cover
Contact Name
Agustiarini Eka Dheasari
Contact Email
jurnalmuaddib@gmail.com
Phone
+6281364890080
Journal Mail Official
agustiarinieka@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta 94-B, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Location
Kota probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
ISSN : 27230805     EISSN : 26859149     DOI : https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i1
Core Subject : Religion, Education,
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at education. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN KARTU BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III SDN DUKUH PAKIS I/486 SURABAYA Herlyn Yuliantine
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.66

Abstract

Penelitian ini untuk   mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kartu angka dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas tiga SDN Dukuh Pakis I / 486 Surabaya tahun akademik 2018/2019 pada mata pelajaran perkalian. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif.   Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan ketrampilan berhitung siswa pada pokok bahasan perkalian.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN LEMPAR DADU UNTUK ANAK KELOMPOK A2 DI TK RADEN PAKU KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA Nurul Hidayah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.67

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untk meningkatkan pengenalan berhitung bagi anak Kelompok A2 TK raden Paku. Dengan melakukan penelitian ini ditemkan bahwa   pembelajaran dengan menggunakan permainan melempar angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A2 di TK Raden Paku Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya     Tahun Pelajaran 2017/2018. Peningkatan ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan berhitung pada setiap siklusnya. Sebelum dilakukan tindakan, prosentase ketuntasan belajar anak adalah 20%. Pada siklus I nilai ketuntasan belajar anak meningkat sebanyak 30% sehingga menjadi 50%. Pada siklus II nilai ketuntasan belajar anak naik secara signifikan menjadi 80%, yang artinya telah mencapai kriteria ketuntasan penelitian.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Sukinah Sukinah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.69

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan metode CTL (contectual teaching and Learning ). Penelitian ini masalah yang akan dibahas adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi, menemukan, bertanya dan mengemukakan pendapat bekerja sama dengan kelompok, menjelaskan dengan model dan melakukan refleksi pada siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I dan II.  
PERAN IBU MENURUT PRESPEKTIF ISLAM DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK Elawati Dewi
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.70

Abstract

Artikel ini akan mengkaji mengenai peran ibu menurut   perspektif  Islam terkait pendidikan watak atau perilaku pada seorang anak. Untuk fokus pembahasannya yaitu seberapa pentingkah peranan seorang ibu menurut pandangan islam dalam membentuk pendidikan karakter anak. Membentuk pedidikan karakter anak itu sangat dibutuhkan oleh semua anak. Di mana dengan membentuk pendidikan karakter anak secara tidak langsung seorang ibu memberikan suatu pembelajaran pada anak yang nantinya hal itu dapat membuat seseorang anak akan tabah dalam mengahdapi suatu cobaan, dan mereka akan dapat menjalani hidupnya dengan sempurna.  Berdasarkan pemaparan singkat diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwasannya peran seorang ibu sangat mulia. Bentuk kemuliaan dari seorang ibu yaitu dia berhak untuk dihormati dan dimuliakan daripada ayahnya.Hal ini disebabkan karena surga ada di bawah telapak kaki ibu.Selain itu, beliau merupakan orang yang dipercaya oleh Allah SWT sebagai tempat pendidikan yang utama bagi putra — putrinya baik pendidikan agama maupun pembelajaran karakter yang harus di mulai sejak dini
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 LECES KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO Meiga Rizki Novianti
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional (Eq) Terhadap Prestasi Belajar PAI . peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional,karena menghubungkan antara tiga variabel.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI pada siswa SMPN 1 Leces Kabupaten Probolinggo. Hal ini dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,165 dan nilai signifikansi sebesar 0,261 yang berarti lebih dari 0,05 (p<0,05)dan nilai R2 sebesar 0,027, nilai ini mengandung arti bahwa tidak ada pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI

Page 1 of 1 | Total Record : 5