cover
Contact Name
Rizal Bakri
Contact Email
rizal.bakri@stiem-bongaya.ac.id
Phone
+6285224607202
Journal Mail Official
bjrm@stiem-bongaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjen. Pol. Mappaoddang No.28, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90131 - Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
ISSN : -     EISSN : 26158876     DOI : 10.37888
Bongaya Journal for Research in Management (BJRM) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang Manajemen. Diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STIEM Bongaya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)" : 5 Documents clear
Pemetaan Penelitian Rasio Financial Value Added (FVA) pada Perbankan Syariah dan Konvensional: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review Eka Wahyu Hestya Budianto; Nindi Dwi Tetria Dewi
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
Publisher : P3M STIEM BONGAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the research mapping regarding the Financial Value Added (FVA) ratio in Islamic and Conventional Banking using a mix-method approach, namely the VOSviewer bibliometric study and literature review. Data analysis techniques include: (1) mapping the distribution of journal publications around the FVA ratio; (2) mapping the results of the VOSviewer bibliometric visualization around the FVA ratio based on the number of clusters and their items; and (3) mapping research topics around the FVA ratio using a literature review study. The results showed that: (1) based on the distribution of journal publications, there were 25 journal publications regarding the FVA ratio; (2) based on the mapping of the VOSviewer bibliometric study, the network visualization results around the FVA ratio are divided into 4 clusters and 82 topic items; (3) based on the mapping of literature review studies, there are 2 topics around the influence of the FVA ratio and 2 topics about the determinants of the FVA ratio. The implications and contributions of this research are to map research topics around FVA ratios in Islamic and Conventional Banking which are often or rarely researched by researchers so that they can be a reference for subsequent researchers.
Persepsi Produk Dan Sikap Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gufran Aji Darmawan
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
Publisher : P3M STIEM BONGAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi dan sikap pelanggan terhadap produk mie instan Sedap Goreng terhadap pilihan pembelian mahasiswa di Stiem Bongaya Makassar. Data primer dikumpulkan dari siswa yang dilaporkan mengonsumsi produk Indomie Goreg, dan jumlah sampel sebanyak 98 ditentukan menggunakan prosedur Slovin sampling. Uji asumsi klasik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, telah diterapkan pada data mentah yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial Temuan ini mendukung hipotesis kerja dengan menunjukkan bahwa kualitas produk mie instan Indomie Sedap Goreng mempengaruhi opini dan preferensi mahasiswa Stiem Bongaya Makassar serta kecenderungan mereka untuk membeli produk tersebut. Sedangkan besarnya pengaruh dapat diukur dengan menghitung nilai customized R-squared, yang dalam hal ini adalah 0,407%. Penelitian ini menemukan bahwa di kalangan mahasiswa Stiem Bongaya Makassar, persepsi produk dan sikap konsumen memberikan pengaruh sebesar 40,7% terhadap pilihan pembelian produk mie instan Sedap Goreng, sedangkan sisanya sebesar 59,3% disebabkan oleh faktor lain.
Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive dan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Syahril Sani
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
Publisher : P3M STIEM BONGAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengauruh Pengaruh Perencanaan Pajak dan Tunneling Incentive, terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengumpulan data menggunakan data yang diperoleh dari laporan keuangan yang di akses melalui www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 45 Perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 45 perusahaan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perecanaan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing. Sedangkan tunneling incentive tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap transfer pricing.
Mengukur Kinerja Karyawan dari Perspektif Disiplin Kerja Dan Kecerdasan Emosional Fiarintina Rossy
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
Publisher : P3M STIEM BONGAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh disiplin kerja dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan yang dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian ini karyawan PT.Hadji Kalla sebanyak 106 orang. Responden penelitian ini diambil dari sampel sebanyak 84 orang karyawan PT.Hadji Kalla. Dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja dan kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Diantara kedua variabel tersebut, variabel disiplin kerja memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan dibandingkan variabel kecerdasan emosional.
Peran Persepsi Sebagai Variabel Moderatin dalam Hubungan Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Menabung Siti Fatimah; Fitri Ayu Lestari; Nasrullah; Ampauleng
BJRM (Bongaya Journal of Research in Management) Vol. 6 No. 2 (2023): BJRM (Bongaya Journal of Research in Management)
Publisher : P3M STIEM BONGAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif yang mencakup pengumpulan dan analisis data yang berupa angka atau besaran tertentu dengan menggunakan pengujian statistic. Data yang diperoleh dari tabulasi angket atau kuesioner dengan sampel penelitian yang berjumlah 100 orang dari nasabah Bank Syariah Indonesia kc sungguminasa, gowa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap minat menabung di bank syariah dengan persepsi sebagai variabel moderating. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa, kemudian variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa. Dan variabel persepsi mampu memoderasi (memperkuat) hubungan antara kualitas produk terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa. Variabel Persepsi tidak mampu memoderasi hubungan antara citra merek terhadap minat menabung di BSI KC Sungguminasa Gowa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5