cover
Contact Name
Ujang Syahrul Mubarrok
Contact Email
ujang@uniska-kediri.ac.id
Phone
+6281235247660
Journal Mail Official
redaksijmk@uniska-kediri.ac.id
Editorial Address
Jln. Sersan Suharmaji Nomor. 38, Manisrenggo, Kecamatan, Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64128
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JMK Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan
ISSN : 24773166     EISSN : 26560771     DOI : https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2
Core Subject : Economy,
Aims JMK (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan) covers in details a large variety of topics in management. The aim of the journal is disseminate knowledge derived from the results of empirical research on organizations, people, systems, and events in the field of management and entrepreneurship. The journal provides a forum for scholarly exchanges for academics, practitioners, and independent researchers by publishing quality empirical research. Scope JMK (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan) promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of financial economics, marketing management, human-resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, public policy, entrepreneurship, management, financial, business ethics.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2016): Mei" : 10 Documents clear
Pengaruh Faktor – Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pada Pegawai Ayu Kartika
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.787 KB)

Abstract

Kepuasan kerja atau ketidakpuasan pegawai tergantung pada perbedaan antara apa yang didapatkan dengan yang diharapkan. Sebaliknya, apabila yang didapat pegawai lebih rendah dari pada yang diharapkan akan menyebabkan pegawai tidak puas. Kepuasan kerja pegawai pada dasarnya sangat individualis dan merupakan hal yang sangat tergantung pada pribadi masing-masing pegawai pada Perawat RSUD Nganjuk, sehingga dapat dikatakan kepuasan atau ketidakpuasan seorang pegawai. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh faktor – faktor kepuasaan kerja terdiri dari variabel faktor finansial, faktor fisik, faktor sosial dan faktor psikologis sangat penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi kerja pegawai di RSUD Nganjuk. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja di RSUD Nganjuk. Metode analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesa yang di ajukan adalah analisa regresi linear berganda. Persamaan regresi yang di peroleh dalam analisa regresi linear berganda adalah Y= 5.230+0,082x1+0,011x2+0,144x3+0,470X4. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan atau berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja pegawai adalah variabel faktor psikologis (0,470).
Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Nofi Naifatul Muslimah
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.29 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan terhadap kinerja karyawan pada CV. Agro Utama Mandiri Lestari Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh. Metode analisis yang digunakan yakni uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan berpengaruh secara serentak terhadap kinerja karyawan. Pengetahuan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan. Sedangkan dari koefisien determinasi, pengetahuan dan ketrampilan mampu memberikan kontribusi sebesar 65,7 % terhadap kinerja karyawan dan 34,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Pengaruh Pelayanan Purna Jual terhadap Kepuasan Konsumen Samsung Smartphone Desi Eka Susanti
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.345 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel Garansi, penyediaan accessories, perbaikan produk dan konsultasi lanjutan terhadap kepuasan konsumen Samsung smartphone pada Samsung Service Center Kediri. Sampel dari penelitian ini sebanyak 85 responden pada konsumen Samsung smartphone yang melakukan kegiatan purna jual di Samsung Service Center Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa garansi merupakan variabel bebas yang berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. R square sebesar 0,740 artinya besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tetap secara bersama-sama (simultan) sebesar 74%, sedangkan sisanya 26% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Analisa Sumber dan Penggunaan Kas terhadap Upaya Menjaga Likuiditas Siti Nur Kholifah
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.735 KB)

Abstract

Laporan sumber dan penggunaan kas merupakan laporan yang menggambarkan aliran kas (cash flow) dalam suatu periode. Aliran kas atau arus kas menunjukkan dari mana saja sumber kas dan bagaimana penggunaan kas. Penelitian ini dilakukan pada KJKS Ar-Rahmah Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis laporan sumber dan penggunaan kas, serta analisis likuiditas. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa tingkat current ratio kjks mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Tingkat quick ratio dari tahun 2013 sebesar 226 %, tahun 2014 sebesar 309 %. Hal ini menunjukkan bahwa KJKS mampu membayar hutang lancarnya dengan menggunakan aktiva lancar yang dimiliki KJKS. Tahun 2013 tingkat cash ratio kjks sebesar 235 %, tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 550 %. Dari perhitungan di atas dapat dilihat bahwa tingkat cash ratio kjks juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Melalui analisis current ratio, quick ratio, dan cash ratio dapat dilihat bahwa tingkat rasio likuiditas pada tahun 2013 sampai tahun 2014 meningkat dari tahun ke tahun. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktiva lancar yang dimiliki oleh kjks meningkat dari tahun ke tahun sehingga dapat menjamin pelunasan hutang-hutang yang harus dibayar.
Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Emi Mega Silvanasari
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan stres kerja baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang karyawan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yang berarti seluruh anggota populasi dijadikan sampel, yaitu sejumlah 46 responden. Penulis menggunakan analisis validitas, analisis reliabilitas, dan regresi linear berganda yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa stres kerja berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMK Pawyatan Daha I Kediri Tikasari Asyfiatul Choiriyah
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.01 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru pada SMK Pawyatan Daha I Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Sampel jenuh yaitu mengambil seluruh populasi yang ada untuk dijadikan sampel sebanyak 45 responden. Metode analisis yang digunakan adalah teknik regresi linear berganda,koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh secara serentak terhadap kinerja guru.Berdasarkan uji t variabel motivasi merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru. Sedangkan dari koefisien determinasi, motivasi dan lingkungan kerja mampu memberikan kontribusi sebesar 74,6 % terhadap kinerja guru dan 25,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Indria Puspita Sari
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.729 KB)

Abstract

Pemahaman mengenai perilaku konsumen mutlak diperlukan apalagi pada saat sekarang ini perkembangan dari dunia bisnis rumah makan yang begitu pesat dan cepat membuat intensitas persaingan yang semakin tinggi, dan ini menjadi hal penting bagi para pemasar apabila ingin tetap diterima oleh konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mengetahui apakah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan MAS DEMANG. 2) Mengetahui variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan MAS DEMANG. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 80 responden konsumen Rumah Makan MAS DEMANG dan pengambilan data berupa observasi, wawancara, kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis untuk uji validitas dan reliabilitas memakai rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16,0 for windows. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Dari hasil analisis didapatkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/ bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan MAS DEMANG dan variabel pribadi mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Vina Mida Fatimah
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.329 KB)

Abstract

Disiplin merupakan faktor dari sumber daya manusia yang wajib ditegakkan dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Disiplin menjadi tolak ukur produktivitas kerja karyawan ataupun sebaliknya produktivitas kerja karyawan dapat dilihat dari disiplin kerja karywan. Terkait dengan penerapan kedisiplinan para karyawan, Rumah Sakit Bhayangkara Kediri telah melakukan berbagai upaya untuk menekan tingginya absensi karyawan, salah satunya dengan meningkatkan koordinasi antar karyawan khususnya pada satu bagian. Hasil analisa dapat disimpulkan :1) Persamaan regresi Y = 10.158 + 0,581 X. Hal ini dapat diartikan bahwa jika ada perubahan satu satuan pada variabel disiplin kerja, maka akan ada perubahan pada kinerja karyawan (Y) sebesar 0,581 satuan dengan arah yang sama. 2) Diketahui bahwa variabel disiplin kerja (X) mempunyai pola hubungan yang sedang dengan kinerja karyawan RS. Bhayangkara Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,575.
Analisa Break Even Point sebagai Dasar Perencanaan Laba pada Perusahaan Tenun Ikat Ahmad Ikhyaul Ulumudin
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.361 KB)

Abstract

Salah satu alternatif yang dapat di gunakan untuk merencanakan tingkat penjualan dalam rangka mencapai target laba dengan menggunakan analisa BEP. Analisa BEP adalah suatu teknik analisa untuk mempelajari hubungan antara biaya tetap, biaya variabel, biaya semi variabel, harga jual, volume penjualan dan laba. Rumusan masalah adalah berapa jumlah penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan dan berapa jumlah penjualan yang harus diperoleh perusahaan agar target laba yang diinginkan dapat tercapai. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa jumlah penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan dan untuk mengetahui pada jumlah penjualan berapa perusahaan agar mencapai laba yang di rencanakan. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa BEP untuk tahun yang akan datang yaitu tahun 2015 adalah Rp. 535.567.393,- sedangkan BEP untuk 2016 adalah Rp. 553.355.140,-. Untuk tahun 2015 perusahaan mentargetkan laba sebesar Rp. 294.954.000,- dan untuk 2016 mentargetkan laba Rp. 349.914.000,- maka penjualan minimal untuk mendapatkan laba tersebut maka pada tahun 2015 sebesar Rp. 1.205.917.393,- dan penjualan minimal untuk tahun 2016 adalah Rp. 1.330.941.807,-.
Pengaruh Rotasi Jabatan dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Laila Kartiwi
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2016): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.48 KB)

Abstract

Semakin ketatnya tingkat persaingan bisnis mengakibatkan organisasi dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi ini dipengaruhi oleh kinerja pegawai (job performance) atau hasil kerja yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pegawai merupakan sumber daya yang penting bagi organisasi, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya sehingga dibutuhkan tenaga yang terampil dalam segala bidang serta teknologi yang tepat guna. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan karyawan yang menguasai segala bidang pekerjaan dan didukung oleh peralatan teknologi yang memadai. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Ada pengaruh antara rotasi jabatan terhadap kinerja karyawan di KSU Mulyo Agung Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,911 dengan sig. t (0,001) < 0,05. 2) Ada pengaruh antara teknologi informasi terhadap kinerja karyawan di KSU Mulyo Agung Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,042 dengan sig. t (0,006) < 0,05.3) Ada hubungan antara kebutuhan rotasi jabatan dan teknologi informasi dengan kinerja Karyawan KSU Mulyo Agung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R = 0,743. 4) Dari hasil uji analisis regresi diperoleh persamaan Y = 8,913 + 0,66 X 1 + 0,421X2, dimana koefisien regresi variabel rotasi jabatan (0,66) lebih besar dibandingkan variabel teknologi informasi (0,421) sehingga terbukti bahwa variabel rotasi jabatan lebih dominan dibandingkan variabel teknologi informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10