cover
Contact Name
Ma'adul Yaqien Makkarateng
Contact Email
jurnal.altsarwah@gmail.com
Phone
+6281259984383
Journal Mail Official
jurnal.altsarwah@gmail.com
Editorial Address
Gedung Program Pascasarjana IAIN Bone Jl. HOS. Cokroaminoto, Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Indonesia Telp. (0481) 21395
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah
ISSN : 26207818     EISSN : 26854686     DOI : https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan Ilmu Ekonomi dan Keuangan (Konvensional dan Syariah) Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Desember" : 7 Documents clear
MOTIVASI KERJA DAN ETOS KERJA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Sumarni S
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3317

Abstract

Penelitian tersebut membahas tentang motivasi kerja dan etos kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga dalam perspektif ekonomi syariah pada kurir di Watampone. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan tentang motivasi kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga kurir di Watampone, etos kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga kurir di Watampone, dan perspektif ekonomi syariah pada motivasi kerja dan etos kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga kurir di Watampone. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan teologis normatif dan pendekatan sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, motivasi kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga pada kurir di Watampone bahwa motivasi kerja sangat mempengaruhi semangat kerja para kurir di Watampone. Adanya motivasi para kurir dapat mendorong untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Kedua, etos kerja dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga pada kurir di Watampone menunjukkan bahwa adanya etos kerja yang baik dapat menentukan keberhasilan kerja kurir dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga kurir di Watampone. Ketiga, motivasi kerja dan etos  kerja kurir di Watampone dalam perspektif ekonomi syariah telah sesuai dari beberapa aspek yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan (keseimbangan), prinsip tolong-menolong dan prinsip tanggung jawab.
PENGARUH EQUITY FINANCING TERHADAP PROFIT EXPENSE RATIO (PER) DI BANK BCA SYARIAH Andi Anugrah Rudianti
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3118

Abstract

               Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Equity Financing terhadap Profit Expense Ratio (PER) di Bank BCA Syariah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh equity financing terhadap profit expense ratio (PER), 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh equity financing terhadap profit expense ratio (PER). Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan keuangan syariah dan menggunakan metode regresi time series dengan bantuan program aplikasi Eviews 10. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang dipublikasikan oleh website bank BCA Syariah. Hasil penelitian menunjukkan melalui uji-t diperoleh bahwa equity financing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap profit expense ratio (PER) dengan nilai probabilitas (p-value) sebesar 0.7213 (0.7213 0,05). Berdasarkan karakteristik besarnya pengaruh atau kontribusi dari equity financing terhadap profit expese ratio dapat dilihat dari nilai R-square sebesar -0.014993. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh equity financing terhadap profit expense ratio sebesar -0.014993 atau dianggap 0. Dapat diartikan bahwa equity financing dalam model sama sekali tidak mampu menjelaskan profit expense ratio.                                                                                
PENERAPAN KONSEP AL-MAŚULĪYAH DALAM MEMINIMALISIR DAMPAK SOSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR Harfinawati H
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3293

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan konsep al-maśulīyah dalam meminimalisir dampak sosial peternakan ayam ras petelur di Desa Lompu Kecamatan Cina. Tujuan penelitian ini untuk  menjawab permasalahan tentang dampak sosial yang ditimbulkan dengan adanya usaha peternakan ayam ras petelur,  implementasi konsep al-maśulīyah bagi pelaku usaha peternakan ayam ras petelur, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi konsep al-maśulīyah bagi pelaku usaha peternakan ayam ras petelur di Desa Lompu Kecamatan Cina. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan pendekatan ekonomi syariah dan pendekatan sosiologis. Sumber pengumpulan data menggukan data primer dan sekunder. Penelitian ini melakukan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dampak sosial usaha peternakan ayam ras petelur di Desa Lompu yaitu terjadinya interaksi yang menyebabkan tumbuhnya solidaritas antara pelaku usaha dengan masyarakat serta adanya motivasi berternak masyarakat sekitar peternakan. Kedua, implementasi konsep al-maśulīyah bagi pelaku usaha telah dilaksakan tetapi dari segi hukum tidak mematuhi peraturan yang berlaku pada industri pengunggasan dan segi etika telah melaksanakan tanggung jawabnya bukan hanya terhadap diri sendiri namun bertanggung jawab terhadap masyarakat dan alam (lingkungan) dengan melakukan upaya-upaya dalam meminimalisir dampak sosial tersebut. Ketiga, faktor pendukung implementasi konsep al-maśulīyah yaitu penduduk mayoritas Islam, adanya pengetahuan dalam menjalankan usaha, adanya kesadaran pelaku usaha, adanya komunikasi yang baik dan faktor penghambatnya yaitu ketidakpuasan masyarakat dan perubahan kondisi cuaca. Kata Kunci: al-maśulīyah (Tanggung jawab), Dampak Sosial
PENGEMBANGAN USAHA BISNIS DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN PESANTREN Fathu Rahman
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3832

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang pengembangan usaha bisnis dalam membangun kemandirian Pesantren. Pokok permasalahannya adalah pengembangan usaha bisnis dalam membangun kemandirian Pesantren pada unit usaha Pondok Pesantren. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan bagaimana strategi pengembangan usaha bisnis di Pondok Pesantren, dan bagaimana membangun kemandirian Pondok Pesantren di Pesantren As’adiyah Sengkang.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan ekonomi syariah, pendekatan ekonomi mikro, dan pendekatan manajemen bisnis. Jenis data yang digunakan  data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama strategi pengembangan usaha bisnis pada unit usaha Pondok Pesantren As’adiyah yaitu; yaitu Kantin Putera Kampus II, Koperasi, Bait al-māl Wa at-Tamwil (BMT), Air Berkah, Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik, Perkebunan Kelapa Sawit, dan usaha tanah wakaf bahwa memiliki strategi yang baik dalam mengembangkan usahanya yang tidak terlepas dari konsep manajemen bisnis syariah. Kedua, upaya membangun unit usaha Pondok Pesantren As’adiyah merupakan program pengembangan kemandirian Pesantren yang dapat mendorong Pesantren sebagai penggerak utama dalam ekosistem rantai nilai halal. Namun tidak dipungkiri sedikit banyaknya pasti memiliki kendala dalam pengembangan unit usaha Pondok Pesantren disebabkan SDM yang belum dapat maksimal serta ikhlas dalam mengabdikan diri di Pondok Pesantren As’adiyah.
ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PENGEMBANGAN BISNIS NASABAH DI KOPERASI MITRA DHUAFA CABANG BONE Otong Karyono; Andi Sari Manja
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3329

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungangkap dan menganalisis (1) implementasi sistem pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone, (2) menganalisis mekanisme implementasi sistem pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone dalam pengembangan usaha nasabah, (3) menganalisis perspektif ekonomi Islam terhadap implementasi sistem pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Bone dalam perspektif wacana kritis. Berdasarkan tujuan tersebut, maka pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi data langsung pada sumber data yang diperlukan. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis dengan pendekatan keilmuwan dalam bidang ekonomi umum dan ekonomi Islam secara deskriptif kualitatif. Prosedur yang dilalui dari proses pengambilan data sampai dengan proses analisis data adalah (1) mengidentifikasi implementasi sistem pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone, (2) mengklasifikasi perkembangan usaha nasabah di Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone, (3) memahami deskripsi makna yang terkandung pada data hasil penelitian, (4) meramu data-data yang ada menggunakan analisis perspektif ekonomi Islam.  Adapun teknik atau alat analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan dengan berfokus pada implementasi pembiayaan murabahah di Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone yang akan dianalisis menggunakan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya; pertama, produk-produk di Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone ini menggunakan akad murabahah dalam sistem pembiayaannya. Kedua, implementasi sistem pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone terhadap pengembangan usaha nasabah terdapat titik temu hubungan antara variabel X dan Y yang saling bertautan dan sinkron. Ketiga, sistem/mekanisme pembiayaan murabahah pada Koperasi Mitra Dhuafa cabang Bone telah sesuai dengan syariat Islam. Hal tersebut diidentifikasi dari kemudahan dalam mengajukan pembiayaan, tidak adanya jaminan, bunga, denda dan paksaan. Selain itu adanya kejelasan antara keuntungan dan modal
PERAN SATUAN TUGAS (SATGAS) ZAKAT DALAM MENINGKATKAN PENGUMPULAN ZAKAT PERSPEKTIF MANAJEMEN EKONOMI SYARIAH Itra Nurul Afika
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3297

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran satuan tugas (SATGAS) zakat dalam meningkatkan pengumpulan zakat perspektif manajemen ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan tentang peran Satgas zakat dalam meningkatkan pengumpulan zakat di BAZNAS Kabupaten Bone perspektif manajemen ekonomi syariah, kinerja Satgas zakat dalam meningkatkan pengumpulan zakat di BAZNAS Kabupaten Bone perspektif manajemen ekonomi syariah, serta faktor pendukung dan penghambat Satgas zakat dalam menjalankan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan pendekatan sosiologis, pendekatan komunikasi dan pendekatan ekonomi syariah. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Satgas zakat berperan dalam meningkatkan pengumpulan zakat dengan menempatkan diri di masyarakat sebagai motivator, informan/edukator dan konsultan, sebagaimana fungsi Satgas zakat. 3) Kinerja Satgas zakat dalam meningkatkan pengumpulan zakat perspektif manajemen ekonomi syariah dinilai berdasarkan kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, komitmen dan efektivitas. Satgas zakat Kabupaten Bone melakukan sosialisasi zakat dengan menerapkan manajemen modern yaitu proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dam pengawasan (controlling), kinerja Satgas zakat sudah cukup baik meskipun belum mampu meningkatkan pengumpulan zakat secara signifikan di tahun 2022. 2) Faktor pendukung Satgas zakat yaitu pengetahuan, pengalaman kerja, etos kerja, pelatihan, sarana dan prasarana, serta motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu psikologis masyarakat, waktu dan wilayah kerja.Kata Kunci : Peran, Satgas Zakat, Pengumpulan Zakat, Manajemen Ekonomi Syariah
PENGENDALIAN IMPULSIVE BUYING MELALUI KONSEP QUDWAH DAN QANĀ’AH DALAM PERSPEKTIF ETIKA KONSUMSI Armina A
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 2 (2022): Desember
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i2.3295

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang pengendalian impulsive buying melalui konsep qudwah dan qanā’ah dalam perspektif etika konsumsi. Pokok permasalahannya adalah pengendalian impulsive buying melalui konsep qudwah dan qanā’ah dalam perspektif etika konsumsi pada pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan bagaimana perilaku impulsive buying, bagaimana korelasi konsep qudwah dan qanā’ah pada perilaku impulsive buying, bagaimana konsep qudwah dan qanā’ah dalam mengendalikan perilaku impulsive buying, dan bagaimana konsep qudwah dan qanā’ah sebagai pengendalian impulsive buying dalam perspektif etika konsumsi pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan ekonomi syariah, pendekatan ekonomi, dan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan  data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama perilaku impulsive buying pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi; karakteristik produk, faktor marketing, karakteristik konsumen, lokasi dan lingkungan toko, daya tarik iklan. Adapun tipe-tipe perilaku impulsive buying, meliputi; pure, suggestion, reminder dan planned impulsive buying. Kedua, konsep qudwah dan qanā’ah memiliki korelasi dengan perilaku impulsive buying pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone. Ketiga, dengan menerapkan konsep qudwah dan qanā’ah pada perilaku impulsive buying dapat dikendalikan dengan baik. Keempat, pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone telah menerapkan konsep qudwah dan qanā’ah serta memperhatikan etika dan prinsip-prinsip konsumsi dalam Islam. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7