cover
Contact Name
Hardika Muhammad Fatih
Contact Email
hardikamf@stiepancasetia.ac.id
Phone
+6281953705789
Journal Mail Official
ejournal@stiepancasetia.ac.id
Editorial Address
Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
ISSN : 24424560     EISSN : 26152134     DOI : 10.35972
JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. JIEB publishes research articles from various topics in accounting and finance and Management, including but is not limited to the following topics: Accounting and Finance Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Management Human Resource Management Marketing Strategy Management
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS" : 15 Documents clear
Dewan Redaksi dan Daftar Isi Dewan Redaksi Daftar Isi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.281 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.93

Abstract

Bagian ini berisi daftar dewan redaksi dari JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS dan Daftar Isi dari JIEB Jilid 3 Nomor 2 Juli 2017
ANALISIS PENGARUH TRANSFER PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA PETUGAS PROMOSI KESEHATAN PUSKESMAS KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR Zainul Hakim
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.77 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.94

Abstract

Abstract : This Study aims to know the effect of training transfer consisting of individual, motivational, and environment simultaneously and partially on the performance of health promotion officer of East Kotawaringin District Health Center. Descriptive research method Analysis is used with a sample of 38 respondents with sampling techniques use census techniques, analized using linier regression multiple analysis. The results of this study indicate that training transfer consisting of individual, motivasional, and environmental variables simultaneously has an effect on the performance of health promotion officer of Kotawaringin Timur District Health Center, while partially only individual and motivational variables have a significance influence on health promotion officer performance in Kotawaringin Timur District Health Center. The influence of individual variable to health worker health promotion officer performance of East Kotawaringin Regency Health Center stronger than motivational variable. Keywords : Transfer Training, Individual, Motivasional, Environment, Work Achievement Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transfer pelatihan yang terdiri dari individual, motivasional, dan lingkungan secara simultan maupun parsial terhadap prestasi kerja petugas promosi kesehatan puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analisis dengan sampel sebanyak 38 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik jenuh/sensus, teknik analisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan yang terdiri dari variabel individual, motivasional, dan lingkungan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap prestasi kerja petugas promosi kesehatan puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur, sementara secara parsial hanya variable individual dan motivasional yang pengaruhnya signifikan terhadap prestasi kerja petugas promosi kesehatan puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur. Pengaruh variabel individual terhadap prestasi kerja petugas promosi kesehatan puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur lebih kuat dibandingkan variabel motivasional. Kata Kunci : Transfer Pelatihan, Individual, Motivasional, Lingkungan, Prestasi Kerja
PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Kun Sri Hartanto
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.217 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.95

Abstract

Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of leadership, education and training, compensation, and work environment on employee performance at Regional Office of Directorate General of Treasury of South Kalimantan Province. The population of this study were 79 people and 40 people samples by using purposive sampling technique. Data analysis technique using multiple linear regression analysis. The results showed that leadership, education and training, compensation, and work environment simultaneously and partially have a significant effect on employee performance, with education and training became the dominant factor influencing work performance. Keywords: Leadership, Education and Training, Compensation, Work Environment, and Employee Performance. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan, kompensasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi penelitian ini sebanyak 79 orang dengan sampel sebanyak 40 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling.  Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, pendidikan dan pelatihan, kompensasi, dan lingkungan kerja secara simultan maupun parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan faktor Pendidikan dan pelatihan yang menjadi faktor yg berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai. Kata kunci : Kepemimpinan, Pendidikan dan Pelatihan, Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai.
ANALISIS IMPLEMENTASI DEMING’S CYCLE DALAM UPAYA MENGATASI MASALAH DISTRIBUSI SEMEN DI PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk. PLANT 12 TARJUN KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN Suryana Suryana
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.176 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.96

Abstract

Abstract: The aim of the research  was to the got description of implemented Deming’s Cycle in the solved of Distribution’s problem in order to delivery budgeted from Marketing Division have been realiting for customer satisfaction. Descriptif quantitative methode was used in this research. The result of reaserch that the distribution cement problem like loading failure of bag cement to vessel from system computerization have solved by Deming’s Cycle, the begin from Plan by problem identification and than Do by do improvement which effective solution and than Check by comparison between before and after improvemen and than Action like maked the new standardization .   Keywords: Analysis, Deming’s Cycle, Cement Distribution, PT. Indocement Tunggal Prakrasa Tbk Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai implementasi Deming Cycle dalam mengatasi masalah distribusi semen agar budget pengiriman yang ditetapkan oleh bagian marketing dapat terealisasi sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa permasalahan pada distribusi semen dalam bentuk gangguan pemuatan semen bag ke kapal yang berasal dari sistem komputerisasi dapat diatasi dengan menggunakan Deming Cycle mulai dari Plan  dengan dengan melakukan identifikasi masalah, dilanjutkan dengan Do dengan melaksanakan perbaikan yang merupakan solusi pemecahan masalah, kemudian dilanjutkan dengan Check berupa penelitan terhadap hasil setelah perbaikan dan membandingkannya dengan kondisi sebelum perbaikan, serta Action yang merupakan tindak lanjut penentapan standar. Kata Kunci: Analisis, Deming Cycle, Distribusi Semen, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL SAAT TERJADINYA KRISIS KEUANGAN GLOBAL PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007- 2010 Patricius Josef Parikesit
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.929 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.97

Abstract

Abstract: This Journal was done to knows the magnitude of the different levels of return and risk portfolio optimal formed of bank stocks listed on the Indonesia Stock  Exchange before and during the Global Financial Crisis years 2007-2010. Objects on this research is bank stocks listed on the the Indonesia Stock Exchange (January 2007 - December 2010). The samples of this study gathered 19 consistent bank stocks listed on the the Indonesia Stock Exchange, and The samples of this study is stocks which were consistent on Indonesia Stock Exchange, active to trading on Indonesia Stock Exchanges and available complete in January 2007 - Desember 2010. Optimum portfolio by using Single Index Model formed During the Global Financial crisis produce has made Portfolio Return is 1.87% and Portfolio Risk is 5.29%. Keywords: Optimum Stock Portfolio, Single Index Model, Global Financial Crisis. Abstrak: Jurnal ini dilakukan untuk   mengetahui tingkat return dan risiko portofolio optimal yang dibentuk dari saham-saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Saat terjadinya Krisis Keuangan Global tahun 2007-2010. Objek pada jurnal ini adalah saham-saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun Januari 2007 - Desember 2010. Sampel yang diperoleh sebanyak 19 saham perbankan yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia,  dan data  diperoleh dari saham yang aktif melakukan transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia serta tersedia lengkap periode Januari 2007 - Desember 2010. Perbedaan Portofolio optimal yang dibentuk menggunakan Model Indeks Tunggal saat terjadinya krisis keuangan global Return portofolio (Ri) yang dihasilkan sebesar 1.87% dengan risiko portofolio (E(Ri)) sebesar 5.29%. Kata kunci: Portofolio Optimal Saham, Model Indeks Tunggal, Krisis Keuangan Global.
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT SAFINA ASSALAM TOUR GAMBUT KALIMANTAN SELATAN Achmad Yasin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.216 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.98

Abstract

Abstract: The aims of this study were to determine the service quality level and to the strategy of PT Safina Assalam Tour to improve service quality. This study was descriptive research. The sampling method was non-probability sampling. The numbers of samples were 50 respondents. The results of this research showed that the service quality level was good, however there were several factors that need to improve, i.e., reliability and communication factors, especially at the document speed processing and handling customers complaints. Keywords: service quality, strategy Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dan strategi PT Safina Assalam Tour untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pe-nelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode penyampelan dilakukan dengan teknik penyampelan non-probabilitas. Sampel berjumlah 50 responden. Hasil pe-nelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sudah baik, namun ada beberapa faktor yang harus diperbaiki pada faktor keandalan dan faktor komunikasi, khu-susnya pada kecepatan dalam pengurusan dokumen dan menghadapi keluhan pe-langgan dengan baik. Kata Kunci: strategi, kualitas pelayanan
ANALISIS HUBUNGAN EFISIENSI DAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DAN METODE CAPITAL, ASSET, MANAGEMENT, EARNING, LIQUIDITY, SENSITIVITY TO MARKET RISK (CAMELS) Rifqi Amrulloh
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.163 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.99

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the efficiency level and the performance of sharia banking in Indonesia and the correlation between efficiency and performance of sharia banking in Indonesia. The type of this study was descriptive research. The object of this study was financial statements of 10 sharia banks in Indonesia. The data analysis methods used were data envelopment analysis (DEA), CAMELS ratio analysis of, and product moment correlation ana-lysis. The result of this study showed that based on DEA analysis there were four sharia banks that showed the efficiency level reaching 100% or in the efficient level. On CAMELS ratio analysis showed that sharia banks were in good financial ratio condition. However, the value of ratios showed a fluctuation from year to year in the research period. Correlation analysis between CAMELS and DEA showed that there was no financial ratio that gave a result in line with DEA analysis because the significance level of correlation coefficient showed a value that was not significant statistically. Keywords: efficiency, performance, sharia banking Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi dan kinerja perbankan syariah di Indonesia serta korelasi antara efisiensi dan kinerja perbankan syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan 10 bank syariah di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah data envelopment analysis (DEA), CAMELS ratio analysis, dan product moment correlation analysis. Hasil peneliti-an menunjukkan bahwa berdasarkan analisis DEA terdapat empat bank syariah yang menunjukkan tingkat efisiensi mencapai 100% atau pada tingkat yang efisi-en. Dalam analisis rasio CAMELS, menunjukkan bahwa bank syariah berada da-lam kondisi rasio keuangan yang baik. Namun, nilai rasio menunjukkan fluktuasi dari tahun ke tahun dalam periode penelitian. Analisis korelasi antara CAMELS dan DEA menunjukkan bahwa tidak ada rasio keuangan yang memberikan hasil sesuai dengan analisis DEA karena tingkat signifikansi koefisien korelasi menun-jukkan nilai yang tidak signifikan secara statistik. Kata Kunci: efisiensi, kinerja, bank syariah
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BANK BJB CABANG BANJARMASIN Sayid Hasan
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.215 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.100

Abstract

Abstract: Company performance measurement is very important. By measuring performance, management can determine the level of progress of the company and identify areas which should receive more attention. This research try to understand the influence of organizational culture to employee’s performance. This research is done to BJB Bank Branch Banjarmasin using all it’s employees as research population. Based on these results that the regression tested in this study are significant. In other words, the influence of organizational culture on performance is not coincident, but actually real or meaningful. Keywords: human resources management, organizational culture, employee performance Abstrak: Pengukuran kinerja suatu perusahaan merupakan hal yang sangat pen-ting. Dengan melakukan pengukuran kinerja, manajemen dapat mengetahui ting-kat kemajuan perusahaan dan sekaligus mengetahui bidang-bidang mana yang ha-rus mendapat perhatian lebih banyak. Penelitian ini berusaha memahami pengaruh dari budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian dilakukan di Bank BJB Cabang Banjarmasin dengan populasi penelitian adalah seluruh karyawan di Bank BJB Cabang Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disim-pulkan bahwa regresi yang diuji dalam penelitian ini adalah signifikan atau de-ngan kata lain pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja adalah bukan karena hal kebetulan semata, melainkan benar-benar nyata atau bermakna. Kata Kunci: manajemen sumber daya manusia, budaya organisasi, kinerja pegawai
PENGARUH BUDAYA KERJA DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ALUH ALUH KABUPATEN BANJAR Zulkifli Zulkifli
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.339 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.101

Abstract

Abstract: Good Public service nowadays is a must for government institution to create satisfaction among the citizen. This study aims to determine the influence of work culture and public perception on public services quality of Banjar Regency Aluh Aluh District Religious Affairs Office. This research is quantitative. The numbers of population were 787 people and samples were 89 people. The research results showed that work culture and public perception had positive effect on public services quality of Banjar Regency Aluh Aluh District Religious Affairs Office. Keywords: work culture, public perception, public services quality Abstrak: Pelayanan publik yang berkualitas saat ini mutlak dimiliki oleh setiap institusi pemerintahan untuk menciptakan kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya kerja dan persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Aluh Aluh Kabupaten Banjar. Penelitian ini adalah penelitian kuanti-tatif. Populasi berjumlah 787 orang dan sampel berjumlah 89 orang. Hasil peneli-tian menunjukkan budaya kerja dan persepsi masyarakat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Aluh Aluh Kabu-paten Banjar. Kata Kunci: budaya kerja, persepsi masyarakat, kualitas pelayanan publik
PENGARUH KEANDALAN DAN PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU Fahlin Najmi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 3 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.315 KB) | DOI: 10.35972/jieb.v3i2.102

Abstract

Abstract: Reliable service and an accurate service procedure is a must for government agency that serve directly to society needs, including Banjarbaru City Liang Anggang Religious Affairs Office. This study aims to determine the effects of reliability and procedures on public satisfaction on Banjarbaru City Liang Anggang Religious Affairs Office. The method of this research is quantitative. The amounts of population were 50, while the samples were 50. The data analysis techniques were multiple linear regressions. The results showed that the variables of reliability and procedures had partial and simultaneous influence on public satisfaction on Banjarbaru City Liang Anggang Religious Affairs Office.  Keywords: reliability, procedure, public satisfaction, Banjarbaru City Liang Anggang Religious Affairs Office Abstrak: Pelayanan yang andal dengan dilengkapi prosedur pelayanan yang akurat harus dimiliki oleh instansi pemerintah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, termasuk Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keandalan dan prosedur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 50 orang dan sampel sebanyak 50 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keandalan dan prosedur pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Kata Kunci: keandalan, prosedur pelayanan, kepuasan masyarakat, Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru

Page 1 of 2 | Total Record : 15