cover
Contact Name
Hardika Muhammad Fatih
Contact Email
hardikamf@stiepancasetia.ac.id
Phone
+6281953705789
Journal Mail Official
ejournal@stiepancasetia.ac.id
Editorial Address
Komplek Waringin, Jl. Ahmad Yani Km. 5,5, Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70248
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
ISSN : 24424560     EISSN : 26152134     DOI : 10.35972
JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. JIEB publishes research articles from various topics in accounting and finance and Management, including but is not limited to the following topics: Accounting and Finance Financial Accounting Public Sector Accounting Management Accounting Islamic Accounting and Financial Management Auditing Corporate Governance Ethics and Professionalism Corporate Finance Accounting Education Taxation Capital Market Banking Information System Sustainability Reporting Management Human Resource Management Marketing Strategy Management
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS" : 11 Documents clear
Persepsi, Motivasi, dan Pengetahuan Masyarakat Dalam Memilih Produk Bank Syariah di Banjarmasin Abul Hasan Asy'ari
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.583

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Persepsi, Motivasi, dan Pengetahuan Masyarakat terhadap pemilihan produk Bank Syariah di Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah seluruh nasabah bank syariah yang memenuhi syarat sebabagai responden. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Seacara simultan variabel Persepsi, Motivasi dan Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk bank syariah. (2). Secara parsial variabel Persepsi, Motivasi dan Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat memilih produk bank syariah. (3). Variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel Motivasi.
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, TINGKAT HUTANG, DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017) Rinny Meidiyustiani; Retno Fuji Oktaviani
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.434

Abstract

Earnings Persistence is one component of earnings quality. This study aims to know the effect of managerial ownership, firm size, debt level, and operating cash flow on earnings persistence. The population in this study was the automotive sub-sector manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange from 2013 to 2017. The sample selection technique used purposive sampling and obtained 8 companies included in the 5-years period so that 40 samples were observed. The method of data analysis in this study is multiple linear regression analysis using SPSS v20.0. The result of this study indicate that only the level of debt has a significant effect on earnings persistence. While managerial ownership, firm size, and operating cash flow have no significant effect on earnings persistence.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Business Centre SMKN 1 Lemahabang Cirebon Isti Riana Dewi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.469

Abstract

The purpose of this research was to find out the influence between service quality and the atmosphere of the store on customer satisfaction at the Business Center at a vocational high school in Lemahabang Cirebon. Research methods used are validity test, reliability test, and Multiple Linear Regression. The analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study explain the influence between service quality of the store and the atmosphere of the store on customer satisfaction. This indicates that there needs to be an improvement of services such as honest words and friendly behavior to improve the quality of store service and modify the temperature and layout of goods to be more varied to entice customers to feel happy and make more visits to support the success of the business.
Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa GoRide (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Apriya Santi; Siti Mardah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.492

Abstract

Abstract: The purposes of this study are to find out the effect of trust on purchase decision, knowing the effect of price perception on purchase decision and the effect of trust and price perception simultaneously on purchase decision. With a purposive sampling technique,there are 91 students as respondents. The analysis technique used to test the hypothesis is multiple linear regression. The results showed that the trust has significant effect on purchase decision, the price perception has significant effect on purchase decision, the trust and price simultaneously have significant effect on purchase decision of students in the Economic Faculty of the Islamic University of Kalimantan. Keywords : Trust, Price Perceptions, Purchase Decision
PENERAPAN KEBIJAKAN OJK PEREKONOMIAN INDONESIA TERHADAP BANK SYARIAH MANDIRI PADA PANDEMI COVID-19 Mega Ambarwati Sunaryo
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.499

Abstract

Bank Syariah Mandiri is a form of financial institution that contributes greatly to the Indonesian economy. Coronavirus Disease-19 (COVID-19) creates similarities and comparisons in the affected economic sectors. This study aims to look at the effects of a pandemic on the Indonesian economy, the impact of the pandemic on BSM, and OKK policies during the pandemic. This research is a qualitative descriptive study. Researchers used literature review through reference books, scientific journals, online news sites, and other relevant literature. In the results of presenting the data, it is stated that the pandemic has an impact on the investment, trade, transportation and tourism sectors. The pandemic has also had a positive impact on the goals of independent Islamic bank digital transactions as an increase in the number of Mandiri Syariah Mobile customers, additional digital transactions, and additional online account creation.
LAPORAN REKAPITULASI BULANAN KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA INDAH MAKMUR UNIT KUDUS Ferlina Ardiyan Ferlina Ardiyan
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.519

Abstract

Abstrak: Ferlina Ardiyan, Jurusan Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Bandung 2020, Laporan Rekapitulasi Bulanan KSP Jasa Indah Makmur Unit Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laporan perkembangan selama sebulan di KSP Jasa Indah Makmur apakah mengalami perubahan keuntungan atau penurunan keuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Koperasi Jasa Indah Makmur yang berjumlah 17 orang dan sampel yang penulis tentukan berjumlah 4 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif serta sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data kualitatif dalam bentuk keterangan dan pembahasan teoritis yang bertujuan menganalisa hal-hal yang dapat dianalisa bukan dengan angka-angka tetapi dengan teori-teori yang dibuktikan dengan kenyataan yang terjadi dikantor KSP Jasa Indah Makmur. Hasil penelitian menunjukkan dalam bulan Mei ini KSP Jasa Indah Makmur mengalami peningkatan keuntungan dan peningkatan anggota yang akan menjadi anggota di Koperasi Jasa Indah Makmur Kudus.
PENGARUH FASILITAS DAN DISIPLIN TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN HOTEL SWISS-BELHOTEL BANJARMASIN Abdul Kadir Ms Kadir; Noorlaily Maulida
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.552

Abstract

Penguasaan materi pekerjaan yang selalu tertinggal oleh perkembangan IPTEK dan lemahnya tingkat disiplin personel Karyawan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja, sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengukur Pengaruh Fasilitas dan Disiplin Kerja terhadap Komitmen pada Karyawan Swiss Belhotel Banjarmasin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah fasilitas secara parsial berpengaruh terhadap Komitmen Karyawan Swiss Belhotel Banjarmasin., apakah Disiplin kerja secara parsial berpengaruh terhadap Komitmen Karyawan Swiss Belhotel Banjarmasin dan apakah fasilitas dan Disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap Komitmen Karyawan Swiss Belhotel Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah Variabel fasilitas secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Komitmen Karyawan (0,201 > 0,05), 2) Terdapat pengaruh parsial secara signifikan Disiplin kerja terhadap Komitmen KaryawanKepolisian (0,001 < 0,05) dan 3) Terdapat pengaruh simultan (bersama-sama) secara signifikan antara fasilitas dan Disiplin kerja terhadap Komitmen Karyawan(0,001<0,05). Temuan dalam penelitian ini adalah fasilitas yang lengkap apabila tidak disertai dengan disiplin yang tinggi akan kurang berpengaruh terhadap komitmen.
PERKEMBANGAN PERAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT TERHADAP KEGIATAN EKONOMI ISLAM Dina Dwi Silvialorensa; Eka Qurrotul; Sindy Khoirunnisa
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.584

Abstract

Abstract: The background of this research is the lack of students understanding of Islamic economics and to find out the role of students in the development of Islamic economics within the University. The development of Islamic economics can increase, if students can apply Islamic economics well. Students are believed to be the nation's successors who are genius, creative and intelligent, have a high spirit of spirit that can foster a sense of self-confidence. In Indonesia itself, the sharia economy is growing over time, and it has been proven because there are practices such as debt by contract without usury. The business that is currently trending in Indonesia is online buying and selling contracts, because it is considered more practical. In Indonesia, there are also many Islamic banks based on the Qur'an and hadith that have been set by the Indonesian Ulema Council (MUI). With this research, students have an awareness of the importance of Islamic economics and can apply it both in the university environment and in the general environment. Keywords: Student, Islamic economics, Indonesian Council of Ulama Abstrak: Yang melatar belakangi penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap ekonomi Islam, rendahnya minat ketertarikan untuk mempelajari ekonomi Islam serta untuk mengetahui peran mahasiswa terhadap perkembangan ekonomi Islam di lingkungan Universitas. Perkembangan ekonomi Islam bisa meningkat, jika mahasiswa dapat menerapkan ekonomi Islam dengan baik. Mahasiswa diyakini sebagai penerus bangsa yang jenius, kreatif dan cerdas, memiliki jiwa semangat tinggi yang dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Di Indonesia sendiri ekonomi syariah semakin berkembang seiring berjalannya waktu, dan telah terbukti karena terdapat praktik seperti berhutang dengan akad tanpa adanya riba. Bisnis yang saat ini sedang trending di Indonesia yaitu akad jual beli online, karena dinilai lebih praktis. Di Indonesia juga sudah banyak bank syariah yang didasarkan pada Al-Qur’an dan hadits yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan adanya penelitian ini, menjadikan mahasiswa memiliki kesadaran tentang pentingnya ekonomi Islam dan dapat menerapkannya baik di lingkungan Universitas maupun di lingkungan umum. Kata kunci: Mahasiswa, Ekonomi Islam, Majelis Ulama Indonesia
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019 yudi rahman
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial serta pengaruh secara dominan variabel Ukuran Perusahaan (X1), Profitabilitas (X2), Solvabilitas (X3) dan Ukuran Perusahaan (X4) Terhadap Audit Delay (Y). Jenis dari penelitian yang digunakan peneliti adalah peneitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara statistik, yakni menganalisa dengan berbagai dasar statistik dengan cara membaca tabel, grafik atau angka yang telah tersedia kemudian dilakukan beberapa uraian atau penafsiran dari data-data tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan aplikasi PSPP untuk menggambarkan fenomena atau karakteristik dari data. Adapun jenis uji yang digunakan dalam teknik analisis ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebanyak 61 perusahaan dengan penentuan sampel sebanyak 20 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Umur Perusahaan (X1), Profitabilitas (X2), Solvabilitas (X3) dan Ukuran Perusahaan (X4) mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap Audit Delay (Y), dan Variabel Umur Perusahaan (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Profitabilitas (X2) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Solvabilitas (X3) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, Variabel Ukuran Perusahaan (X4) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Audit Delay (Y) pada perusahaan Property dan Real Estate, serta variabel Umur (X1) Perusahaan memiliki pengaruh dominan terhadap Audit Delay pada perusahaan. Kata Kunci : Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan dan Audit Delay.
PERANAN MOTIVASI KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA PT KOZA PRESISI INDONESIA KOTA TANGERANG Pusporini Palupi Jamaludin
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 7 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS
Publisher : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35972/jieb.v7i2.525

Abstract

Abstract: PT. Koza Presisi Indonesia is a company engaged in automotive manufacturing services, namely in the machining process. This study aims to review in terms of the role of work motivation in improving employee performance at PT. Koza Presisi Indonesia. This study uses a descriptive qualitative approach with an interpretive approach in analyzing data with literature review. Collecting and processing data are also carried out by means of observation, interviews, documentation and triangulation. This research uses structured interviews. The sample in this study amounted to 16 people (15 people as the main informant and 1 person as triangulation). The sample was selected with the following characteristics: male and female, 3-5 years of age, education and willingness to be informants. Samples in qualitative research are not named as respondents but as sources, participants, and informants. From the research results, it is known that the level of employee motivation is still not good overall so that the role of motivation to improve employee performance is still not optimal. However, to increase motivation was expressed by key informants by maintaining harmony with employees, building a good working atmosphere, and accommodating complaints from subordinates to be evaluated. Key informants revealed to improve employee performance by establishing familiarity with employees, and consulting with team leaders about the problems that occur. However, he also revealed that he would create a system such as giving rewards and training as a form of performance improvement. Keyword : Work Motivation, Employee Performance

Page 1 of 2 | Total Record : 11