cover
Contact Name
INSAN DOKTOR EKONOMI INDONESIA
Contact Email
idei.jeb@gmail.com
Phone
+6231-5920819
Journal Mail Official
idei.jeb@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gayung Kebonsari VIII/29B Perum Injoko, Surabaya The Mezzanine A/21 Nginden Semolo-Surabaya, Jawa Timur.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27221008     DOI : http://doi.org/10.38076/ideijeb
Core Subject : Economy, Social,
“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember dalam bahasa Indonesia. Bidang kajian dari "IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis" meliputi: Ilmu Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran Ilmu Manajemen Keuangan Ilmu Manajemen Manusia Ilmu Manajemen Produksi Ilmu Akuntansi, dll
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021" : 5 Documents clear
PERPINDAHAN MEREK AKIBAT KETIDAKPUASAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PRODUK SMARTPHONE Nuruni Ika Kusuma Wardhaniika; Ignatia Martha Hendrati
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v2i1.56

Abstract

This research was motivated by a decrease in sales and market share of An-droid smartphones in a certain period that identified the phenomenon of the shift of smartphone users with certain brands that have Android operating system to other brands of smartphones with other operating systems. The purpose of this study was to determine the effect of product attributes, consumer dissatisfaction, and Brand Image and price perception on the shift of the Xiaomi Android smartphone brand to other Samatphone. The population in this study was the Xiaomi user at WTC (World Trade Center) Surabaya. Sampling in this study used the nonprobability sampling method with purposive sampling technique. The statistical analysis method used was the analysis technique Partial Least Sqaure. The results of the analysis showed that consumer dissatisfaction had a positive and significant influence on brand switching. Brand Image had a significant and significant influence on brand switching. Price perception had a negative but not significant effect on brand switching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan penjualan dan pangsa pasar smartphone Android pada periode tertentu yang mengidentifikasi fenomena pergeseran pengguna smartphone dengan merek tertentu yang memiliki sistem operasi Android ke smartphone merek lain dengan sistem operasi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk, ketidakpuasan konsumen, dan citra merek, dan persepsi harga terhadap pergeseran merek smartphone Android Xiaomi ke smartphone lain. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Xiaomi di WTC (World Trade Center) Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis statistik yang digunakan adalah teknik analisis Partial Least Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan dan signifikan terhadap perpindahan merek. Persepsi harga berpengaruh negatif, tetapi tidak signifikan terhadap peralihan merek.
ANALISIS PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Firman Mukhti Alamsyah; Nurjanti Takarini
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v2i1.57

Abstract

Indonesia is very rich in various resources, one of which is natural resources, one of which can be utilized in increasing non-tax state revenue. In addition, it can also be used as a support for economic activity both micro and macro, therefore company profits are used to support the company's operational activities in order to achieve the goals of the company. The purpose of this study was to determine the effect of Liquidity (Current Ratio), Leverage (Debt to Assets Ratio), Activities (Total Assets Turnover) on Profit Growth. The sampling technique used purposive sampling, namely sampling based on criteria, from these criteria there were 25 samples of mining companies, with a 2016–2018 research period, and the data analysis technique used was Multiple Linear Regression Analysis. The results of the observations can be concluded that the Current Ratio and Debt to Assets Ratio variables have significant results with a negative relationship direction to mining sector companies listed on the IDX in 2016–2018, besides that the Total Assets Turnover variable shows insignificant and negative results for mining sector companies listed on the IDX in 2016–2018. Indonesia sangat kaya akan berbagai sumber daya, salah satunya adalah sumber daya alam yang salah satunya dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan penerimaan negara bukan pajak. Selain itu juga dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan perekonomian baik mikro maupun makro, oleh karena itu laba perusahaan digunakan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Likuiditas (Current Ratio), Leverage (Debt to Assets Ratio), Aktivitas (Total Assets Turnover) terhadap Pertumbuhan Laba. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria, dari kriteria tersebut terdapat 25 sampel perusahaan pertambangan, dengan periode penelitian 2016–2018, dan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil observasi dapat disimpulkan bahwa variabel Current Ratio dan Debt to Assets Ratio memiliki hasil yang signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2016–2018, selain itu variabel Total Assets Turnover menunjukkan hasil yang tidak signifikan dan negatif untuk perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2016–2018.
MENINGKATKAN POSITIVE WORD OF MOUTH MELALUI BRAND AWARENESS, BRAND AMBASSADOR, TAGLINE, DAN IKLAN (Studi Pada Konsumen Produk Wardah di Lotte Mart Medan) Lastri Nabilah; Zuwina Miraza
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v2i1.58

Abstract

This research based on the premise that marketing activities played an im-portant role in increasing the company’s sales volume. Company needed to run markets strategy to achieve sales target which have been set. Therefore, this research aimed to described the positive influence of word of mouth through brand ambassadors, taglines, television advertisements with brand awareness as the mediation that was carried out to consumers of Wardah products in the Lotte Mart Center Point Medan. Population of this study was the number of customers at Wardah Counter in Lotte Mart which cannot be known certaintly. The sample in this study amounted to 100 people. Data collected by questionnaires that were assessed on a Likert scale, each of which was tested and met the requirements of reliability and validity. Data analyzed based on structural equation modeling (SEM) method. The results obtained and at the same time concluded that brand ambassadors, taglines, television advertisements had a positive and significant effect on brand awareness. Brand ambassadors, taglines, television advertisements had a positive and significant effect on positive word of mouth. Brand awareness mediated taglines and advertisements for positive word of mouth. Brand awareness did not mediate brand ambassadors for positive word of mouth. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Perusahaan perlu menjalankan strategi pasar untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif word of mouth melalui brand ambassador, tagline, iklan televisi dengan mediasi brand awareness yang dilakukan terhadap konsumen produk Wardah di Lotte Mart Center Point Medan. Populasi penelitian ini adalah jumlah pelanggan Wardah Counter Lotte Mart yang tidak dapat diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing diuji dan memenuhi syarat reliabilitas dan validitas. Data dianalisis berdasarkan metode structural equation modeling (SEM). Hasil yang diperoleh sekaligus menyimpulkan bahwa brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth positif. Tagline dan iklan yang dimediasi kesadaran merek untuk promosi dari mulut ke mulut yang positif. Kesadaran merek tidak memediasi duta merek untuk berita positif dari mulut ke mulut.
PENGARUH PERCEIVED PARENTAL REWARD, ENTREPRENEURIAL SELF EFFICACY, YANG DIMODERASI FAMILY BUSINESS INVOLVEMENT TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION DI UNIVERSITAS PELITA HARAPAN Zoel Hutabarat; Denny Larson; Marchel Denny Irawan
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v2i1.59

Abstract

The number of business people who started from a family business in Indonesia were quite large. But the number of companies that prepare successors to continue and develop the family business could be counted on fingers. This study aimed to determined the effect of Perceived Parental Reward, Entrepreneurial Self Efficacy, which was moderated by Family Business Involvement on Entrepreneurial Intention. This study used quantitative research by distribute 200 questionnaires and tested using PLS Structural Equation Modeling (SEM) to evaluate the reliability and validity of measurement models and structural models. The results showed that there was a positive influence between the Perceived Parental Reward, Entrepreneurial Self Efficacy, which was moderated by Family Business Involvement on Entrepreneurial Intention. From these results it was hoped that the campus could form a supportive environment for the development of family businesses. It did not always form the mindset to form a new business so that a growing family business was not abandoned or no longer want to build a family business. Jumlah pelaku bisnis yang memulai dari bisnis keluarga di Indonesia cukup banyak. Namun jumlah perusahaan yang menyiapkan penerus untuk melanjutkan dan mengembangkan bisnis keluarga bisa dihitung dengan jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Parental Reward, Entrepreneurial Self-Efficacy yang dimoderatori oleh Family Business Involvement terhadap Entrepreneurial Intention. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan 200 pertanyaan dan diuji menggunakan PLS Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas model pengukuran dan model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Perceived Parental Reward, Entrepreneurial Self-Efficacy yang dimoderatori oleh Family Business Involvement terhadap Entrepreneurial Intention. Dari hasil tersebut diharapkan kampus dapat membentuk lingkungan yang mendukung bagi pengembangan usaha keluarga. Tidak selalu membentuk pola pikir untuk membentuk usaha baru agar usaha keluarga yang sedang berkembang tidak terbengkalai atau tidak mau lagi membangun usaha keluarga.
DIGITAL BANKING DAN RISIKO OPERASIONAL (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK CENTRAL ASIA DAN BANK RAKYAT INDONESIA) Rizki Hartanto Tanic; Apriani Dorkas Rambu Atahau
IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 2, No 1 (2021): JUNE 2021
Publisher : Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38076/ideijeb.v2i1.55

Abstract

Along with the development of the internet which has followed the rapid advances in technological development, people need fast and efficient payments due to the increasing number of financial transactions. Internet banking is one of the digital banking of the bank products that facilitate financial transactions. However, the use of internet banking cannot be separated from operational risks that will occur. As one of bank risks, operational risk plays an important role toward the im-plementation of digital banking. Hence, it is important to study the customer percep-tion on banks operational risk in providing digital banking services. The population in the study were customers of Bank Central Asia and Bank Rakyat Indonesia who used internet banking services. The samples taken in this study were 100 respon-dents from Bank Central Asia and 100 respondents from Bank Rakyat Indonesia in the area and the technique used was purposive sampling. The analysis technique used is quantitative descriptive analysis. This analysis included the average differ-ence test, validity test, and reliability test. It was processed using the SPSS program version 20. The findings showed that both banks had low operational risks according to their surveyed customers. Although BCA was perceived to have lower operational risks than BRI, some areas such as system risks needed more attention. Seiring dengan perkembangan internet yang mengikuti pesatnya kemajuan teknologi, masyarakat membutuhkan pembayaran yang cepat dan efisien karena semakin banyaknya transaksi keuangan. Internet banking merupakan salah satu produk bank digital banking yang memfasilitasi transaksi keuangan. Namun penggunaan internet banking tidak lepas dari risiko operasional yang akan terjadi. Sebagai salah satu risiko bank, risiko operasional memegang peranan penting dalam penerapan digital banking. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari persepsi nasabah terhadap risiko operasional bank dalam memberikan layanan perbankan digital. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Central Asia (BCA) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menggunakan layanan internet banking. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden dari Bank Central Asia dan 100 responden dari Bank Rakyat Indonesia di wilayah tersebut dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis ini meliputi uji beda rata-rata, uji validitas, dan uji reliabilitas. Diproses menggunakan program SPSS versi 20. Temuan menunjukkan bahwa kedua bank memiliki risiko operasional yang rendah menurut nasabah yang disurvei. Meskipun BCA dinilai memiliki risiko operasional yang lebih rendah dibandingkan BRI, namun beberapa area seperti risiko sistem perlu mendapat perhatian lebih.

Page 1 of 1 | Total Record : 5