cover
Contact Name
Dr. S. Bekti Istiyanto
Contact Email
bekti.istiyanto@unsoed.ac.id
Phone
+6285221626505
Journal Mail Official
bektiis@yahoo.com
Editorial Address
Jurusan Ilmu Komunikasi Jalan Kampus No 1 Grendeng Purwokerto Utara
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
ISSN : 02167239     EISSN : 26861968     DOI : -
Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel yang dapat diterima Jurnal Widya Komunika adalah kajian Komunikasi Kontemporer secara umum dan Komunikasi Pendidikan secara khusus. Dalam bidang Komunikasi Pendidikan tidak dibatasi dalam kajian konseptual teoretis saja namun juga kajian yang bersifat terapan/bersumber kasus di masyarakat secara langsung seperti Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Instruksional, Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemasaran Sosial, dan Perubahan Sosial.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA" : 7 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL DALAM MENYUSUN DAN MELAKSANAKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI ON THE JOB TRAINING DI SMP NEGERI 2 BUMIAYU BREBES SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Susi Lestari
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1090

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, kemampuan guru SMP Negeri 2 Bumiayukhususnya guru mata pelajaran ujian nasional dalam menyusun RPP kurang baik. Sehinggakondisi demikian perlu diperbaiki. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan di SMP Negeri2 Bumiayu, Kabupaten Brebes. Subjek penelitian dalam PTS ini adalah guru Mapel UN SMPNegeri 2 Bumiayu sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperolehmelalui observasi dan hasil penilaian RPP menggunakan instrumen supervisi bidang RPP. Hasilpelaksanaan penelitian tindakan sekolah (PTS) adalah: kegiatan pelatihan dalam bentuk on the jobtraining mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Dilihat dari proses,pelaksanaan kegiatan on the job training mampu meningkatkan keaktifan guru dalam menyusunRPP. Hal itu ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas pada siklus I diikuti dengan baik oleh53% guru, kemudian menjadi 76,47% pada siklus II dan menjadi 100% pada siklus III. Haltersebut dilihat dari aspek keseriusan mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas-tugas yangdiberikan, kesediaan bekerjasama dan keaktifan. Dilihat dari hasil, terlihat adanya peningkatankemampuan menyusun RPP. Kemampuan menyusun RPP mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 26,88% pra siklus, menjadi 30,24% pada siklus I, meningkat menjadi 33,29% padasiklus II dan meningkat menjadi 37,35% pada siklus III. Secara individu pada siklus I baru dengankategori baik dibandingkan dengan siklus I dengan rata-rata 30,24% dengan kategori kurang baik.Secara individu tercatat 41,18% yang mampu mencapai nilai baik pada siklus I, 94,12% mampumemperoleh hasil nilai baik pada siklus II dan 100% guru mampu memperoleh hasil nilai baikpada siklus III.
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU IPA DENGAN EFEKTIFITAS “SUKA EVA” PENGAWAS SEKOLAH DI SMP WILAYAH BINAAN KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GASAL TAHUN 2014/2015 SUJIRANTO SUJIRANTO
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1103

Abstract

Meningkatkan kualitas pembelajaran guru IPA dengan pendekatan “Sukaeva” di SMP binaanPengawas Sekolah Kabupaten Banyumas semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkanlemahnya hasil supervisi akademik pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 rata-ratamasih bernilai cukup, maka peneliti perlu melakukan Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proes pembelajaran di kelas.Penelitian ini menggunakan pendekatan Supervisi Akademik dan Evaluasi di tujuh SMP binaanpengawas wilayah Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pada awalsebelum penelitian hasil supervisi menunjukkan hasil yang sangat rendah yaitu 70,5. Hasil inimasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan pembinaan dan dilakukan supervisi olehpengawas sekolah pada siklus 1 hasil dari 7 guru nilai rata-rata menjadi 81,274 atau 71,429%termasuk hasilnya yang baik, dan 28,571 % nilai masih cukup. Pada siklus kedua nilai rata-rata89,575 yang kategori amat baik ada 4 dari 7, atau 57,143% dan yang kategori baik ada 3 atau42,857. Jadi dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan kualitas pembelajaran guru naik sebesar8,301. Peningkatan kualitas guru akan mempengaruhi kualitas pembelajaran, yang berdampaklangsung pada peningkatan kemampuan peserta didik.
PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MURID MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI DI TK (TAMAN KANAK-KANAK) PERTIWI KARANGWANGKAL Maharrani Dwi Kusumaningsih
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode pembelajaran yang digunakan diTaman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Karangwangkal, Purwokerto Utara. Berdasarkan deskripsitersebut diperoleh adanya pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap keberhasilanperkembangan kemampuan kognitif murid di TK tersebut. Subjek penelitian adalah guru danmurid di TK Pertiwi Karangwangkal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan untuk mengetahuiperkembangan kemampuan kognitif adalah bercerita, bernyanyi, bermain, berdiskusi, outingclass. Dari beberapa metode pembelajaran yang digunakan tersebut, yang paling seringdigunakan oleh pengajar atau guru di TK Pertiwi Karangwangkal sebagai upaya untukmengetahui keberhasilan perkembangan kognitif muridnya adalah metode bercerita danbernyanyi. Metode tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap proses perkembangankemampuan kognitif muridnya, dari yang belum memahami materi pembelajaran menjadi lebihmudah memahami materinya. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metodepembelajaran tersebut meliputi kurangnya konsentrasi pada beberapa murid pada saat prosespembelajaran.
KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PEMBINA PRAMUKA SIAGA DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI KEJUARAAN PESERTA DIDIK DI SDN 1 GRENDENG KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS Ashlikhatul Fuaddah
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1104

Abstract

Komunikasi instruksional merupakan proses komunikasi yang dipola dan dirancang secarakhusus untuk mengubah perilaku sasaran dalam komunikasi tertentu ke arah yang lebih baik.Kata instructional dapat diartikan sebagai pengajaran, pelajaran atau bahkan perintah atauinstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mendeskripsikankomunikasi instruksional pembina pramuka siaga dalam mempertahankan prestasi kejuaraanpeserta didik SDN 1 Grendeng. Data penelitian diperoleh dari beberapa informan, yakni duapembina dari pihak dewan guru dan dua orang dari pihak luar yaitu Racana Soedirman.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Modelanalisis data yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif milik Millesdan Huberman. Validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber dengan caramembandingkan atau mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh padawaktu dan dengan alat yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi instruksionaldalam praktiknya menggunakan komunikasi mekanistis. Metode instruksional yang digunakanadalah metode latihan, sedangkan model instruksional yang digunakan adalah Classroomsoriented model. SDN 1 Grendeng bertahan dalam prestasi kejuaraannya adalah karena dukungandari pihak sekolah meliputi Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite Sekolah dan BKR jugadukungan penuh dari para orang tua peserta didik.
MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PEMBINAAN BAGI KEPALA SMP DI KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Joko Sumarno
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1100

Abstract

Penelitian dilakukan selama enam bulan dari bulan Juli sampai Desember tahun 2015 di SMPwilayah kecamatan Rembang kabupaten Purbalingga dengan tujuan untuk meningkatkan kompe-tensi supervisi akademik kepala sekolah. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode PenelitianTindakan Sekolah yang terdiri dari 2 siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dariPerencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing) dan Refleksi(Reflecting). Pada siklus I, pembinaan kepada kepala sekolah dilakukan secara klasikal. Pada si-klus II, pembinaan kepada kepala sekolah dilakukan secara individual.Data yang diperoleh beru-pa kompetensi supervisi akademik kepala sekolah yang terdiri atas data kondisi awal, data siklus Idan data siklus II. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatifyaitu membandingkan data kondisi awal, data siklus I dan data siklus II. Sebelum dilakukanpembinaan, 8 kepala sekolah predikat kompetensi supervisi akademiknya “kurang”. Pada siklus Iterdapat satu kepala sekolah memiliki predikat “baik”, 1 kepala sekolah memiliki predikat“cukup” dan 6 kepala sekolah berpredikat “kurang”. Pada Siklus II, 3 kepala sekolah berpredikat“amat baik”, 2 kepala sekolah predikatnya “baik”, 1 kepala sekolah predikatnya “cukup” dan 2kepala sekolah predikatnya “kurang”. Data pelaksanaan supervisi, pada kondisi awal tidak adakepala sekolah yang melaksanakan supervisi sesuai prosedur. Pada siklus I, 5 kepala sekolahmelaksanakan supervisi sesuai prosedur dan 3 kepala sekolah tidak sesuai prosedur. Pada siklusII, 8 kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik sesuai prosedur. Sedangkan tingkatketerlaksanaan supervisi akademik, pada kondisi awal 28,99%, siklus I 44,03% dan siklus II74,58%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara teoretik maupun secara empirik,melalui pembinaan dapat meningkatkan kompetensi supervisi akademik kepala sekolah SMPkecamatan Rembang kabupaten Purbalingga pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016.
PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MAPEL TEORI KEJURUAN SMKN 1 PURWOKERTO Insan Insan
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1101

Abstract

Tujuan penelitian adalah untukmengetahui pengaruh penggunaan Model Problem BasedInstruction terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitianeksperimen. Model PBI sebagai variabel bebas sedangkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswasebagai variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 sebagaikelas kontrol dan siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilansampel dengan Cluster Random Sampling.Teknik analisis data menggunakan Analisis deskriptifstatistic dilanjutkan dengan uji F (ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa untuk variabel keaktifan belajar nilai F hitung (116,65) > nilai F tabel/critis (4,00), Nilai P-value ( 0,00) < nilai probalitiy (α) 0,05. Untuk variabel hasil belajar nilai F hitung (9,03) > nilai Ftabel/critis (4,00), Nilai P-value (0,00) < nilai nilai probalitiy (α) 0,05. Terdapat perbedaan yangsignifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Instructiondengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model problem based instruction.
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TENTANG MITIGASI BENCANA MELALUI METODE FGL BAGI SISWA KELAS X-MIA1 SMAN 2 CILACAP Sutarno Sutarno
Widya Komunika Vol 6 No 1 (2016): Jurnal Komunikasi dan Pendidikan WIDYA KOMUNIKA
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.wk.2016.6.1.1102

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana proses pembelajarandengan menggunakan metode FGL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi,seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar geografi setelah menggunakanpembelajaran dengan metode FGL, serta bagaimana perubahan perilaku untuk meningkatkanmotivasi dan hasil belajar geografi setelah proses belajar mengajar dengan metode FGL. Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode FGLdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi tentang mitigasi bencana,mendeskripsikan seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar geografi tentang mitigasibencana, serta mendeskripsikan perubahan perilaku yang menyertai peningkatan motivasi danhasil belajar geografi tentang mitigasi bencana. Penelitian dilakukan di kelas X-MIA1 SMAN 2Cilacap, dengan jumlah siswa 38 orang. PTK ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran2014/2015, dan dimulai bulan Maret 2015 sampai Mei 2015. Penelitian tindakan inimenggunakan 2 siklus proses belajar mengajar yang akan digunakan untuk melihat adakahperubahan pada diri siswa (motivasi dan hasil belajarnya). Hasil PTK yang kami lakukanmenunjukan bahwa proses pembelajaran yang menggunakan metode FGL dapat meningkatkanmotivasi dan hasil belajar, besarnya motivasi yang dicapai adalah dari kategori rendah (52,63%)menjadi kategori tinggi (71,05%), sedangkan besarnya hasil belajar yang dicapai meningkatdari 65,79 dari hasil posttest siklus pertama menjadi 93,42 dari hasil posttest pada siklus 2. Hasilyang lain adalah perubahan perilaku siswa dan guru semakin kreatif, inovatif dan lebihbersemangat dalam PBM.

Page 1 of 1 | Total Record : 7