cover
Contact Name
Alfredo Tutuhatunewa
Contact Email
alfredo.tutuhatunewa@fatek.unpatti.ac.id
Phone
+6285235222230
Journal Mail Official
arika@fatek.unpatti.ac.id
Editorial Address
Ruang Program Studi Teknik Industri Lantai I Gedung Fakultas Teknik Universitas Pattimura Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka - Ambon, 97233
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARIKA
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 19781105     EISSN : 27225445     DOI : -
Jurnal ARIKA merupakan Jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura. Jurnal ini membahas ilmu di bidang teknik industri, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan Ilmu Teknik Industri. Jurnal Arika terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Pebruari dan Agustus. Fokus dan Ruang Lingkup Penelitian Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Sistem Produksi Simulasi dan Pemodelan Optimasi Industri Manajemen Logistik dan Transportasi Manajemen Kualitas Rekayasa Sistem Manufaktur Perencanaan dan Pengendalian Produksi Statistik Supply Chain
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2020)" : 6 Documents clear
Pengaruh Manajemen Perawatan Sistem Engkol terhadap Pengoperasian Mesin Anglo Belgian Corporation Type 12V B. J. Camerling; D. B. Paillin; Adha B. Dharma
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.994 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.01

Abstract

Peranan perawatan terhadap mesin diesel engine pada bagian maintenance PLTD sangat penting artinya untuk mencegah terjadinya down time produksi, dan perawatan yang paling baik digunakan adalah perawatan pencegahan sebelum terjadinya kerusakan (preventive maintenance). Sistem perawatan mesin yang dilakukan di PLTD Poka, ialah periodic maintenance dan condition-based maintenance yaitu tindakan perawatan yang dilakukan berdasarkan lamanya waktu operasi mesin yang telah ditentukan oleh pabrikan dan berdasarkan kondisi mesin. Dengan sistem tersebut, ditemukan kesulitan perencanaan dan administrasi pemeliharaan karena fluktuatifnya pengoperasian mesin sehingga pemeliharaan sering tidak tepat waktu. Waktu antar kerusakan adalah selang waktu terjadinya kerusakan setelah dilakukan perbaikan. Untuk menentukan waktu antar kerusakan, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengukur lamanya waktu operasi mesin setelah dilakukan perbaikan pada setiap kerusakan mesin. Sistem perencanaan pemeliharaan selama ini masih menggunakan perhitungan pecatatan yang dilakukan secara manual sehingga ada kemungkinan salah perhitungan perencanaan pemeliharaan yang berujung pada tidak tercapainya SFC, SLC dan Jam operasi Mesin yang diharapkan/ditargetkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan perawatan terhadap poros engkol sehingga bisa mencegah kerusakan yang lebih parah sehingga bisa tercapai pengoperasian mesin yang maksimal dan efisien. Penggunaan RCM diperlukan pada perawatan mesin ini sehingga hasil yang didapatkan untuk perawatan mesin lebih optimal dibandingkan dengan perawatan mesin yang dilakukan saat ini.
Pengaruh Pengendalian Internal dan Komitmen Organisasi Terhadap Pencegahan Fraud Pengadaan Barang Senda Y. Leatemia; Nickita F. Febryanti
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.305 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk menguji pengaruh pengendalian internal dan komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud pengadaan barang pada rumah sakit pemerintah Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek yang diteliti adalah karyawan bagian keuangan, bagian perencanaan dan bagian logistik (pengadaan barang). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) pengendalian internal berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud pengadaan barang, (2) komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud pengadaan barang.
Penerapan Lean Manufacturing guna Meminimasi Waste pada Lantai Produksi M. L. Pattiapon; N. E. Maitimu; Irene Magdalena
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.378 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.23

Abstract

UD. Filkin adalah salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang mebel. Salah satu produknya adalah pintu. Dalam produksinya, terdapat berbagai jenis waste yang sering terjadi tanpa disadari, karena telah dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan umum, padahal sesungguhnya sangat merugikan, dan seharusnya bisa dihindari, sehingga pada hasil identifikasi ditemukan beberapa jenis waste yang diantaranya waiting, innappropiateprocessing dan overproduction.Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi penyebab waste yang terjadi dalam lantai produksi, dan juga memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi waste di lantai produksi. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi atau mengeliminasi waste adalah dengan metode Lean Manufacturing.Pendekatan Lean Manufacturing dilakukan dengan menganalisis waste dengan value stream mapping, menentukan waste dan mengidentifikasi akar penyebab masalah atau peristiwa dengan root cause analysis, dan merancang rekomendasi perbaikan untuk mengatasi waste tersebut.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tiga waste dengan rangking tertinggi adalah waiting dengan skor (17,1%), innappropiateprocessing (16,5%) dan overproduction (15,9%). Sehingga untuk mengurangi wastewaiting disarankan agar melakukan pelatihan dan penambahan pekerja. Untuk mengurangi wasteinnappropiateprocessing disarankan untuk meningkatkan pola pemahaman pekerja terhadap keinginan konsumen. Dan untuk mengurangi waste overproduction disarankan untuk melakukan perencanaan ulang terhadap produk yang akan dibuat, yang sesuai dengan permintaan pasar.
Analisis Implementasi Penilaian Kinerja Pegawai dengan Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Nasional (SIMKPNAS) Di PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara A. L. Kakerissa; N. E. Maitimu; Erlin Sampulawa
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.553 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.37

Abstract

Sistem penilaian kinerja pegawai merupakan salah satu cara peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara. PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara menerapkan sistem penilaian kinerja pegawai menggunakan Aplikasi Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Nasional (SIMKPNAS) untuk mengevaluasi atau mengukur kinerja pegawai. aplikasi ini sebagai wadah yang menyediakan form untuk dapat mendukung seluruh aktivitas penilaian kinerja pegawai PT PLN (Persero) mulai dari tahap perencanaan, tahap pengukuran serta menyimpan hasil penilaian itu sendiri. Penulisan tugas akhir ini bertujuan menganalisa sistem penilaian kinerja pegawai pada PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder melalui studi lapangan yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja pada PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara dilakukan dua kali dalam setahun. Penilaian kinerja pada PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara ada dua jenis yakni penilaian hardskill dan penilaian softskill. Penilaian hardskill dinilai dari sasaran kinerja pegawai dan penilaian softskill dinilai dari kompetensi pegawai. Kedua jenis penilaian tersebut dimasukkan kedalam Aplikasi SIMKPNAS mulai dari perencanaan, pemantauan dan penilaian.
Analisis Hasil Kombinasi Produk dan Tingkat Penjualan dalam upaya Memaksimalkan Keuntungan pada Pabrik Roti UD. Arsita Ambon D. B. Paillin; V. O. Lawalata; Aprilia Indah
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.11 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.53

Abstract

Setiap perusahaan didirikan untuk dapat memenuhi keinginan para pemiliknya. Untuk dapat memenuhi keinginan pemilik perusahaan, maka banyak perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk. Masalah kombinasi produk yang sering dihadapi perusahaan, yaitu menentukan jumlah masing-masing item produk yang harus diproduksi. Dalam menghadapi masalah ini Pabrik roti UD. Arsita Ambon harus dapat mengambil keputusan berapa jumlah masing-masing produk apa saja yang akan diproduksi dengan menggunakan sumber daya yang ada secara tepat untuk memperoleh hasil yang optimal. Kombinasi produk adalah ukuran terhadap apa dan berapa banyak barang-barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan tertentu. Metode simpleks merupakan bagian dari program linear yang digunakan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan pada pabrik UD. Arsita Ambon. Langkah – langkah pada analisis Linier Programming adalah penentuan fungsi tujuan, penentuan fungsi batasan, dan analisis sensitivitas dengan menggunakan aplikasi WINQSB. Berdasarkan hasil optimasi, Apabila UD Arsita Ambon ingin berproduksi sesuai dengan kondisi optimalnya, sebaiknya memproduksi roti masing-masing roti coklat 2091 unit, roti mocca 518 unit, dan roti coklat pandan 391 unit. Dengan berproduksi secara optimal UD.Arsita ambon dapat memperoleh tambahan keuntungan yaitu Rp 717.292 per hari.
Strategi Peningkatan Penjualan Energi Listrik R. A. de Fretes
ARIKA Vol 14 No 1 (2020)
Publisher : Industrial Engineering Study Program, Pattimura University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.258 KB) | DOI: 10.30598/arika.2020.14.1.65

Abstract

Berdasarkan data penjualan tenaga listrik pada laporan TUL III-09 tahun 2018, realisasi pendapatan PT PLN (Persero) secara nasional menurun sejak bulan Agustus 2017 sampai dengan saat ini. Kondisi tersebut terjadi juga pada PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara Area Ambon menunjukkan penurunan yang signifikan sejalan dengan adanya kebijakan pemerintah mencabut subsidi Listrik dari penggunaan daya 900 VA yang mengakibatkan turunnya nilai jual energi listrik. Penambahan jumlah pelanggan dan peningkatan penjualan tenaga listrik yang masih besar untuk saat ini dan di masa yang akan datang.PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara Area Ambon harus mampu memperbaiki proses bisnis dalam rangka memenuhi tuntutan kualitas dan pelayanan kepada pelanggan. Bila kualitas dan pelayanan kepada pelanggan sudah bagus, maka upaya untuk mendorong pelanggan melakukan Perubahan Daya (PD) ke daya minimal 1.300 VA akan lebih mudah dilakukan. Karena harga yang lebih mahal harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik, termasuk dalam hal kualitas keandalan tenaga listrik. PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara Area Ambon juga harus mampu mengikuti perubahan perkembangan teknologi dan mengupayakan program efisiensi penggunaan BBM.

Page 1 of 1 | Total Record : 6