cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret" : 12 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM DI SMP IT NUR IHSAN ISLAMIC FULL DAY SCHOOL MEDAN Abdul Mukhsin, Candra Wijaya, Ali Imran Sinaga
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.151 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1716

Abstract

character at SMP Islamic Full Day School Medan. (2) To know how is the role of principals and teachers inimplementation of moral education in forming the Muslim character at SMP Islamic Full Day School Medan.(3) To know what are the supporting and inhibiting factors faced in implementation of moral education informing the Muslim character at SMP Islamic Full Day School Medan. This research is a qualitative researchby describing the implementation of moral education at Nur Ihsan Islamic Full Day School Medan. Theconclusion of this research is that the implementation of moral education in forming the Muslim character atSMP Islamic Full Day School Medan which is conducted by principal and teachers have succeeded. Namelyby designing quality programs in order to accustom the students to perform a good morals in daily life. Theresults of this study can be used as an input for school, principal, teachers, and parents to improve the qualityof education for children, especially those which are related to the moral education.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan akhlak dalam membentukkepribadian muslim di SMPIslamic Full Day School Medan. (2) Mengetahui bagaimana peran kepalasekolah maupun guru dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim diSMPIslamic Full Day School Medan. (3) mengetahui Faktor pendukung dan penghambat apasajakah yangdihadapi dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMPIslamicFull Day School Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendiskripsikan implementasipendidikan akhlak di Nur IhsanIslamic Full Day School Medan. Kesimpulan penelitian ini bahwa Implementasipendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMPIslamic Full Day School Medan yangdilakukan oleh kepala sekaolah dan guru telah berhasil. Yaitu dengan merancang program-program yangberkualitas demi untuk membiasakan para siswanya melakukan akhlak yang baik dalam kesehariannya.Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi piha sekolah, kepala sekolah guru, orang tua untuklebih meningkatkan kualitas pendidikan kepada anak terutama yang menyangkut dengan pendidikan akhlak.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA KISAH QABIL DAN HABIL (Q.S. MAA’IDAH /5: 27-32) Jamiah Hariyati, Achyar Zein, Syamsu Nahar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.19 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1678

Abstract

Allah swt, menciptakan manusia sebagai hamba dan sekaligus khalifahnya di bumi. Sebagai khalifahtentunya harus memilki kekuatan untuk mengolah alam dengan segenap potensi yang telah Allah swt,.berikan. Demikian halnya sebagai hamba Allah ia harus melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhisegala larangan-Nya. Untuk melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya tersebutharus mempunyai ilmu. Sehingga pengetahuan akan benar dan salahnya sesuatu aktivitas bersumberdari wahyu Allah swt,.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN SURAT AL-ALAQ Handoko, Edi Saputra, Zulheddi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.718 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1717

Abstract

Abstract: This study aims to determine the values of education that written in the Qur’an Surah Al-Alaq,and also to find out the contribution of Surah Al-Alaq to the Values of Education itself. This research is alibrary research, the primary data sources derived from Tafsir al-Maraghi, Tafsir As-Sya’rawi, Tafsir IbnuKatsir and Tafsir Tarbawi. Secondary data derived from valid sources includes supporting books in research,The method used in completing this thesis is the content analysis method. The results of this thesis researchare, first to discuss about the values of education in Surah Al-Alaq : (1) the values in reading activity (2)scientific values of reading (3) the values of tauhid (4) the values of moral (5) ) the values of the Quran (6),the values of Writing, (7) the values of teaching (8), the values of worship (9), the values of taqwa. Second, thecontribution of Surah Al-Alaq’s to education consists of: (1) to develop the science (2), exclamation to tauhidmovement Third, relevations of Surah Al-Alaq to the valueof education consisting of: (1) Al-Qur’anbecomesa guideline in education, (2), Process of learning is one of the human’s Fitrah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan dalam Alquran Surat Al-Alaq, untuk mengetahuikontribusi surat Al-Alaq terhadap Nilai-Nilai Pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian pustaka(LibraryReseach), sumber data berupa data primer meliputi Tafsir al-Maraghi, Tafsir As-Sya’rawi, Tafsir Ibnu Katsirdan Tafsir Tarbawi. Adapun data sekunder meliputi buku-buku pendukung dalam penelitian, Metode yangdigunakan dalam menyelesaikan tesis ini adalah metode analisis isi (Content Analysis). Adapun hasil penelitiantesis ini adalah, pertama, membahas mengenai Nilai-Nilai pendidikan dalam Surat Al-Alaq terdiri dari : (1),Nilai Gemar Membaca (2), Nilai Keilmuan (3), Nilai Ketauhidan (4), Nilai Akhlak (5), Nilai Alquran (6),Nilai Gemar Menulis, (7), Nilai Gemar Mengajar (8), Nilai Ibadah (9), Nilai Ketakwaan, Kedua, KontribusiSurat Al-Alaq terhadap pendidikan Terdiri dari : (1), Mengembangkan Keilmuan (2), Seruan Bertuhid, Ketiga,Relevasi Surat Al-Alaq Terhadap Nilai Pendidikan Terdiri dari (1), Alquran Menjadi Pedoman dalam Pendidikan,(2), Belajar merupakan Fitrah manusia dengan pendidikan.Kata unci: Nilai-nilai Pendidikan, Surat Al-Alaq
KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERANCANG TES (Analisis Aplikasi Anates Ganda Di Sekolah SMA Negeri 1 Hinai) Satria Wiguna Syaukani, Rusydi Ananda
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.827 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1577

Abstract

Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru pendidikanagama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Hinai dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan guru PAI merancang tes serta kemampuan guru PAI dalam menganalisis tes dengan menggunakanaplikasi Anates ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menghasilkan data berupa katakatatertulis maupun lisan dari orang-orang yang dapat diamati, sedangkan yang menjadi instrumennyaadalah peneliti sendiri. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data sekunder dan data primer. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penjaminkeabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan secara interaktifdengan proses analisis data reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja (menarikkesimpulan penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pendidikan agama Islamdi sekolah SMA Negeri 1 Hinai yaitu melalui musyawarah MGMP agama Islam dan KKG Langkat,kemampuan guru pendidikan agama Islam kelas X dan XII yaitu Ibu Masnia dan Nur Azizah cukup baik,karena membuat soal pilihan ganda dan essay atau uraian berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal.Namun perlunya perbaikan untuk meningkatkan kualitas soal yang lebih baik. 2) Melalui pelatihan, diklat,worskop pendidikan agama Islam ataupun seminar pendidikan yang diiukuti oleh guru PAI akan meningkatkanpemahaman dalam membuat atau merancang soal dengan benar dan tepat. 3) Kemampuan Ibu Marjiahsebagai guru pendidikan agama Islam kelas XI kurang baik, sehubungan guru honor baru yang mengajardi sekolah SMA Negeri 1 Hinai, karena tidak percaya diri dan mempermudah dalam pembuat soal dalamulangan semester ganjil dan genap.Kata Kunci: Kemampuan, Guru, Merancang, Tes
KONSEP PENDIDIKAN REMAJA MUSLIM MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (Studi Kitab: Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam) Siti Fatimah, Zulheddi, Edi Saputra
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.03 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1697

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to know how Islam conception to young Moslems according toAbdullah Nashih Ulwan, to know the problems that happening to young Moslems according to AbdullahNashih Ulwan and to know the solves of the young Moslems problems according to Abdullah NashihUlwan. This research is library research because the object of the research is literature labour formedTarbiyah al-Aulad fi al-Islam book arrangement by Abdullah Nashih Ulwan. The result of this thesis are,First,to study about Islam conception to young Moslems according to Abdullah Nashih Ulwan.Second,the problems that crash to young Moslems devation was offered in Abdullah Nashih Ulwan consept, theseproblems are also common happening this time.Third, Solves of the young Moslems problems accordingto Abdullah Nashih Ulwan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap remaja Muslim menurut AbdullahNashih Ulwan, untuk mengetahui problematika-problematika yang terjadi pada remaja Muslim menurutAbdullah Nashih Ulwan dan untuk mengetahui solusi terhadap problematika-problematika remaja Muslimmenurut Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) karenayang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitabTarbiyah al-Aulad fi al-Islam karanganAbdullah Nashih Ulwan. Adapun hasil penelitian ini adalah,pertama, membahas mengenai pandanganIslam terhadap remaja Muslim menurut Abdullah Nashih Ulwan.Kedua, Problematika-problematika yangberdampak pada penyimpangan-penyimpangan remaja yang ditawarkan dalam konsep Nashih Ulwan,Hal ini juga merupakan problematika-problematika yang terjadi masa kini.Ketiga, Solusi terhadap problematikaproblematikaremaja Muslim menurut Abdullah Nashih Ulwan.Kata Kunci: Konsep, Remaja Muslim, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DALAM SURAT AL-KAHFI (Studi Analisis Tafsir Alquran) Marwan Riadi, Saiful Akhyar Lubis, Salminawati
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.913 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1718

Abstract

Abstract: This study aims to identify and critically analyze the cues in the verses in Surat al-Kahfi that speakand have relevance to the values of faith education. Specifically, this study aims to; a) Describe the values offaith education in the letter al-Kahf, b) Describe the values of faith education that can be understood in theletter of Al-kahf, c) Describe the implications of the values of faith education QS. al-Kahfi in contemporaryIslamic education. This study is a library research (non-field research). Data analysis technique used is thetechnique content analysis. The results of this study indicate that; the values of faith education in Suratal-Kahf in general refers to correcting the faith (purifying the faith), correcting the method of thinking, correctingthe norms of faith. This conclusion is summarized based on the interpretation of the QS.Al-Kahf /18: 1-8.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara kritis isyarat-isyarat dalam ayatayatdalam surat al-kahfi yang berbicara dan memiliki relevansi dengan nilai-nilai pendidikan Akidah.Secara khusus , penelitian ini bertujuan untuk; a) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akidah dalam suratal-Kahfi, b) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akidah yang dapat dipahami dalam surat Al-kahfi, c)Mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan akidah QS. al-Kahfi dalam pendidikan Islam kontemporer.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau penelitian non-lapangan(library research). Teknikanalisi data yang digunakan adalah teknik analisis isi(content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa; nilai-nilai pendidikan akidah dalam surat al-Kahfi secara umum mengacu kepada memperbaikiakidah (memurnikan akidah), Memperbaiki metode berfikir, Memperbaiki norma akidah. Kesimpulan inidirangkum berdasarkan interpretasi terhadap QS. Al-Kahfi/18: 1-8.Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Pendidikan Akidah
GERAKAN EKONOMI ISLAM DI INDONESIA PADA ERA PRA KEMERDEKAAN Riswan Rambe, Asmuni, Muhammad Yafiz
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.686 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1586

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) semangat dan keberanian gerakan ekonomi Islam yangdilakukan oleh tokoh pendiri ormas-ormas Islam di Indonesia pra era kemerdekaan, walaupun merekaselalu mendapat ancaman dari pemerintah Belanda. (2) latarbelakang gerakan ekonomi Islam yang dilakukanSDI, Muhammadiyah dan NU pra era kemerdekaan RI. (3) Gerakan-gerakan ekonomi Islam yang dilakukanoleh SDI, Muhammadiyah dan NU mendapat renspon yang positif oleh masyarakat pribumi termasukpesantren-pesantren dan lain sebagainya (4) Hambatan yang dialami oleh SDI, Muhammadiyah dan NUdalam gerakan ekonimi Islam kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini menggunakan pendekataan kualitatif. Tulisan ini dapat disimpulkan bahwasanya (1) pola gerakanSDI, Muhammadiyah, dan NU memiliki tipologi dibidang ekonomi yang bersifat modern, tradisionalkonservatif.(2) terdapat pengaruh yang positif terhadap gerakan SDI kepada masyarakat muslim diantaranyaterangkatnya pedagang pribumi menjadi kuat, dan menghilangkan perlakuan diskriminatif kepada pedagangpribumi. (3) terdapat pengaruh yang baik terhadap gerakan Muhammadiyah kepada masyarakat baikprekonomian mereka yang meningkat maupun SDM mereka lebih baik, salah satu contoh dari prekonomiandengan mendirikan BMT umat dan Bank Muhammadiyah. (4) terdapat pengaruh positif bagi prekonomianmasyarakat akibat dari pengaruhNahdlatut Tujjar dan mendirikan koperasihShirkah Muawwanah dipesantren-pesantren. (5) dengan mengulang kembali tulisan-tulisan gerakan ekonomi Islam pra era kemerdekaan,menjadi motivasi untuk ormas-ormas sekarang ini supaya harus lebih berkontribusi dalam menggerakkanekonomi Islam dibandingkan dengan gerakan ekonomi Islam pra era kemerdekaan, karena hambatangerakan ekonomi Islam yang dihadapi sekarang ini, tidak sesulit yang dihadapi gerakan ekonomi Islampra era kemerdekaan.Kata Kunci: SDI, Muhammadiyah dan Nahdlatut Tujjar.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 17 MEDAN Sarfika Saragih, Ali Imran Sinaga, Mardianto
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.14 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.4161

Abstract

Abstract: This study attempts to (1) make and depelove of multicultural based teaching materials PAI aboutmatter tolerance and appreciate differences, (2) described a study results and response of students about that,(3) to know a results effective for that. Using method research and development (R & D), refers to Borg andGall models. Subject trial consisted of material experts, design experts, PAI teachers, students of class IX-3 atSchool, individual trials (3 students), small group trials (9 students), limited field trials (30 students). Dataabout a quality of development this collected by questionnaire. The results of the study indicates: (1) materialexpert validation includes aspects of eligibility content with an average of 87.5% with the criteria of “verygood” the feasibility aspect of presentation with an average of 80.35% with the criteria “good”, languageaspects 80.35% with the criteria “good”. (2) validation of design experts with an average of 83.62% with thecriteria of “good”. (3) the responses data PAI teacher with an average of 82.35% with the criteria of “good”,(4) individual trials with an average of 84.72% with “very good criteria, small group trials with an average of84.25 with the criteria of” very good “, limited field trials with an average of 95.83% with criteria for “verygood”. this proves that multicultural based PAI teaching materials development is appropriate for use inlearning matter Q.S. Al-Hujurat/49: 13 about tolerance and appreciate differences and hadiths related for thestudents of class IX-3 at Public Junior High School 17 Medan.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan Bahan Ajar PAI berbasis multikultural,(2) mendeskripsikan hasil belajar dan respon siswa terkait dengan Pengembangan Bahan Ajar PAI BerbasisMultikultural, (3) mengetahui hasil efektivitas Bahan Ajar PAI Berbasis Multikultural yang dikembangkan padamateri Toleransi dan Menghargai Perbedaan pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan. Metode penelitianyang digunakan Research and Development (R&D) model Borg dan Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahlimateri, ahli desain, guru PAI, dan siswa kelas IX-3, perlakuan uji coba yaitu uji coba perorangan (3 siswa), ujicoba kelompok kecil (9 siswa), uji coba lapangan terbatas (30 siswa). Data tentang kualitas produk pengembangandikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi aspekkelayakan isi dengan rata-rata 87,5% dengan kriteria “Sangat Baik”, aspek kelayakan penyajian dengan ratarata80,35% dengan kriteria “Baik”, aspek bahasa 80,35% dengan kriteria “Baik”, (2) validasi ahli desaindengan rata-rata 83,62% dengan kriteria “Baik” (3) data tanggapan guru PAI dengan rata-rata 82,35% dengankriteria “Baik” (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 84,72% dengan kriteria “Sangat Baik, uji cobakelompok kecil dengan rata-rata 84,25 dengan kriteria “Sangat Baik”, uji coba lapangan terbatas dengan ratarata95,83% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini membutikan bahwa pengembangan bahan ajar PAIberbasis multikultural layak digunakan pada pembelajaran materi Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang Toleransidan Menghargai Perbedaan dan hadits terkait di kelas IX SMP Negeri 17 Medan.Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam, Berbasis Multikultural
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALQURAN (Studi Analisis Kisah Nabi Adam as Pada Q.S. al-Baqarah: 30-39) Agus Salim, Achyar Zein, Syamsu Nahar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.649 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1709

Abstract

Abstract: As a majority Muslim country, Indonesia is far from Islamic values. One of the problems faced isthe moral crisis. One story of moral education is in the memorial of the prophet Adam’s story in Q.S alBaqarah: 30-39 with the phenomenon of moral shift in human life. The purpose of this study is to examinethe views of mufassir, understanding, and describe the implementation of moral education values containedin Q.S al Baqarah: 30-39. This research is library research and qualitative approach. Data weretaken from related books and commentaries, and analyzed data using tafsir tahlili method. The results ofthis study indicate that: the values contained in Q.S al Baqarah: 30-39 are humble, proud prohibition,prohibition of envy, and forgiving. Implementation of a humble attitude as the main foundation in understandingand mastering science, the arrogant prohibition when it has any merit in order not to use it inpride let alone degrading others, the spiteful embedded in the self makes discomfort when looking at theperson of a higher position, the forgiving nature that in the end muffling any pent-up liver disease. Actualizationof moral education will be realized by prioritizing the positive traits taken in Q.S al Baqarah: 30-39.Sebagai negara muslim mayoritas, Indonesia jauh dari nilai-nilai keislaman. Salah satu problem yangdihadapi adalah krisis akhlak. Salah satu kisah pendidikan akhlak ada dalam peringatan kisah nabiAdam as dalam Q.S al Baqarah: 30-39 dengan fenomena pergeseran moral di dalam kehidupan manusia.Tujuan penelitian adalah menelaah pandangan mufassir, memahami, dan mendeskripsikan implementasinilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Q.S al Baqarah: 30-39. Penelitian ini menggunakanlibrary research dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dari buku-buku dan tafsir yang berkaitan,dan menganalisis data menggunakan metode tafsir tahlili. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: nilaiyang terkandung dalam Q.S. al Baqarah ayat 30-39 adalah rendah hati, larangan sombong, larangandengki, dan pemaaf. Implementasi sikap rendah hati sebagai pondasi utama dalam memahami danmenguasai keilmuan, larangan sombong ketika mempunyai kelebihan apapun agar tidak memanfaatkannyadalam kesombongan apalagi merendahkan orang lain, sifat dengki yang tertanam dalam diri membuatketidaknyamanan ketika melihat orang yang kedudukannya lebih tinggi, sifat pemaaf yang pada akhirnyameredam segala penyakit hati yang terpendam. Aktualisasi pendidikan akhlak akan terealisasi denganmengutamakan sifat-sifat positif yang diambil dalam Q.S al Baqarah: 30-39.
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN BAKAT SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KURSUS KADER DAKWAH (KKD) DI MAN 1 MEDAN Fitri Helena Pulungan, Syafaruddin, Wahyuddin Nur Nasution
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 2, No 1 (2018): Januari-Maret
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.42 KB) | DOI: 10.47006/er.v2i1.1650

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan Program-program Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di MAN 1 Medan. (2)Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di  MAN 1 Medan. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa melalui Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di  MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan pada tahun pelajaran 2016-2017. Subjek penelitian adalah kepala Madrasah, guru pembimbing dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu melakukan: Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1)Program-program ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah dalam bidang keagaamaan dan Dakwah untuk melatih retorika dakwah, mengkaji dan menghafal Al-Qur’an, mengkaji (Tauhid, Fiqh) kegiatannya, Dakwah Sabtu Ahad, Penerjunan Tim Safari Ramadhan dibulan Ramadhan, Dakwah, KKD Mingguan atau KKD rutin, Malam Introspeksi Diri Bidang Umum yaitu, pelatihan motivasi diri, jurnalistik dakwah, pelatihan Kepemimpinan. 2). Proses pelaksanaan kegiatan Kursus Kader Dakwah dapat terlaksana dengan baik terbukti dengan adanya antusias yang besar dari siswa yang mengikutinya dan dukungan yang kuat dari pihak madrasah dan alumni, sehingga mereka dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki terutama bakat retorika dakwah. 3). Evaluasi kegiatan kursus kader dakwah yaitu dengan menekankan pada tiga aspek, Aspek Kognitif (Fikriyah-Ilmiyah), Aspek Afektif, (Akhlak-Emosional), dan Aspek Psikomotorik (Amaliyah -Kemampuan). Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah,Pengembangan Bakat

Page 1 of 2 | Total Record : 12