cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): October" : 5 Documents clear
Al-Musykilât Fî Dirâsati Al-Imla’ Lada Thullâbi Al-Jâmi’ah Wa Tahlîluhâ Barid Syamsiyah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2022): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v5i1.14429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran imla’ dan pemberian solusinya pada mahasiswa PBA di IAIN Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara  dan dokumentasi dalam pengumpulan sumber data. Teknik Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran imla’ disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi siswa, guru, materi dan metode pembelajaran. Adapun faktor eksternal meliputi faktor pembelajaran imla’ meliputi kaidah-kaidah pembelajaran imla’. Adapun  dalam mengatasi  problematika pada pembelajaran imla’ mahasiswa yaitu memperbanyak kosakata dan latihan menulis, perhatian yang  lebih pada kaidah-kaidah imla’ baik secara teori maupun praktek, menentukan materi  imla’ dari yang mudah dan yang sulit  serta pentingnya pengajar yang profesional yang ahli dalam pembelajaran imla’.
Developing Arabic Educational Games in ‘Arabiyah Lil Athfal Entrepreneurship Course Using Project-Based Learning Maziyyatul Muslimah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2022): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v5i1.15838

Abstract

Arabic educational games proven to have the advantages of making learning more entertaining also enhancing students' interest and excitement for learning Arabic. In light of these benefits, studies suggest that Arabic language teachers should receive training in the design, planning, implementation, and evaluation of educational games in order to enrich learning and teaching experiences, activate learner's role, and benefit from educational games to achieve targeted direct knowledges. However, there is a paucity of research on teaching prospective Arabic teachers to build Arabic instructional games, particularly in the entrepreneurial context. Using qualitative methods, this study aims to indicate the project-based learning approach utilized to create Arabic instructional games as part of Arabiyah lil Athfal Entrepreneurship course in State Islamic University (IAIN) of Kediri, East Java, Indonesia. It is found that project-based learning in Arabiyah Lil Athfal's class satisfied several defined criteria: centrality, driving question, constructive investigations, autonomy, and realism. The project was demonstrated to be a substantial component of the course and worthy of being regarded core.
Analisis Kontrastif Pelafalan Konsonan-Vokal: Alfabet Indonesia terhadap Huruf Hijaiyyah dan Alfabet Inggris dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Muhammad Iqbal Zamzami; Izzah Naelun Ni'mah; Tulus Mustafa
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2022): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v5i1.16255

Abstract

Penguasaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting pada abad-21 ini. Banyak sektor-sektor lembaga baik negeri maupun swasta menjadikan penguasaan bahasa asing sebagai prioritas utama. Bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan dua bahasa yang masyhur di Indonesia sebagai standar penguasaan bahasa asing. Maka, menguasai dua bahasa sekaligus merupakan suatu modal berharga. Kedua bahasa ini tentu terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk mencari perbedaan dan persamaan diantara keduanya, penulis menggunakan metode analisis kontrastif. Analisis kontrastif adalah suatu kegiatan dalam membandingkan dua bahasa atau lebih dalam rangka untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan bahasa tersebut yang ditujukan untuk mempermudah seorang pembelajar bahasa dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antara pelafalan konsonan-vokal ketiga bahasa ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Melalui metode analisis kontrastif, penulis menemukan beberapa persamaan dan perbedaan pada ketiga bahasa ini, khususnya pada pelafalan konsonan dan vokal ketiganya. Dengan adanya persamaan diantara keduanya, maka hal ini akan mempermudah bagi pembelajar bahasa kedua untuk mempelajarinya. Sedangkan adanya beberapa perbedaan akan menyebabkan kesulitan belajar dan membutuhkan perhatian lebih pada beberapa aspek tersebut. Harapannya dengan adanya penelitian ini akan menambah semangat para pembelajar bahasa untuk memiliki wawasan yang luas dan tidak terpaku pada satu bahasa asing saja. Dalam rangka memberikan usulan untuk perbedaan konsonan-vokal ketiga bahasa ini, penulis memberikan saran untuk menggunakan metode Talaqqi yang penulis anggap sebagai metode yang tepat untuk mengajarkan konsonan-vokal ketiga bahasa ini.
Pemanfaatan Media Gambar Berbahasa Arab (Index Card Match) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Ar-Rifaie’ 2, Malang Fadilah Al Azmi; Arsandi Arsandi; Nur Diana; Layyinatil Awaliyah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2022): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v5i1.16707

Abstract

Pondok modern Ar-Rifaie’ 2 adalah lembaga pendidikan yang bersistem pembelajaran klasik dimana santri di pondok tersebut masih lemah sekali dalam motivasi dan keterampilan membaca bahasa Arab merasa kesulitan karena banyaknya guru yang tidak memperhatikan pembelajaran keterampilan membaca ini, serta tidak adanya pemanfaatan media dan strategi yang relevan dalam pembelajaran keterampilan membaca. Berdasarkan hal itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran gambar berbahasa Arab dengan pendekatan strategi mencari pasangan untuk mewujudkan minat dan keaktifan siswa serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Model penelitian ini menggunakan desain research and development. Hasil analisis diperoleh dari pre test dan post test. Peneliti menggunakan SPSS melalui kelas kontrol dalam menganalisa data-data yang didapat peneliti sebelumnya, dimana hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil analisis ini signifikan.
The Utilization of Memrise in Arabic Language Learning with Blended Learning Method Aulia Subita; Mohammad Ahsanuddin
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5, No 1 (2022): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.v5i1.16694

Abstract

Rapid development of technology influences learning process where online learning has replaced the traditional learning. However, because of the numerous problems posed by this transition, the learning process has changed to use blended learning by utilizing technological media. This research aims to describe the utilization of Memrise in Arabic language learning with blended learning method and to describe the obstacles in utilizing Memrise in learning process. This study employs a descriptive qualitative methodology with Miles-Huberman’s data analysis techniques. This study revealed that the process of utilizing Memrise in Arabic language learning using the blended learning method is conducted through several stages, which are preparing the media, face-to-face learning, and online learning. The obstacles in utilizing Memrise in learning process faced by the teacher and students, including inadequate facilities, extra payment for more features and less flexible quizzes.

Page 1 of 1 | Total Record : 5