cover
Contact Name
Jajat Darojat
Contact Email
eduvis.bbc@gmail.com
Phone
+6285292009128
Journal Mail Official
eduvis.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III, Tuparev, Cirebon Tlp. 0231-246215
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 27157652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Eduvis (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) adalah publikasi interdisipliner penelitian asli dan artikel tentang manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon yang terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, ulasan, komunikasi pendek dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan termasuk Ilmu manajemen pendidikan Islam, Masalah manajemen pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren, Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, madrasah atau pesantren, Media dan sumber belajar dalam manajemen pendidikan Islam, Manajemen pendidikan Islam berbasis Al Quran dan Hadits, Sejarah manajemen pendidikan Islam, Model dan Metode Pembelajaran, Evaluasi Belajar, Strategi Belajar Redaksi mengundang para akademisi, dosen maupun peneliti untuk berkontribusi sesuai scope di atas. Artikel dapat disubmit secara online, dengan register sebagai penulis. Jurnal ini merupakan jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas digunakan. Pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau mensitasi ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 1 Documents clear
Implementasi Pendidikan Life Skill Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon Sana Sana
Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 7 No 2 (2022): Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi pendidikan life skill di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh tiga subjek penelitian, yaitu ketua pondok, alumni, guru dan santri di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon serta pihak lain yang terkait. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada Bulan November 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (penyederhanaan), data display, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: prinsip implementasi komponen pendidikan life skill sudah ada di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, hal ini ditandai dengan sudah adanya pendidikan yang berorientasi pada keterampilan dan keahlian santri, hanya saja implementasi pendidikan lifes kill yang ada di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon diposisikan secara terpisah, dalam artian, tidak tersusun dalam bentuk satuan kurikulum pada jenjang pendidikan yang sudah ada akan tetapi implementasi pendidikan lifes kill diposisikan pada bagian tersendiri dengan pengelolaan yang tersendiri pula, yaitu dengan dibentuknya lembaga-lembaga keterampilan, lembaga keorganisasian, kegiatan kursus, danpelatihan. Implementasi pendidikan life skill yang diterapkan adalah Personal Skill, Social Skill, Academic Skill, dan Vocational Skill.

Page 1 of 1 | Total Record : 1