. To solve this problem, research is conducted to existing measurement of Pirani Gauge. Output from Pirani gauge is connected to computer via RS-232 communication to be processed using C# program and Fuzzy logic so measurement result of vacuum pressure and vacuum pump performance can be displayed on computer screen. Result of research is vacuum pressure measurement result and vacuum pump performance are displayed on computer screen and define the Fuzzy rule that suitable with vacuum pump performance reference that analyzed manually.
Sistem Monitoring Kapal di Selat Singapura Berbasis LabVIEW Ardian B. K. Atmaja
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 1 No 1 (2017): JAEE, October 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1784.028 KB)

Abstract

Sistem operasi Automatic Identification System (AIS) dimanfaatkan untuk pemantauan lalu lintas pelayaran kapal di Selat Singapura yang merupakan jalur pelayaran Internasional. Data real-time kapal AIS receiver merupakan data mentah yang harus dikonversi (decode) agar dapat ditampilkan dan dimanfaatkan dengan baik. Sistem terdiri dari perangkat keras AIS sebagai penerima data dan perangkat lunak AIS decode yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman LabVIEW dan difungsikan untuk penyimpanan, pengolahan serta menampilkan data AIS di Google maps secara real-time. Pemrograman LabVIEW memudahkan user untuk melakukan pemantauan lalulintas kapal karena program LabVIEW memvisualisasi secara real-time koordinat kapal (longitude dan latitude) dengan tingkat keakurasian koordinat kapal 99.61%. Metode dalam melakukan decode data AIS menjadi data kapal terdiri dari tiga tahapan yaitu proses konversi data AIS dengan tipe data char ke desimal, data desimal proses konversi ke biner dan mirror hasil data biner, mengelompokkan biner sesuai International Telecommunication Union (ITU) Recommendation M.1371 dan konversi kelompok biner dengan pembacaan Most Significant Bit (MSB) ke desimal. Hasil dari decode data AIS berupa Maritime Mobile Service Identity (MMSI), status navigasi, Rate of Turn (ROT), kecepatan kapal, posisi kapal (longitude dan latitude), Course Over Ground (COG), True Heading (HDG), time stamp, RAIM flag dan Radio status.
Penerapan Inverse Kinematics pada Pengendalian Gerak Robot Lego Riki Ria
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 2 No 1 (2018): JAEE, December 2018
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.127 KB) | DOI: 10.30871/jaee.v2i1.1075

Abstract

Dalam sebuah kompetisi robot Lego, diperlukan sebuah bentuk robot yang dapat dibangun untuk dapat digunakan menyelesaikan keseluruhan tugas dengan cepat. Penggunaan kinematika robot sangat penting untuk mendefinisikan arah dan kecepatan robot agar robot dapat melakukan pergerakan yang akurat serta sesuai dengan titik koordinat yang telah ditentukan. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana persamaan inverse kinematics yang ada dapat membuat robot Lego Mindstorm EV3 bergerak mengikuti perencanaan gerak yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan persamaan inverse kinematics pada robot differential wheel dengan menggunakan kontrol Proporsional Integral Derivatif (PID) dan regresi linier. Hasil percobaan menunjukkan bahwa robot memiliki pergerakan yang baik mengikuti jalur terpendek dengan parameter kontrol PID: Kp=1, Ki=0,3, dan Kd=1. Rata-rata error kecepatan yang dihasilkan adalah 1,5795% dan rata-rata error posisi adalah 12,22%.
Kendali Kecepatan Motor DC Berbasis Fuzzy Setting Point pada Labview Sabar Triyani
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 2 No 1 (2018): JAEE, December 2018
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.255 KB) | DOI: 10.30871/jaee.v2i1.1076

Abstract

Kelebihan motor DC adalah mudahnya untuk dikendalikan kecepatan putarnya namun harus tetap maintenance untuk menjaga performanya. Dari kelebihan tersebut timbul suatu masalah dimana banyak yang menginginkan agar motor DC dapat berputar dengan kecepatan stabil. Oleh karena itu dibuatlah suatu alat yang mengatur kecepatan motor DC dengan menggunakan sistem logika Fuzzy dengan setting-point pada LabVIEW. Logika Fuzzy sendiri merupakan pengendali yang terbilang efektif karena memiliki respon sistem yang stabil dan tidak perlu mencari model matematisnya. Input Fuzzy dirancang dengan 2 masukan yaitu error dan delta error. Input Fuzzy akan diproses oleh NI USB 6008 dengan menggunakan program LabVIEW kemudian menghasilkan sinyal PWM sebagai pengontrol kecepatan motor. Proses Fuzzy logic menggunakan metode defuzzifikasi COA (Center Of Area) non-singleton. Pada pengendalian motor DC Fuzzy pada labVIEW dapat digunakan sebagai pengontrol motor dengan kecepatan stabil. Meskipun dengan nilai setpoint yang diubah namun kecepatan tetap terjaga kestabilannya. Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan dengan memasukan set point pada kecepatan 0-3000 dengan rentan masing-masing 250 rpm, hasil keakurasian output menghasilkan error tertinggi yaitu ±118.928 pada setting point 1000 rpm dan error terendah yaitu ±2.9101 pada setting point 2500 rpm.
Kendali Posisi Linear Actuator Berbasis PID Menggunakan PLC Randy Hardiansyah
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 2 No 1 (2018): JAEE, December 2018
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.906 KB) | DOI: 10.30871/jaee.v2i1.1077

Abstract

Linear actuator pada pneumatik mempunyai kemampuan gerak linier yang cepat, namun tidak diimbangi dengan kemampuan untuk berhenti pada setiap posisi pergerakannya. Pergerakan linear actuator pada umumnya hanya dapat berhenti pada kedua ujung terminalnya (endpoint). Sehingga diperlukan sistem kendali pergerakan posisi linear actuator. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian bagaimana merancang sistem kendali untuk mengendalikan posisi linear actuator. Pada penelitian ini menggunakan sistem kendali PID dengan metode trial and error dalam menentukan nilai konstanta PID dan menggunakan kontroler berupa PLC. Dari hasil pengujian sistem kendali posisi linear actuator waktu yang dibutuhkan untuk mencapai steady state dari posisi 0 cm menuju 30 cm yaitu 2.079 second. Hasil dari pengujian sistem kendali posisi linear actuator menggunakan kontrol PID menghasilkan nilai steady state error yang cukup kecil yaitu selisih 1 mm antara posisi target dan posisi tujuan.
Otomasi Pendorong Singkong pada Mesin Pemotong dalam Pembuatan Keripik Singkong Reinol Silitonga
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 2 No 1 (2018): JAEE, December 2018
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.999 KB) | DOI: 10.30871/jaee.v2i1.1078

Abstract

Mesin pemotong singkong otomatis merupakan suatu mesin yang dirancang untuk memotong singkong secara otomatis dengan memanfaatkan komponen elektronika. Hasil potongan singkong dapat dimanfaatkan sebagai makanan ringan salah satunya adalah kripik singkong. Dalam perancangan alat pemotong singkong ini dibutuhkan power supply 12 VDC sebagai penyuplai tegangan, motor power window sebagai pendorong singkong, motor kapasitor sebagai penggerak mata pisau, push button dan limit switch sebagai saklar pengaktifan komponen. Mesin ini dikontrol dengan meggunakan relay, sedangkan potensiometer digunakan dalam menentukan kelajuan pendorong singkong. Pengukuran tebal atau tipisnya hasil pemotongan diukur menggunakan jangka sorong. Hasil pemotongan singkong optimal didapat pada hambatan potensiometer 1000 kΩ dan durasi waktu 12 menit untuk 3 kg singkong dengan ketebalan pemotongan 4 mm.
Komunikasi Sistem Pembaca 2D Dengan Mesin Laser Marking Berbasis PLC M. Syafei Gozali
Journal of Applied Electrical Engineering Vol 2 No 1 (2018): JAEE, December 2018
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.126 KB) | DOI: 10.30871/jaee.v2i1.1079

Abstract

Currently size of Integrated Circuits (IC) become smaller while it needs more information on its label. Therefore 2D data matrix is use to replace standard character for the identification. To improve laser mark machine capabilities to be able to read 2D data matrix, a 2D reader system is required to integrate with existing laser mark machine. This study aims to develop 2D reader system that can read 2D data matrix and communicates with laser mark machine automatically. Communication between 2D reader system and laser mark machine was done through Programmable Logic Control (PLC) inside the machine using serial (RS-232) by utilizes available data memories inside the PLC. The experimental result indicates the 2D reader system able to communicate with laser mark machine and it can differentiate readable and unreadable 2D data matrix. Unreadable 2D Code was caused by different process on the tested material. The readable 2D Code through Chemical Deflash – Water Jet (CD-WJ) process while the unreadable 2D Code run without CD-WJ.