cover
Contact Name
Agustiarini Eka Dheasari
Contact Email
jurnalmuaddib@gmail.com
Phone
+6281364890080
Journal Mail Official
agustiarinieka@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta 94-B, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Location
Kota probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
ISSN : 27230805     EISSN : 26859149     DOI : https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i1
Core Subject : Religion, Education,
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at education. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020): April" : 5 Documents clear
KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN—NUR SUMBERTAMAN KOTA PROBOLINGGO Dewi Annisa
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.72

Abstract

Guru sebagai fasilitator belajar mempunyai peran utama dalam membawa proses pendidikan peserta didik di lingkungan belajar. Tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik adalah prestasi belajar yang dimotori oleh kreativitas dan profesionalitas guru. Dalam penelitian ini   kreativitas dan profesionalitas guru dijadikan acuan untuk melihat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X TKJ di SMK AN—NUR Sumbertaman Kota Probolinggo. Dengan menggunakan metode penelitin deskriptif kualitatif peneliti melakukan observasi dan interview terhadap guru PAI guna melihat bagaimana keatifitas dan profesionalitas yang diterapkan dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa.  Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kreativitas dan Profesionalitas Guru PAI dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK AN—NUR Sumbertaman Kota Probolinggo memiliki daya kreativitas dan profesionalitas yang terlahir dari ide-ide guru yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Guru mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan kombinasi dari beberapa metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi. Sehingga materi mudah dipahami oleh siswa dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Sedangkan kemampuan profesional digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dari guru mengajar memiliki persiapan dan  kompetensi bidang pengajaran yang dimilikinya.
HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK Ririn Apriliningsih
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.73

Abstract

Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini untk mendeskripikan Hubungan Interaksi Edukatif Dan Kompetensi Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI terhadap Pembentukan karakter peserta didik SMK Negeri 1 Bayuanyar Kabupaten Probolinggo. Hal ini dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,479 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (p<0,05) dan nilai R2 sebesar 0,229, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI secara bersama-sama terhadap Pembentukan karakter peserta didik adalah sebesar 22,9 % sedangkan 77,1 % dipengaruhi variable lain.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI SUPERVISI KELAS DI SDN PLOSO III SURABAYA Sri Sintawati
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.74

Abstract

Kepala sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang memahami masalah yang dihadapi oleh guru, kemudian memberikan bantuan dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi, baik secara individu maupun kelompok. Kemudian beri para guru kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan mendorong para guru menuju ide-ide bagus untuk meningkatkan tugas mereka. Sebagai penyelia, kepala sekolah berkewajiban menjaga agar setiap bawahan melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diemban, bekerja untuk melaksanakan tugas semata-mata berasal dari bawahan sendiri. Kepala sekolah bertindak sebagai konsultan yang dinamis, mampu mempersiapkan dan mendorong bawahannya (guru) dalam meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan tugas dan menyesuaikan dengan perkembangan. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan RPP.    
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN GURU PENDIDIKAN JASMANI Syamsul Huda
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.75

Abstract

Guru sebagai pendidik yang berada di lingkungan sekolah mempunyai peran besar dalam pembentukan karakter anak/siswa. Di dalam dunia pendidikan modern seperti saat ini, tugas seorang guru bukan sekedar selaku pengajar saja, dan pendidik akademis akan tetapi juga sebagai pendidik karakter, moral dan budaya untuk siswanya. Untuk mewujudkan seorang siswa berperilaku yang berkarakter, baik dalam olah pikir, olah hati dan olah rasa, maka sebagai seorang pendidik (Guru) harus mampu  menjadi contoh atau uswah, seorang panutan serta pembimbing bagi siswanya. Dalam pendidikan kewarganegaraan (PKn), tugas atau peran guru dalam membina kedisiplinan seorang siswa yang dengan cara mengingatkan agar supaya mereka tidak mengerjakan pelanggaran aturan di kelas dan di sekolah serta memberikan pengertian terhadap pentingnya suatu kedisiplinan untuk kesuksesan dan keberhasilan dalam dalam belar
HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI Ulfatun Hasanah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.76

Abstract

Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk memberikan penguatan secara teoritis terhadap konstribusi metode belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. .  Hasil pengujian regresi ganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi (r2) sebesar 0,366 Nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan besarnya sumbangan dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Sumbangan tersebut berarti Metode Belajar dan Motivasi Belajar menghubungkan 21%. hasil Hasil Belajar Siswa. sedangkan sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5