cover
Contact Name
Indri Anugrah Ramadhani
Contact Email
jurnalpetisi@gmail.com
Phone
+6282292039909
Journal Mail Official
jurnalpetisi@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kelurahan Mariat Pantai Distrik Aimas Sorong Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
ISSN : -     EISSN : 27216276     DOI : 10.36232
Core Subject : Science, Education,
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Taknologi Informasi. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan dasar yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli
Articles 39 Documents
Perancangan Sistem Informasi Laundry Berbasis Web pada Laundry Dian Menggunakan PHP dan Mysql Delianti Ningsih Allo; Firman Firman; Muhammad Ihsan
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1168

Abstract

Di era yang serba cepat kebutuhan manusia terhadap waktu membuat semua aktivitas rumah tangga dan masyarakat ingin serba praktis, khususnya seperti mencuci baju. Apalagi bagi orang yang memiliki tuntutan kesibukan dan tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaian, menjemur, dan menyetrika sehingga lebih memilih mempercayakan cuciannya kepada jasa tukang cuci atau laundry dengan alasan menghemat waktu dan agar lebih berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pelayanan yang dapat membantu dalam menyampaikan informasi tentang laundry Dian dan mengetahui valid dan efisien sistem informasi pelayanan laundry berbasis web pada laundry Dian. Bentuk penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk menghasilkan sebuah produk dan menggunakan model prototype untuk mendesain sistem. Pada objek penelitian peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner, studi pustaka, dan observasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif penyajian data dengan tabel dan perhitungan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di peroleh nilai 3,8 kategori valid dan di peroleh nilai 3,29 dengan kategori sangat efisien.
Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Menengah Pertama Dwimas ilham syah; Ayu Gita Lestari; Agnes Yanila Grasella; Fitriatul Asfiyah; Raudatul Munawaroh
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen pembelajaran berbasis TIK. Dengan alat dan model ini, sekolah dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi proses pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan Research and Development (R&D). Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Kota Jambi, dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik triangulasi untuk menguji validasi data. Hasil penelitian adalah: Tahap pertama adalah Pengambilan Keputusan Pembelajaran Berbasis TIK, Tahap Kedua Perencanaan Pembelajaran Berbasis ICT, Tahap Ketiga Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT, Tahap Keempat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Belajar. Faktor kunci keberhasilan model ini ada pada langkah kedua yaitu bagaimana guru membuat RPP dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran berbasis TIK.
Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan di MTs Roudlotul Khuffadz Berbasis Web Muhammad Soleh; Muhammad Ihsan; Matahari Matahari
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1181

Abstract

Sistem informasi perpustakaan MTs Roudlotul Khuffadz merupakan sistem informasi yang mengolola administrasi perpustakaan. Tujuan dilakukan penelitian di MTs Roudlotul Khuffadz adalah untuk mengetahui langkah-langkah perancangan sistem informasi perpustakaan untuk membantu dan mempermudah pengelolaan kegiatan administrasi perpustakaan MTs Roudlotul Khuffadz dan mengetahui langkah-langkah pengoprasian sistem dengan menyajikan buku panduan pengoprasian. Desain penelitian perancangan sistem informasi perpustakaan menggunakan metode research and development (R&D), dengan prosedur pengembangan menggunakan model prototyping. Hasil uji coba lapangan dengan penilain kualitas sistem mendapatkan rata-rata 3,5 dan presentase 89%, navigasi mendapat rata-rata 3,6 dan presentase 90%, kepuasan terhadap pengguna mendapatkan rata-rata 3,6 dan presentase 89%, dan dampak bagi MTs Roudlotul Khuffadz mendapatkan rata-rata 3,6 dan presentase 90%, kemudahan memahami buku panduan oleh responden mendapatkan nilai rata-rata 3,4 dan presentase 86% dengan kesimpulan sangat baik. Disimpulkan perancangan sistem informasi perpustakaan MTs Roudlotul Khuffadz secara keseluruhan mendapat predikat sangat baik.
Aplikasi Kamus Indonesia Jawa Halus Berbasis Android Imanuel Chrisnanto Wibowo; Indri Anugrah Ramadhani; Firman Firman
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1182

Abstract

Kemampuan masyarakat dalam berbahasa Jawa dan minat terhadap budaya Jawa pun terlihat semakin menurun. Dalam percakapan sehari-hari di lingkungan sekitar, masyarakat jawa lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Sebagian besar masyarakat Jawa yang tinggal di daerah lain sedikit kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang tua menggunakan bahasa Jawa halus karena belum mengetahui tingkatan bahasa jawa dari ngoko ke krama inggil. Sebagian lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia. Tidak ada salahnya masyarakat jawa yang tinggal di daerah lain belajar bahasa Jawa. Kata orang belajar bahasa Jawa itu sulit karena terbagi dalam berbagai tingkat. Bahasa Jawa ngoko yang digunakan pada teman sebaya, teman akrab, atau yang lebih muda untuk percakapan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi kamus Indonesia-jawa halus berbasis android, dan mengetahui cara kerja penggunaan aplikasi kamus indonesia jawa halus berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan tahapan : Masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, ujicoba produk, revisi desain, dan produksi masal. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah Tahap Penelitian, Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan berupa uji coba dalam kelompok besar (15 orang) dengan hasil, aplikasi kamus indonesia jawa-halus berbasis android ini dapat digunakan dengan baik, yaitu mampu menerjemahkan kata yang dicari (bahasa indonesia - bahasa jawa halus) atau (bahasa jawa halus - bahasa indonesia) dengan tepat dan telah memenuhi harapan sehingga layak digunakan bagi penggunanya.
Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Fitrah pada Badan Amil Zakat Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Malasilen Berbasis J2SE (Java Platform Standard Edition) Muhammad Rahmatul Fauzi; Matahari Matahari; Indri Anugrah Ramadhani
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem pengelolaan zakat fitrah guna memudahkan dalam pengelolaannya baik menghitung zakat fitrah berupa uang, seputar fiqih zakat fitrah dan penyimpanan data Mustahiq dan Muzakki berbasis J2SE (Java Platfrom Standard Edition). Penelitian dan perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan teknik R&D (Research and Development) guna membangn sebuah sistem sesuai kebutuhan pengguna. Dalam menguji sistem peneliti menggunakan Black Box yang diujicobakan oleh validator ahli dan ujicoba skala besar sebanyak 30 responden penilaian dengan presentase 88% untuk aspek tampilan, 89% untuk aspek penggunaan sehingga sistem dapat digunakan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan zakat fitrah berbasis J2SE (Java Platfrom Standard Edition) dan buku panduan dalam penggunaan sistem dengan presentase 86% dari hasil ujicoba kelompok besar.
Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Awaluddin Awaluddin; Fariz Ramadan; Fithena Augusli Nelah Charty; Rama Salsabila; MIfta Firmansyah
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1241

Abstract

Teknologi Pendidikan maupun teknologi pembelajaran, menyatu dalam definisi yang dikemukakan oleh AECT adalah sebuah studi dan praktek etis untuk memfasilitasi berlangsungnya proses belajar dan memperbaiki kinerja melalui penciptaan, penggunaan, pengelolaan proyek, teknologi, dan sumber daya yang tepat. Teknologi pendidikan telah merubah mengajar dan belajar pada banyak sekolah baik tingkatan dasar (PAUD, TK, SD), tingkat menengah (SMP, SMA), dan tingkatan tinggi yaitu PT, Akademi, Institut, Sekolah Tinggi. Teknologi memungkinkan peserta didik untuk mengalami kejadian atau phenomena belajar yang mereka tidak bisa mereka saksikan secara langsung. Dengan memasukkan teknologi dalam berbagai tugas belajar dan melewati wilayah subjek, pendidik dapat menyediakan bagi peserta didik pengalaman belajar yang mungkin tidak bisa diwujudkan beberapa tahun yang lalu.
Penerapan Model Design Thinking pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macro Media Flash Muhamad Ali Kasri; Yerlin Novan; Indri Anugrah Ramadhani
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 2 No 2 (2021): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v2i2.1531

Abstract

Pengembangan media pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri 26 Malabutor Kota Sorong bertujuan memperbaharui pembelajaran konvseional dengan metode ceramah menjadi media pembelajaran berbasis teknologi. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model design thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, testing, dan implement. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Prototype pengembangan media pembelajaran menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Software yang digunakan dalam pengembangan media yaitu macromedia flash 8, untuk desain menggunakan corel draw x7 dan adobe photoshop cs3. Pengujian media menggunakan black box testing. Uji coba kelayakan media menggunakan skala likert dengan hasil uji coba perorangan persentase 82%, uji coba kelompok kecil persentase 85%, uji coba kelompok besar persentase 87%. Skala Aiken V untuk menentukan hasil validasi ahli materi dengan persentase 93% dan validasi dari ahli media dengan persentase 85% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian Warda Maghfiroh
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800

Abstract

Efforts to improve the quality of education in Indonesia are carried out in various ways. One of them is by changing conventional education into technology-based education. The strategy in improving the quality of education is done by applying information technology in learning in schools. With this application, it will support the learning process that produces skilled students in anticipating the progress of science and technology. The purpose of this study was to find out how teachers and the application of information technology in improving the quality of learning. The research used is a qualitative approach from the results of observations, interviews and documentation. The subject used in this study is the MI Miftahul Ulum Bago Pasirian institution. Based on research conducted by researchers, the roles played by teachers in learning are: first, encouraging students to interact with learning resources or learning media; second, encouraging students to have discussions with their friends; third, asking questions from the teacher to students or students to their friends; fourth, monitoring students' perceptions and thinking processes; fifth, monitor and observe the learning outcomes; sixth, as a mediator in student discussions; and seventh, evaluating to always improve student learning outcomes. This role is accompanied by implementing information technology systems in learning
Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Geografi Di MAS IRSYADUL ‘IBAD Dwimas Ilhamsyah; Lailatul Isnaini; Darmawan Darmawan; Mulita sari
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 3 No 2 (2022): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v3i2.1824

Abstract

The study aims develop a learning model of GEOGRAPHY. With this tools and model, school can be easily monitor and evaluate the educational process. This research was conducted by means o Research and Development (R&D). The place of the research is at MA Swasta Irsyadul ‘ibad, and data collection used interviews, observation and documentation in the field of education, the internet is increasingly needed to create interesting interactive learning. Interactivity of students in learning by utilizing internet media will increase the independence of students in carrying out the learning process. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran GEOGRAFI. Dengan alat dan model ini, sekolah dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi proses pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan Research and Development (R&D). Tempat penelitian di MA Swasta Irsaydul ‘ibad Batanghari, dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. di bidang pendidikan, internet semakin dibutuhkan untuk menciptakan pembelajaran interaktif yang menarik. Interaktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan memanfaatkan media internet akan meningkatkan kemandirian peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Menganalisis Informasi Metaverse Pada Game Online Roblox Secara Garis Besar Ii Sopiandi; Deffy Susanti
JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) Vol 3 No 1 (2022): JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpetisi.v3i1.2021

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju disetiap lini baik dalam dunia industry,Pendidikan ataupun dunia games,membuat orang berlomba-loba dalam perkembanganyauntuk menjadi yang terbaik, metaverse adalah bagian dari internet yang dimana didalamnyadibuat sedemikian rupa menyerupai dunia nyata, metaverse dalah ruang virtul untukberkomunikasi dengan sesama dalam suatu tempat tertentu di dunia virtual, terutama dalamgame online begitu banyaknya game yang menjamur sehingga metavere adalah salah satutempat berkumpulnya para gameres di seluruh lapisan dunia yaitu berada di metaverse.

Page 1 of 4 | Total Record : 39