cover
Contact Name
Yanuar Bagas Arwansyah
Contact Email
yanuarbagasa@upy.ac.id
Phone
+6285799355583
Journal Mail Official
jurnalskripta@upy.ac.id
Editorial Address
Jl. PGRI II No.232, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Skripta
ISSN : 24433705     EISSN : 27459705     DOI : https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2
Core Subject : Education, Social,
SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 2015 dengan P-ISSN 2443-3705 dan E-ISSN 2745-9705 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal ini dikelola dengan menggunakan open journal system (OJS) dan peer-reviewed online journal. Jurnal SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA yang oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta ini didedikasikan untuk menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah mengenai pendidikan bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima tulisan/artikel hasil penelitian/pemikiran di bidang Linguistik, Budaya, Bahasa, dan Sastra serta Pembelajarannya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015" : 7 Documents clear
KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAURA SENDIRI KARYA MERCY SITANGGANG DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA Primasari Wahyuni
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.426 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Laura Sendiri karya Mercy Sitanggang ditinjau dari aspek psikologi sastra; (2) implementasi kajian psikologi sastra dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian berupa kata-kata, ungkapan, dan kalimat di dalam novel Laura Sendiri karya Mercy Sitaggang. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Laura Sendiri karya Mercy Sitanggang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, antara lain: (1) konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Laura Sendiri karya Mercy Sitanggang dan (2) implementasi kajian psikologi sastra dalam pembelajaran. Hasil penelitian dengan pendekatan psikologi sastra ini dapat digunakan dalam pembelajaran sastra khususnya siswa SMA. Penelitian ini juga dapat memberikan pengetahuan pada siswa dalam memahami novel Laura Sendiri karya Mercy Sitanggang dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupn sehari-hari. Penelitian ini dapat menjadi literatur bagi para peneliti dan mengembangkan penelitian yang sejenis dengan analisis yang lebih mendalam serta dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Kata kunci: psikologi sastra; konflik batin; dan implementasi kajian psikologi sastra dalam pembelajaran sastra
KAJIAN FILOLOGI DAN ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER HIKAYAT NAKHODA ASYIK Rika Novita Kusumaningrum
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.399 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.4

Abstract

Secara teoritis, penelitian ini bertujuan mengupas teks HNA sebagai suatu karya sastra dengan menggunakan pendekatan struktural dinamik untuk menggali kandungan nilainilai pedidikan karakter. Adapun tujuan praktis penelitian ini adalah (1)menyajikanpernaskahan, perteksan, dan suntingan dengan menggunakan pendekatan filologis untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya. (2)Menambah hasil penelitian pada bidang sastra Melayu klasik (sebagai cikal bakal sastra Indonesia modernpada khususnya dan khasanah sastra Nusantara pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis bahasa dan isi. HNA adalah codex unicus (naskah tunggal) yang diteliti menggunakan perspektif filologi modern. Metode kritik teks yang digunakan adalah metode edisi naskah tunggal. Teks yang disalin tahun 1890 oleh Encik Muhammad Bakir bin Usman Fudloli di Pecenongan Betawi ini memiliki volume 156 halaman dan berdasarkan kajian pernaskahan didominasi kata dan ungkapan pinjaman dari bahasa Arab. Terlepas dari seluruh kandungan nilai pendidikan karakter, teks HNA dapat ditengarai sebagai teks tasawuf Betawi dengan ditandai penggunaan ikon laut, kecapi, perahu, dan pengembaraan. Kata Kunci :hikayat, filologi modern, structural dinamik, pendidikan karakter, dan tasawuf
CAMPUR KODE DALAM ACARA SENTILAN-SENTILUN METRO TV EPISODE 6 FEBRUARI 2015 Fitri Jamilah
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.697 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.5

Abstract

Peneliian ini bertujuan untuk mendeskripsikan campur kode dalam acara Sentilan Sentilun Metro TV Episode 6 Februari 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Penelitian ini membahas jenis-jenis campur kode dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis campur kode yang terjadi adalah campur kode keluar dan campur kode ke dalam. Faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya campur kode adalah penutur, topik pembicaraan, situasi, tujuan, dan media. Di samping itu inteferensi bahasa juga menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode. Kata Kunci: campur kode, jenis-jenis campur kode,kualitatif
PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM ACARA TATAP MATA TRANS 7 SEBAGAI WAHANA PENCIPTAAN HUMOR LISAN Irsasri Irsasri
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.141 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi bentuk pelanggaran terhadap prinsip kerja sama yang digunakan oleh para pengisi acara dalam acara Tatap Mata Trans 7. Data dalam penelitian berupa tuturantuturan yang melanggar prinsip kerja sama diambil dari empat tanyangan acara Tatap Mata di trans 7, yaitu selama bulan April 2014. Data dianalisis berdasarkan teori prinsip kerja sama Grice (1975). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran yang dilakukan terhadap prinsip kerja sama sebagai wahana penciptaan humor dalam acara Tatap Mata Trans 7 berupa pemberian informasi berlebih-lebih, informasi yang salah, informasi yang tidak relevan dengan masalah pembicaraan, kesalahan dalam menafsirkan maksud mitra tutur, dan informasi yang mengandung makna implisit. Kata kunci:pelanggaran prinsip kerja sama, maksim, humor
PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN CERITA BERGAMBAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS II SD DI KABUPATEN WONOGIRI Nina Widyaningsih
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.566 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek karakter yang perlu dikembangkan di kelas II SD, menghasilkan produk berupa bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pelajaran membaca siswa kelas II SD, dan mendeskripsikan kualitas bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pelajaran membaca siswa kelas II SD di Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini meliputi lima tahap, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba dan revisi, serta pemanfaatannya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar observasi, kuesioner, dan tes. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam bahan bacaan kelas II SD ini mencakup nilai-nilai kedisiplinan dan nilai-nilai kejujuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba terhadap produk bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pembelajaran membaca siswa kelas II SD melalui tahap validasi ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok, dan uji coba lapangan, serta analisis dan revisi sehingga menjadi produk akhir yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian menunjukkan hasil penilaian guru dari aspek pembelajaran rata-rata skor 3,9 yang berarti “Baik”. Kemudian dari aspek isi memperoleh rata-rata skor 4,0 Yang berarti “Baik” dan aspek tampilan memperoleh rata-rata skor 4,3 yang berarti “Baik”, sehingga produk bahan bacaan tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber bahan bacaan untuk siswa. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan karakter,bahan bacaan, cerita bergambar
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN ARGUMENTASI MAHASISWA PESERTA PERKULIAHAN MKU BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA Muncar Tyas Palupi
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.276 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kecenderungan kesalahan berbahasa dalam hal penerapan kaidah ejaan bahasa Indonesia, dalam bidang kosakata, dalam bidang morfologi, dan sintaksis. Penelitian ini mempergunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih. Hasil analisis dapat disimpulkan, bahwa sebagian besar karangan argumentasi mahasiswa terdapat beberapa unsur kesalahan berbahasa. Kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu mahasiswa belum mengetahui ketepatan pemakaian ejaan dengan benar, penguasaan kosakata bahasa Indonesia mahasiswa BK yang masih kurang, belum dapat memakai afiksasi secara tepat, begitu pula dengan penulisan kata bentukan, dan penulisan kata ulang, belum dapat memakai kata depan dan kata sandang, kalimat efektif, dan struktur kalimat secara tepat dalam bahasa Indonesia. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Argumentasi, Ejaan, Kosakata, Afiksasi, Kalimat
APLIKASI MEJA BUNDAR DALAM PENGEMBANGAN KEAHLIAN MENULIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN 2012/2013 Ida Ayu Made Sri Widiastuti
JURNAL SKRIPTA Vol 1 No 1 (2015): SKRIPTA MEI 2015
Publisher : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.395 KB) | DOI: 10.31316/skripta.v1i1.9

Abstract

Abstrak: Kemampuan menulis dianggap sebagai kemampuan penting yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut dapat dicapai melalui pelaksanaan round table technique. Penelitian tindakan kelas ini utamanya dilaksanakan untuk menunjukkan apakah round table technique dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMA Negeri 5 Denpasar tahun Akademik 2012/2013. Berdasarkan hasil prates, yang dilaksanakan pada pra siklus, menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf dikategorikan kurang yaitu 61.97. Selanjutnya penelitian tindakan kelas dilakukan dengan pelaksanaan round table technique dalam rencana dua siklus. Berdasarkan teknik yang dilaksanakan, terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa, dimana hal tersebut meningkat dari kurang menjadi baik, yaitu 68.09 pada siklus I dan 76,29 pada siklus II.Terlebih lagi, penelitian ini dapat memberikan peningkatan kemampuan menulis deskriptif paragraf siswa melalui pelaksanaan teknik tersebut. Kesimpulannya, penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa round table technique dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas sepuluh SMA Negeri 5 Denpasar. Terlebih lagi teknik yang dilaksanakan juga direspon positif oleh subjek penelitian yaitu siswa kelas sepuluh SMA Negeri 5 Denpasar tahun akademik 2012/2013. Kata kunci: pelaksanaan, round table technique, dan kemampuan menulis

Page 1 of 1 | Total Record : 7