cover
Contact Name
Cahyo Tri Atmojo
Contact Email
cahyotriatmojo@gmail.com
Phone
+6285732872727
Journal Mail Official
jurnal.pekstkipjb@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi/about/editorialTeam
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : -     EISSN : 25810707     DOI : http://doi.org/10.32682/jpekbm
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) dengan E-ISSN 2581-0707 merupakan open access peer reviewed journal yang diterbitkan oleh Program Studi pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. JPEKBM memuat artikel yang fokus pada pendidikan ekonomi, kewirausahaan, bisnis, dan manajemen yang diperuntukkan bagi Dosen, Praktisi, Guru, Penelit, Mahasiswa.
Articles 134 Documents
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 5 JOMBANG ROY Wahyuningsih
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 1 (2017): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.706 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i1.451

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 5 Jombang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengukur setiap item instrument penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan Uji Determinasi (R2), Uji T, dan Uji F untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen dengan tingkat signifikansi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 0,05. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diketahui motivasi belajar 0,229, koefisien regresi variabel kompetensi pedagogik (X1) sebesar 0,321 dan koefisien regresi variabel kompetensi profesional (X2) sebesar 0.391. (1) uji determinasi ganda (R Square) sebesar 0,326 atau 32,6 % artinya persentase sumbangan pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sebesar 32,6 %. (2) secara parsial, variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat nilai thitung > ttabel (2.059>1.693) pada variabel kompetensi pedagogik (X1) dan (2.508>1.693) pada variabel kompetensi profesional (X2). (3)secara simultan, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig sebesar 0,003 dibawah tingkat signifikan 0,05. 
AKTUALISASI PEDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN REVOLUSI MENTAL BERBASIS ADIWIYATA DAN MULTIKULTURAL suhardi suhardi
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 2, No 2 (2018): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.912 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v2i2.993

Abstract

Mental revolution of education requires efforts to print educated human beings by having the motivation to meet the standards of achievement excellence, such as ethos of progress, ethics, achievement motivation, discipline, optimistic, productive, innovative and active views. This can be implemented with character education. Character education is one of the soft skill tools that can be integrated in learning in each subject. Learning activities using an active learning approach have a strategic role in instilling national character values so that students are able to behave and act on values that have become their personality. The purpose of this study was to find and analyze about: 1) Implementation of Character Education to Build Adiwiyata-Based Mental Revolution and Multiculturalism; 2) Implementation of Character Education to Build Mental Revolution in Organizational Culture. This study uses a qualitative approach with phenomenological naturatistics (phenomenology approach), with a descriptive type of case study research design. Data were analyzed using data analysis techniques: data reduction, data analysis and conclusions. The results of the study are: The application of character education to develop a mental revolution can be started from the character of building the environment. Environmental character is very important for individual development. The implementation of character education in building a mental revolution can emphasize the internalization of multicultural values and Adiwiyata which in the end will form a loving environmental awareness and foster a spirit of tolerance.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL SANGKAR BURUNG DI DESA SANGGRA AGUNG KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN Ika Lis Mariatun
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 1 (2017): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.176 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i1.452

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian yaitu, (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat upah terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin  sangkar burung di Desa Sanggra Agung, (2) Untuk mengetahui pengaruh nilai produksi berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin  sangkar burung di Desa Sanggra Agung, (3) Untuk mengetahui pengaruh nilai investasi berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin  sangkar burung di Desa Sanggra Agung. Hipotesis penelitian yaitu, (1) Tingkat upah berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin  sangkar burung di Desa Sanggra Agung, (2) Nilai produksi berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin  sangkar burung di Desa Sanggra Agung, (3) Modal berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada pengrajin sangkar burung di Desa Sanggra Agung.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 108 Home Industri. Teknik pengambilan sampel adalah Sampel random. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat upah , nilai produksi, dan modal secara simultan berpengaruh signifikan dengan hasil perhitungan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan nilai yaitu 19,130 > 2,73. Secara parsial variabel tingkat upah berpengaruh signifikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penyerapan tenaga kerja pada industri kecil sangkar burung. dengan hasil adalah 3,883 lebih besar dari Ttabel sebesar1,992.Kemudian nilai signifikansinya pada kolom Sig sebesar 0,05 lebih kecil dari tingkat kesalahan 5% ( α = 0,05 ).
PENGARUH ADAPTASI LINGKUNGAN USAHA DAN KEUNGGULAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI KUALITAS PRODUK ANYAMAN PANDAN DI JOMBANG Roy Wahyuningsih
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 2, No 1 (2018): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.302 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v2i1.727

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh positif Adaptasi Lingkungan usaha terhadap Kualitas produk, (2) pengaruh positif keunngulan SDM terhadap kualitas produk, (3) pengaruh positif kualitas produk terhadap keunggulan bersaing, (4) pengaruh positif adaptasi lingkungan usaha terhadap keunggulan bersaing, (5) pengaruh positif keunggulan SDM terhadap keunggulan bersaing.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perajin anyaman pandan yang berada di Jombang yaitu sebesar 1634 perajin anyaman pandan dengan sampel sebesar 128 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara Proporsional Random Sampling. Kuesioner dan tes digunakan dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat untuk menganalisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Adaptasi Lingkungan usaha secara positif berpengaruh terhadap Kualitas produk, (2) keunggulan SDM  secara positif berpengaruh terhadap kualitas produk, (3) kualitas produk  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (4) adaptasi lingkungan usaha  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (5) keunggulan SDM  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.Saran dari penelitian ini yaitu (1) para perajin anyaman pandan seyogyanya memusatkan perhatian untuk meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) misalnya dengan jalan memperbanyak mengikuti pelatihan-pelatihan, (2) para perajin anyaman pandan di Jombang senantiasa meningkatkan ketrampilan-ketrampilan, (3) Sedangkan untuk meningkatkan keunggulan bersaing, para perajin anyaman pandan di Jombang sebaiknya Menjaga kualitas produk, Menumbuhkan sikap soliditas antara pelanggan, pembeli, pemasok dan para perajin anyaman. 
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG Wahyu Aris Setyawan
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 3, No 2 (2019): JPEKBM (DESEMBER)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.24 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v3i2.1388

Abstract

Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran Discovery. Pembelajaran Discovery adalah suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 29. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji beda (T paired). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada proses pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dari kelas kontrol, untuk memecahkan masalah sebesar 82,7%, mengambil keputusan sebesar 79,3%, menganalisis asumsi 89,6%, dan membuat kesimpulan sebesar 86,2% serta hasil dari uji T paired sebesar 12,373 sehingga lebih besar dari T tabel sebesar 0,68304.Ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas kontrol rata-rata sebesar 69,13 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 87,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran Discovery pokok bahasan Kebutuhan dapat mempengaruhi peningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: Pembelajaran Discovery, Kemampuan berfikir kritis siswa, dan hasil belajar siswa
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 JOMBANG Mahfudiyanto S.Pd.,M.M
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 2 (2017): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.881 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i2.484

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Menganalisis pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap kinerja guru di MAN 1 JombangPenelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode populasi sensus sehingga dalam penelitian ini melibatkan seluruh responden yang berjumlah 72 guru yang ada di MAN 1 Jombang, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner.Hasil dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, , Pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap di MAN 1 Jombang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan kerja dan variabel pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF UNTUK PENINGKATAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI JOMBANG Roy Wahyuningsih
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 3, No 1 (2019): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.081 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v3i1.1188

Abstract

Kreatifitas sangat berpengaruh terhadap kehudipan manusia di era modern pada saat ini. Manusia dituntut untuk lebih kreatif untuk menghadapi tantangan di masa depan yang lebih baik karena dengan kreatifitas, rata-rata manusia dapat menciptakan sesuatu yang baru yang bernilai jual. Berpikir kreatif dapat memunculkan ide-ide kreatif yang mana mendorong manusia untuk membuat produk baru dan kesempatan kerja bagi orang lain. Alasan itulah yang membuat peneliti melakukan penelitian yang menganalisa tentang adanya hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan jiwa wirausaha. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang telah menempuh matakuliah Kewirausahaan yaitu angkatan 2015.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti sebagai instrumen utama yang mempunyai peranan penting dalam melakukan penelitan. Peneliti berwenang dalam memperoleh data dan menentukan cara dalam pemerolehan data. Peneliti menggunakan kuisioner untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa. Kemudian, peneliti juga melakukan wawancara untuk menggali lebih dalam tentang kemampuan siswa.Hasil penelitian ini adalah mahasiswa Program studi pendidikan ekonomi angkatan 2015 mempunyai kemapuan berpikir kreatif dan jiwa wirausaha yang cukup bagus. Keseluruhan dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan yang saling mempengaruhi antar kemampuan berpikir kreatif dengan jiwa wirausaha. Mahasiswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang tinggi, maka dia juga mempunyai jiwa wirausaha yang tinggi pula
IMPLEMENTASI STRATEGI SOCIAL MARKETING DINAS KOPERASI DAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT SENTRA INDUSTRI MANIK-MANIK DI KABUPATEN JOMBANG Agus Raikhani; Linda Ratna Sari; Nida Hamidia
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 2, No 1 (2018): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.287 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v2i1.724

Abstract

Social Marketing merupakan slogan pemberdayaan masyarakat yang implementasinya memberikaan keberdayaan masyarakat mengaktualisasikan ide, gagasan, berkarya dan berkembang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Kebijakan pemerintah berperan sebagai pendampingan melalui kebijakan yang diteruskan melalui kemitraan. Metode pengolahan dan penyajian data hasil penelitian melalui analisis SWOT digambaran dalam bentuk uraian kalimat yang logis dengan keadaan yang sebenarnya. Dari menganalisis kekuatan kelemahan internal dan peluang ancaman eksternal, bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat sentra industri manik-manik di desa Gambang Kecamaan Gudo kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil analisis matrik SWOT menunjukkan bahwa sentra industri manik-manik memiliki peluang sebesar-besarnya. Pada strategi kombinasi SWOT diketahui nilai SO sebagai nilai tertinggi, artinya strategi tersebut memiliki ketepatan strategi yang tinggi pula. Pada diagram kartesius terletak di kuadran I pada titik (0,15;1,37) artinya industri manik-manik pada kondisi pertumbuhan. Hal ini terbukti bahwa efektifitas strategi Social Marketing Dinas Koperasi dan UMKM yang dilakukan terhadap masyarakat sentra industri manik-manik dalam kurun waktu dua tahun terakhir mampu membantu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar 20%. Untuk itu, pemerintah bersama masyarakat sentra industri manik-manik terus berupaya untuk menerapkan strategi yang sesuai dengan kondisi ini dan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERKULIAHAN Nailariza Umami
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 2, No 2 (2018): JPEKBM (Desember)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.803 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v2i2.994

Abstract

Mentality is related to ways of thinking that have become habits, or habits of thought. And a habit, generally formed through habituation. Therefore mentality can be formed, by way of habituation and coaching. Efforts to refract and guide need to touch two factors at once: ways of thinking and the environment. And the educational environment is one way out to foster the character of the younger generation in a directed, programmed, and optimal way so that young people who are intelligent intellectual and moral quality can be formed. Planting character values that are integrated in lectures can be expected to be internalized in students. The courses taught are not just theoretical knowledge, but can also be shown in the form of behavior in preparation for The research steps are plan, action, observation, and reflection. The research subjects were students in the 4th semester Learning Planning lectures in the STKIP PGRI Tulungagung economic education department. The method of implementation is(1) conveying character values when delivering learning planning as a basis for completing tasks; (2) delivery of values associated with the content of learning planning material; and (3) monitoring internalization of values through interviews and weekly task consultations, assessment points include indicator hard work points in the form of consultative discipline and task quality, indicator collaboration points in the form of division of roles, communication, interactions, and initiatives in study groups. The results of the character education implementation study showed an increase towards the good behavior of students and able to improve student achievement. Learning achievement is considered as a side effect of character education in the learning process.
DAMPAK PERDAGANGAN BEBAS ASEAN TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA Dies Nurhayati
JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen) Vol 1, No 1 (2017): JPEKBM (Juli)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.872 KB) | DOI: 10.32682/jpekbm.v1i1.409

Abstract

ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dimana negara-negara yang berada di kawasan ASEAN dapat melakukan perdagangan bebas untuk melakukan ekspor impor tanpa dikenakan bea cukai dimana terdapat penurunan tarif hingga menjadi 0-5%, penghapusan pembatasan kwantitatif dan hambatan-hambatan non tarif lainnya, dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN. Dengan ditiadakannya biaya masuk untuk setiap barang yang di ekspor oleh negara yang menyepakati perjanjian perdagangan bebas menimbulkan dampak yang positif serta negatif bagi Indonesia, sehingga perlu dilakukan antisipasi yang cepat dan menyeluruh untuk mengatasi adanya dampak negatif dari banyaknya dampak yang ditimbulkan dari perdagangan bebas.

Page 1 of 14 | Total Record : 134