cover
Contact Name
Saifudin Zuhri
Contact Email
saifudin.zuhri@stainupwr.ac.id
Phone
+6285289589884
Journal Mail Official
sibyan@stainupwr.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.05, Rw. I, Kledung Kradenan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54171
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : 25992732     DOI : -
Core Subject : Education,
As Sibyan is published by PGMI STAINU Purworejo twice a year in July and December. The focus and scope for the paper are Primary School Curriculum Design, Learning Material (Math, Social Studies, Science, Civic Education, Bahasa, Islamic Education (Aqidah, SKI, Fiqh, Al-Qur’an, Hadist, Arab Language), Primary Teacher Competencies, Learning Strategy and Instructional Teaching Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar" : 5 Documents clear
KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR MELALUI BLENDED LEARNING DI KELAS II B MIN 1 PURWOREJO Roikhatul Janah; Solikhatun Mubarokah
As-Sibyan Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/as_sibyan.v5i1.240

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Guru yang diamati adalah seluruh guru yang mengajar di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Pengumpulan data ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang dieroleh dianalisis deskriptif kuantitatif, untuk menggambarkan tingkat keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo ada pada kategori sangat terampil. Hal tersebut dikarenakan guru - guru di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo sudah memenuhi standar guru yakni sarjana pendidikan sesuai dengan tingkat sekolahnya. Secara keseluruhan 8 aspek keterampilan mengajar ada pada kategori sangat terampil yaitu meliputi membuka dan menutup pembelajaran, menjelaskan pembelajaran, mengelola kelas, mengadakan variasi, membimbing diskusi,mengajar kelompok perseorangan atau kelompok kecil, dan memberi penguatan. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, pembelajaran campuran (daring dan luring)
KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA Rifka Khoirun Nada
As-Sibyan Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/as_sibyan.v5i1.298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di kelas inklusi yang berlokasi di SD INTIS School Yogyakarta. Adapun subyek penelitian berjumlah 24 guru yang mengajar di kelas inklusi dari kelas L1 sampai L5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan desain studi analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada ABK pada tahap perencanaan belum terdapat rancangan pembelajaran yang khusus bagi ABK. Pada tahap evaluasi, penilaian peserta didik normal dan ABK dibedakan pada aspek kognitif dengan modifikasi soal bagi ABK. Kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran pada ABK kelas inklusi dapat diketahui melalui pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik baik aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional maupun intelektual yang dilakukan melalui assesment. Hasil asesment kemudian dipakai untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik ABK dikelas masing-masing. Kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran pada ABK kelas inklusi ditunjukkan dengan penguasaan materi guru ketika mengajar yang sesuai dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah dituliskan pada silabus dan Daily Learning Proposal yang sesuai dengan struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan.
IMPLEMENTASI KURIKULUM TAHFIDHUL QUR'AN SITI NASIROH; Siti Anisatun Nafi'ah
As-Sibyan Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/as_sibyan.v5i1.299

Abstract

In educational units, the curriculum is an educational design that is used as a reference for educational units to carry out an education. Curriculum and education are inseparable from each other. Because in an educational unit, it must have a design or curriculum. In this study, we will discuss the implementation of the local content curriculum Tahfidzul Qur'an. This research was conducted at MI Imam Puro Sutoragan. This type of research is a qualitative research that describes how the implementation of the local content curriculum Tahfidzul Qur'an at MI Imam Puro Sutoragan. The technique of collecting data was done by interviewing the head of the Madrasah, the deputy head of the curriculum section, the subject teacher and two student representatives from class VI. From the results of the study, it was found that MI Imam Sutoragan began implementing the local content curriculum of tahfidzul Qur'an in the 2019/2020 school year. The target of implementing the Tahfidzul Qur'an curriculum is that all MI Imam Puro Sutoragan graduates have a minimum of 30 chapters of memorization.
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI AL-IMAN BULUS KECAMATAN GEBANG KABUPATEN PURWOREJO Gus Mundir; Aniqoh L.c.; Siti Anisatun Nafi'ah
As-Sibyan Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/as_sibyan.v5i1.311

Abstract

This study aims to describe (1) The role of the principal in improving the quality of education at MI Al-Iman Bulus (2) Improving the quality of education at MI Al-Iman Bulus The research method used is descriptive qualitative method. The research location is at MI Al-Iman Bulus, Gebang sub-district, Purworejo district, the data collection techniques used are interviews, observation and documentation while data analysis uses triangulation. The results showed that: 1) The role of the madrasah principal in improving the quality of education at MI Al-Iman Bulus as Educator, Manager, Leader Supervisor, Innovator, Motivator. The method used is coaching teachers and education staff through KKG, Workshop, Training, Seminar or webinars, involving all teachers and education staff in madrasa activities, placing teachers and education staff according to their diploma qualifications, setting an example of discipline by leaving early., supervise the implementation of teaching and learning, provide follow-up or solutions to teachers in need, make innovations or new breakthroughs. reward, be a role model. 2) Education at MI Al-Iman Bulus can be said to be of high quality, seen from a clear vision and mission, professional madrasa heads and teachers, a conducive madrasa environment, a broad and balanced curriculum and high community involvement in every madrasa activity.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI IMAM PURO SUTORAGAN MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO Dhiya Ayu Tsamrotul Ihtiari; Siti Nasiroh
As-Sibyan Vol 5 No 1 (2022): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/as_sibyan.v5i1.312

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena proses pembalajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan bahan ajar dalam upaya memahami konsep serta belum memperikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan selama tiga bulan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Imam Puro Sutoragan dengan subjek penelitian siswa kelas V sejumlah 14 orang. Penelitian ini diterapkan pada pembelajaran Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengelola Makanan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes butir soal, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil belajar pada setiap siklus. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu ketuntasan belajar klasikal minimal 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus pertama sebesar 68,75 menjadi 80 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus pertama sebesar 85,71% juga meningkat pada siklus kedua menjadi 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Imam Puro Sutoragan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5