cover
Contact Name
Hadi Rianto
Contact Email
hdrianto@yahoo.com
Phone
+6281256972279
Journal Mail Official
hdrianto@yahoo.com
Editorial Address
IKIP PGRI Pontianak, Lantai Dasar Gedung B Jl Ampera No. 88 Kota Baru Pontianak
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 23378891     EISSN : 25989510     DOI : http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran PKn
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021" : 12 Documents clear
PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA WARGA NEGARA INDONESIA MELALUI IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA Salamah, Ilma Siti; Dewi, Dinie Anggraeni
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.2579

Abstract

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Nilai yang terkandung didalam pancasila berkaitan dengan cara bertindak dan cara berpikir sesuai dengan ideologi negara. Terutama pada kehidupan bermasyarakat, nilai-nilai pancasila sudah seharusnya untuk diterapkan dengan baik agar kehidupan bermasyarakat dapat berjalan sesuai dengan nilai yang terkandung pada pancasila. Namun kini sudah banyak pengaruh-pengaruh negatif terhadap negara Indonesia, salah satunya yaitu luntur bahkan hilangnya rasa cinta tanah air atau rasa cinta terhadap negaranya sendiri yang disebabkan oleh perubahan zaman yang mana budaya asing memasuki negara indonesia. Permasalahan tersebut sangat tidak sesuai dengan nilai yang terkandung didalam Pancasila dan harus segera dipecahkan dan dapat membangun kembali karakter bangsa indonesia yang seuuai dengan nilai-nilai pancasila. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui sejauh mana masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING Sulha, Sulha; Hasanah, Sitti Uswatun
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.2810

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Paired Story Telling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk menerapkan Model Pembelajaran Paired Story Telling yaitu menetapkan kompetensi dasar yang akan dicapai, menyiapkan masalah sebagai topik diskusi sesuai kompetensi dasar yang di pelajari, menyiapkan sumber belajar yang akan digunakan peserta didik, menyiapkan materi, membuat RPP, menyesuaikan silabus, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan kisi-kisi soal. Pelaksanaan model pembelajaran Paired Story Telling yaitu guru membagi bahan/topik pelajaran menjadi dua bagian yaitu guru memberikan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, dan guru membagikan bagian cerita yang belum terbaca kepada masing-masing siswa, dan kegiatan ini bisa di akhiri dengan diskusi mengenai topik yang baru saja dibahas. Terdapat peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari Pra Tindakan dengan nilai rata-rata 66,20 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 34%, dilanjutkan dengan Siklus I dengan nilai rata-rata 67,97% dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 36%, dan siklus II dengan nilai rata-rata 77, 89 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME GENERASI MUDA (PEMUDA PEMUDI UJUNGBERUNG) Fadhilah, Raden Adinda Zalfa; Dewi, Dinie Anggraeni
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.2588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran peran pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan sikap nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Adanya modernisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang saat ini terjadi, dan juga mengakibatkan adanya kecenderungan melemahnya rasa nasionalisme, terkhusus pada generasi-generasi muda. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa pelajar/mahasiswa Ujungberung yang melaksanakan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. pendidikan kewarganegaraan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap karakter bangsanya, dan membangkitkan rasa nasionalisme yang sejatnya sudah tertanam di dalam diri juga akan menjadikan mereka warga negara yang baik dan terpandang di mata dunia.
ANALISIS PARTISIPASI POLITIK WARGA NEGARA DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DESA (PILKADES) DI DESA RENGAS KAPUAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA Novianty, Fety; Zuldafrial, Zuldafrial
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.2253

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Partisipasi Politik Warga Negara dalam Pemilihan Umum Kepala Desa di Desa Rengas Kapuas kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Raya ini bertujuan untuk mengetahui  kesadaran politik masyarakat serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung kesadaran politik masayarakat desa tersebut dalam pemilihan kepala desa (pilkades). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuknya studi deskriptif analitis. Lokasi penelitian di daerah Desa Rengas Kapuas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya dengan subyek penelitian nya terdiri dari masyarakat serta apparatus desa setempat. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan Teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan seperti panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum kepala desa di desa rengas Kapuas kecamatan sungai kakap sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari munculnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti pemilihan serta banyaknya factor yang mendukung dalam kegiatan pilkades tersebut seperti terbentuknya antusiasme masyarakat dalam kegiatan pilkades, peran media massa serta kinerja KPUD yang ikut menunjang dalam pelaksanaan kegiatan Pilkades di desa tersebut.
PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MEMILIKI KARTU TANDA PENDUDUK DI DESA PAREK KABUPATEN LANDAK Nur, Syafrial; Fransiska, Fransiska
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.3039

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan mengenai peran pemerintah desa dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memiliki kartu tanda penduduk di desa parek Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tempuh yang jauh, dan Terbatasnya kendaraan roda dua serta biaya dalam perjalanan dan juga rendahnya kesadaran dari diri masyarakat untuk memiliki kartu tanda penduduk. Dalam program pemerintah desa sudah menyampaikan apa yang menjadi program-program desa salah satunya yaitu melakukan sosialisasi tentang memiliki kartu tanda penduduk kepada masyarakat dan pemerintah desa juga sudah melakukan pendataan penduduk disetiap masyarakat desa parek.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI DESA SEPADU KECAMATAN SEMPARUK KABUPATEN SAMBAS Nurfirdayanti, Nurfirdayanti; Rohani, Rohani; Octavia, Erna
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.2935

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini, dampak dan faktor yang mempengaruhi pernikahan dini serta upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sepadu Kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara langsung, observasi langsung dan dokumenter, alat yang digunakan adalah panduan wawancara, panduan observasi dan panduan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Kepala KUA, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, orangtua dan anak yang menikah dini. Teknis analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini maraknya pernikahan dini yang terjadi dampaknya yaitu perceraian, sulit berkumpul dengan teman, putusnya Pendidikan dengan faktor ekonomi, pendidikan, kemauan sendiri dan pergaulan bebas, adapun upaya yang dilakukan pemerintah desa yaitu sosialisasi kepada masyarakat, kerjasama dengan RT/RW serta kepala keluarga dan melakukan razia keluar malam.
IMPLEMENTASI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGGUNAKAN GOOLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN RESPON TERHADAP PESERTA SISWA APADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMKS SORE TULUNGAGUNG) Syarifah, Yeni
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.3089

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya berpengaruh media Google classroom terhadap respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik di SMKS SORE Tulungagung yang berjumlah 2.427 yang di ambil sampelnya dengan rumus slovin yakni 96 siswa dengan metode penyebaran angket accidental sampling dan diolah dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian yang diolah dengan SPSS 25. di peroleh hasil t hitung X (google classroom) 10,516> t tabel. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak. Ini berarti dengan demikian respon peserta didik (Y) didalam belajar berpengaruh positif dan signifikan oleh media Google classroom (X). Variabel dalam penelitian ini mempunyai pengaruh positif yang bermakna secara simultan kepada respon peserta didik di SMKS SORE Tulungagung sehingga apabila variabel terikat mengalami kenaikan maka variabel independen (bebas) juga mengalami kenaikan. 
HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP 03 SUNGAI RAYA Rianto, Hadi; Pratewi, Refi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.3112

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya Pada Mata Pelajaran Pendidiikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP 03 Sungai Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Korelasional. Jenis Pendekatan Kuantitatif. Teknik komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan pedoman wawancara dengan menggunakan product moment. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa Penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya termasuk kategori Sedang Rata-rata adalah 60,00. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa sebagian besar responden telah menggunakan internet sebagai untuk mencari sumber belajar dan mudah akses dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan pengisian angket yang dilakukan oleh responden. Hasil Belajar siswa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP 03 Sungai Raya bahwa menunjukan Rata-rata adalah 80,00 atau dalam kategori sedang. hasil belajar pada umumya meningkatkan sumber wawasan bertambah.
INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN ESTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 10 PONTIANAK Oktopera, Riska; Rube’i, Muhammad Anwar
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.3034

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai karakter disiplin siswa yang diinternalisasikan melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak, mendeskripsikan program kegiatan pramuka dalam menginternalisasi kan nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak, mendeskripsikan Faktor – faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui ekstrakulikuler pramuka di SMA Negri 10 Pontianak. SMA Negei 10 Pontianak yang merupakan satu di antara Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, dengan jumlah guru sebanyak 40 orang, siswa laki-laki 330 orang, dan siswa prempuan 296 orang. Sekolah SMA Negri 10 Potianak juga  menerapkan kurikulum k 13 bahasa dan budaya. SMA Negeri 10 Pontianak memilki 13 Ekstrakulikuler dan salah satunya ekstrakulikuler pramuka. Hasil pengamatan awal peneliti di SMA Negri 10 Pontianak terlihat antusias siswa mngikuti esktrakulikuler yang ada di sekolah terutama ekstalukuler pramuka yang wajib diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI, serta tidak luput pula ada beberapa siswa yang datang terlambat mengikuti ekstrakulikuler
Peran Organisasi Pemuda Pancasila Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Masyarakat Di Kecamatan Pontianak Kota Firmansyah, Syarif; Mardiansyah, Ari
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 5 Nomor 2 Edisi Desember 2021
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v5i2.3102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Organisasi Pemuda Pancasila dalam menanamkan sikap nasionalisme pada masyarakat di Kecamatan Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Pontianak Kota. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Pemuda Pancasila telah menanamkan sikap nasionalisme pada masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan yang telah dilakukann.Adapuin kegiatan yan telah dilakukan oleh Organisasi Pemuda Pancasila dalam menanamkan sikap nasionalisme yaitu upacara upacara bendera, upacara pembukaan hari pahlawan, bakti sosial faktor pendukung dan penghambat organisasi pemuda pancasila dalam menamakan siskap nasionalisme pada masyarakat yaitu surat izin kegiatan, sarana dan prasarana, dana dari lembaga pemerintaha adapun faktor penghambatnya. Tingkat kepedulian masyarakat yang kurang, serta dukungan dari pemerintah yang masih kuang.

Page 1 of 2 | Total Record : 12