cover
Contact Name
Cahyo Tri Atmojo
Contact Email
cahyotriatmojo@gmail.com
Phone
+6285732872727
Journal Mail Official
jurnal.pekstkipjb@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi/about/editorialTeam
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : -     EISSN : 25810707     DOI : http://doi.org/10.32682/jpekbm
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan manajemen yang diperuntukkan bagi Dosen, Praktisi, Guru, Penelit, Mahasiswa.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)" : 7 Documents clear
PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KAFE DI JOMBANG Yuli Lukita Sari; Cahyo Tri Atmojo
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.1799

Abstract

Desain adalah perlengkapan penting pada suatu produk yang berupa aspek fisik, dimana aspek tersebut dapat mempengaruhi minat pelanggan untuk tetap membeli produk yang sedang diproduksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah desain produk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh desain produk terhadap loyalitas pelanggan.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas desain produk dan variabel terikat loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 67 pelanggan di Kafe Mie Djoedes Jombang. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 2,128 + 0,330x. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,330. Sehingga diambil kesimpulan bahwa desain produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MASALAH POKOK EKONOMI Lina Susilowati; Sri Rahayu
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.1800

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini sudah sedemikian pesat dan merambahn ke berbagai sisi kehidupan panusia. Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak yang sangat besar dalam berbagai sisi kehidupan, mulai dari pemerintah, administrasi, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Dalam bidang pendidikan mulai banyak memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan suatu pembelajaran dengan istilah populernya, yakni e-learning atau yang disebut pembelajaran daring. Perkembangan yang demikian tersebut karena didukung oleh tersedianya perangkat keras maupun perangkat lunak yang semakin hari semakin hebat kemampuannya. Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, physical distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap diam di rumah, belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Akibat dari kebijakan tersebut membuat sektor pendidikan seperti sekolah maupun prguruan tinggi menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring yang bisa dilaksanakan dari rumah masing-masing siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN Model Terpadu Bojonegoro yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang siswa kelas X IPS 1 yang teridi dari 23 orang perempuan dan 13 orang laik-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kognitif dan tes psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t pada taraf 5% (α = 0,05). Berdasarkan hasil pengolahan data t, pembahasan serta tujuan dari penelitian ini, karena pada tes kognitif thitung < ttabel yaitu 0,025 < 2,032, sehingga H0 diterima atau H1 ditolak maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring dengan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi materi masalah pokok ekonomi di kelas X IPS 1 SMAN Model Terpadu Bojonegoro. Kemampuan siswa menyelesaikan soal tes kognitif yang berhasil yaitu 80,56%.
PENGARUH DEWAN DIREKSI, KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUIDT, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019) Nur Laeli Apriani; Siti Nur Azizah; Erny Rachmawati; Ani Kusbandiyah
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.1826

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan direksi, dan ukuran perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan kriteria didapatkan 133 sampel amatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial komisaris independen, komite audit dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sedangkan dewan direksi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.
PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DEWAN DIREKSI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2015-2019) Tiara Nur Aziza; Siti Nur Azizah; Ani Kusbandiyah; Nur Isna Inayati
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.1828

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan direksi, dan ukuran perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan kriteria didapatkan 90 sampel amatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.
PENGARUH ETOS KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA AMIL ZAKAT DI LAZ YAYASAN DANA SOSIAL AL FALAH SURABAYA Ahmad Maulana
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.2343

Abstract

Etos kerja Islam merupakan pandangan atau sikap berlandaskan nilai-nilai agama yang memiliki aspek-aspek positif, dimana aspek tersebut mempengaruhi kinerja amil zakat untuk mewujudkan sikap amanah dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh etos kerja Islam terhadap kinerja amil zakat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas etos kerja Islam dan variabel terikat kinerja amil zakat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 40 karyawan tetap di LAZ YDSF Surabaya. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus.  Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 10,414+ 0,241X. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,241. Sehingga diambil kesimpulan bahwa etos kerja Islam berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja amil zakat.
ANALISIS KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA YPM 3 SUMOBITO Heru Totok Tri Wahono
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.2412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran online di SMA YPM 3 Sumobito. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh atau dikumpulkan secara langsung dari sumber datanya. Hasil penelitian mengenai kesiapan guru terhadap pembelajaran online di SMA YPM 3 Sumobito yaitu terhadap kesiapan pembelajaran online membuat peserta didik kurang aktif. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar online terhadap peserta didik yaitu : a) guru sulit menjelaskan materi kepada peserta didik, b) saat pemberian tugas peserta didik hanya mengcopy paste tugas temannya melalui grup whatsApp, c) kesulitannya yaitu susah untuk dipantau satu persatu, d) waktu pembelajaran online juga dibatasi hanya satu jam, e) peserta didik sulit aktif dalam pembelajaran online sepeti ini, karena mereka mementingkan kehidupan apa yang mereka lakukan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MASKER SENSI DUCKBILL UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO Eni Candra Nurhayati
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 4, No 2 (2020): JPEKBM (DESEMBER,2020)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/jpekbm.v4i2.2493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing, competitive price, dan  electronic word of mouth terhadap minat beli masker SENSI duckbill pada mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 384 responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an yang pernah dan selalu menggunakan masker SENSI duckbill. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing, competitive price, dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif terhadap minat beli masker SENSI duckbill pada mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Viral marketing berpengaruh terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,476 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Competitive price berpengaruh terhadap minat beli dibuktikan dengan nilai  t hitung sebesar 2,933 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004<0,05. Electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat beli dibuktikan dengan t hitung sebesar 2,053 dengan nili signifikansi sebesar 0,041<0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 7