cover
Contact Name
Yuyun Taufik S.Pd., M.Si
Contact Email
yuyuntaufik@plb.ac.id
Phone
+628122181115
Journal Mail Official
yuyuntaufik@plb.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 59 Bandung 40123 Telp. (022) 2506500, Fax. (022) 2512564
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal)
ISSN : -     EISSN : 24433756     DOI : 10.38204
Core Subject : Science,
ATRABIS - Jurnal Administrasi Bisnis yang dikterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis berisi kajian hasil penelitian dosen-dosen di Program Studi tersebut. Kajian penelitian yang disusun menjadi sumber pengembangan pengetahuan khususnya di Program Studi Administrasi Bisnis.
Articles 147 Documents
SOLUSI DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEDAGANG PEDESTRIAN (TEMPAT PEJALAN KAKI) DI KOTA BANDUNG Widiya Avianti; Heddy Setiawan; Cahyadi Supyansuri
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.112

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Solusi Dampak Sosial Ekonomi Pedagang Pedestrian (Tempat Pejalan Kaki) Di Kota Bandung.” Tujuan penelitian ini adalah : 1). Kegiatan perdagangan di area pedestrian yang dilakukan saat ini. 2). Bentuk Pengawasan yang Dilakukan dalam Kegiatan Perdagangan di Area Pedestrian. 3). Implementasi Solusi yang Telah Dibentuk Dalam Mengatasi Kegiatan Perdagangan Di Area Pedestrian Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah pedagang kaki lima yang melakukan aktifitas berdagang di area pedestrian. Objek dari tujuan penelitian ini adalah kebutuhan informasi berupa gambaran mengenai aturan berdagang maupun area berdagang yang diizinkan oleh pihak tata kota. Kesimpulan dari penelitian, diketahui bahwa Kegiatan PKL saat ini terdapat pada 3 titik lokasi: 1.) Kegiatan PKL di Pusat Pendidikan, 2). Kegiatan PKL di Area Pertokoan dan Pusat Perbelanjaan, 3). Kegiatan PKL pada Pasar Kaget
MODEL PENANGANAN KEMISKINAN MASYARAKAT PANTAI SANTOLO KABUPATEN GARUT Dr. Bambang Sudaryana M.Si.DEA
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.113

Abstract

Masyarakat Nelayan Pantai Santolo Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, memiliki masyarakat miskin sebanyak 622 jiwa, dan 616 meminjam / berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemiskinan masyarakat nelayan disebabkan pendapatan yang tidak menentu ( tergantung musim) serta tidak memiliki keahlian lain selain menangkap ikan di laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi masyarakat nelayan Pantai Santolo, menentukan nilai kesesuaian dan daya dukung potensi Pantai Santolo, mengetahui nilai ekonomi di kawasan Pantai Santolo, serta merumuskan arahan model penanggulangan kemiskinan masyarakat nelayan Pantai Santolo. Pengumpulan dan pengambilan data melalui wawancara untuk memperoleh informasi mengenai kawasan penelitian (kuesioner), observasi lapangan untuk pengamatan kondisi ekonomi, serta studi pustaka. Data yang dikumpulkan meliputi anggaran untuk memenuhi kehidupan dan kebijakan pengelolaan ekonomi di wilayah tersebut, serta keadaan sosial masyarakat di Pantai Santolo. Analisis data yang digunakan yaitu, analisis regresi linear berganda. dan analisis nilai ekonomi Pantai Santolo
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN POLITEKNIK LP3I BANDUNG Djumat Purnomo, S.E., M.M.
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.114

Abstract

Achievement of the employee's performance will usually be preceded by a prior job satisfaction is not uncommon satisfaction resulting from the spirit of the work as a source of motivation combined with the competence of employees who bersangkutan.Penelitian is intended to identify and assess the motivation and competencies possessed by the employee, the amount of influence both these variables to work satisfaction and job satisfaction impact on the performance of employees indicated. There needs to be a fourth measurement variables in this study at the Polytechnic LP3I Bandung, the postscript was established to eradicate the existence of unemployment in Indonesia. Measurement as outlined in this study, conducted by the method deskriprif verification with proportional cluster sampling technique of random sampling. Based on the study, showed that there is influence of motivation terhdadap job satisfaction for 78,8%, there is the influence of competence terhdadap job satisfaction for 20,8%, job satisfaction affect the performance of 84,4%
ANALISIS PELATIHAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PENJUALAN PT MULTI GARMENTAMA Cahyadi Supyansuri, S.E., M.M.
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.115

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Multi Garmentama Bandung. Teori motivasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori harapan (Expectancy Theory) dari Victor Vroom. Teori ini menjelaskan bahwa Motivasi (M), Instrumentality (I), Valence (V), dan Expectancy (E) adalah merupakan faktor- faktor yang saling berhubungan dengan persamaan M = I x V x E. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah eksplanatoris. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang cukup lemah dan positif +0,46 antara program pelatihan dengan motivasi kerja karyawan.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I BANDUNG Elvie.,S.Si.,M.Pd
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.116

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung. Penelitian ini menggunakan metode korelasi untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis semester II yang berjumlah 280 orang dengan sampel 56 mahasiswa. Setiap responden diberikan sebanyak pertanyaan dengan menggunakan skala Likert. Dari hasil penelitian diketahui tingkat keragaman sebesar 69,4% yang berarti bahwa prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Politeknik LP3I Bandung.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP CITRA INSTITUSI Aisyah Solehati.,S.E.,M.M
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas produk mencakup kinerja, keandalan, keistimewaan tambahan, kesesuain dengan spesifikasi, estetika yang dilakukan Politeknik LP3I Bandung kepada calon mahasiswanya, mengetahui komunikasi pemasaran terpadu mencakup iklan, promosi, penjualan, hubugan masyarakat, pemasaran langsung, penjualan pribadi, acara khusus dan pengalaman. Dan mengetahui pengaruh citra Politeknik LP3I Bandung, company recognition/kesadaran akan citra perusahaan, affinity/kesan kualitas, company reputation/pengenalan pada citra perusahaan dan company loyalty/kesetiaan pada perusahaan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif verifikatif metode yang dapat menggambarkan suatu keadaan secara faktual mengenai variable-variable yang diteliti kemudian fakta-fakta tersebut dihubungkan satu sama lain melalui pengujian hipotesis penelitian. Dimensi waktu dan data yang digunakan adalah cross sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada saat tertentu. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan hipotesis statistik dengan menggunakan jalur (path analysis) dan menggunakan alat bantu SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitiandiketahui bahwa kualitas produk dan komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap citra institusi sebesar 88,54%, sedangkan sisanya sebesar 11,46% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian.
PENDIDIKAN SALESMANSHIP BAGI MAHASISWA SEBAGAI MODAL DASAR DALAM BERKARIR SEBAGAI WIRAUSAHA Nuslih Jamiat S.E.,M.M
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.118

Abstract

Meningkatnya minat generasi muda khususnya mahasiswa belajar berwirausaha merupakan perkembangan positif untuk kemajuan perekonomian Indonesia dimasa yang akan datang. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa maju tidaknya suatu negara sangat dipengaruhi seberapa berapa banyak jumlah masyarakat yang berprofesi sebagai wiraswasta. Selain itu meningkatnya jumlah wirausaha khususnya dari kalangan generasi muda akan berdampak terhadap berkurangnya angka pengangguran di Indonesia. Namun untuk menjadi seorang wirausaha yang tangguh maka seseorang harus memiliki salah satu kemampuan yaitu Salesmanship (kemampuan menjual) yang baik karena merupakan modal dasar dalam berkarir sebagai wirausaha. Jika seseorang memiliki kemampuan salesmanship maka ia akan mampu mengoptimalkan peluang bisnis untuk meningkatkan omzet dan kemajuan usahanya, karena aktifitas penjualan merupakan satu-satunya aktifitas bisnis yang menghasilkan cash in (pemasukan kas) bagi perusahaan. Sementara aktifitas lain hanya bisa melakukan penghematan/efesiensi tanpa bisa menghasilkan cash in. Untuk itu perlunya pendidikan salesmanship untuk meningkatkan skill seseorang agar bisa menjadi wirausahaan agar memiliki kemampuan menjual produk yang ditawarkan kepada konsumen potensial, sehingga berdampak terhadap kelangsungan usaha yang dijalankannya.
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BJB CABANG BUAH BATU BANDUNG Andina Dwijayanti, S.E., M.M.
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.119

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank bjb Cabang Buah Batu Bandung dalam menawarkan produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) di Bandung, mengetahui Loyalitas Bank Bjb cabang Buah Batu Bandung, dan mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dalam menawarkan produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) di Bandung. Hasil penelitian adalah komunikasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah yang dilakukan oleh Bank bjb Cabang Buah Batu Bandung untuk produk kredit yang terdiri dari kredit mikro utama (KMU), kredit guna bakti (KGB) dan kredit cinta rakyat (KCR) bank bjb khususnya cabang buah batu, sudah baik dimata nasabah dengan kejelasan iklan yang diberikan, pelayanan yang diberikan dan event yang sering dilakukan oleh bank bjb cabang buah batu bandung.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA BELANJA KOTA GARUT Drs. Jajang Burhanudin, M.M; Dra. Elia Daryati R, M.Si
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.120

Abstract

Wisata belanja merupakan salah satu jenis pariwisata yang ada di Garut. Wisata ini memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan daerah. Namun, ditemukan bahwa wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata belanja tidak secara khusus datang untuk berbelanja. Umumnya juga melakukan wisata alam atau wisata budaya. Dan seiring dengan perkembangan, sejumlah UKM yang menghasilkan produk-produk khas Garut tumbuh dan berkembang dalam suatu kawasan yang banyak dikunjungi. Dan kawasan itu yang kemudian menjadi sentra-sentra wisata belanja. Meskipun kinerja bauran pemasaran secara bersama-sama mempengaruhi daya tarik belanja pariwisata dengan 66,4% (SPSS keluaran 17), tetapi masih ada beberapa kelemahan dan kendala yang harus dihadapi oleh bisnis di area perbelanjaan Garut, antara lain: distribusi yang kurang tepat; produk yang belum mampu mengimbangi kebutuhan dan keinginan pasar terbaru; harga produk yang kurang menarik; infrastruktur pariwisata belanja yang tidak memadai; pemrosesan transaksi kurang fleksibel.
PENGARUH INSENTIF DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI POLITEKNIK LP3I (LEMBAGA PENDIDIKAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA) BANDUNG Heddy Setiawan; Oom Sri Hendari
ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) Vol 1 No 1 (2015): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis - Juni 2015
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis POLITEKNIK LP3I BANDUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38204/atrabis.v1i1.121

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui insentif dan promosi jabatan di Politeknik LP3I Bandung, 2) untuk mengetahui pengaruh dari insentif dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan secara parsial, 3) untuk mengetahui pengaruh dari insentif dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan secara simultan. Penelitian ini dilakukan di Politeknik LP3I Bandung dengan mengambil sample 55 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan analisis jalur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh antara insentif dan promosi jabatan pada kinerja karyawan di Politeknik LP3I Bandung

Page 1 of 15 | Total Record : 147