cover
Contact Name
Rumi Iqbal Doewes
Contact Email
king.doewes@staff.uns.ac.id
Phone
+6281288765432
Journal Mail Official
king.doewes@staff.uns.ac.id
Editorial Address
JPOK FKIP UNS Surakarta. Jl. Menteri Supeno 13 Manahan Surakarta 57139. Telp/Fax: (0271) 714957
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SMART SPORT
ISSN : 19790465     EISSN : 27233081     DOI : -
Core Subject : Education,
SMART SPORT merupakan jurnal yang berisikan hasil penelitian, gagasan konseptual dan aplikasi teori maupun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Olahraga
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport" : 10 Documents clear
IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA-SISWI SMP KELAS VII SE KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Muhammad Najib Baharsyah
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.951 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42240

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi keberbakatan yang dimiliki  siswa-siswi  SMP  Se-Kecamatan  Ampel  Kabupaten  Boyolali  tahun  pelajaran 2016/2017.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa-siswi  SMP  kelas  VII  Se-Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 10 sekolah.  Sampel  yang  dipilih  sebanyak  5  sekolah,  yaitu  SMP  N  1  Ampel,  SMP  N  2 Ampel,  SMP  PGRI,  SMP  Islam  Sudirman,  SMP  Muhammadiyah  3  Ampel  dengan teknik  pengambilan  sampel  purposive  sampling.  Penelitian  ini  menggunakan  metode deskriptif  kuantitatif.  Pengumpulan  data  dengan  menggunakan  tes  dan  pengukuran pemanduan  bakat  model  sport  search.  Teknik  analisis  untuk  mengolah,  menganalisis, dan menilai hasil tes dengan menggunakan software sport search. Berdasarkan hasil tes keberbakatan  yang  terdiri  dari  keberbakatan  pada  cabang  olahraga  menyelam  pada siswa-siswi yang memiliki kategori cukup potensi berjumlah 2 siswa dengan persentase 1,24%,  kemudian  yang  memiliki  kategori  kurang  potensi  berjumlah  35  siswa  dengan presentase  21,74%,  dan  dalam  kategori  tidak  potensi  berjumlah  27  siswa  dengan presentase  16,77%.  Keberbakatan  pada  cabang  olahraga  senam  pada  siswa  yang memiliki  kategori  kurang  potensi  berjumlah  6  siswa  dengan  presentase  3,73%  dan dalam  kategori  tidak  potensi  berjumlah  22  siswa  dengan  presentase  13,66%. Keberbakatan pada cabang olahraga atletik nomor lari cepat pada siswa  yang memiliki kategori  cukup  potensi  berjumlah  5  siswa  dengan  persentase  3,11%,  kemudian  yang memiliki  kategori  kurang  potensi  berjumlah  11  siswa  dengan  presentase  6,83%  dan dalam kategori tidak potensi berjumlah 1 siswa dengan presentase 0,62%. Keberbakatan pada cabang olahraga trampolinning siswa-siswi yang memiliki kategori cukup potensi berjumlah 1 siswa dengan persentase 0,62%, kemudian  yang memiliki kategori kurang potensi berjumlah 12 siswa dengan presentase 7,45%, dan dalam kategori tidak potensi berjumlah 2 siswa dengan presentase 1,24%. Keberbakatan pada cabang olahraga tenis meja siswa yang memiliki kategori kurang potensi berjumlah 9 siswa dengan presentase 5,59%,  dan  dalam  kategori  tidak  potensi  berjumlah  1  siswa  dengan  presentase  0,62%. Keberbakatan pada cabang olahraga lompat tinggi siswa yang memiliki kategori cukup potensi berjumlah 2 siswa dengan persentase 1,24%, kemudian yang memiliki kategori kurang  potensi  berjumlah  5  siswa  dengan  presentase  3,11%,  dan  dalam  kategori  tidak potensi  berjumlah  3  siswa  dengan  presentase  1,86%.  Keberbakatan  pada  cabang olahraga  snow  skiing  siswa  yang  memiliki  kategori  cukup  potensi  berjumlah  1  siswa dengan persentase 0,62%, kemudian yang memiliki kategori kurang potensi berjumlah 7 siswa  dengan  presentase  4,35%,  dan  dalam  kategori  tidak  potensi  berjumlah  2  siswa dengan  presentase  1,24%.  Keberbakatan  pada  cabang  olahraga  lompat  jangkit  siswa yang  memiliki  kategori  cukup  potensi  berjumlah  1  siswa  dengan  persentase  0,62%, kemudian  yang memiliki kategori kurang potensi berjumlah 1 siswa dengan presentase 0,62%,  dan  dalam  kategori  tidak  potensi  berjumlah  1  siswa  dengan  presentase  0,62%. Keberbakatan  pada  cabang  olahraga  binaraga  siswa  yang  memiliki  kategori  tidak potensi  berjumlah  2  siswa  dengan  persentase  1,24%. Keberbakatan  pada  cabang olahraga  bolavoli  siswa  yang  memiliki  kategori  kurang  potensi  berjumlah  1  siswa dengan  persentase  0,62%.  Keberbakatan  pada  cabang  olahraga  indoor  cricket  siswa yang  memiliki  kategori  kurang  potensi  berjumlah  1  siswa  dengan  persentase  0,62%. Siswa yang mempunyai potensi paling banyak adalah cabang olahraga atletik nomor lari cepat  dengan  kategori  cukup  potensi  berjumlah  5  siswa  dengan  persentase  3,11%. Kesimpulan pada hasil tes keberbakatan ini siswa cabang olahraga menyelam memiliki jumlah  yang  paling  banyak  yaitu  64,  sedangkan  dalam  kategori  cukup  potensi  cabang olahraga  atletik  memiliki  jumlah  yang  paling  banyak  yaitu  8  siswa.  Kategori  cukup potensi  total  berjumlah  12  siswa  pada  tes  keberbaktan  sport  search  siswa  kelas  VII SMP Se-Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata  Kunci:  Identifikasi  Bakat  Olahraga,  Kelas  VII  SMP,  Se-Kecamatan  Ampel  2016/2017
IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA MELALUI SPORT SEARCH PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017 Ananda Putra Tamtama
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.751 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42234

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui:  (1)  potensi  kebakatan olahraga  kelas  VII  SMP  Muhammadiyah  Program  Khusus  Surakarta.  (2)  identifikasi bakat  cabang  olahraga  siswa  kelas  VII  SMP  Muhammadiyah  Program  Khusus Surakarta.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  deskriptif  dengan  analisis kuantitatif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  putra  kelas  VII  SMP Muhammadiyah Program  Khusus  Surakarta  yang berjumlah  60 siswa,  teknik  sampling yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  total  sampling,  sehingga  jumlah  sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Data  yang dikumpulkan pada penelitian  ini berupa tes  bakat  yang  terdiri  dari  10  butir  tes  sport  search,  yaitu  tinggi  badan,  tinggi  duduk, berat  badan,  rentang  lengan,  lempar  tangkap  bola  tenis,  lempar  bola  basket,  loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter dan lari multi tahap. Teknik analisis data yang  digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan program software sport search dan modifikasi  sport  search.  Hasil  penelitian  diperoleh  kesimpulan:  (1)  potensi  kebakatan siswa  kelas  VII  SMP  Muhammadiyah  Program  Khusus  Surakarta  kategori  potensi olahraga 2 siswa atau 3,33%, cukup potensi olahraga 15 siswa atau 25,00% dan kurang potensi olahraga sebanyak 31 siswa atau 51,67%, tidak potensial olahraga sebanyak 12 siswa  atau  20,00%,  (2)  identifikasi  bakat  cabang  olahraga  siswa  kelas  VII  SMP Muhammadiyah Program Khusus  Surakarta  memiliki  kategori  potensi  yang baik  ada 2 (dua)  cabang  olahraga  yaitu  lari  cepat  1  siswa  (1,66%),  dan  cabang  olahraga  sepeda gunung 1 siswa (1,66%). Sedangkan siswa yang memiliki kategori cukup potensi ada 8 (delapan) cabang olahraga yaitu lompat tinggi 5 siswa (8,33%), lari cepat 3 siswa (5%), bolavoli, sepeda gunung, menyelam, lari jarak menengah dan panahan masing-masing 1 siswa (5=8,3%), tenis meja 2 siswa (3,33%).Kata Kunci: Identifikasi Bakat, Sport Search.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAKBOLA DENGAN PEMBELAJARAN TEAM GAME TURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Rahayu Eko Supriyanto
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.018 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42241

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  passing  bawah sepakbola  dengan  pembelajaran  team  game  turnament  pada  siswa  kelas  VIII  G  SMP Negeri  3  Sukoharjo  Tahun  Pelajaran  2016/2017.  Penelitian  ini  merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri  atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa yang  terdiri  dari  16  siswa  putra  dan  16  siswa  putri.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini berasal  dari  guru  dan  siswa.  Teknik  pengumpulan  data  adalah  dengan  observasi  dan penilaian  hasil  belajar  passing bawah  sepakbola.  Analisis  data  menggunakan  teknik deskriptif  yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  melalui  pembelajaran  team  game  turnament dapat  meningkatkan hasil belajar passing bawah sepakbola siswa dari pra tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus  II.  Proses  pembelajaran  pada  pra  tindakan  belum  menggunakan  pembelajaran team  game  turnament untuk  membantu  siswa  dalam  mempelajari  gerakan  passing bawah sepakbola, sehingga keterampilan passing bawah sepakbola siswa masih rendah dan  hasil  belajar  passing bawah  sepakbola  siswa  kurang  maksimal.  Dari  hasil  analisis diperoleh  peningkatan  yang  signifikan  dari  pra  tindakan  ke  siklus  I  dan  siklus  I  ke siklus  II.  Pada  siklus  I, siswa  yang  tuntas  mencapai  65,63%,  sedangkan  pada  siklus  II mencapai  87,50%.  Simpulan  penelitian  ini  adalah  dengan  pembelajaran  team  game turnament dapat  meningkatkan hasil belajar  passing bawah sepakbola siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Hasil Belajar, Passing Bawah Sepakbola, Team Game Turnament.
ANALISIS KEBERBAKATAN ANAK PADA PERKUMPULAN TAE KWON DO DI KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2016 Bughy Rubiyanto
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.276 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42236

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  adanya  tingkat  potensi keberbakatan  anak pada  perkumpulan Tae Kwon Do di Kabupaten Sragen tahun 2016. (2) adanya keberbakatan olahraga yang dimiliki anak-anak perkumpulan Tae Kwon Do di  Kabupaten  Sragen  tahun  2016.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode  deskriptif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  anak  usia  11-15  tahun  pada perkumpulan  Tae  Kwon  Do  di  Kabupaten  Sragen  tahun  2016,  yaitu  sejumlah  15 perkumpulan  dengan  jumlah  sampel  yang  ditargetkan  10  perkumpulan  yang  mewakili dari  setiap  perkumpulannya  yaitu  berjumlah  100  anak.  Data  dalam  penelitian  ini diperoleh  melalui  tes  dan  pengukuran  pemanduan  bakat  model  Sport  Search.  Teknik analisis  data  menggunakan  software  Sport  Search untuk  mengolah,  menganalisis,  dan menilai  hasil  tes.  Hasil  penelitian  dan  analisis  data  dapat  diketahui  bahwa  siswa  putra kategori  potensial  berjumlah  2,08%,  1,04%  pada  olahraga  sepakbola,  dan  1,04% olahraga  atletik  nomor  lari  cepat,  sedangkan  kategori  cukup  potensial  berjumlah 34,38%,  4,16%  pada  olahraga  menyelam,  4,16%  olahraga  lompat  tinggi,  5,20% olahraga  lari  jarak  jauh,  4,16%  olahraga  tenis  meja,  2,08%  olahraga  bolavoli,  1,04% olahraga  balap sepeda, 4,16%  olahraga  taekwondo.  Siswa  putri  kategori cukup  potensi berjumlah  28,57%,  5,71%  olahraga  menyelam,  2,85%  olahraga  lompat  tinggi,  2,85% olahraga tenis  meja,  8,57%  olahraga  lompat  jauh,  8,75%  olahraga  taekwondo. Keberbakatan  olahraga  yang  dimiliki  anak-anak  perkumpulan  Tae  Kwon  Do  di Kabupaten Sragen tahun 2016 adalah: (1) lari cepat 7 (pa) , (2) taekwondo 4 (pa) 3 (pi), (3) menyelam 4 (pa) 2 (pi), (4) lari jarak jauh 5 (pa), (5) lompat tinggi 4 (pa) 1 (pi), (6) tenis meja 4 (pa) 1 (pi), (7) lompat jauh & jangkit 2 (pa) 3 (pi), (8) bolavoli 2 (pa), (9) balap sepeda 1 (pa), (10) sepakbola 1 (pa).Kata Kunci: Analisis Keberbakatan, Tae Kwon Do
PENGARUH VARIASI LATIHAN QUICKNESS TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA PEMBINAAN PRESTASI PENCAK SILAT POK FKIP UNS TAHUN 2016/2017 Bangun Novembrian Y.P
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.188 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42242

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  penggunaan  variasi  latihan quickness  yaitu  three cone drill dan kombinasi sprint dan teknik berpengaruh terhadap kecepatan  tendangan  sabit  pesilat  putra  pembinaan  prestasi  pencak  silat  POK  UNS 2016/2017.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  anggota  pesilat  putra  pembinaan prestasi  pencak silat  POK UNS  yang berjumlah 25 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah  semua  anggota  pesilat  putra  pembinaan  prestasi  pencak  silat  POK  UNS  yang berjumlah  25  orang.  Adapun  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  total  sampling.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  quasi experiment one group  pre-test  dan  post-test.  Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  dikumpulkan melalui tes dan pengukuran. Tes yang digunakan untuk mengukur kecepatan tendangan sabit  adalah  tes  kecepatan  tendangan  sabit  10  detik.  Data  yang  dikumpulkan  yaitu kecepatan  tendangan  pencak  silat.  Teknik  analisis  data,  data  yang  diperoleh  dari penelitian ini akan diolah dan dianalisis secara statistik, ditempuh dengan prosedur yaitu mencari  realibilitas,  mencari  uji  normalitas,  mencari  uji  perbedaan.  Berdasarkan  hasil penelitian  diperoleh  simpulan  bahwa  variasi  latihan  quickness  merupakan  salah  satu metode  latihan  alternatif  yang  dapat  digunakan  untuk  meningkatkan  kecepatan tendangan sabit dengan cara dilatih terus menerus menggunakan variasi latihan quickess yang  jenis  latihannya  adalah  three  cone  drill  dan  kombinasi  sprint  teknik.  Variasi latihan  quickness yaitu  three  cone  drill  dan  kombinasi  sprint teknik  berpengaruh terhadap  kecepatan  tendangan  sabit  pesilat  putra  pembinaan  prestasi  pencak  silat  POK UNS  tahun  2016/2017,  dengan  nilai  perhitungan  yang  telah  dilakukan  diperoleh  nilai ttabel sebesar 1,708, sedangkan nilai thitung sebesar 13,856 dan pada taraf signifikasi 5%. Berarti  thitung  lebih  besar  dari  ttable maka  hipotesis  nol  ditolak.  Dengan  demikian  antara tes  awal  dan  tes  akhir  terdapat  perbedaan  yang  signifikan,  yaitu  dengan  prosentase peningkatan  sebesar  3,72%.  Berarti  bahwa  setelah  mendapat  perlakuan,  kemampuan kecepatan tendangan sabit pada pesilat putra pembinaan prestasi pencak silat POK UNS tahun 2016/2017 meningkat secara signifikan.Kata Kunci: Variasi Latihan Quickness, Kecepatan Tendangan Sabit
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT DENGAN PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA ELAS 2 SD NEGERI 01 KARANGJATI KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Ery Yadi Nur Utomo
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.034 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42237

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  gerak dasar lompat melalui penerapan alat bantu pada siswa kelas 2 SD Negeri 01 Karangjati Kalijambe  Sragen  tahun  pelajaran  2015/2016.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah metode  penelitian  tindakan  kelas  (PTK),  teknik  pengumpulan  data  dalam  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tes dan observasi. Penelitian ini mengambil siswa kelas II SD Negeri 01 Karangjati, Kalijambe, Sragen tahun pelajarn 2015/2016 dengan subjek  penilitian  sebanyak  19  siswa.  Tindakan  penggunaan  pendekatan  bermain diketahui hanya 38,24% atau 7 siswa yang mencapai nilai 68. Berdasarkan hasil belajar siswa  dalam  gerak  dasar  lompat,  siswa  yang  berhasil  mencapai  batas  ketuntasan minimum  nilai  pada  angka  68  untuk  hasil  gerak  dasar  lompat  sebanyak  7  siswa  atau 36,85%  dan  sebanyak  12  siswa  atau  63,15%  belum  mencapai  batas  ketuntasan minimum. Selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu menjadi sebanyak 11 siswa  atau  57,89%  telah  mencapai  KKM  dan  sebanyak  8  siswa  atau  42,10%  belum tuntas. Hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu sebanyak 16 siswa atau 84,22% tuntas dan 3 siswa atau 15,78% belum mencapai kriteria  tuntas.  Hasil  dari  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  melalui  pendekatan bermain  dapat  meningkatkan  gerak  dasar  lompat,  karena  pada  permainan  sudamanda dan  melalui  berbagai  alat  bantu  yang  ada  terdapat  sikap  awal,  gerakan  tangan  sikap  di udara dan sikap saat mendarat.Kata Kunci: Gerak Dasar Lompat dengan Penerapan Alat Bantu Pembelajaran.
PENGARUH LATIHAN DEPTH JUMP DAN JUMP TO BOX TERHADAP POWER TENDANGAN IDAN DOLLYO CHAGI TAEKWONDOIN PUTRA USIA 15-19 TAHUN DI DOJANG CENTRAL SUKOHARJO TAHUN 2016 Luthfi Ramdhansyah
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.396 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42238

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya:  (1)  perbedaan pengaruh  latihan  pliometrik depth  jump  dan  jump  to  box terhadap  peningkatan  power tendangan  idan dollyo  chagi  taekwondoin putra  usia  15-19  tahun  di  Dojang  Central Sukoharjo  tahun  2016,  (2)  latihan  apa  yang  lebih  baik  pengaruhnya  antara  latihan pliometrik  depth  jump dan  jump  to  box terhadap  peningkatan  power  tendangan  idan dollyo  chagi  taekwondoin  putra  usia  15-19  tahun  di  Dojang  Central Sukoharjo  tahun 2016. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  semua  siswa  taekwondo  Dojang  Central Sukoharjo  yang  berjumlah  150  orang.  Dari  jumlah  populasi  yang  ada  diambil  sampel dengan  cara  purposive  sampling  yaitu  pengambilan  sampel  secara  sengaja  sesuai dengan  persyaratan  sampel  yang  diperlukang,  dengan  penelitian  sejumlah  30  orang. Dari  jumlah  sampel  30  orang  dilakukan  tes  dan  pengukuran  power tendangan  idan dollyo  chagi,  kemudian  hasil  dari  tes  dirangking,  setelah  itu  dipisahkan  ke  dalam kelompok  1  dan  kelompok  2  dengan  cara  ordinal  pairing,  sehingga  kedua  kelompok mempunyai  keterampilan  yang  merata. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah metode eksperimen.  Teknik  pengumpulan  data  melalui tes  dan  pengukuran kemampuan power tendangan idan dollyo chagi menggunakan alat ukur tes yang dirancang sendiri. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji  prasyarat  yaitu  uji  reliabilitas,  uji  normalitas,  dan uji  homogenitas  dengan  taraf signifikansi  5%.  Hasil  penelitian  adalah  sebagai  berikut:  (1)  tidak  terdapat  perbedaan pengaruh  yang  signifikan  antara  latihan  dengan  metode  depth  jump  dan  jump  to  box terhadap kemampuan power tendangan idan dollyo chagi taekwondoin putra usia 15-19 tahun di Dojang Central  Sukoharjo tahun 2016, dengan thitung = 0,0698 < ttabel = 2,145. Kedua metode latihan depth jump memberikan pengaruh  yang lebih baik dibandingkan dengan  metode  jump  to  box  dalam  meningkatkan  power  tendangan  idan  dollyo  chagi taekwondoin  putra  usia  15-19  tahun  di  Dojang  Central  Sukoharjo  tahun  2016,  dengan peningkatan latihan metode depth jump = 4,13 % > latihan metode  jump to box = 1,86 %.Kata  Kunci:  Kemampuan  Power Tendangan  Taekwondo  Idan  Dollyo  Chagi,  Metode Latihan Depth Jump, Metode Latihan Jump To Box.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DRILL DENGAN TALI PADA SISWA KELAS XI TLC SMKN 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Agung Hidayat
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.482 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42232

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  service bawah bolavoli menggunakan metode latihan drill dengan tali pada siwa XI TLC SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  PTK.  Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas  XI  TLC Sekolah  Menengah  Kejuruan  Negeri  5  Surakarta  tahun  pelajaran 2016/2017,  yang  berjumlah  31  siswa.  Dengan  rincian  siswa  putra:  30  anak  dan  siswa putri:  1  anak.  Sumber  data  berasal  dari  guru  dan  siswa.  Teknik  pengumpulan  data adalah melalui tes kemampuan melakukan gerak dasar service bawah dan observasi dari proses  kegiatan  pembelajaran.  Validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  metode. Analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  secara  deskriptif  yang didasarkan  pada  analisis  kualitatif  dengan  prosentase.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan drill dengan tali dalam pembelajaran  service bawah bolavoli dapat meningkatkan hasil belajar service bawah pada siswa kelas XI TLC SMK Negeri  5  Surakarta  Tahun Pelajaran  2016/2017,  dapat  diperoleh  hasil  penelitian  dan pembahasan  sebagai  berikut:  pada  siklus  I  sejumlah  24  siswa  (77,41%)  mencapai kreteria  tuntas.  Pada  akhir  siklus  II  terjadi  peningkatan  sejumlah  28  siswa  (90,3%) mencapai kreteria tuntas. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa 3,05 pada siklus I meningkat menjadi 3,14 pada siklus II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.Kata Kunci: Service Bawah Bolavoli, Metode Latihan Drill Dengan Tali.
HUBUNGAN KOORDINASI MATA-TANGAN, KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN POWER LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS TINGGI PADA ATLET PEMULA PERSATUAN BULUTANGKIS PURNAMA SOLO TAHUN 2016 Moch. Septian Iman Ariffin
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.551 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42239

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan servis tinggi pada atlet pemula Persatuan Bulutangkis  Purnama  Solo  tahun  2016,  (2)  ada  tidaknya  hubungan  kelentukan pergelangan  tangan  terhadap  kemampuan  servis  tinggi  pada  atlet  pemula  Persatuan Bulutangkis  Purnama  Solo  tahun  2016,  (3)  ada  tidaknya  hubungan  power  lengan terhadap  kemampuan  servis  tinggi  pada  atlet  pemula  Persatuan  Bulutangkis  Purnama Solo tahun 2016, (4) ada tidaknya hubungan antara koordinasi mata-tangan, kelentukan pergelangan  tangan  dan  power  lengan  terhadap  kemampuan  servis  tinggi  pada  atlet pemula  Persatuan  Bulutangkis  Purnama  Solo  tahun  2016.  Metode  penelitian  yang digunakan  adalah  metode  deskriptif  dengan  teknik  studi  korelasional.  Penelitian  ini menggunakan  penelitian  populasi.  Sehingga  subjek  penelitian  yang  digunakan  adalah seluruh  populasi  yang  berjumlah  31  orang.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah  tes  lempar-tangkap  bola  tenis,  tes  kelentukan  pergelangan  tangan  dan  tes  tolak bola medicine. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik studi korelasi, dengan uji prasyarat melalui uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linieritas.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  diperoleh  hal  sebagai  berikut:  (1)  ada hubungan  koordinasi  mata-tangan  terhadap  kemampuan  servis  tinggi  (rhitung  =  0,962 > rtabel =  0,355),  (2) ada  hubungan  kelentukan  pergelangan  tangan  terhadap  kemampuan servis  tinggi  (rhitung =  0,974  >  rtabel  =  0,355),  (3)  ada  hubungan  power  lengan  terhadap kemampuan  servis  tinggi  (rhitung  =  0,970 >  rtabel  =  0,355),  (4)  ada  hubungan  antara koordinasi  mata-tangan,  kelentukan  pergelangan  tangan  dan  power  lengan  terhadap kemampuan  servis  tinggi  (rhitung =  0,973 >  rtabel =  0,355).  Berdasarkan  hasil  penelitian dapat  disimpulkan  sebagai  berikut:  (1)  ada  hubungan  antara  koordinasi  mata-tangan terhadap  kemampuan  servis  tinggi  pada  atlet  pemula  Persatuan  Bulutangkis  Purnama Solo  tahun  2016,  (2)  ada  hubungan  antara  kelentukan  pergelangan  tangan  terhadap kemampuan servis tinggi pada atlet pemula Persatuan Bulutangkis Purnama Solo tahun 2016,  (3)  ada  hubungan  antara  power  lengan  terhadap  kemampuan  servis  tinggi  pada atlet pemula Persatuan Bulutangkis Purnama Solo tahun 2016, (4) ada hubungan antara koordinasi  mata-tangan,  kelentukan  pergelangan  tangan  dan  power  lengan  terhadap kemampuan servis tinggi pada atlet pemula Persatuan Bulutangkis Purnama Solo tahun 2016.  Dari  hasil  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  hubungan  yang  signifikan antara  koordinasi  mata-tangan,  kelentukan  pergelangan  tangan  dan  power  lengan dengan kemampuan servis tinggi.Kata Kunci: Koordinasi Mata-Tangan, Kelentukan Pergelangan Tangan, Power Lengan, Kemampauan Servis Tinggi.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DOUBLE LEG SPEED HOP DAN DOUBLE LEG BOX BOUND TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN 2016 Akbar Arjuna
Smart Sport Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Smart Sport
Publisher : Smart Sport

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.902 KB) | DOI: 10.20961/rumi.v10i1.42233

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk: (1)  mengetahui  perbedaaan  pengaruh latihan double leg speed hop dan double leg box bound terhadap power otot tungkai, (2) mengetahui  latihan  yang  lebih  baik  pengaruhnya  antara  latihan  double  leg  speed  hop dan  double  leg  box  bound terhadap  peningkatan  power otot  tungkai.  Subjek  penelitian ini adalah siswa putri ekstrakurikuler bolabasket SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2016. Penelitian  menggunakan  metode  eksperimen.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan tes  vertical  jump.  Data  yang  diperoleh  dari  tes  vertical  jump  kemudian  dilakukan  uji reliabilitas,  normalitas,  homogenitas,  dan  uji  perbedaan  dengan  taraf  signifikansi  5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara  latihan  double  leg  speed  hop dan  double  leg  box  bound  terhadap  peningkatan power  otot  tungkai  pada  siswa  putri  ekstrakurikuler  bolabasket  SMK  Negeri  1 Sukoharjo Tahun 2016 (thitung = 3.4879 > ttabel  5% = 2,131), (2) latihan double leg speed hop lebih  baik  pengaruhnya  dari  pada  double  leg  box  bound terhadap  peningkatan power  otot  tungkai  pada  siswa  putri  ekstrakurikuler  bolabasket  SMK  Negeri  1 Sukoharjo  Tahun  2016.  Kelompok  1  (kelompok  yang  mendapat  perlakuan  double  leg speed hop) mengalami peningkatan 42,6410%, sedangkan kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan double leg box bound) yaitu 33,8141%.Kata Kunci: Plyometric, Double Leg Speed Hop, Double Leg Box Bound, Bolabasket.

Page 1 of 1 | Total Record : 10