cover
Contact Name
Firmansyah
Contact Email
firmanyk@gmail.com
Phone
+6261- 6615683
Journal Mail Official
jurnaleduriligia@gmail.com
Editorial Address
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan 20371, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education
ISSN : 25977377     EISSN : 25810251     DOI : http://dx.doi.org/10.47006
EDU RILIGIA: Journal of Islamic and Religious Education sciences formed in year 2017 with E-ISSN 2581-0251 with DECREE No. 0005.25810251/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.07-27 July 2017 and P-ISSN 2597-7377 SK No. 0005.25977377/JI. 3.1/SK. ISSN/2017.09-19 September 2017. The study and judgment done by the experts (peer-reviewed). The journal is affiliated to the UIN graduate of North Sumatera Islamic Education study Program located in Medan. The purpose of this journal is to be a writing platform relating to education, research for students, alumni and other academic civitas related to the scope of this journal.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): April-Juni" : 6 Documents clear
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSPEKTIF SEJARAH KRITIS IBNU KHOLDUN Ananda Sholih Nasution
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.13186

Abstract

Sejarah pendidikan Islam tidak terlepas dari pengaruh internal dan eksternal terhadap perkembangan dan pertumbuhan pendidikan Islam, kedua pengaruh tersebut secara akumulatif menyatu menjadi satu dan menghasilkan suatu bentuk pendidikan Islam yang utuh di Indonesia. Di sisi lain keberadaan sejarah pendidikan Islam juga telah lama menjadi bahan kajian yang dilakukan oleh beberapa sejarawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Sudah banyak hasil penelitian yang menginformasikan pendidikan Islam di Indonesia secara lengkap dan komprehensif. Berdasarkan fakta tersebut, kajian sejarah pendidikan Islam perlu dianalisis dan diterapkan untuk dijadikan bahan referensi dan referensi oleh umat Islam sendiri untuk lebih memahami perjalanan dan pertumbuhan pendidikan Islam itu sendiri ditinjau dalam perspektif Ibnu Khaldun.
PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI MENGGUNAKAN GOOGLE Rio Naldi
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.15524

Abstract

Penelitian ini diawali dengan penggunaan existingmedia seperti Schology dan e-campus yangsalah satu e-learning yang umum digunakan, tetapi mengapa demikiandiperlukan e-learning lain, karena e-learningyang umum digunakan jarang digunakan seperti elearning. kampus sehingga pemanfaatan e-learninghanya berfokus pada schology. Ini di mediamembutuhkan penambahan e-learning tambahanfitur, seperti mengirim materi dalam bentukvideo dan keamanan dalam mengisi absensi. Inisangat dibutuhkan oleh media lain dalam rangkameningkatkan penggunaan media seperti penggunaansitus googleDalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitianadalah Siklus Hidup Pengembangan Multimedia (MDLC)menggunakan versi Luther Sutopomodel pengembangan, pengembangan multimedia adalahdilakukan berdasarkan 6 tahapan, yaitu konsep,desain atau rancangan, koleksi material,manufaktur, pengujian, dan distribusi. Darihasil penelitian dengan menggunakan model (MDLC) padarumus kappa, ditemukan rata-rataefektivitas hasil kuesioner darisiswa semester 2 (8,2) lebih tinggi darihasil rata-rata dari kuesioner sebelumnyamenggunakan media e-learning google sites (65.8 ),sehingga dapat dilihat bahwa menggunakan situs googlemedia dapat meningkatkan efektivitas penggunaansebuah media e-learning yang dilihat darikuisioner sebelum menggunakan media elearning google sites dapat dilihat dari rata-ratakuesioner, yaitu 65,8 hingga 8,2 berdasarkanrumus di bawah ini:Si, yaitu skor Sf hasil pengisiankuisioner sebelum menggunakan media elearning google sites dikurangi Sfskor kuesioner setelah menggunakan media elearning situs google dan dibagi dari maksimumhasil pada rata-rata keseluruhan, yaitu Gnilai dan akan mengalami pengurangan nilaiskor skor Ini menunjukkan hasil darihubungan antara pretest dan posttest menggunakansitus google dengan kontribusi 10%. Iniberarti bahwa situs google dapat meningkatkan minatpenggunaan layanan dari aplikasi googledan rPENGEMBANGAN E-LEARNING MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DANKOMPUTER UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SJECH M. DJAMILDJAMBEK BUKITTINGGI MENGGUNAKAN GOOGLE
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR DI SMAN 3 PADANG PANJANG Zulmai Syafputra
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.15525

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dimana dalam proses pembelajaran belum adanya media khusus yang berisi tentang Geografi. Sehingga siswa tidak tahu tentang materi-materi yang akan di ajarkan oleh guru. Dan media yang digunakan sebelumnya adalah powertpoint,lks.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Dan Uji produk yang dilakukan pada penelitian ini ada tiga yaitu uji validitas yang diberikan kepada dosen ahli bidang atau ahli bidang studi, uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru studi mata pelajaran Geografi dan siswa dan uji efektifitas yang diberikan kepada dua guru bidang studi dan lima siswa di SMAN 2 Padang Panjang Kelas XBerdasarkan hasil uji produk yang sudah dilakukan oleh penulis dari uji validitas mendapatkan nilai rata-ratanya adalah 0,81 yang dinyatakan valid, dan untuk uji praktikalitas yang didapat dengan nilai rata-ratanya adalah 0,97 yang dinyatakan praktis dan untuk uji efektifitas mendapatkan nilai rata-ratanya adalah 0,82 yang dinyatakan efektif.
IMPLEMENTATION OF FINANCIAL GOVERNANCE IN ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS OF MADRASAH IBTIDAIYAH IN MEDAN M. Fajri Syahroni Siregar
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.15724

Abstract

Financial Governanceis a policy that regulates and controls financial operations by protecting rights through controlling the company's operational processes to achieve company goals based on the provisions of Allah SWT. This study aims to look at the implementation of Financial Governance carried out at Islamic Education Institutions Madrasah Ibtidaiyah in Medan. This study uses a qualitative descriptive approach using primary data (through interviews and distributing questionnaires) and secondary data). The results of the study show that the Madrasah Ibtidaiyah Islamic Education Institution has implemented Financial Governance through the Good Corporate Governance approach and the addition of Shariah Complience indicators to this implementation.
Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Alternatif Solusinya Desi Sabtina
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.13181

Abstract

Di era globalisasi saat ini seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih tentunya hal ini memiliki dampak yang positif maupun negative terhadap peradaban manusia. Namun jika dianalisis secara seksama maka dampak negatife dari perkembangan jaman ini lebih dominan dibandingkan dengan dampak positif yang diberikan. Saat ini tantangan yang terjadi akibat arus globalisasi ini meliputi perubahan moral atau sikap yang lebih condong meniru budaya barat, sehingga mengakibatkan lunturnya nilai-nilai keislaman. Dalam hal ini Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi problematika yang dihadapi akibat arus globalisasi. Oleh karena itu studi ini akan membahas bagaimana problematika Pendidikan dalam arus globalisasi serta solusi dalam menghadapi tantangan tersebut dengan menggunakan metode kepustakaan.
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID DI SMP N 2 TALAMAU Vero Yunanda
EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan Vol 7, No 2 (2023): April-Juni
Publisher : Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47006/er.v7i2.15001

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kemajuan dalam inovasi data yang menggabungkan pengaruh positif pada dunia pengajaran. Dimana saat ini bentuk pembelajaran sudah mulai dikolaborasikan dengan pembelajaran elektronik. Salah satu kemajuan dalam inovasi data yang berkembang pesat saat ini adalah smartphone. Namun pencipta melihat bahwa smartphone lebih sering digunakan untuk kesenangan semata, sebaliknya jika digunakan secara sah dapat digunakan dalam pegangan pembelajaran. Hasil wawancara penulis dengan pengajar dan siswa mata pelajaran IPA SMP N 2 Talamau, media pembelajaran bersumber dari buku paket dan internet, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dikarenakan keterbatasan waktu karena mempersiapkan media membutuhkanwaktu yang cukup lama. para siswa mengatakan bahwa instruktur menjelaskan pelajaran juga cepat dan cenderung membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan sebuah media pembelajaran Ipa berbasis Android yang dibuat dengan memanfaatkan software  Adobe flash CS6 dan beberapa dukungan lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6