cover
Contact Name
Hadiansyah
Contact Email
kanghadiansyah@plb.ac.id
Phone
+6285220199772
Journal Mail Official
tematik@plb.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Informatika Politeknik LP3I Bandung Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564 Email : tematik@plb.ac.id
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi
ISSN : 23559055     EISSN : 24433640     DOI : 10.38204
Core Subject : Science,
TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi merupakan jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian dalam hal pengembangan bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi serta bidang terkait lainnya. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi diterbitkan oleh LPPM dan Program Studi Manajemen Informatika di Politeknik LP3I Bandung. Redaksi mengundang para dosen, peneliti dan professional dari dunia industri dan kerja untuk menulis karya ilmiah dan pengalaman praktis di lapangan terkait implementasi Informatika dan Komputer.
Articles 206 Documents
APLIKASI JARINGAN SYARAF TIRUAN SEBAGAI METODE ALTERNATIF PRAKIRAAN BEBAN JANGKA PENDEK Dadad Zaenal, SE., M.Kom.
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.31

Abstract

Abstrak : Untuk memenuhi permintaan daya dari konsumen secara ekonomis suatu perusahaan listrik harus bisa memprakirakan beban secara akurat. Sistem prakiraan beban terbaik di negara-negara maju dengan menggunakan teknologi Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Artikel ini mengungkap penelitian awal pemakaian JST Backpropagation untuk prakiraan beban di area 3 PLN yang dilakukan penulis dengan biaya sendiri. Keunggulan utama JST adalah kemampuan komputasi yang pararel dengan cara belajar dari pola-pola yang diajarkan. Dalam proses belajarnya JST dapat melakukan regresi non-linier pola-pola beban listrik tiap jan dalam satu hari. Sehingga JST mampu memprakirakan beban listrik pada hari yang akan datang.
PEMODELAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI PELAPORAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN FEAF Hadiansyah Ma’sum, S.Pd., S.T., M.Kom.
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.32

Abstract

Abstrak : Dinas Kesehatan merupakan salah satu SKPD di lingkungan pemerintah Kota Bandung yang bertanggung jawab dalam bidang pembangunan kesehatan, rincian tugas pokok fungsi dinas sebagai lembaga dinas teknis. Data dan informasi tersebut setiap tahunnya mengalami perubahan seiring dengan perkembangan jaman, sehingga revisi dalam Sistem Informasi Rumah Sakit yang sudah ada saat ini mutlak dibutuhkan. Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data rumah sakit se-Indonesia. Dalam pemodelan arsitektur sistem informasi pelaporan rumah sakit ini menggunakan Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF). FEAF menyediakan standar untuk mengembangkan dan mendokumentasikan deskripsi arstitektur pada area yang menjadi prioritas utama. FEAF ini cocok untuk mendeskripsikan arsitektur bagi pemerintahan Federal.
PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 43 BANDUNG Asye Rachmawaty, S.T., M.M.
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.33

Abstract

Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menganalisa pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja guru serta pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 Bandung, baik secara simultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 Bandung dengan populasi sebanyak 38 orang. Tipe investigasinya adalah kausalitas dengan time horizon ini adalah cross-sectional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh bahwa pemanfaatan teknologi informasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 43 Bandung memiliki tingkat pemanfaatan yang baik. Pemanfaatan teknologi informasi secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru.
KERANGKA KERJA VAL IT 2.0 SEBAGAI ALAT PENGUKURAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI Komalasari, Rita
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.34

Abstract

Abstrak : Justifikasi investasi Teknologi Informasi (TI) merupakan keahlian penting bagi siapa saja yang bekerja di bidang teknologi. Sementara banyak keputusan investasi TI dilakukan oleh pemimpin dalam organisasi TI, kerap usulan untuk peralatan atau layanan baru datang dari staf IT. Sangat penting untuk memahami terminologi dan teknik dasar untuk membuat suatu kasus untuk berinvestasi dalam peralatan baru. Tulisan ini akan memberikan ketrampilan dasar yang diperlukan untuk menganalisa dan membuat penilaian untuk investasi TI yang diusulkan. Selanjutnya untuk memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi organisasi dalam melakukan pengembangan teknologi dibutuhkan suatu pertimbangan yang matang sebagai framework untuk menghitung nilai keuntungan, dan salah satunya adalah Val IT. Pendekatan interpretasi melalui Val IT digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai aset teknologi informasi pada suatu organisasi. Val IT terdiri dari sekumpulan prinsip dasar dan sejumlah proses yang didasari oleh, prinsip-prinsip tersebut, selanjutnya diturunkan menjadi sekumpulan manajemen praktis utama. Untuk dapat menerapkan business case yang dapat diterapkan pada proyek teknologi informasi tertentu, yang nantinya digunakan sebagai alat bantu untuk merencanakan, mengukur,dan memantau aset teknologi informasi. Business case merupakan sasaran untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pihak manajemen atas manfaat pengembangan teknologi sebagai aset perusahaan dan membantu manajemen dalam membuat keputusan mengenai aset tersebut.
PENGGUNAAN METODE MULTI THREADS UNTUK PENGELOLAAN PROSES DOWNLOAD DI INTERNET Zen Munawar, S.T., S.Kom., M.Kom
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.35

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi download manager yang dapat mengatur beberapa proses download sekaligus dengan metode multi-thread pada sebuah aplikasi download yang efisien dan membandingkan aplikasi yang dibuat dengan aplikasi yang sudah ada. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan bagi pengguna internet dalam melakukan proses download file dengan sebuah aplikasi yang dapat menangani beberapa proses download serta memberikan pilihan thread (eksekusi download terhadap file) dengan metode multi-thread. Hasil pengujian pada penelitian ini, aplikasi yang dibuat setara dengan aplikasi berlisensi yang sudah ada.
PENERAPAN METODE CLUSTERING K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN PRESTASI MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG Tubagus Riko Rivanthio, S.Kom.
TEMATIK Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i1.36

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan mahasiswa berdasarkan prestasi menggunakan teknik data mining dengan metode clustering K-Means. Hasil pengelompokkan mahasiswa diharapkan menjadi indikator bagi lembaga Politeknik LP3I Bandung dan pembimbing akademik mahasiswa dalam melakukan bimbingan terhadap mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode standar data mining yaitu Cross Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM), dengan pemodelan yang digunakan adalah metode clustering, dimana pengklusteran merupakan pengelompokan record pengamatan, atau memperhatikan dan membentuk kelas objek-objek yang memiliki kemiripan. Sedangkan K-Means merupakan algoritma yang berisi tahapan dari pengelompokkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengelompokkan menggunakan Clustering K-Means cukup efektif, Dari 368 data/mahasiswa terbentuk empat kelompok yang terdiri dari kluster pertama 13 data, kluster kedua 27 data, kluster ketiga 142, dan kluter keempat 186 data.
ANALISIS TEKNO EKONOMI TERHADAP PEMILIHAN TEKNOLOGI FIXED WIRELESS ACCESS (FWA) UNTUK PENYELENGGARAAN LAYANAN TELEPON TETAP DI INDONESIA Dr. Muhammad Imam Nashiruddin, ST, MT
TEMATIK Vol 1 No 2 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i2.43

Abstract

Abstrak : Fixed Wireless Access (FWA) saat ini menjadi pilihan utama bagi operator telepon tetap di Indonesia untuk menggelar jaringan akses secara cepat dengan investasi yang relatif efisien. Meskipun berbagai macam teknologi FWA telah tersedia di pasaran, pemilihan teknologi FWA yang tepat menjadi persoalan mendasar bagi penyedia layanan telepon tetap, terutama operator baru, agar memiliki daya saing yang baik menghadapi operator eksisting (incumbent operator). Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan evaluasi yang komprehensif dalam memilih teknologi FWA yang paling tepat untuk penyelenggaraan layanan telepon tetap di Indonesia. Adapun metoda yang digunakan adalah studi komparatif antara teknologi FWA berbasis CDMA2000-1X dan GSM1800 dengan menggunakan kriteria evaluasi secara teknis, ekonomis serta kelayakan usahanya di Indonesia. Kedua teknologi tersebut dipilih sebagai studi kasus karena paling banyak digunakan di Indonesia dan memperoleh respon yang relatif baik dari pengguna dan penyedia layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi FWA berbasis CDMA2000-1X layak dipilih karena lebih unggul secara teknis maupun ekonomis dibandingkan dengan GSM1800. Hasil analisa kelayakan usaha juga memperlihatkan bahwa penyelenggaraan layanan telepon tetap di Indonesia menggunakan FWA berbasis CDMA2000-1X akan menghasilkan kelayakan bisnis yang paling baik dengan ambang batas jumlah pertambahan pelanggan per tahun dan pendapatan rata-rata per pelanggan yang paling rendah untuk mencapai kelayakan usaha.
KESADARAN PENGGUNA TERHADAP KEAMANAN PENYIMPANAN DATA DALAM CLOUD COMPUTING Komalasari, Rita
TEMATIK Vol 1 No 2 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i2.44

Abstract

Abstract : Cloud computing has changed the way an organization's approach to information technology (IT), enabling a company to become more agile, introducing a new business model, providing additional services and reduce IT financing. Cloud computing technology can be implemented in a variety of architectures, under the service and the application of different models, and can coexist with technology and other software design approach. But for professionals in the field of security, the cloud presents a major dilemma: How to embrace the benefits of cloud and maintain control over the security of the organization's assets? It becomes a question to determine whether the increased risk is proportional to the benefits provided.
PARTICIPATORY CULTURE DALAM KOMUNITAS ONLINE SEBAGAI REPERESENTASI KEBUTUHAN MANUSIA Yanuar Herlambang, S.Sn.
TEMATIK Vol 1 No 2 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i2.45

Abstract

Abstrak: Manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial. Dalam kehidupan tradisional, kecenderungan manusia hidup secara sosial terlihat dari aktivitas kesehariannya yang membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya seperti dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Mereka berusaha mencari koneksitas dengan manusia lainnya dalam pencarian kebutuhan tersebut walaupun mereka berbeda lingkungan dan tidak saling mengenal, proses tersebutlah yang kemudian membentuk komunitas-komunitas yang merupakan kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan yang umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Perkembangan teknologi terutama Internet memberikan dampak yang besar terhadap budaya masyarakat dalam beraktivitas, pertumbuhan media ini memberikan pengaruh terhadap budaya masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Dengan berbagai perkembangan media internet seperti social media, blog, microblog, web-communities, portal dan sebagainya, masyarakat dapat dengan mudah berinteraksi secara online atau langsung pada saat yang sama tanpa ada batasan geografis, ruang maupun waktu, mereka dapat berbagi apapun secara “real-time”, terlebih dengan perkembangan gadget yang makin memudahkan masyarakat untuk saling terkoneksi. Interaksi antar individu di dunia maya dapat dikatakan sebagai proses merepresentasikan diri melalui medium media digital internet, bukan presentasi fisikal. Kemudahan koneksi yang terus berkembang merubah budaya beraktivitas sosial seperti kemudahan dalam berbagi terhadap berbagai permasalahan yang ada disekitar mereka dan membuka peran aktif anggotanya untuk membangun solusi atau sebuah tujuan bersama.
AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5 DI PT. BEST STAMP INDONESIA Zen Munawar, S.T, S.Kom., M.Kom
TEMATIK Vol 1 No 2 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2014
Publisher : LPPM POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/tematik.v1i2.47

Abstract

Abstrak : Pemakaian Teknologi Informasi pada PT. Best Stamp Indonesia saat ini telah dilakukan audit dengan COBIT 4.1 namun seiring perkembangan COBIT maka perlu diketahui jika dilakukan dengan COBIT 5 bagaimana efisiensi dan process capability levels tata kelola teknologi informasi yang sudah ada. Audit tata kelola teknologi informasi dimaksudkan untuk membuat pemetaan proses monitoring, evaluasi dan akses terhadap process capability levels.Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan audit dengan COBIT 5 dalam pengelolaan teknologi informasi, agar dapat mengetahui sejauh mana penerapan tata kelola Teknologi Informasi dan apakah sistem yang telah dibuat sesuai tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan model process capability levelssebagai alat ukur terhadap jawaban responden dari kuesioner yang dibuat berdasarkan framework Cobit 5 serta sebagai definisi dan pemahaman proses tata kelola teknologi informasi yang sedang berjalan. Dari rekapitulasi jawaban dari para responden, maka didapatkan nilai process capability levels saat ini sebesar 3,0 pada skala 0-5. Agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan, maka dibuatlah beberapa usulan untuk meningkatkan kinerja serta sebagai acuan perbaikan tata kelola teknologi informasi di PT. Best Stamp Indonesia dimasa yang akan datang. Dari hasil implementasi diperoleh hasil bahwa model tata kelola TI dan model audit sistem informasi COBIT dapat diterapkan pada proses teknologi informasi di perusahaan, namun demikian perlu dilakukan penyesuain atau modifikasi terhadap prosesnya.

Page 1 of 21 | Total Record : 206


Filter by Year

2014 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 2 (2023): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2023 Vol 10 No 1 (2023): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Juni 2023 Vol 9 No 2 (2022): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2022 Vol 9 No 1 (2022): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Juni 2022 Vol 8 No 2 (2021): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2021 Vol 8 No 1 (2021): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Juni 2021 Vol 7 No 2 (2020): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2020 Vol 7 No 1 (2020): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Juni 2020 Vol 6 No 2 (2019): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2019 Vol 6 No 1 (2019): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Juni 2019 Vol 5 No 2 (2018): Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) - Desember 2018 Vol 5 No 1 (2018): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2018 Vol 4 No 2 (2017): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2017 Vol 4 No 1 (2017): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2017 Vol 3 No 2 (2016): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2016 Vol 3 No 1 (2016): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2016 Vol 2 No 2 (2015): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2015 Vol 2 No 1 (2015): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2015 Vol 1 No 2 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Desember 2014 Vol 1 No 1 (2014): TEMATIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Juni 2014 More Issue