cover
Contact Name
Theodorus Pangalila
Contact Email
theopangalila@unima.ac.id
Phone
+6281320593135
Journal Mail Official
theopangalila@unima.ac.id
Editorial Address
Jln. Kampus Unima Tondano Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
ISSN : 25991833     EISSN : 26213567     DOI : https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.430
Core Subject : Education, Social,
Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018)" : 9 Documents clear
PROFESIONALITAS APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE Messe, Megawati Hardiana; Pangkey, Itje
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.936 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalitas aparatur sipil negara dalam pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe. Penelitian ini tergolong adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mengambarkan bagaimana situasi sebagaimana memahami fenomena-fenomena tentang Profesionalitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependududukan dan Pencactatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pisau analisis Sobandi (2002:64) yang menyebutkan bahwa profesionalitas adalah suatu tingkah laku atau suatu tujuan atau rangkaian kualitas yang menandai atau melukiskan coraknya atau profesi berdasarkan aturan atau kemampuan kompetensi dari seseorang alam bertindak dan bertingkah laku sesuai dengan profesi berdasarkan aturan, yang ditentukan dari: (1) Ahli (Expertise); (2) Mandiri (Autonomy); (3) Tanggung jawab (Responsibilty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pekerjaan selalu terhalangi dengan kurangnya pegawai, 2) dokumen masyarakat belum lengkap, 3) pegawai yang bekerja sebagian belum sesuai dengan kompetensi tetapi hanya berdasarkan pengalaman kerja 4) saat tertentu terdapat sikap kompromi yang berdampak pada hasil kerja belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu disarankan sebaiknya 1) Dilakukan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia, 2).pengadaan sarana prasarana untuk kepentingan pelayanan, 3).sosialisasi kepada masyarakat mengenai kelengkapan administrasi kependudukan yang harus disiapkan oleh masyarakat, 4). ditingkatkan kemandirian 5). ditingkatkan tanggung jawab ASN.Kata Kunci : Profesionalitas Aparatur Sipil Negara, DUKCAPIL
PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI TOLERANSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP Nuswantari, Nuswantari
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.8 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.765

Abstract

The purpose of this research is, to know the influence of the tolerance values of teaching influence in improving social skill of junior high school’s students. Subject choice is done based on the score of social skill term to 143 students. As the subject of research is student who has < 111, and it is found 28 subject matters, and then from 28 subject concerned, it is divided into two groups, those are experiment’s group and controlled one, in random by considering equality if the subject between controlled and experiments groups. The result of data analysis of controlled and experiments groups with the t-test (sample paired t-test) it is known 2,490 with significant 0,027, it is mean there are differences of score improvement in social skill between controlled and experiences groups. It can be said that the instruction of effective tolerance values will result no difference, therefore it can be said that the effectivity of treatment will be fixed. The conclusion which will be found from this research is the teaching values of effective tolerance can be improving social skill of students.Keywords: social skill, tolerance, values
TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA LALOW KECAMATAN LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Siwij, Devie S. R.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.446 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.770

Abstract

The purpose of this research is 1). To find out whether Lalow Village Leadership Lolak District Bolaang Mongondow District shows the expectations of the community? 2). To know what priorities should the village head have in its leadership? To answer the purpose of this research, the researchers conducted research based on the method of Importance and Performance Analysis used to obtain information about the level of community satisfaction of a service by measuring the level of importance and level of implementation. The results of the research show that 1). The average performance assessment of village chief leadership is below the average expectation (Importance): 2.47 <3.6. 2). The performance of each leadership variable from the score of respondents assessment (conformity level) below 100% (68.7% <100%) which means it has not been satisfactory. From the results of research and data analysis can be concluded that publik expectations of the overall value of Importance Performance Analysis (IPA) indicates that the leadership in Lalow Village District Lolak Bolaang Mongondow District is less than community expectations. which is quite high against the leadership of the village head.Keywords: Leadership, Interests and Performance
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PKN YANG BERWAWASAN TEKNOLOGI INFORMASI Supriati, Arie
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.533 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.766

Abstract

Jabatan Guru merupakan suatu jabatan professional yang menuntut kemampuan spesialis sebagai Guru. Dengan kata lain Guru harus menguasai pengetahuan akademik, kemahiran professional dan teknologi yang relevan dengan bidang tugasnya sebagai pendidik. Pengenmbangan profesionalisme Guru secara nasional diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sehingga dapat bersaing di era teknologi informasi dan globalisasi. Dengan SDM yang berwawasan teknologi informasi diharapkan dapat mengkaji, menganalisis dan mangatasi masalah-masalah pendidikan yang ada sehingga diharapkan pada akhirnya mutu pendidikan di Indonesia dapt meningkat sesuai degan harapan bangsa Indonesia. Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui. Peningkatan Profesionalisme Guru PKn Yang Berwawasan Teknologi Informasi dengan obyek penelitian di SMPN 1 Kalawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dari kesimpulan empiris tentang Pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan profesionalisme guru yang berwawasan teknologi informasi pada SMP N1 Kalawat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan data dokumentasi sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan Profesionalisme Guru PKn Yang Berwawasan Teknologi Informasi di SMN 1 Kalawat cukup optimal dengan menekankan pada pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri.Kata Kunci: SDM, Profesionalisme Guru, Teknologi Informasi
AKUNTABILITAS KINERJA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Dilapanga, Abdul Rahman
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.13 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.771

Abstract

Pemerintahan yang bersih merupakan suatu tuntutan reformasi guna mengoptimalkan pencapaian tujuan pembangunan nasional. Salah satu indikator penyelenggaraan pemerintahan yang bersih adalah diberlakukannnya sistem pertanggungjawaban penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali, menganalisis dan menginterpretasi serta memberikan deskripsi tentang Akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongndow. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang bertujuan untuk mengungkap, menganalisis dan menginterpretasikan data lapangan, oleh karena itu digunakan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bagian terdahulu, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow telah dipertanggung jawabkkan lewat laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) dan telah berhasil melaksanakan 6 (enam) program dan 21 kegiatan baik yang didanai melalui APBD maupun APBN dengan capaian rata-rata 100%. Program-program tersebut diangkat dari tiga tema utama pembangunan pendidikan yaitu: 1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, 2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, dan 3) governance, akuntabilitas dan pencitraan publik. Akuntabilitas Kinerja Dinas Pendidikan tergambar melalui: 1) Capaian Kinerja Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan, 2). Capaian Kinerja Peningkatan Mutu Relevansi dan Daya Saing, 3). Capaian Kinerja Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik, 4). Keluaran Program Untuk Mendukung Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan, 5). Keluaran Program Untuk Mendukung Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing, 6). Keluaran Program Untuk Mendukung Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik.Kata Kunci: Akuntabilitas, Kinerja, Pendidikan
KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS (Studi Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang Kabupaten Minahasa) Lompoliuw, Meily Meiling; Mandagi, Marthinus; Mokat, Jetty E. H.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.868 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.767

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Minahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data yaitu : observasi, dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a). kepemimpinan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang belum melaksanakan tugasnya sesuai kebijakan yang berlaku, b). pelayanan belum dilaksanakan sesuai SOP, c). Kepala Dinas belum melakukan pengendalian terhadap jalannya pelayanan, d). Kepala Dinas belum melakukan evaluasi terhadap pelayanan. Untuk itu sebaiknya: a). Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melaksanakan tugasnya sesuai kebijakan yang berlaku, b). pelayanan dilaksanakan sesuai SOP, c). Kepala Dinas melakukan pengendalian terhadap jalannya pelayanan, d). Kepala Dinas melakukan evaluasi terhadap pelayananan publik.Kata Kunci: Tugas Pokok, Fungsi Kepala Dinas
KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIK SANTA ROSA SIAU TIMUR KABUPATEN SITARO Merpati, Temiks; Lonto, Apeles Lexi; Biringan, Julien
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.947 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.772

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai dari siswa SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro terlebih khusus Kls VIII A yang sebagian besar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), guru belum kreatif dalam menerapkan keterampilan mengajar yang menyenangkan dimana umumnya siswa pasif dan tidak serius belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk naratif. Sumber data penelitian ini adalah guru yang ada di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur. Berdasarkan hasil penelitian tentang kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Guru di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur masih belum maksimal karena dalam proses pembelajaran guru masih kurang kreativ dalam menerapkan suasana belajar yang memyenangkan. Sikap Fleksibiltas yang belum maksimal dan Sikap elaborasi yang belum maksimal diterapakan oleh Guru.Kata Kunci: Kreativitas Guru, dan Hasil Belajar
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAPALUS KAMTIBMAS DI DESA LALUMPE KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN Muyu, Elkana; Langkai, Jeane E.; Tangkau, Ch. H. S.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.796 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi kebijakan dan faktor-faktor determinan implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas Di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemerintah desa dan Bhabinkamtibmas belum melakukan komunikasi dan sosialisasi secara intensif tentang kebijakan Mapalus Kamtibmas, 2) Belum tersedia sumberdana yang memadai untuk menunjang implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas, 3) Implementer belum secara sungguh-sungguh memiliki komitmen mengimplementasikan kebijakan Mapalus Kamtibmas di desa Lalumpe, 4) implementer belum memahami dengan tepat tentang kebijakan Forum Mapalus Kamtibmas. Determinan implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas adalah: 1) Komitmen, 2).Sumberdaya dan sumberdana, 3) komunikasi dan sosialisasi. Untuk itu disarankan sebaiknya: 1) Pemerintah desa dan Bhabinkamtibmas melakukan komunikasi dan sosialisasi secara intensif tentang kebijakan Mapalus Kamtibmas, 2) tersedia sumberdana yang memadai untuk menunjang implementasi kebijakan Mapalus Kamtibmas, 3) Implementer secara sungguh-sungguh memiliki komitmen mengimplementasikan kebijakan Mapalus Kamtibmas, 4) implementer memahami dengan tepat tentang kebijakan Forum Mapalus Kamtibmas.Kata Kunci: Implementasi, Determinan, Kebijakan Mapalus KAMTIBMAS
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 1 KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA Nafrin, Izan; Kaunang, N. F.; Santie, Y. D. A.
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.142 KB) | DOI: 10.36412/ce.v2i2.773

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini tentang” Bagaimana Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Kab. Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian desktiptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk jenis penelitian kualitatif. penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau menceritakan tentang peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan, sebagai seorang pendidik guru telah berusaha menjalankan perannya dengan baik yaitu menjadi panutan bagi para siswanya. Cara berperilaku yang baik dan berbicara sopan dengan para siswa menjadikan sosok seorang guru yang patut diteladani oleh para siswa. Pemberian motivasi dan nasehat yang baik kepada siswa akan dapat menjadikan siswa memilki karakter yang baik dalam hal ini karakter disiplin. Guru juga harus selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa.Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin Siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 9