cover
Contact Name
Yuyun Taufik S.Pd., M.Si
Contact Email
yuyuntaufik@plb.ac.id
Phone
+628122181115
Journal Mail Official
yuyuntaufik@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal)
ISSN : -     EISSN : 24433756     DOI : 10.38204
Core Subject : Science,
ATRABIS - Jurnal Administrasi Bisnis yang dikterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis berisi kajian hasil penelitian dosen-dosen di Program Studi tersebut. Kajian penelitian yang disusun menjadi sumber pengembangan pengetahuan khususnya di Program Studi Administrasi Bisnis.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021" : 11 Documents clear
Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image Budi Harto; Abdul Rozak; Arief Yanto Rukmana
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.546

Abstract

Semakin banyak penyedia atau produsen produk dan jasa berimplikasi terhadap konsumen semakin selektif dalam memiliki produk maupun jasa. Banyaknya pilihan produk dan jasa, konsumen melakukan pencarian informasi dan memilih brand yang lebih dikenal oleh masyarakat sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian secara empiris ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh strategi marketing melalui digital marketing terhadap keputusan pembelian dimana variabel brand image merupakan mediasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposes sampling dimana 350 responden yang bertransaksi di Belah Doeren Bandung. Berdasarkan hasil analisis linier berganda dan sobel test menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand image (sebagai variabel moderasi) dapat memperkuat atau meningkatkan pengaruh variabel Digital Marketing terhadap variabel keputusan pembelian.
Penataan Pasar Sebagai Upaya Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Pasar Tradisional Sindangkerta Kabupten Bandung Barat Santy Sriharyati; Milla Marlina
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.549

Abstract

Kurangnya koordinasi penataan dan pemberdayaan PKL di wilayah pasar tradisional dikarenakan belum adanya kebijakan pemerintah di daerah yang mengatur penataan dan pemberdayaan PKL, sehingga berdampak pada belum tertanamnya pola perilaku masyarakat yang baik, jumlah PKL dan semakin hari semakin banyak, lokasi keberadaan. Sehingga perlunya kajian Penataan Pasar sebagai Upaya Pemberdayaan Pedagang Kali Lima di Pasar Tradisional Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat.Adapun metode pengumpulan data secara umum terbagi dua yaitu pengumpulan data primer (wawancara, observasi lapangan dan penyebaran kuesioner) dan data sekunder. Penataan pedagang di Pasar Tradisional Sindangkerta merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah kesemrawutan jumlah pedagang, khususnya PKL. Solusinya antara lain melalui penetapan kebijakan penataan PKL, penetapan lokasi dan atau kawasan tempat berusaha PKL, penataan PKL melalui kerja sama antar pemerintah daerah, pengembangan kemitraan dengan dunia usaha. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan lahan yang dipergunakan untuk kegiatan berdagang dan membatasi kawasan kegiatan pedagang, khususnya agar para pedagang dispilin dalam menempati tempat yang telah disediakan. Arah pengembangan dan transformasi fisik pasar dengan ketentuan SNI 8152 Tahun 2015 tentang Pasar Rakyat. Selain itu, perlunya koordinasi pemberdayaan PKL dilaksanakan melalui penyuluhan, pelatihan atau bimbingan sosial, peningkatan kemampuan berusaha, pembinaan dan bimbingan teknis, fasilitasi akses permodalan, pemberian bantuan sarana dan prasarana.
Strategi Marketing Menggunakan Instagram Asye Rachmawaty
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.565

Abstract

Tingginya pengguna media sosial di Indonesia, membuat para pelaku bisnis/UMKM mengembangkan strategi marketingnya dengan cara memanfaatan media sosial sebagai salah satu media promosi. Sudah banyak diantara pelaku bisnis memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan bisnis dan produk-produk yang dipasarkannya. Namun bagaimana memaksimalkan fitur-fitur dari media sosial yang digunakan, ternyata masih banyak pelaku bisnis yang kurang memahami sehingga strategi marketing dengan sosial medianya kurang memberikan keuntungan. Penulis, melalui penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perkembangan sebuah bisnis/UMKM yang menggunakan sosial media dalam menjalankan strategi marketingnya, yaitu memperkenalkan produknya dengan memanfaatkan iklan berbayar pada salah satu media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada sebuah media sosial, membuat konten-konten yang menarik secara berkelanjutan, memaksimalkan akses link yang pada berbagai akun, dan memiliki teknik closing yang baik, dapat menjadi salah satu strategi marketing yang sangat mutakhir di era digital.
Pemberdayaan Masyarakat di J&C Cookies Dalam Upaya Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Sekitar Dewi Reniawaty; Andina Dwijayanti
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.569

Abstract

Kemiskinan menjadi isu global yang harus diatasi oleh setiap negara. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengikuti himbauan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat sekitar menjadi salah satu karyawan baik karyawan tetap maupun karyawan sampingan.. Salah satunya perusahaan J&C Cookies peusahaan yang bergerak di bidang usaha membuat kue kering. J&C Cookies memberi kesempatan kepada masyarakat sekitar pabrik untuk menjadi karyawan dalam menjalankan produksi kue kering nya karena masyarakat sekitar pabrik kehidupan perekonomiannya banyak yang masih dibawah garis kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana J&C Cookies memberdayakan masyarakat sekitar dari kehidupan mereka yang serba terbatas penghasilannya agar mempunyai penghasilan yang layak untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian mereka. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa karyawan J&C Cookies dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian mereka dan keluarga, memberikan rasa nyaman di lingkungan dimana mereka tinggal juga berdampak pada warga lainnya. Disamping itu J&C Cookies juga merasa nyaman dalam menjalankan bisnis kue kering nya karena masyarakat sekitar mendukung dan memberi support atas keberhasilan produksinya. Keberhasilan perusahaan berarti keberhasilan masyarakat sekitar juga dalam meningkatkan perekonomian kehidupan mereka.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pandeglang Arief Rahman
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.582

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Pandeglang, merupakan salah satu instansi pemerintah kabupaten pandeglang yang melaksanakan urusan pemerintahan daerah dibidang kependudukan dan catatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pandeglang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitias, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21. Hasil uji dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar (0,000 < 0,05), dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar (0,012 < 0,05). Sedangakan hasil uji penelitian secara simultan menunjukkan lingkungan kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dengan signifikansi F sebesar 0,000 < a (0,05) dan Fhitung 22,969 > F tabel 3,28 . Dan R Square sebesar 58,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Kajian Empiris Pada Transformasi Bisnis Digital Novianti Indah Putri; Yudi Herdiana; Yaya Suharya; Zen Munawar
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.600

Abstract

Transformasi bisnis digital adalah perubahan organisasi melalui penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja organisasi. Saat ini manajer dan pimpinan perusahaan di sektor tradisional harus mengikuti tren transformasi bisnis digital, perlu mengubah rutinitas dan struktur organisasi untuk memenuhi tantangan era digital. Perusahaan perlu memahami tentang fenomena dan pengembangan strategi transformasi digital, penelitian ini mempunyai tahapan khas dalam proses transformasi bisnis digital dari data empiris. Untuk lebih memahami dan mendalami relevansi untuk mengelola transformasi digital digunakan sembilan dimensi maturitas digital. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei pada 548 orang dari berbagai organisasi. Data survei, diolah menggunakan algoritma rasch dan analisis cluster untuk mendapatkan lima tahap kematangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sementara afinitas digital dan eksperimen dengan teknologi digital sudah lazim di perusahaan, transformasi yang direncanakan secara strategis dan penggunaan analitik data canggih dalam proses bisnis kurang umum. Diperoleh wawasan tentang bagaimana aktivitas dalam transformasi bisnis digital saat ini ditangani dan diprioritaskan dan dengan demikian berkontribusi pada kumpulan pengetahuan tentang transformasi organisasi.
Pemasaran Eksperiensial Pendidikan Vokasi ditengah dan Pasca Covid 19 Jajang Burhanudin
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.601

Abstract

Experiential marketing (EM) merupakan topic yang menarik untuk dikaji pada bidang pendidikan tinggi vokasi. Namun belum banyak penelitian yang dihasilkan terkait topik ini. Tentu ini merupakan kesempatan untuk menemukan hal baru yang kiranya bermanfaat untuk pengembangan institusi. Penelitian dilakukan dengan menganalisis sejumlah literature yang bersumber dari beberapa artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menemukan dimensi yang mirip da nada juga yang berbeda yang digunakan untuk mengukur EM.
Analisi Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee Haerunnisa; Dwi Khaira Ramdhanni; Ricky Firmansyah
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.602

Abstract

Dengan kemajuan teknologi pada masa kini, maka kita di mudahkan untuk mengakses seluruh aktivitas termasuk berbelanja online untuk kebutuhan sehari hari. Dengan banyak nya platform e-commerce yang sedang menjamur, salah satu yang paling popular adalah platform e-commerce shopee, Aplikasi shopee merupakan platform belanja online dengan menggunakan konsep sosial. Salah satunya bisa bernegosiasi untuk pembelian produk pada aplikasi tersebut.Upaya penelitian yang kami buat dengan menggunakan kuisioner dengan target para seller shopee. Metode yang digunakan pada penelitian jurnal ini bersifat kuantitatif dan akumulatif, ada sebanyak 35 tanggapan seller. Aplikasi shopee sebagai bisnis adalah sebanyak 85,7%. Jenis produk yang dijual paling banyak pada Fashion 36,4% dan perawatan atau kecantikan 27,3%. keuntungan berjualan di Shopee sebanding dengan profit yang didapat dengan E- commerce lain. Adapun produk jual yang dapat ditawar adalah sebanyak 65,6%. Strategi pemberian ulasan pada produk original 54,5%, harga terjangkau 60,6%, kualitas terbaik 57,6%, pemberian diskon 42%, layanan COD 33,3%, dan respon cepat terhadap pelanggan 39,4%. Pengaruh ulasan pelanggan pada toko seller sebanyak 81,8%. Dapat disimpulkan bahwa dalam berbisnis pada aplikasi shopee atau E- comerce lain untuk meningkat dalam penjualan maka harus memberikan pelayanan komunikasi dan negosiasi yang baik, sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa puas berbelanja online
Tinjauan Pengelolaan Arsip di Bagian Administrasi Penjualan PT. Astra Internasional Tbk – Auto2000 Soekarno Hatta Lina Parlina; Dinda Kartikawati
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan arsip di PT Astra Internasional Tbk Auto 2000 Soekarno Hatta. Metode penelitian ini di paparkan secara deskriftif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil yang diperoleh penelitian ini bahwa proses pengelolaan arsip di bagian administrasi penjualan PT Astra Internasional Tbk., Auto 2000 terlaksana dengan kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa bagian administrasi penjualan di PT Astra Internasionasional Tbk Auto 2000 belum melaksanakan sistem pengelolaan arsip yang sesuai dengan SOP yang berlaku pada perusahaan tersebut.
Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Secara E-Office pada KBM Ecotourism PERUM Perhutani Devisi Regional Jawa Barat dan Banten Andry Nurmansyah; Sintia Yuliani
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 7 No 1 (2021): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) - Juni 2021
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v7i1.648

Abstract

Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar secara E-Office pada KBM Ecotourism Perum Perhutani Regional Jawa Barat dan Banten Tujuan dari penulisan laporan akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan aplikasi E-Office pada perusahaan serta unit kerja yang bertanggung jawab atas penggunaan aplikasi E-Office tersebut. Penulisan laporan akhir ini menggunakan menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan semua data yang didapatkan dengan melakukan observasi dan wawancara yang kemudian diamati dengan dibandingkan berdasarkan kenyataan yang sedang berlangsung dan selanjutnya mencoba untuk memberikan pemecahan masalah. Teknik ini digunakan untuk meminta informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian dalam wawancara yang kemudian diolah menjadi sebuah data serta data sekunder berupa handout penjelasan mengenai proses pembuatan surat masuk dan surat keluar pada perusahaan. Setelah melakukan observasi dan wawancara, penulis memperoleh kesimpulan bahwa proses pembuatan surat masuk dan surat keluar secara elektronik memiliki banyak manfaat di dalam kegiatan alur dokumen di dalam perusahaan karena lebih efektif dan efisien, namun dengan penggunaan program aplikasi E-Office ini diperlukan juga keterampilan dan kesiapan dari para pegawai untuk menghadapi perubahan manajemen perusahaan dan berjalan dengan cukup baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11