cover
Contact Name
Randy Muhammad Anif
Contact Email
randy.071199@gmail.com
Phone
+6285227788222
Journal Mail Official
runtiko@gmail.com
Editorial Address
Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 4126443     EISSN : 26206676     DOI : https://doi.org/10.20884/1.actadiurna
Core Subject : Education, Social,
JAD aims to encourage research in communication studies. Topics addressed within the journal include but are not limited to: Media dan culture studies; Political communication; Cross-cultural communication; Business communication; Organizational communication; Health communication.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 2 (2022)" : 9 Documents clear
PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN SANA STUDIO DALAM MEMASARKAN STUDIO OLAHRAGA DI MASA PANDEMI COVID-19 Rega Ervanto
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5336

Abstract

Kegiatan bisnis di Indonesia saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan terkait adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah bisnis olahraga. Salah satu bisnis studio olahraga yang terdapat di Indonesia khususnya daerah Jakarta Selatan adalah SANA Studio. Sangat penting bagi SANA Studio untuk melakukan perencanaan komunikasi yang tepat agar jasa yang mereka jual tetap bisa bertahan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Perencanaan komunikasi sendiri diartikan sebagai proses pengalokasian sumber daya komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya tersebut tidak saja mencakup media massa dan komunikasi antarpribadi, tapi juga setiap aktivitas yang dirancang untuk mengubah perilaku dan menciptakan keterampilan-keterampilan tertentu diantara individu dan kelompok dalam lingkup tugas-tugas yang dibebankan boleh organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SANA Studio telah menerapkan beberapa perencanaan komunikasi pemasaran dalam merespon adanya penyebaran pandemi Covid-19. Adapun beberapa program yang dijalankan antara lain adalah pelaksanaan kelas olahraga secara daring yang dapat diakses melalui aplikasi Zoom, pelaskanaan program yang berkolaborasi dengan brand olahraga, serta pelaksanaan program inti seperti 8 weeks challenge dan Womens 10K. Selain itu, terdapat media yang digunakan dalam proses pemasaran yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial Instagram. Alasan penggunaan media sosial Instagram tersebut adalah karena saat ini Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya dengan ketersediaan fitur yang cukup lengkap sehingga memudahkan para pelaku bisnis dalam membuat konten pemasaran yang ingin dibuat
A Representasi Pluralitas Agama dalam Film Pram Aditya Gamaputra
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5354

Abstract

A film that is presented or made can describe a reality of life that is faced now, or is a picture that will happen in the future. Films that depict events or something that will be achieved in the future, such as futuristic films or science fiction that we may have watched such as Star Trek, technologies in the Avanger film, Real Steel, and several anime films such as Doraemon, Gundam, and many other films. Meanwhile, films that describe current events or something that has actually happened, such as biographical films, war films, even light films that tell or reflect something real that humans often or can experience at this time. Based on observations, the film "PK" is classified as a satirical comedy film that describes the reality of intolerance in plurality in India. This film is a small picture of the form of intolerance that occurs in almost all parts of the world until now. This film tells about intolerance and plurality, where it still happens in various places with various reasons and interests in each region. The film tells the story of a young man (alien) who is stranded on earth (India), looking for the remote control of his stolen plane. In the process of searching for the remote, a number of interesting events occurred, including the understanding of plurality and tolerance. Where the meaning of PK (Peekey) itself in Indian language means people who are drunk or in a drunken state. This film suggests that there are still people who are intoxicated by a narrow understanding of religion. Instilling the value of plurality does not mean that everything is the same, but rather understands that differences are not an obstacle in society. Understanding different cultures will keep us away from unnecessary thoughts that can trigger conflict.
ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF PEONY ECOHOUSE DALAM MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN TEORI GOALS-PLANS-ACTION Galih Andriansyah Putra; Mufid Salim
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5418

Abstract

Environmental awareness has become a hot topic in recent years around the world. One of them is Indonesia. This awareness is present due to the many disasters that come from human error response to the environment and its changes. Today's environmental problems are widely discussed, because it has been seen that there is environmental pollution caused by human actions. Peony Ecohouse as one of the first eco-friendly grocery stores in the Special Region of Yogyakarta has contributed to increasing environmental awareness through persuasive communication. The purpose of this research is to analyze the persuasive communication of Peony Ecohouse in increasing environmental awareness through the Goals-Plans-Action Theory approach. This research uses the Goals-Plans-Action message production theory which was proposed by James Prince Dilliard with qualitative description research methods and collects data by in-depth interviews, observations, and documentation studies. The data was then analyzed through three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Then the data is validated through triangulation of sources. The results of this research show that the Peony Ecohouse has generated a message to raise environmental awareness. The steps taken are through goal setting, planning, and action. Peony Ecohouse has gone through this step well, but there are still things that need to be addressed as suggestions to further increase environmental awareness.
Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaigan Pedagang Online Di Pusat Pasar Medan Yogi Darnika
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5428

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Persaingan Pedagang Online di Pusat Pasar Medan” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran dalam menghdapai persaingan di pusat pasar medan dan Apa saja kendala komunikasi pemasaran dalam menghdapai persaingan pedagang online di pusat pasar medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan penelitian ini adalah Model Hierarki Efek. Hasil Pnelitian menunjukan bahwa strategi yang di gunakan para pedagang pusat pasar dan penjual online mulai dari penjualan tatap muka, iklan dan hubungan dengan masyarkat. Stretegi penjualan tatap muka yang di lakukan langsung ke konsumen yang ingin membeli, dari semua toko yang di teliti di pusat pasar medan mereka lebih banyak menggunakan pemasaran penjualan tatap muka dan hubungan masyarakat. Pemasaran penjual tatap muka sepreti mereka memasarkan dengan reseller dan dropship mereka. hambatan yang meraka dapat komunikasi antar satu dengan yang lain. Dengan ada nya komunikasi pesan yang tidak jelas dengan apa yang mereka berikan, seperti dengan contohnya mereka meberikan hutang kepada pelangga dengan senang, tetapi si pelanggan tidak membayarkan sesuai dengan komunkasi yang mereka sampaikan di awal.Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Pedagang, Hambatan Komunikasi
KOMUNIKASI PEMBELAJARAN SEKOLAH LUAR BIASA RISANTYA BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 Rasya Adyarahma
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5728

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya untuk menyesuaikan kegiatan pembelajarannya dengan berbagai pertimbangan yang muncul terkait kebutuhan siswa selama masa pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran yang dilakukan untuk siswa autis pada tingkat SD di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya pada masa pandemi COVID-19; (2) alasan dipilihnya metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Narasumber tersebut terdiri dari seorang kepala sekolah, satu orang guru, dan dua orang tua siswa. Penelitian ini didukung oleh Teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses komunikasi pembelajaran di Sekolah dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Risantya dilakukan melalui BDR (Belajar dari Rumah) dan program pengembangan diri. Dengan adanya dua kegiatan tersebut, guru dan orang tua berperan sebagai pendidik bagi siswa. Guru dan orang tua memerlukan kemampuan menyampaikan komunikasi verbal dan nonverbal dengan baik. Pembelajaran dilakukan dalam level komunikasi antarpribadi, berlangsung secara adaptif dan menggunakan diferensiasi instruksi sesuai kemampuan tiap siswa. (2) Metode pembelajaran yang digunakan menjadi pilihan karena adanya aspirasi dari orang tua terkait kegiatan pembelajaran siswa di tengah pandemi COVID-19.
Analysis of Student Receptions Against Sexual Violence Warta Ngapak Panturapost.com Reza Abineri
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5768

Abstract

Online media such as Panturapost.com are able to change the concept of audiences in consuming news to online. The page with the highest number of readers is Warta Ngapak with the theme of sexual violence. That's why this study discusses the meaning of audiences/readers, especially news of sexual violence. This study uses qualitative research methods using Stuart Hall reception analysis to 14 santri community informants. They will read Warta Ngapak news about sexual violence. This reception analysis will focus on the meeting between the text and the reader where the reader is the producer of meaning. The purpose of this study was to examine the acceptance and meaning of adolescent students towards news texts. The process and technique of data collection used focus group discussions (FGD) and in-depth interviews with the pesantren community. The data analysis technique uses reception analysis with encoding-decoding of readers starting from interpretation, concretization, or critical of something that is read by the audience.
ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA FILM “12 SUICIDAL TEENS” KARYA YUKIHIKO TSUTSUMI Arawinda Nur Salsabyla; K. Y.S. Putri
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.5790

Abstract

Mass communication is the process of designing messages to be delivered to large audiences and spread over a wide geographic area, generally verbal or visual through media channels. Movie is a form of mass communication media. This research aims to describe the meaning of the moral message contained in "12 Suicidal Teens". This study uses a descriptive qualitative approach. The unit of analysis in this study is a cut of several scenes and dialogues in "12 Suicidal Teens". The results showed that the moral message contained in several scenes and dialogues in the movie.Keywords: movie, semiotics analysis, moral message Komunikasi massa adalah proses perancangan pesan disampaikan kepada khalayak yang besar dan beragam pada area geografis yang luas, umumnya berupa verbal atau visual melalui saluran media. Film merupakan salah satu bentuk media komunikasi massa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan makna pesan moral yang terdapat dalam film “12 Suicidal Teens”. Penelitian ini memakai ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini ialah potongan beberapa adegan dan dialog dalam film “12 Suicidal Teens”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang terkandung dalam beberapa adegan dan dialog dalam film tersebut.Kata kunci: film, analisis semiotika, pesan moral
Peran Instagram dalam Strategi Digital Public Relations bagi Industri Perhotelan di Kota Malang Nur Kholis
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.6093

Abstract

Praktik public relations yang merupakan bagian dari strategi komunikasi perlu disesuaikan dengan era ekonomi digital. Penelitian ini mengidentifikasi peran Instagram sebagai media digital dalam praktik kehumasan di industri perhotelan, berfokus pada hubungan dengan pelanggannya. Seiring dengan tingginya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, hotel dan hubungan pelanggan dapat diidentifikasi dari interaksi mereka di Instagram. Berdasarkan topiknya, dilakukan metode kualitatif, wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive dikumpulkan untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan media yang efektif untuk membangun kepercayaan antara hotel dan pelanggannya karena tiga alasan. Pertama, menciptakan hubungan langsung karena pelanggan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pihak hotel untuk menanyakan informasi apa pun dengan mengirimkan pesan langsung atau menambahkan komentar. Kedua, Instagram mungkin bisa memberikan customer experience melalui kuis-kuis seputar product knowledge hotel atau hal-hal terkait lainnya. Ketiga, Instagram memungkinkan pelanggan untuk berbagi informasi positif tentang hotel dengan berbagi foto selama mereka menginap. Kepercayaan yang dibangun diharapkan dapat mendukung hotel untuk bersaing di era digital. Kata Kunci: Instragram; public relations; strategi komunikasi
BRANDING PERUSAHAAN KAWAN DOKTER MELALUI KEGIATAN KOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN Novrianti Hasri
Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna Vol 18 No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Ilmu Komunkasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.actadiurna.2022.18.2.6189

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the leadership style, and employee loyalty of Kawan Dokter Bandung in fighting for the company's brand. This research is a qualitative research using descriptive method. The data collection used were interviews, observations, and documentation. The research subject is the CEO or leader of Bandung doctors and their employees. The results found in this study are doctor friend leaders are able to build a leader character in achieving employee loyalty. The leader of friends doctors implements in six parts for the long term, namely company planning in achieving goals, foresight in analyzing strengths, weaknesses, and opportunities that will occur, employee loyalty that gives rights to every employee, creative freedom, freedom of expression, decision making. planning, decision making, and rewards aim to make them more confident and provide career opportunities for employees who have good competence. Leaders give awards to employees who have great loyalty so that automatically employees will be loyal to the company without thinking about the time given to the company and also fight for a company brand. Keywords: Leadership Strength, Employee Loyalty, Doctor Friend, Branding Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya pemimpin, dan loyalitas karyawan Kawan Dokter kota Bandung dalam memperjuangkan brand perusahaan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk subjek penelitian adalah CEO atau pemimpin kawan dokter Bandung dan beserta karyawannya. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu pemimpin kawan dokter mampu membangun sebuah karakter pemimpin dalam dalam mencapai loyalitas karyawan. Pemimpin kawan dokter mengimplementasikan dalam enam bagian untuk jangka panjang yaitu perencanaan perusahaan dalam mencapai tujuan, pandangan untuk ke depan dalam menganalisa kekuatan, kelemahan, dan peluang yang akan terjadi, Loyalitas karyawan yang memberikan Hak kepada setiap karyawan, kebebasan kreatif, kebebasan menyampaikan pendapat, pengambilan rencana, pengambilan keputusan, dan reward tujuannya supaya lebih percaya diri dan memberikan kesempatan karir karyawan yang memiliki kompetensi bagus. Pimpinan memberikan penghargaan ke karyawan yang mempunyai loyalitas besar sehingga dengan sendirinya karyawan akan loyal terhadap perusahaan tanpa memikirkan waktu yang diberikan kepada perusahaan dan juga memperjuangan sebuah brand perusahaan. Kata Kunci: Gaya Pemimpin, Loyalitas Karyawan, Kawan Dokter, Merek

Page 1 of 1 | Total Record : 9