cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): April-Juni" : 5 Documents clear
MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA SAAT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 BELAWAN (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19) OK.M. Daniel Syahindra, Siti Khadijah, Dahliah, Siti Aisyah
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i2.8247

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah guna memootret bagaimana menanamkan nilai-nilai kemandirian pada saat belajar dirumah yang dilaksanakan oleh TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini di TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan menanamkan nilai-nilai karakter kemandirian melalui tugas dan materi yang di berikan oleh guru, serta peran penting dari orang tua murid.Keyword: Internalisasi, Karakter dan Pandemi
SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI RHAUDHATUL ATHFAL AL-HIJRAH BELAWAN (Studi Kasus di Masa Pandemi Covid 19) Muhammad Ali Hanafiah, Hujrah, Nuraisah Nasution, Maimunah Tanjung
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i2.8695

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah RA Al-Hijrah Belawan, dan bagaimana proses supervisi yang dilakukan kepala sekolah RA Al-Hijrah Belawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini di RA Al-Hijrah Belawan kepala sekolah mesupervisi guru-guru yang sedang melaksnaakan kegiatan proses pembelajaran semasa pandemi, proses yang dilakukan adalah diskusi mingguan untuk memecahkan problem dilapangan yang membutuhkan solusi secepatnya. Keywords: Melayani, Mengarahkan, dan Bantuan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI RAUDHATUL ATHFAL AL GHAZALI MEDAN TP. 2020-2021 Hasnah Siahaan, Nurul Hafizah, Etika Ratna, Khadijah Santi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i2.8743

Abstract

ABSTRAK: In the world of education today, especially in early childhood education institutions, there is rapid progress and competition in improving the quality of early childhood education institutions. Therefore, each educational institution implements the learning process in various ways in using the right teaching methods and learning media that are appropriate and easily understood by students so that the material taught is achieved. Not a few educational institutions delivered by their educators did not understand the appropriate learning media on the material they were teaching. Therefore, the purpose of this study is to determine the appropriate media in recognizing numbers, especially numbers 1 to 10. The method of this research is classroom action research. The results of the study are the learning media used in recognizing numbers 1 to 10 using media from natural materials and have increased according to the development of the results of the cycle, namely in the first cycle the criteria developed according to expectations and in the second cycle the results of the criteria developed very well.Keyword:  Cognitive, Early Childhood.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (Studi Kasus di Raudatul Atfal Fathimaturridha Medan Tembung) Hamdani, Nuraini Nasution, Muhammad Irfan, Nurmayati
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i2.8181

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat efektifitas penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran jarak jauh dan bagaimana penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Raudatul Atfal Fathimaturridha Medan Tembung Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah adanya strategi dalam menggunakan media pembelajaran dalam masa normal dan di masa pandemi covid-19 sedikit lebih ekstra keras dalam mengatur serta mendistribusikan media pembelajaran. Motivasi belajar anak pada masa pandemic tidak mengalami penurunan seperti masa normal di karenakan menggunakan media pembelajaran dengan efisien.Keyword: Jarak Jauh, Media Pembelajaran dan Pandemi
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi Fenomenologis di Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor) San Putra, Juwita Maharani, Rosnilawati Sinaga, Dahriani Tanjung
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 4, No 2 (2020): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v4i2.8182

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kompetensi guru pada saat pandemi covid 19 yang dilakukan lembaga pendidikan Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, dan bagaimana kompetensi guru dalam mendisiplikan belajar pada anak usia dini pada saat pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil dari penelitian ini guru memiliki kompetensi kepribadian bertanggung jawab, sabar, tekun, rajin dan kepribadian sosial. Guru yang berkompetensi memiliki kontribusi dalam mendisiplikan siswa agar tetap belajar di rumah, walaupun dalam proses daring.Keyword: Kompetensi, Belajara dan Daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 5