cover
Contact Name
Artono Raharjo
Contact Email
artonor@unisma.ac.id
Phone
+6281333205616
Journal Mail Official
jtm@unisma.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang Jl. MT. Haryono 193 Malang 65144 Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JTM
ISSN : -     EISSN : 23376546     DOI : -
Jurnal ini untuk mewadahi dan menjembatani civitas akademi, profesional dan pemerhati dalam bidang mechanical engineering, khususnya bidang tekhnologi manufaktur dan konversi energi dalam menuangkan hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 02 (2020)" : 11 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION PADA MOBIL HEMAT ENERGI "HAIZUM" bayu azis firmansyah
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.742 KB)

Abstract

ABSTRAK            Mobil yang merupakan transportasi di era globalisasi terdiri dari berbagai macam sistem dan komponen yang membantu mempermudah pengoperasiannya, salah satu sistem yang terdapat pada mobil yaitu sistem kemudi, pada tiap kendaraan memiliki sistem kemudi yang beragam oleh karena itu pada perancangan kali ini akan merancang kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi “HAIZUM’” dengan spesifikasi mobil yang memiliki jarak antar sumbu roda depan dan belakang dengan panjang 130 cm, berat keseluruhan mobil 164 kg, panjang sumbu roda depan 100 cm, dan tinggi dari tanah 10 cm, mobil KMHE “HAIZUM’’ menggunakan mesin motor honda grand 100 cc dan sistem transmisi menggunakan sprocket chain. Dari hasil perancangan sistem kemudi dengan perhitungan distribusi beban yang dialami rangka sebesar 164 kg yang dibagi 4 roda menghasilkan beban merata pada rack sebesar 0,08 kg/mm dan juga defleksi yang dialami pegas akibat pembebanan sebesar 1,4 cm. Pada hasil perencanaan poros gandar dengan panjang poros 15 cm , beban roda 706 N dan menggunakan bahan baja ST 60 menghasilkan perencanaan diameter 11,87 mm maka di dapatkan spesifikasi bantalan roda dengan No.6001 yang miliki keandalan umur bantalan 29.404 jam. Hasil perancangan perhitungan beban steering wheel dengan sudut kemiringan batang kemudi 54° panjang batang kemudi 52 cm menghasilkan beban sebesar 2,39 N. Hasil yang dihitung dari perhitungan diatas mendapatkan sudut belok sebesar 23,41° dan pergeseran roda sebesar 14,82 mm. Berdasarkan regulasi teknik KMHE radius belok yang ditentukan adalah 6 m sedangkan pada mobil KMHE “HAIZUM” dengan sudut putar minimal sebesar 13,29° menghasilkan radius belok maksimal 5,190 m dan sudut putar maksimum 47,73° menghasilkan radius belok minimal 1,280 m.
Perancangan Konstruksi Penggerak Mobil Hemat Energi “Haizum” Lexsi Saputra
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kendaraan merupakan alat transportasi modern yang di era globalisasi ini merupakan salah satu kendaraan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat umum, perkembangan transportasi dan teknologi berkembang sangat pesat, tidak terkecuali pada bidang hemat energi termasuk pemakaian bahan bakar pada kendaraan bermotor. Untuk menunjang hal tersebut di butuhkan suatu sistem dan modifikasi pada engine dan transmisi agar bisa menghemat bahan bakar dan bisa menempuh jarak yang lebih jauh dan efisien pada motor gasoline. Oleh karena itu Sistem Penggerak Mobil Hemat Energi harus bisa mengontrol bahan bakar yang bagus. Dengan kecepatan rasio final gear yang telah di hitung dengan berurutan mulai dari gigi percepatan 1 dengan hasil 17,12 km/jam, sedangkan pada gigi  2 dengan hasil 28,51 km/jam, pada gigi 3 dengan hasil 39,41 km/jam, yang terakhir gigi 4 menghasilkan kecepatan 46,63 km/jam dengan kecepatan rantai 20,4 m/s. Variasi roda gigi ditujukan untuk menambah kecepatan rpm yang berfungsi untuk penghematan bahan bakar lebih baik. Kata Kunci : Final Gear, Motor gasoline, Sprocket and Chain.
PERANCANGAN DESIGN CHASSIS KENDARAAN MOBIL HEMAT ENERGI “HAIZUM” Setiawan, Riyan Budi
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKChassis merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, selain sebagai tulang punggung kendaraan chassis juga berfungsi untuk menopang komponen ? kompenen lain, memberikan stabilitas dan kenyamanan pengemudi, didalam perancangan chassis ada beberapa tahapan yang harus diperhitungkan sebelum melakukan perancangan, tahapan tersebut meliputi pemilihan bahan, mengetahui nilai properties material dan memperhitungkan design bangunan konstruksi yang akan digunakan. Maka dari itu pada penelitian ini pembuatan design dilakukan menggunakan bantuan software solidworks dengan material dan bahan yang sudah ditentukan kemudian dilakukan study analysis untuk mengetahui besarnya von mises, displacement yang terjadi pada konstruksi chassis. Perancangan Design chassis Kendaraan mobil Hemat Energi ?HAIZUM? ini mengguanakan bahan besi jenis square tube atau disebut juga dengan hollow berdimensi 40 mm x 40 mm x 1.4 mm dengan pembebanan sebesar 110 kg (1079 N). Hasil design perhitungan analisa komputasi software dan analisa manual diketahui von mesis yang terjadi dari analisa software sebesar 7.825 Mpa sedangkan dari hasil analisa manual sebesar 8.483 Mpa, displacement yang diketahui dari hasil analisa software sebesar 1.08 mm sedangkan dari analisa perhitungan sebesar 2.9 mm sehingga kesimpulan dari perancangan design chassis kendaraan dapat dinyatakan aman dengan pembebanan tersebut. Kata kunci: chassis, software, solidworks, simulation
ANALISIS PENGARUH VARIASI PEMBEBANAN PADA UJI TARIK BAJA PEGAS SUP 9 SETELAH PROSES FULL ANNEALING Wachid Noor Alamsyah, Muhammad
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan baja pegas yang digunakan sebagai bahan utama operasional atau sebagai bahan baku produksi industri semakin meningkat. Efek dari penggunaan baja pegas menyebabkan struktur logam terpengaruh oleh gaya luar berupa tegangan, tarikan dan gesekan yang mengakibatkan deformasi atau perubahan bentuk. Proses perlakuan panas dengan full annealing (heat treatment) pada baja pegas ialah dipanaskan pada suhu tertentu dipertahankan pada waktu tertentu serta didinginkan secara perlahan-lahan di dalam dapur tinggi listrik. Pada penelitian ini akan diuji dengan pengujian tarik baja pegas SUP 9 setelah spesimen dilakukan proses heat treatment (full annealing) dengan suhu 860? selama 5 menit. Pada uji tarik akan dilakukan dengan variasi beban 4000 kgf, 4500 kgf, dan 5000 kgf. Hasil penelitian variasi beban pada uji tarik maka bisa disimpulkan bahwa rata-rata nilai modulus elastisitas beban 4000 kgf dengan E = 147,70 kgf/cm2, beban 4500 kgf dengan E = 147,70 kgf/cm2, dan beban 5000 kgf dengan E = 48,90 kgf/cm2, hal ini terjadi karena semakin kecil beban yang diberikan maka semakin besar nilai modulus elastisitasnya.
PRODUKSI BAHAN BAKAR HASIL PROSES PIROLISIS SAMPAH PLASTIK PP MENGGUNAKAN VARIASI PENDINGINAN Rofiq, Khosnor
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan akan pencemaran lingkungan semakin hari semakin serius. Limbah rumah tangga merupakan penyumbang tertinggi pencemaran lingkungan. Limbah berbahan plastik merupakan limbah anorganik yang sulit untuk terurai di tanah, pembakaran sampah kerap dilakukan untuk mengurangi timbunan sampah platik. Pembakaran sampah juga menyebabkan polusi udara, oleh sebab itu dibutuhkan tindakan yang serius dalam menangani permasalah tersebut seperti melakukan daur ulang sampah dengan metode pirolisis sampah lastik. Pirolisis adalah proses dekomposisi termal tanpa melibatkan oksigen, dengan cara ini masalah akan pencemaran tanah dan udara oleh limbah plastik akan berkurang dan didapatkannya kembali bahan-bahan yang lebih berguna seperti bahan bakar cair. Proses pirolisis pada penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pengaruh variasi media pendinginan pada tabung kondensor terhadap flowrate bahan bakar. Media pendingin yang digunakan adalah air biasa dan air dengan suhu dibawah 10?. Interfal waktu yang digunakan yaitu 30 menit dan 60 menit. Hasil percobaan menunjukkan penggunaan media pendingin mempengaruhi flowrate bahan bakar. Penggunaan air dengan suhu dibawah 10? sebagai media pendingin pada tabung kondensor flowrate yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan air biasa sebagai media pendingin, kareana semakin rendah suhu media peningin, maka semakin cepat proses kondensasi didalam tabung kondensor.Kata kunci : sampah plastik, polypropylene, pirolisis, pendingin, flowrate.
PROSES PRODUKSI BIOETANOL DARI SINGKONG DAN PENGARUH LAMA FERMENTASI TERHADAP KADAR ALKOHOL Firdaus, Ilham Sya'banah
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.608 KB)

Abstract

ABSTRAKProses produksi bioetanol dari singkong dan pengaruh lama fermentasi terhadap kadar alkohol. Bahan utama yang baik digunakan untuk mendapatkan kandungan bioetanol adalah singkong/ubi kayu. Singkong mengandung karbohidrat tinggi maka perlu di jadikan suatu penelitian mengenai pembuatan bioetanol dari singkong. Penelitian ini hanya menggunakan campuran bahan fermentasi menggunakan ragi tape.  Lama fermentasi bioetanol singkong dengan variasi waktu 10 hari dan 15 hari untuk mengetahui kadar alkohol yang paling bagus. Fermentasi mempengaruhi kadar alkohol pada proses fermentasi 10 hari menghasilkan bioethanol 30% sedangkan fermentasi 15 hari menghasilkan 50%. Pada proses fermentasi 10 hari menghasilkan bioetanol 30% dengan hasil destilasi 300ml karena pada proses destilasi hasil alkohol banyak tercampur air  sedangkan fermentasi 15 hari menghasilkan bioetanol 50% sebanyak 150ml, ada proses destilasi bioetanol 50% uap yang di rubahan menjadi tetesan bioetanol lebih lama menetesnya. bioethanol 30% memiliki kandungan air lebih banyak. Hal tersebut menunjukkan bahwa bioethanol 30% memiliki densitas lebih tinggi itu disebabkan bioetanol yang di hasilkan tercampur air.Kata Kunci : Fermentasi, Bioetanol,  Destilasi, Kadar Alkohol, Singkong
PERANCANGAN ALAT PENDAUR ULANG SAMPAH PLASTIK METODE INJECTION MOULDING UNTUK PEMANFAATAN PRODUK TATAKAN CANGKIR Azhar, Kholijul
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.287 KB)

Abstract

AbstrakPermasalahan yang harus dihadapi oleh masyarakat secara umum semakin beragam dizaman yang modern ini. Salah satu diantaranya adalah masalah pengelolahan sampah baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Hingga saat ini penanganan masalah sampah belum sampai ke taraf yang optimal dan maksimal. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak buruk sampah plastik bagi lingkungan adalah pendaur ulang (recyle). Oleh karena itu diperlukan sebuah alat pendaur ulang sampah plastik dengan metode injection moulding menggunakan tuas pendorong untuk penekanan manual. Gaya tekan yang dibutuhkan bervariasi karena disebabkan perbedaan suhu pemanasan yang digunakan pada pengujian alat pendaur ulang sampah plastik, pada suhu 220°C didapat viskositas plastik HDPE sebesar 410 N.s/m2 sehingga gaya tekan tuas yang dibutuhkan sebesar 52,6 N, pada suhu pemanasan 240°C gaya tekan tuas lebih rendah yaitu 47 N, gaya tekan ini disebabkan karena viskositas yang didapat 330 N.s/m2, sedangkan pada suhu pemanasan 260°C gaya penakan tuas sangat rendah jika dibandingkan dengan dua variasi suhu sebelumnya yaitu 43 N dengan tingkat viskositas 290 N.s/m2 dan plastik HDPE meleh sepenuhnya.Kata kunci : daur ulang samaph HDPE, injection moulding, tatakan cangkir.
PENGARUH BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTALITE TERHADAP MOBIL HEMAT ENERGI “HAIZUM “ Fahrizal amin, Achmad Nauvalil
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.001 KB)

Abstract

ABSTRAKTransportation in the Globalization era focuses on fuel efficiency that is efficient or environmentally friendly, therefore a KMHE event is held which aims to encourage the creation of a transportation that has good fuel efficiency. This study aims to determine effect use of pertamax and Pertalite fuels on energy-efficient cars "Haizum" and calculate the AFR and heating values of the two fuels. This test is done manually and to find out which fuel is more efficient at variations in engine speed in the numbers 4000 - 5500 RPM with a distance of 150 M to get a comparison of specific fuel consumption. results fuel consumption of Pertamax better than pertalite seen from the heating value of HHV and LHV, this shows that the fuel of Pertamax is better because the higher HHV value, the lower exhaust emissions due to the high HHV value indicates all condensed fuel becomes liquid so that little exhaust gas emissions. The AFR value indicates the number 15: 1 which means that the fuel which is misted is burning completely in the combustion chamber.
PRODUKSI PIROLISIS SAMPAH PLASTIK LDPE MENGUNAKAN VARIASI PENDINGINAN Junaedi Hidayatullah
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin berkembanya penduduk di dunia berdampak  besar pada limbah sampah plastik khususnya non organik, karena membutuhkan waktu puluhan tahun supaya bisa terurai. Permasalah limbah sampah plastik semakin hari semakin besar sehingga dibutukan alat pengolah limbah sampah plastik yaitu alat pirolisis. Pirolisis adalah suatu metode pengolahan sampah plastik tanpa melibatkan oksigen didalam tabung reaktor, pengolahan sampah plastik dengan metode pirolisis mempunyai ke unggulan tidak menimbulkan asap dan dapat mengurangi sampah plastik dengan waktu yang singkat. Metode penelitian ini, menggunakan plastik jenis (LDPE) berat 500 gram, dengan variasi pendingin dan tanpa pendingin selama 30 dan 60 menit. Hasil dari analisa pengolahan data proses pirolisis sampah plastik, waktu dan temperatur sangat berpengaruh terhadap banyak atau sedikitnya minyak yang dihasilkan, penggunan pendingin dan tidak menggunakan pendingin dapat mempengaruhi warna dan hasil bahan bakar. Panjang lintasan menuju tabung kondensor juga mempengaruhi terhadap flowrate bahan bakar. Semakin panjang lintasan menuju tabung kondensor maka proses kondensasi akan semakin lama, bahan bakar yang dihasilkan akan semakin lama dan sebaliknya. Hasil bahan bakarpun lebih bening mengunakan pendinginan di bandingkan tanpa pendingin.  Kata kunci : Pirolisis ; bahan bakar hasil pirolisis ; Plastik LDPE, flowrate, pendingin dan tanpa pendingin
PENGARUH PENCAMPURAN KARBON NANO TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN DROPLET MINYAK SAWIT SEBAGAI BAHAN BAKAR BIODIESEL Lutfi Syiyamuddin
Jurnal Teknik Mesin Vol 15, No 02 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan bahan bakar fosil berpotensi meningkatkan pencemaran udara dan berindikasi pada pemanasan global. Konsumsi bahan bakar fosil membutuhkan solusi alternatif yang ramah lingkungan. Biodiesel dari minyak nabati menjadi bahan bakar alternatif yang dapat digunakan untuk kebutuhan mesin diesel. Minyak sawit adalah minyak nabati yang dapat digunakan sebagai biodiesel melalui proses transesterifikasi yang bertujuan untuk mengurangi nilai viskositas. Viskositas yang lebih tinggi dari bahan bakar diesel dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Pencampuran minyak sawit dengan karbon nano dapat mengurangi biaya proses transesterifikasi. Pengujian pada studi ini, variasi minyak sawit murni, campuran karbon nano 1 ppm, dan 5 ppm dilakukan uji karakteristik pembakarannya. Pengujian dengan cara penetesan droplet dilakukan pada ruang bakar untuk mengetahui karakteristik pembakaran. Data pengujian menunjukkan penambahan variasi campuran karbon nano berpengaruh pada ukuran api yang lebih tinggi, suhu yang lebih panas, dan laju pembakaran yang lebih cepat.Kata Kunci : karbon nano, minyak sawit, pembakaran droplet, karakteristik pembakaran

Page 1 of 2 | Total Record : 11