cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2022)" : 5 Documents clear
Peningkatan hasil belajar daring materi mitigasi bencana melalui media video pembelajaran youtube Susanti Susanti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v12i1.328

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media pembelajaran youtube untuk meningkatkan hasil belajar daring pada materi Mitigasi Bencana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan video pembelajaran youtube sedang tes dilakukan setelah pembelajaran bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran youtube dapat meningkatkan presetasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I ada 47% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Presetasi belajar siswa mengalami peningkatan karena media video pembelajaran youtube lebih mudah dipahami dan dapat ditanyangkan berulang-ulang oleh siswa.
Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar PPKN siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Turi tahun ajaran 2019/2020 Ashari Ashari
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v12i1.344

Abstract

Motivasi belajar menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan prestasi pedagogik peserta didik. Maka ketika dalam satu kelas mengalami penurunan semangat belajar, perlu dicarikan solusi. Agar KBM dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Maka Mind Mapping ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan bahwa Mind mapping adalah alat pilihan untuk menajamkan ingatan karena menggunakan Imajinasi dan Asosiasi. Metode Mind mapping diyakini dapat menarik perhatian dan membantu memudahkan peserta didik dalam menghafal materi. Konsep pembelajaran Mind mapping ini merupakan solusi alternatif terbaik dan sangat tepat jika diterapkan dalam proses pembelajaran karena memberikan berbagai kemudahan dalam belajar, seperti pemahaman konsep, menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik.
Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19 Firdiawan Ekaputra
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v12i1.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI materi asam basa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui implementasi media laboratirum virtual kimia pada masa Covid-19. Penelitian ini mengambil jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik dari jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media laboratorium virtual kimia dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rerata aktivitas belajar kimia yang signifikan, yaitu 15,07%.
In house trainning (IHT) sistem daring untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran smart school Sriningsih Sriningsih
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v12i1.354

Abstract

Standar pendidik & tenaga pendidikan menduduki 2 nilai terendah. Peningkatan penerapan pembelajaran smart school dibutuhkan untuk mewujudkan SMK Muhiwa Smart School (sekolah pintar). Siswa sangat membutuhkan prosés pembiasaan, prosés penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis IT. Untuk membangun smart school memerlukan beberapa tahap persiapan yang perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan penerapan pembelajaran Smart School melalui in House Trainning (IHT) untuk mewujudkan SMK Muhiwa Sekolah Pintar dan peningkatan kemampuan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah Guru yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Smart School melalui in House Trainning (IHT) dan peningkatan kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran Smart School melalui in House Trainning (IHT). Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, pedoman observasi/pengamatan, dokumentasi, tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian Siklus 1 menunjukkan: terdapat kenaikan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Smart School sebesar 16,09 atau 19,49 %., Sedangkan pada Siklus 2: terdapat kenaikan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Smart School 31,56 atau 37,54 %.
Penggunaan modul elektronik berbasis learning cycle 7E pada materi pokok larutan asam basa dalam pembelajaran online untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Istiqomah Fenica Yusnita Sari
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2022)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v12i1.327

Abstract

semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) pada materi pokok larutan asam basa dalam pembelajaran online di era pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdidi dari dua siklus. tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (learning cycle 7E) dapat meningkatkan (1) aktivitas belajar siswa dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 8,6% meningkat pada siklus II menjadi 25,7%, kategori ‘Baik” pada siklus I sebanyak 42.9% meningkat menjadi 48,6% pada siklus II, (2) prestasi siswa aspek kognitif dari 51,43% pada siklus I meningkat menjadi 71,43% pada siklus II, aspek afektif dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 11,43% meningkat menjadi 34,29% pada siklus II, kategori “Baik” pada siklus I sebanyak 45,71% meningkat menjadi 51,43% pada siklus II, sedangkan pada siklus I aspek psikomotor telah melampaui target yaitu diperoleh 77,14%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5