cover
Contact Name
Ma'adul Yaqien Makkarateng
Contact Email
jurnal.altsarwah@gmail.com
Phone
+6281259984383
Journal Mail Official
jurnal.altsarwah@gmail.com
Editorial Address
Gedung Program Pascasarjana IAIN Bone Jl. HOS. Cokroaminoto, Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Indonesia Telp. (0481) 21395
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah
ISSN : 26207818     EISSN : 26854686     DOI : https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan Ilmu Ekonomi dan Keuangan (Konvensional dan Syariah) Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 7 Documents clear
Pengaruh Self Assessment System terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi KPP Pratama Watampone) Saddang Am; Andi Sarjan
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.035 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.861

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of the self assessment system on individual taxpayer compliance and to determine the contribution of self assessment system to individual taxpayer compliance at KPP Pratama Watampone. The results of the study are expected to be consideration by the tax authorities in increasing their role and function in educating the public regarding taxation systems and procedures. Research design is quantitative,the datais collected through questionnaires. Sampling technique using purposive sampling by Slovin formula, the data analysis technique is simple linear regression. The results show that the self assessment system had a positive and significant effect on individual taxpayer compliance. The effect of the self assessment system on individual taxpayer compliance is 32.1%. Keywords: Tax, Self Assessment System, Personal Taxpayer Compliance.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self assessment system terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan untuk mengetahui besarnya sumbangsih self assessment system terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadidi KPP Pratama Watampone.Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi fiskus dalam meningkatkan peran dan fungsinya untuk mengedukasi masyarakat terkait sistem dan tata cara perpajakan.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode pengumpulan data melalui kuesioner.Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling dengan menggunakan rumus Slovin, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa self assessment system berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Besarnya pengaruh self assessment system terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi adalah sebesar 32,1%. Kata Kunci:Pajak, Self Assessment System, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
ANALISIS DISFUNGSI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PEDAGAND DI KOMPLEKS PASAR SENTRAL PALAKKA KAB. BONE Wahida Wahida; Abdulahanaa Abdulahanaa
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.492 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.864

Abstract

Abstract             This study discusses the traditional market dysfunction analysis on the income and welfare of traders. The type of research used in this study is qualitative with the socio-economic approach and this also applies primary and secondary data sources supported by data collection methods, namely; observation, interview, and documentation. The collected data is then processed using descriptive analysis.The results reveal that Palakka Market does not function optimally due to several causes, including: 1) Non-strategic market location, 2) Hard accessibilities to reach, 3) Visitors and buyers get difficult to reach out the market breadth, 4) Some vendors drive and ride the vehicles, 5) The re-functioning of the old market location as a trade center, 6) The number of emersion of modern markets located too close to the market, 7) Technological sophistication that makes the people easy to do transaction through online media nowadays.The impact of Palakka market dysfunction on traders’ income based on interviews conducted with 30 traders, 21 of them claimed that it had a negative impact (decrease), 6 stated uncertainty, and 3 said that it had a positive impact (increase). Otherwise, the government has tried three time to move the traders who are still actively trading in the ex-market location to optimize the buying-selling transaction. It was successful in the beginning but they kept on doing their activity at the former place in the end. Thus, traders continue hoping the government for the truly applied regulations as the preventive movements, including business establishment permits, to those who illegally trade on the side of the road. Besides, they also expect to be put together and reassembled in Palakka market so that it is full of visitors and buyers. Keywords: The Traider, The Market, Income and Welfare  Abstrak   Penelitian ini membahas tentang analisis disfungsi pasar tradisional terhadap pendapatan dan kesejahteraan pedagang, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosio ekonomi, penelitian ini menggunakan sumber data primer dan skunder yang didukung metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar Palakka tidak berfungsi secara optimal dikarenakan dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yang termasuk faktor internal diantaranya adalah : Lokasi Pasar yang tidak strategis, banyaknya ruang yang tidak difungsikan, terlalu luasnya lokasi pasar sentral palakka, banyaknya pedagang yang kembali ke lokasi ex Pasar Sentral Lama, dan kurangnya ketegasan dari pemerintah sebagai pihak yang bertanggungjawab atas kondisi Pasar Sentral Palakka saat ini, sedangkan dari faktor eksternalnya adalah : banyaknya pedagang keliling yang menggunakan motor dan mobil, banyaknya  kemunculan pasar modern yang lokasinya berdekatan dengan lokasi pasar, kecanggihan teknologi yang kini memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli melalui media online. Dampak disfungsi pasar Palakka terhadap pendapatan pedagang, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada 30 pedagang ada 21 yang mengatakan berdampak negative (menurun), 6 yang menyatakan tidak berdampak, dan 3 yang mengatakan berdampak positif (meningkat). Ditinjau dari tingkat kesejahteraan menurut BKKBN semua pedagang memenuhi kriteria keluarga pra sejahtera dan di tingktan keluarga Sejahtera I, ada 26 pedagang yang memenuhi semua indikatornya, dan ada 4 pedagang tidak memenuhi salah satu indikatornya dari pendidikan anak usia 7-15 tahun, sedangkan dari segi konsep falah, ada tiga tingkatan kesejahteraan yaitu daruriyah, dimana ada 21 pedagang yang berada ditingkatan ini,,hajiyah (6 pedagang),tahsiniyah (3 pedagang).Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh pemerintah sudah dilakukan sebanyak 3 kali dengan memindahkan pedagang yang masih aktif berdagang diloaksi ex pasar lama, awalnya berhasil namun pada akhirnya pedagang tetap kembali melakukan aktifitasnya di lokasi ex pasar lama. Dengan demikian pedagang tetap berharap kepada pemerintah akan adanya regulasi yang betul-betul diterapkan termasuk mengenai izin pendirian usaha, karena banyaknya pedagang liar yang ada dipinggiran jalan raya, selain itu pedagang juga berharap kepada pemerintah untuk tetap melakukan upaya pemindahan kembali para pedagang agar kiranya disatukan dan dikumpulkan kembali kepasar Sentral Palakka sehingga pasar  kembali ramai dari pengunjung dan pembeli. Kata Kunci : Pedagang, Pasar, Pendapatan dan Kesejahteraan.
KAJIAN KRITIS TENTANG RELEVANSI ARBITRASE MENURUT UU NO. 30 TAHUN 1999 DALAM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARI'AH Sulfiayu Sulfiayu; Hasriadi Hasriadi
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.818 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.863

Abstract

AbstrakPenelitian  ini membahas mengenai Relevansi ARBITRASE Syariah Menurut UU No. 30 Tahun 1999 dalam  Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah, dengan melihat perkembangan ekonomi syariah yang kian pesat, sejalan dengan hal tersebut bahwan terjadinya perselisihan antara nasabah dengan pihak perbangka juga harusnya diselesaika melelui bdan hukum syariah salah satunya arbitrase syariah ini. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji mengenai penyelesaian sengketa ekonomi syariah melalui badan arbitase syariah dengan perpdoaman pada UU No. 30 Tahun 1999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Arbitrase Syariah sebagai salah satu cara penyelesaian sengketa atau perkara antara para pihak bersangkutan di luar peradilan, dengan  relevansi arbitrase dangan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 adalam memberikan kekuatan dan dasar hukum bagi badan arbitrase dalam melaksanakan eksekusi putusan perkara antara pihak yang bersengketa, sehingga putusan yang dijatuhan besifat final dan mengikat kedua pihak tersebut.  Kata Kunci : Arbitrase Syariah, Sengketa Ekonomi Syarian, Relevansi UU No. 30 Tahun 1999  Abstract This research is "Relevance of ARBITRASE According to constitution No. 30 of 1999 in Sharia Economic Dispute Resolution ". By looking at the rapidly shapes of sharia economic, in line with the burns of disputes between customers and the part of the fair should also be issued to the Law of Shariah shall be one of these sharia arbitration. Therefore, the researcher is interested in reviewing the completion of Sharia Economic Dispute Through through the Sharia Arbitase Agency with a permanent on Law no. 30 years in 1999.The results of the study show that Sharia Arbitration is one of ways of resolving disputes or cases between the parties concerned outside the court, while the relevance of arbitration with Law No. 30 of 1999 to provide the strength and legal basis for arbitration bodies in executing court decisions between parties dispute, so that the decisions that are dropped are final and binding on both parties. Keywords:Sharia Arbitration, sharia economic disputes, According to Constitution(UU) No. 30 of 1999
TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITASPENGELOLAAN DANA DESA T.A. 2018 DI KECAMATAN PALAKKA MENURUT PERSPEKTIF KEUANGAN PUBLIK ISLAM Herianti Herianti; Arifin S.
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.172 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.859

Abstract

Abstract                This study discusses transparency accountability in the management of the Village Fiscal Fund 2018 in the District of Palakka Bone Regency and aims to find out 1) What forms of transparency and accountability in the management of the Village Fund, 2) What is the impact of transparency accountability in the management of the Village Fund on village development and 3) How is the perspective Islamic public finance to the level of transparency accountability in the management of the Village Fund. This type of research is qualitative by using a sociological approach. The results showed that 1) Transparency accountability of the village government in Palakka sub-district was transparent accountable, although not yet fully optimal. The form of transparency is through the installation of transparency boards and activity information boards, as well as accountability in the form of accountability for the use of the budget. 2) The impact of the management of the fund is the development of strategic infrastructure and the development of community economic activities through empowerment. 3) Village Funds as a public fund in the perspective of Islamic public finance are based on the concept of the benefit of the people without departing from Islamic values both in terms of income and from the expenditure process. As reality in the field with a lot of assistance to the village government social security provided reflects that the Village Fund as a public fund has been fulfilled as in the Islamic concept although still limited by regulations.AbstrakPenelitian ini membahas tentang transparansi akuntabilitas pengelolaan Dana Desa T.A 2018 di Kec. Palakka Kab. Bone dan bertujuan Untuk mengetahui 1) Bagaimana bentuk transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Dana Desa, 2) Bagaimana dampak transparansi akuntabilitas pengelolaan Dana Desa terhadap pembangunan desa dan 3) Bagaimana persfektif keuangan publik islam terhadap tingkat transparansi akuntabilitas pengelolaan Dana Desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Transparansi akuntabilitas pemerintah Desa di Kecamatan Palakka sudah transparan akuntabel meskipun belum sepenuhnya maksimal. Bentuk transparansinya adalah melalui pemasangan papan transparansi dan papan informasi kegiatan, serta akuntabilitasnya dituangkan dalam bentuk pertanggung-jawaban penggunaan anggaran. 2) Dampak dari tata kelola dana tersebut adalah adanya pembangunan infrastruktur yang strategis dan pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan. 3) Dana Desa sebagai dana publik dalam persfektif keuangan publik Islam adalah didasarkan pada konsep kemaslahatan umat tanpa keluar dari nilai-nilai Islam baik itu dari sisi perolehan pendapatannya maupun dari proses belanjanya. Sebagaimana realita dilapangan dengan banyaknya bantuan hingga penjaminan sosial pemerintah desa yang diberikan mencerminkan bahwa Dana Desa sebagai dana publik telah terpenuhi segaimana dalam konsep islam meskipun masih dibatasi oleh regulasi.
ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN PADA PT. INTAN PAMANA SUKSES DI MAKASSAR M. Rafid Marwal
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.97 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.900

Abstract

Penelitian  ini membahas mengenai Analisis Sistem Informasi Akuntansi Keuangan pada PT. Intan Pamana Sukses di Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi keuangan pada PT. Intan Pamana Sukses di Makassar. Akuntansi sebagai bagian dari informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu gugusan tugas manajemen dalam mencapai tujuannya. Di sini akuntansi merupakan alat pembantu untuk memperlancar tugas-tugas manajemen terutama dalam fungsi perencanaan dan pengawasan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah Sistem informasi akuntansi keuangan pada PT. Intan Pamana Sukses di Makassar yaitu menggunakan sistem inforamsi yang sudah berkembang seperti yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan lainya yang pada umumnya, misalnya sistem online yang sudah terhubung dengan satu sama lain, dima semua bagian salin berhubungan atau saling memberikan informasi yang sesuai dengan fungsinya masing-masing yang terpusat langsung kebagian AccountingKata Kunci : Analisis Sistem Keuangan, akuntansi Keuangan ABSTRACT This study discusses the Financial Information System Analysis at PT. Intan Pamana Sukses in Makassar. This study discusses to find out the financial accounting information system at PT. Intan Pamana Sukses in Makassar. Accounting as part of information is an inseparable part of the management task force in accordance with the meeting. Here accounting is a tool to facilitate management tasks, especially in the planning and supervision arrangements.The results obtained in this study are financial accounting information systems at PT. Intan Pamana Sukses in Makassar, which uses information systems that have been developed as has been used by other companies in general, for example online systems that are connected to one another, where all the copy parts are related or give information to each other according to their respective functions. centralized directly to Accounting. Keywords: Analysis Financial System, Financial accountingG
STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH UNTUK MENCEGAH FINANCIAL DISTRESS PADA BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CAB. BONE Musdalifah Musdalifah; Abdul Rahim
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.276 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.860

Abstract

Abstract                This study discusses the Problem Solving Financing Strategy to Prevent Financial Distress at Bank Syariah Mandiri (BSM) Bone Branch The purpose of this study is to describe the level of financing problems at Bank Syariah Mandiri Bone Branch, analyze the factors that cause the emergence of problematic financing at Bank Syariah Mandiri Branch Bone and what strategies are used in handling problematic financing in preventing Financial Distress at Bank Syariah Mandiri Bone Branch. The research technique used was qualitative through descriptive data analysis which was analyzed by normative juridical and socioeconomic approach.            The results showed that the level of financing problems at the Syariah Branch of Bank Mandiri in general, given in large quantities and the deposition is quite long. For this reason, projected cash flow projections need to be prepared. After that, the amortization schedule is arranged, which is an installment (repayment) of financing. Then, to estimate the calculation and preparation of the balance sheet and profit and loss statements during the financing period. It is from this estimate that the company's ability to generate profits and the company's ability to meet its obligations are known. Furthermore, a factor that caused a large number of problematic financing, namely the existence of PNS credit customers using the Qard contract, was categorized as not financing but services. However, over time this product has experienced problems, beginning with the emergence of overlapping government policies and also due to the transfer of salaries from the Bank Syariah Mandiri branch of Bone to government banks such as Bank Sulsel (BPD). The strategy adopted in handling problem financing in preventing financial distress is the Phase out strategy. Strategies that are generally carried out, can be broadly grouped into two types of approaches, namely soft approach and hard approach. Soft approach. The steps taken in the form of restructuring, reconditioning, rescheduling and innovation are applied with conditions that are relatively similar to the stay strategy, but banks no longer wish to establish relationships for the long term.Abstrak    Penelitian ini Membahas Tentang Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah untuk Mencegah Financial Distress pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Bone Tujuan penelitian ini untuk memaparkan tingkat masalah pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone, menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan munculnya pembiayaan bermasalah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone dan strategi apa yang di tempuh dalam penanganan pembiayaan bermasalah dalam mencegah Financial Distress pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Teknik penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui analisis data deskriptif yang dianalisis dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan sosioekonomi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tingkat masalah pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone  secara umum, diberikan dalam jumlah besar dan pengendapannya cukup lama. Disebabkan itu, perlu disusun proyeksi arus kas (projected cash flow). Setelah itu, barulah disusun jadwal amortisasi yang merupakan angsuran  (pembayaran kembali) pembiayaan. Kemudian, untuk memperkirakan perlu diadakan perhitungan dan penyusunan proyeksi neraca dan rugi laba selama waktu pembiayaan. Dari perkiraan inilah diketahui kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya. Selanjutnya, faktor yang menyebabkan banyaknya pembiayaan bermasalah yaitu adanya nasabah kredit PNS yang menggunakan akad Qard dikategorikan bukan pembiayaan melainkan jasa. Namun demikian, seiring berjalannya waktu produk ini mengalami masalah, diawali  dengan munculnya kebijakan pemerintah yang saling tumpang tindih dan disebabkan pula dengan perpindahan gaji dari Bank Syariah Mandiri Cabang Bone ke bank pemerintah seperti seperti Bank Sulsel (BPD). Strategi yang ditempuh dalam penanganan pembiayaan bermasalah dalam mencegah financial distress adalah dengan Phase out strategy. Strategi yang umumnya dijalankan, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua macam pendekatan merupakan soft approach dan hard approach. Soft approach. Langkah-langkah yang diambil berupa restructuring, reconditioning, rescheduling dan inovasi yang diterapkan dengan kondisi yang relative sama dengan stay  strategy, namun bank tidak lagi berkeinginan menjalin hubungan untuk jangka panjang.
PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI UIN ALAUDDIN MAKASSAR MELALUI GAYA KEPEMIMPINAN Nuraeni Gani
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.064 KB) | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v3i1.888

Abstract

AbstraksiTujuan dari riset ini adalah mengetahui peran gaya kepemimpinan demokratif, konsultatif, delegatif dan partisipatif dalam meningkatkan kinerja pegawai UIN Alauddin Makassar serta mengetahui gaya kepemimpinan dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai UIN Alauddin Makassar.Penelitian ini dilaksanakan pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang berjumlah 590 orang sebagai populasi. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 20% dari populasi, dengan demikian jumlah sampel yang terambil adalah 121 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi serta wawancara dengan instrumen kuesioner; dan terakhir dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda.Hasil analisis menunjukan bahwa(1) dari semua gaya kepemimpinan yang digunakan secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan (2) secara dominan gaya kepemimpinan demokratiklah yang berperandalam meningkatkan kinerja pegawai pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.Kata kunci:gaya kepemimpinan demokratik, gaya kepemimpinankonsultatif, gaya kepemimpinandelegatif, gaya kepemimpinan partisipatif dan kinerja pegawai AbstractThe purpose of this research is to find out the role of democratic, consultative, delegative and participative leadership styles in improving the performance of UIN Alauddin Makassar employees and to find out the dominant leadership style influencing the performance of UIN Alauddin Makassar employees. This research was conducted at the State Islamic University (UIN) Alauddin Makassar. The type of data needed in this study are primary data and secondary data. The population in this study were all employees of the State Islamic University (UIN) Alauddin Makassar, amounting to 590 people as a population. While the samples in this study were 20% of the population, thus the number of samples taken was 121 people. The data collection method uses observation and interviews with questionnaire instruments; and finally documentation. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis. The results of the analysis show that (1) of all the leadership styles used have a significant influence on employee performance at the State Islamic University (UIN) Alauddin Makassar and (2) the dominant democratic leadership style plays a role in improving employee performance at the State Islamic University (UIN ) Alauddin Makassar.Keywords: democratic leadership style, consultative leadership style, delegative leadership style, participative leadership style and employee performance

Page 1 of 1 | Total Record : 7