cover
Contact Name
Nanda Arista Rizki
Contact Email
nanda.arista@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285246890338
Journal Mail Official
primatika@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Pahu Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23024518     EISSN : 26220911     DOI : https://doi.org/10.30872/primatika
Core Subject : Education,
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instruction. This jurnal invites authors to publish their research in (but not limited to) the following topics (1) Mathematical Ability (Mathematical Problem Solving, Mathematical literacy, Connection, Representation, Higher Order Thinking Skills, etc), (2) Technology in Mathematics Instruction (Media, Tools, Software, etc), (3) Mathematics Teacher Education (Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Teacher Proffesional Development, Pre-Service Mathematics Teacher Education, etc), (4) Instructional Design for Mathematics Classroom (Learning Method, Model, Strategy, Lesson Plan, etc), (5) Research on Mathematics Education (Design Research, Classroom Action Research, Quantitative & Qualitative Research, Research and Development (R&D), Literature Review, etc), (6) Ethnomathematics
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021)" : 6 Documents clear
Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Baday Laksana Septhian Dhika; J. R. Watulingas; Usfandi Haryaka
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu Locus of Control Internal (X1) dan Interaksi Teman Sebaya (X2) serta satu variabel terikat yaitu Hasil Belajar Matematika (Y). Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tenggarong yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control internal dan interaksi teman sebaya siswa tergolong sedang, sedangkan untuk hasil belajar siswa tergolong pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika. Nilai R2=0,369 menunjukkan bahwa kontribusi locus of control internal dan interaksi teman sebaya secara simultan terhadap hasil belajar matematika adalah 36,9%.
Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi Joni Sadarlah Halawa; Devita Heksa
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.369

Abstract

Pemahaman konsep pada pelajaran matematika mampu membantu siswa untuk menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar. Akan tetapi, berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbud (2019) hasil rata–rata nilai Ujian Nasional di Indonesia pada mata pelajaran matematika menduduki peringkat paling rendah di antara mata pelajaran lainnya. Banyak siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal karena tidak paham terhadap konsep yang dipelajari, salah satunyapada materi relasi dan fungsi. Data dari Kemendikbud menunjukkan bahwa hanya 27,14% siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, oleh karenanya peneliti tertarik untuk mengetahui letak kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menjawab soal-soal pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 50 siswa dari salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 5 soal uraian dan jawaban siswa dikumpulkan untuk dianalisis menggunakan analisis kesalahan Newman. Soal yang diberikan mengacu pada karakteristik soal pemahaman konsep yang telah tervalidasi. Hasil menunjukanbahwa jumlah kesalahan terbanyak dilakukan siswa pada tahapan memahami soal yakni sebesar 33% dan kesalahan paling kecil diperoleh pada tahapan transformasi yakni sebesar 5%. Penelitian ini penting untuk diteliti karena melihat pemahaman konsep siswa terhadap suatu materi masih sangat kurang.
Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Aulia Ariski Asmawati; Sugeng Sugeng; PM Labulan
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.391

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan salah satu variabel yang banyak diteliti dalam penelitian di bidang pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut tidak hanya berupa faktor internal, tetapi juga faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling dengan sampel sebanyak 132 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket disiplin belajar, kecemasan, perhatian orang tua dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sumbangan sebesar 18,1%. Secara parsial disiplin belajar, kecemasan dan perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018.
Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan Ayu Jumiarti; Ariantje Dimpudus; Haeruddin Haeruddin
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.404

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dan problem based learning pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning, problem based learning, dan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Dengan teknik sampling purposive, dipilih siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 yang masing-masing sebanyak 35 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang berbentuk soal uraian yang berjumlah 8 butir dengan skor maksimal 100. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji anova satu arah yang kemudian dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning dan problem based learning efektif digunakan pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Serta diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara model discovery learning dan problem based learning, namun terdapat perbedaan hasil belajar antara model discovery learning dan pembelajaran langsung serta antara model problem based learning dan pembelajaran langsung.
Pengaruh Locus Of Control Internal Dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Dian Islamiati; Haeruddin Haeruddin; Sugeng Sugeng
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.434

Abstract

Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 256 siswa di SMP Negeri 9 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel 157 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar matematika, dan sebelum digunakan untuk pengambilan data, dilakukan uji coba pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Samarinda sebanyak 59 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control internal dan interaksi sosial siswa tergolong tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa tergolong pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial, diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Y=34,702+0310X1+0,234X2 dengan nilai probabilitas ρ=0,000. Untuk α=5%, ternyata ρ<α sehingga persamaan regresi yang diperoleh berarti dengan R2 sebesar 0,235. Untuk variabel locus of control internal(X1) diperoleh nilai probabilitas ρ=0,003 dan untuk variabel interaksi sosial (X2) diperoleh nilai probabilitas ρ=0,017, sehingga terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh locus of control internal dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII Dwi Waryanti; Jefferson Roosevelt Watulingas; Azainil
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v10i1.442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran di kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B sebanyak 32 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Data diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai dasar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kuis, tes akhir siklus, dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII-B dan rekan peneliti sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, peningkatan persentase ketuntasan, serta peningkatan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran di kelas VIII.

Page 1 of 1 | Total Record : 6