cover
Contact Name
St. Hadijah wahid
Contact Email
ijha747@gmail.com
Phone
+6285210860232
Journal Mail Official
jurnaladzdzahab@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin No.20 Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebrluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email gp2m.fehi@gmail.com dengan mengikuti Template dan Panduan Penulisan serta mengirimkan artikel bersama surat pernyataan publikasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021" : 7 Documents clear
ANALISIS KOMPENSASI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (UMKM SEBLAK PASTA) ADEFIA RAMADONA; Agus Dwi Cahya; Pira Maulida
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.359 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kompensasi, motivasi, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada UMKM Seblak Pasta di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan wawancara secara langsung pada narasumber yaitu karyawan pada UMKM Seblak Pasta Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kompensasi berpengaruh efektif terhadap kinerja karyawan, karyawan merasa bertanggung jawab atas tugas dan termotivasi terhadap kompensasi yang diberikan. motivasi berpengaruh efektif terhadap kinerja karyawan, beberapa faktor diantaranya adalah, adanya tujuan yang ingin dicapai, ingin mencapai prestasi dan mendapat bonus, juga adanya peraturan yang fleksibel dan tidak mengekang sehingga karyawan nyaman dalam bekerja. Disiplin kerja berpengaruh efektif terhadap kinerja karyawan, faktor yang mempengaruhinya antara lain, peraturan yang ada dan kompensasi yang diberikan. Berdasarkan penelitian UMKM Seblak Pasta kesimpulan yang di ambil adalah Berdasarkan penelitian UMKM Seblak Pasta sebaiknya menerapkan sistem penilaian dalam kinerja karyawan dilakukan secara individu dengan pokok-pokok standar penilaian kerja, sehingga kompensasi dapat diberikan secara adil sesuai dengan prestasi kerjanya. Untuk para karyawan sebaiknya lebih mengembangkan prestasi dan produktivitas kerjanya, dengan aktif mengikuti setiap pelatihan-pelatihan yang diadakan perusahaan supaya mendapat kompensasi yang lebih besar lagi.
RELEVANSI WAKTU SENGGANG TERHADAP KONSUMSI BERLEBIH DI ERA POSTMODERN Nuraida Fitriah Bohari; Nurul Pratiwi; Nela Novyanti; Ainun Awaliah; Deril Deril
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.743 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.622

Abstract

Artikel ini berjudul relevansi waktu senggang terhadap konsumsi berlebih di era postmodern. Waktu senggang pada masyarakat postmodern lebih condong untuk melakukan aktivitas berupa mencari hiburan bahkan seringkali menghabiskan waktu begitu. Postmodern dengan kemudahannya telah menciptakan banyaknya waktu senggang akibat mudahnya pekerjaan dengan teknologi. Hal yang mendorong penulis melakukan penelitian ini adalah untuk meluruskan pemahaman mengenai waktu senggang yang sebenarnya dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau library research, objek pembahasan dalam penelitian ini bersumber dari penelitian, jurnal, dan buku yang terkait dengan topik ini. Hasil dari penelitian ini adalah pada era postmodern waktu senggang tidak lagi digunakan untuk melakukan hal produktif tetapi menjelma menjadi suatu waktu melepas penat dari berbagai kesibukan menciptakan the leisure class yakni kalangan yang menghabiskan waktu senggangnya untuk mengkonsumsi secara berlebihan demi mengikuti gaya hidup hedonis. Artikel ini menunjukkan bahwa masyarakat post modern telah salah dalam penafsiran waktu senggang. Yang seharusnya ialah waktu untuk mengembangkan potensi diri dan menciptakan karya dan tidak melihat konsumsi dalam sudut pandang kepuasan melainkan kegunaan dari sebuah objek konsumsi.
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN HASANAH CARD BANK BNI SYARIAH DEPOK Rifa Nada Alfiyyah; Suryani Suryani; Siwi Nugraheni
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.998 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra perusahaan, harga, dan promosi terhadap minat nasabah. Gaya hidup (life style) masyarakat di era modern saat ini cenderung konsumtif seiring semakin tingginya permintaan akan uang dalam jumlah besar menyebabkan banyak nasabah yang kurang nyaman melakukan transaksi secara tunai. PT. Bank BNI Syariah, Tbk menciptakan inovasi produk baru yang dikenal dengan iB Hasanah Card yaitu suatu produk kartu kredit syariah tanpa jaminan berbunga dengan penetapan nisbah yang rendah serta transaksi aman dan mudah. Pengambilan sampel melalui metode purposive sampling yang diujikan kepada 100 responden nasabah Bank BNI Syariah Depok. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji lainnya seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dibantu program SPSS 20. Hasil penelitian uji t menunjukkan semua variabel dependen bernilai signifikansi (Sig.) < 0,05.serta nilai signifikansi uji F < alpha (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara citra perusahaan, harga dan promosi terhadap minat nasabah baik secara parsial maupun simultan. Hasil regresi dengan R2 = 77,5%., yang berarti variasi variabel bebas dalam model mampu memengaruhi variabel terikatnya sebesar 77,5%.
ASAS-ASAS FOOD SECURITY DALAM HUKUM EKONOMI SYARIAH Agus Miswanto
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.665 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.665

Abstract

This article examines the principles of food security from a sharia economic perspective. There are very few studies on food security carried out by experts in Islamic studies, therefore this study hopes to contribute to increasing understanding of the importance of this topic. Lack of understanding of this topic in the Islamic world, has an impact on the low awareness of food security in several Muslim countries such as Indonesia and Saudi Arabia. This study uses a thematic interpretation approach and normative legal research to discover the principles of food security in the Alquran. The findings of this study indicate that there are five basic principles about food security in the Alquran, namely: Productivity, maintaining environmental ecosystems, fair distribution, good food storage systems, and moderate consumption behavior. The findings about the principles of this norm can be the basis for the development of further studies. And this research needs to be followed up with field research to see the implementation of the five norms in society.
PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS PELAYANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI MUZAKKI PADA LAZ YATIM MANDIRI Nurul Ichsan Hasan; Diyanah Nurmala Sari
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.255 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.673

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, kualitas pelayanan, dan religiusitas terhadap minat masyarakat menjadi muzakki pada LAZ Yatim Mandiri. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan teknik kuesioner yang disebarkan kepada 46 responden. Pengambilan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan uji regresi berganda dengan Software SPSS. Hasil menunjukan bahwa: (1) motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar zakat pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri, (2) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi muzakki pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri (3) religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi muzakki pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri (4) motivasi, kualitas pelayanan, dan religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat menjadi muzakki pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri.
PENGARUH SANKSI PERPAJAKAN, TINGKAT PENDAPATAN, DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN POLEWALI MANDAR Andi Ridhayani Barlan; Mursalim Laekkeng; Ratna Sari
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.63 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.698

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Sanksi Perpajakan ,Tingkat Pendapatan Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada Samsat Kabupaten Polewali Mandar pada tahun 2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus sloving dengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 24.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Sanksi Perpajakan dan Pengetahuan Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak sedangkan Variabel Tingkat Pendapatan tidak signifìkan , berpengaruh terhadap . kepatuhan wajib pajak. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 0,361. 0,030, dan 0,517, dan F hitung yang lebih besar dari F tabel (118>2,180) Pada signifikansi 5% serta nilai signifikansi Sanksi Perpajakan dan Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak lebih kecil dari nilai signifikansi (0,000<0,05). Akan Tetapi untuk Tingkat Pendapatan terdahap Kepatuhan Wajib Pajak lebih besar dari nilai signifikansi (0,771>0,05).
ANALISIS PERUBAHAN PENDAPATAN UMKM SEBELUM DAN SESUDAH PEMBIAYAAN SYARIAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA DI KECAMATAN SUMBAWA Edi Irawan
Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6 No 2 (2021): Adz-Dzahab Volume 6 Nomor 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : LP2M IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.975 KB) | DOI: 10.47435/adz-dzahab.v6i2.707

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi dan menganalisis tentang perubahan pendapatan bersih UMKM sebelum dan sesudah pembiayaan syariah pada Bank Syariah Indonesia di Kecamatan Sumbawa pada tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode analisis deskrptif serta kuantitaif dengan jumlah sampel 51 orang. Metode analisis data yang digunakan berupa uji normalitas dan uji Paired T Test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perubahan pendapatan UMKM sebelum dan sesudah pembiayan syariah pada Bank Syariah Indonesia di Kecamatan Sumbawa secara signifikan. Hal ini berdasarkan hasil uji Nilai Paired Samples Test yaitu terdapat perbedaan yang siginifikan antara sebelum dan sesudah pembiyaan syariah terhadap perubahan pendapatan UMKM di Kecamatan Sumbawa. Adapun dasar keputusannya jika nilai sig (2-tailed) < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Adapun sebab perubahan pendapatan tersebut disebabkan oleh: (1) Pembiayaan berdasarkan syariah. (2) Proses pembiayaan tidak menyalahi syariat. (3) Proses pembiayaan syariah yang dimanfaatkan untuk pembiayaan produktif halal. (4) Pelaksanaan pembiayaan syariah memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan ekonomi sesuai dengan nilai-nilai Islam. (5) Adanya peran dari pihak Bank Syariah Indonesia yang masuk tiap desa untuk mengedukasi masyarakat. (6) Adanya kerjasama dengan pihak Bank Syariah Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7