cover
Contact Name
Ali Rif'an
Contact Email
pesma83@gmail.com
Phone
+6281357909672
Journal Mail Official
pesma83@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cengger Ayam No. 25 Malang - Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 26225638     EISSN : 26225654     DOI : prefix 10.32478
Core Subject : Education, Social,
1. Islamic Education Science 2. Learning Strategies in Islamic Education 3. Using Methode and Media in Islamic Education Learning 4. Issues of Islamic education in schools, madrasah or pesantren 5. Improving the quality of education in schools, madrasah or pesantren 6. Theacher Profesionalism In Islamc Education 7. Critical Thinking about Islamic Education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET" : 6 Documents clear
RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA Mutamakin Mutamakin; M. Yusuf Agung Subekti
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.659

Abstract

Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI PUTUSSIBAU Hardimansyah Hardimansyah
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.638

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Putussibau Populasi pada kelas ini adalah kelas VIII MTs Negeri Putussibau Pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament) dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dan kelas VIIIC sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode angket, metode observasi dan metode tes. Metode angket diberikan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata kelas eksperimen diperoleh 65,88 dengan Standar Deviasi (SD)=11,51 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 58,82 dengan Standar Deviasi (SD)=9,05 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=2,811 dan dari tabel distribusi diperoleh tabel ttabel = 1,67 dengan α = 0,05 dan dk=34 + 34 —2=66. Hal ini menunjuk kan bahwa thitung > t tabel , jadi H 1 : m1 >m2 . Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi makanan dan minuman berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut Nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament efektif lebih berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
HOME LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ERA PANDEMI Muh. Rodhi Zamzami
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.660

Abstract

Pendidikan bagian dari kehidupan masyarakat yang sangat penting, tanpa pendidikan masyarakat sulit untuk menempuh kehidupan yang lebih maju dan lebih baik. Dilematisasi dialami oleh dunia pendidikan sangat menyulitkan, sudah satu tahun ini seluruh dunia mengalami bencana virus yang menyebabkan orang harus membatasi beberapa aktifitas tertentu, tidak terkecuali aktifitas dalam pendidikan. Di sini saya akan membicarakan dampak pandemic terhadap pendidikan, fokus pada pendidikan sekolah dasar di malang raya. Dampak dari pandemic, pendidikan di sekolah dasar mengalami hambatan yang luar biasa sehingga aktifitas yang biasa dilaksanakan terhambat dan dilaksanakan secara tidak normal. Solusi pembelajaran dengan sistem home learning menjadi sebuah pilihan demi berjalanya sistem pembelajaran secara menerus. Dengan berbagai strategi dan metode telah diterapkan sebagai langkah strategis, guna mensiasati jarak dan waktu antara guru dan murid dalam melaksanakan pembelajaran.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA DI MIN PUTUSSIBAU Achmad Syarifudin
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MIN Putussibau-Kapuas Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis varian regresi dan analisis uji t. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode kuesioner, dan metode dokumentasi untuk mencari informasi mengenai responden. Berdasarkan data angket yang diperoleh penggunaan media pembelajaran berbasis visual termasuk kategori sedang dengan nilai mean 38,81. Prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dilihat dari nilai rapot. Berdasarkan data yang diperoleh, prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak termasuk kategori sedang dengan nilai mean 77,08. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil F reg yaitu 12,65983685, maka Freg ini lebih besar dari Ftabel (0,01):7,08 dan Ftabel (0,05): 4,00. Sedangkan dari uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test diperoleh thitung =3,37, maka thitung ini lebih besar dari ttabel (0,05:2,00) dan (0,01:2,66). Jadi dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa MIN Putussibau.
NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DAN PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM BAJRANGI BHAIJAAN Titin Setiani; M. A. Hermawan Hermawan
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.657

Abstract

Dalam konteks pendidikan, ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan pesan nilai-nilai toleransi, di antara adalah film. Film Bajrangi Bhaijaan, sebuah film produksi Bollywood merupakan karya seni yang penuh nilai edukasi dan menginspirasi. Artikel ini berusaha untuk menganalisis nilai kemanusiaan dan toleransi beragama dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa film Bajrangi Bhaijaan mengandung pesan kuat dalam mempromosikan nilai kemanusiaan dan toleransi beragama yang terdiri dari tolong menolong, cinta kasih, peduli dan tidak semena-mena, menghargai keyakinan, menghargai tempat ibadah serta tidak membeda-bedakan orang lain terkait keyakinan. Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam film ini memiliki relevansi yang kuat terhadap pengembangan Pendidikan Agama Islam sehingga jika dimanfaatkan sebagai sumber belajar bisa berkontribusi terhadap penanaman Islam yang moderat di lingkungan sekolah.
PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA DI MI NEGERI PAJU PONOROGO Ahmad Wahyudi
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET
Publisher : STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32478/piwulang.v3i2.658

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kajian kepada upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian berkaitan dengan model pendidikan multikultural di lembaga madrasah menunjukkan bahwa: pertama dalam membangun pendidikan multikultural ialah adanya pandangan paradigmatik atas pendidikan multikultural. Kedua kurikulum yang menawarkan nilai-nilai multikultural untuk diimplementasikan. Ketiga budaya madrasah yang dikembangkan untuk menghargai ragam proses dalam pembelajaran di dalam dan luar kelas. implikasi dari pendidikan multikultural di lingkungan madrasah yang menunjukkan nilai-nilai multikulturalisme seperti: kerukunan, kebersamaan, dan persaudaraan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6