cover
Contact Name
Singgih Subiyantoro
Contact Email
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Phone
+6285643035436
Journal Mail Official
singgihsubiyantoro@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Instructional Media and Model
ISSN : 26860708     EISSN : 26860112     DOI : https://doi.org/10.32585
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Instructional Media and Model is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. 1. Instructional Media 2. Instructional Models 3. Learning Aproach 4. Instructional Strategies 5. Intructional Methods 6. Teaching Techniques 7. Teaching Tactics
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Siti Muflihah; Anerbelson Lepith
Indonesian Journal of Instructional Media and Model Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/ijimm.v1i1.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan siswa terhadap luas dan keliling bangun datar melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Fakfak. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan per siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan evaluasi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,5% dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pendekatan CTL efektif mengantarkan siswa kearah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan karena pembelajaran dilakukan di luar kelas, siswa menemukan sendiri pengetahuan baru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas dan keliling bangun datar.
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share Anisa Yustina Sari
Indonesian Journal of Instructional Media and Model Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/ijimm.v1i1.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan segiempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Sukoharjo, sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan ini dilakukan melalui tiga siklus yang menggunakan metode pengumpulan data dengan tes, pengisian angket dan observasi. Tiap-tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pokok bahasan segiempat pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia Erna Widyasari
Indonesian Journal of Instructional Media and Model Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/ijimm.v1i1.313

Abstract

Pada revolusi industri 4.0, inovasi merupakan target utama. Prinsip pembelajaran berubah menjadi learning by doing atau experiential learning. Dalam melakukan inovasi pendidikan, kita bisa mempertimbangkan pembelajaran berbasis riset. Inovasi yang dilakukan diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat. Pembelajaran berbasis riset akan melatih daya nalar, daya mencipta, dan berpikir kritis siswa sehingga melahirkan generasi yang berbudaya ilmiah dan pemberi solusi atas masalah yang ada pada lingkungan sekitar. Materi perubahan fisika kimia umumnya hanya diberikan oleh guru melalui metode pencarian literatur maupun pemberian contoh-contoh perubahan yang terjadi dalam bentuk gambar atau benda yang konkret. Dengan metode pembelajaran berbasis riset, siswa akan lebih tertarik dan aktif dalam belajar, terlebih jika riset tersebut dapat menanggulangi permasalahan yang ada di sekitar mereka. Pembuatan cokelat dilakukan sebagai contoh dari perubahan fisika yang dapat kembali ke bentuk semula. Pembuatan bioplastik sebagai contoh dari perubahan kimia yang menghasilkan zat yang jenisnya baru dan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Dari pembelajaran riset yang telah dilakukan oleh siswa, dilakukan evaluasi efektivitas pembelajaran melalui pengisian lembar evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan pada 26 siswa menunjukkan 25 siswa memahami materi perubahan fisika kimia dengan baik dan 1 siswa belum memahami materi.
Perancangan Multimedia Pembelajaran Mesin Mobil Menggunakan Software Adobe Flash untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Masriadi Masriadi
Indonesian Journal of Instructional Media and Model Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/ijimm.v1i1.314

Abstract

Perancangan aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan tentang mesin mobil ini dapat mempermudah setiap kali melakukan proses belajar dan mengajar berlangsung serta dapat menyimpulkan materi tentang mesin mobil secara mudah dan tepat. Multimedia pembelajaran ini merupakan suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio dan kami mengemasnya dalam bentuk multimedia. Dengan adanya aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan tentang mesin mobil ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan  siswa terhadap mesin mobil lebih dalam, Baik dari segi pemahamannya dan implementasinya, Dikalangan dunia pendidikan selalu membutuhkan sistem untuk  membantu kinerja guru dalam penyampaian materi saat proses belajar dan mengajar. Selain memberikan media pembelajaran, aplikasi ini juga memberikan quis seputar tentang mesin mobil untuk memicu daya ingat dari materi yang ditampilkan aplikasi.
Keefektifan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menulis Puisi Nurfaedah Nurfaedah
Indonesian Journal of Instructional Media and Model Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/ijimm.v1i1.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Variabel penelitian ini adalah keefektifan media audiovisual dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Desain atau model penelitian adalah desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini, yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 270 orang yang terbagi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian sebanyak 30 dari jumlah populasi. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis uji t desain 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi. Hal ini tampak pada nilai yang diperoleh siswa sebelum menggunakan menggunakan media audiovisual yang masih kurang dan dapat meningkat setelah menggunakan media audiovisual. Keefektifan media ini diketahui pula berdasarkan hasil perhitungan uji t. Perbandingan hasil kompetensi menulis puisi pada pretes dan postes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 7,20> nilai t tabel 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu  media audiovisual efektif diterapkan dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar menulis puisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5