cover
Contact Name
Teti Sugiarti
Contact Email
agriscience@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285232044703
Journal Mail Official
agriscience@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture Trunojoyo University, Indonesia Jl. Raya Telang 02 Kamal Bangkalan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
AGRISCIENCE
ISSN : -     EISSN : 27457427     DOI : https://doi.org/10.21107/agriscience
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource Management, Corporate Governance, Strategic Management, Entrepreneurship
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1: Juli 2020" : 25 Documents clear
STRUKTUR, PERILAKU, DAN KINERJA USAHA RONCE MELATI RATO EBHU DI DESA TUNJUNG KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN Meilinda Sari; Novi Diana Badrut Tamami
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8018

Abstract

Kabupaten Bangkalan merupakan sentra bunga melati di Provinsi Jawa Timur dan dikenal dengan melati Rato Ebhu. Kelestariannya dipertahankan oleh masyarakat dengan merangkainya menjadi sebuah produk yaitu ronce melati. Banyaknya produsen ronce melati menimbulkan persaingan, oleh sebab itu pemasaran menjadi ujung tombak bagi masing-masing produsen. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis struktur pasar ronce bunga melati Rato Ebhu, 2) menganalisis perilaku pasar ronce bunga melati Rato Ebhu, 3) menganalisis kinerja pasar ronce bunga melati Rato Ebhu dengan jumlah sampel sebanyak delapan belas usaha yang ditentukan dengan metode sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan SCP (Structure, conduct, Performance). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) struktur pasar ronce melati Rato Ebhu mengarah kepada pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar oligopoli. 2) Berdasarkan analisis perilaku pasar ronce melati Rato Ebhu harga yang ditawarkan ditentukan oleh pemilik usaha masing-masing serta produsen melakukan promosi guna meyakinkan konsumen bahwa pelayanan yang diberikan dapat bersaing dipasar. 3) Kinerja pasar ronce melati Rato Ebhu dilihat dari tingkat keuntungan berada pada level tinggi karena nilai rata-rata keuntungan yang diperoleh lebih dari 50%.
TREN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME IMPOR BAWANG PUTIH DI INDONESIA I'anatus Shofiyah; Teti Sugiarti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8001

Abstract

Bawang putih merupakan komoditas tanaman hortikultura yang jumlah konsumsinya tinggi dan cenderung meningkat tiap tahun. Konsumsi bawang putih yang tinggi, tidak seimbang dengan jumlah produksi, sehingga terjadi impor. Indonesia menjadi negara importir bawang putih terbesar di dunia dengan persentase 23,33%. Tujuan dari penelitian ini adalah :(1) mengetahui tren volume impor bawang putih di Indonesia tahun 2019-2023, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume impor bawang putih di Indonesia. Metode analisis yang digunakan ialah analisis tren dan regresi linier berganda. Hasilnya, tren volume impor bawang putih cenderung naik dengan rata-rata 7,40%. Secara parsial, jumlah produksi domestik dan konsumsi domestik berpengaruh signifikan terhadap volume impor bawang putih.
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU TRADISIONAL MADURA Luluk Ristin; Isdiana Suprapti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7785

Abstract

Perekonomian industri jamu telah berkontribusi bagi pendapatan nasional, meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat yang mampu menggeser pola konsumsi masyarakat “back to nature” untuk kembali menggunakan tanaman herbal sebagai sarana pengobatan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tradisional Madura. Sampel sebanyak 30 responden diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product, promotion, process, dan physical evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tradisional di UD Nata Payung Emas.
PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUDAK DI TOKO SARI KELAPA Tutik Wahyuni; Amanatuz Zuhriyah
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8005

Abstract

Pudak adalah makanan khas Gresik yang telah dikembangkan oleh banyak UMKM. Meningkatnya persaingan bisnis, menuntut Sari Kelapa sebagai produsen Pudak untuk memahami karakteristik dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik konsumen Pudak, menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian dan menentukan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Pudak di toko Sari Kelapa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Pudak di toko Sari Kelapa sebagian besar adalah laki-laki, pekerja swasta, berpenghasilan Rp. 500.000-1.000.000, berpendidikan SMA, berusia 25-34 tahun dan mayoritas berasal dari Gresik. Secara bersamaan, faktor budaya, pribadi, psikologis dan sosial memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen.
PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANG DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI PADI SAWAH (Studi Kasus Kelompok Tani Padi Sawah di Desa Gili Barat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan) Siti Halimah; Slamet Subari
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran penyuluh pertanian lapang terhadap kelompok tani padi sawah; (2) mengetahui pengaruh peran penyuluh terhadap pengembangan kelompok tani padi sawah; (3) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk mengembangkan potensi petani dan pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif statistik dengan pendekatan regresi linier berganda, responden pada penelitian ini yaitu ketua BPP Kamal, penyuluh, dan kelompok tani Sumber Rejeki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator dan dinamisator berkategori sedang, sedangkan peran penyuluh sebagai motivator dan inovator berkategori tinggi; (2) secara simultan peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator, dinamisator, motivator, dan inovator berpengaruh secara signifikan. Secara parsial peran penyuluh pertanian yang paling berpengaruh secara signifikan yaitu fasilitator, dinamisator, dan innovator; (3) Kendala yang dihadapi oleh petugas penyuluh lapang pertanian yaitu partisipasi anggota kelompok tani yang masih kurang, sulitnya petani menyerap materi yang diberikan penyuluh, dan waktu penyuluhan yang tidak bisa ditentukan.
MOTIVASI DAN MINAT MAHASISWA PRODI AGRIBISNIS UTM TERHADAP PEKERJAAN WIRAUSAHA Chilyatun Nafisah Oktavina; Teti Sugiarti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8009

Abstract

Fenomena pengangguran lulusan diploma I/II/III dan sarjana mengalami kenaikan pada 2018 dan 2019 bila dibandingkan dengan tahun 2017. Alternatif cara mengurangi pengangguran salah satunya dengan cara menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa perguruan tinggi. Prodi Agribisnis UTM kurikulumnya memuat mata kuliah kewirausahaan dan mata kuliah pendukung kewirausahaan lainnya, profil lulusan Prodi ini juga salah satunya pengusaha agribisnis. Namun berdasarkan hasil tracer study 2019 menyatakan bahwa mereka setelah lulus langsung memilih melamar pekerjaan sebanyak 95% dan 5% memilih tidak mencari pekerjaan karena melanjutkan studinya. Tujuan penelitian ini untuk: mengetahui tingkat motivasi dan minat mahasiswa terhadap pekerjaan sebagai wirausaha, mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi mahasiswa terhadap minat pekerjaan sebagai wirausaha. Jumlah sampel yang diteliti 60 responden dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi dan minat mahasiswa Agribisnis terhadap pekerjaan sebagai wirausaha termasuk kategori tinggi. Variabel motivasi yang berpengaruh secara signifikan: variabel kebebasan bekerja, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga. Saran untuk meningkatkan motivasi mahasiswa Agribisnis terhadap minat sebagai wirausaha dapat dilakukan dengan cara mengadakan seminar serta pelatihan-pelatihan kewirausahaan yang sifatnya kontinu dan untuk orang tua mahasiswa supaya selalu mendukung keputusan anaknya dalam memilih karir sebagai seorang wirausaha.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN VARIABEL KEPUASAN SEBAGAI MEDIASI DI KPRI MAKMUR KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN Musdalifah Musdalifah; Fuad Hasan
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8002

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan koperasi yang ada di indonesia mengalami penurunan dan beberapa koperasi dibubarkan oleh pemerintah disebabkan koperasi tersebut tidak melakukan tugasnya sesuai aturan yang berlaku serta tidak memberikan pelayanan yang maksimal terhadap anggotanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Tingkat kualitas layanan, kepuasan, serta loyalitas anggota koperasi KPRI Makmur, (2) Pengaruh kualitas pelayan terhadap kepuasan di KPRI Makmur, (3) Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota di KPRI Makmur, (4) Pengaruh secara langsung kualitas layanan terhadap loyalitas anggota di KPRI Makmur; dan (5) Pengaruh secara tidak langsung kualitas layanan terhadap loyalitas anggotadi KPRI. Sampel sebanyak 61 responden diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu analisis deskriptif, serta analisis jalur. Perolehan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan yang diberikan KPRI makmur menunjukkan sangat baik dilihat dari besaran nilai rata-rata variabel yang diperoleh berdasarkan jawaban responden menjawab sangat baik, kepuasan yang diperoleh anggota KPRI Makmur menunjukkan sangat puas dilihat dari nilai rata-rata variabel yang diperoleh berdasarkan jawaban responden menjawab sangat puas, loyalitas anggota KPRI Makmur menunjukkan sangat loyal dilihat dari nilai rata-rata variabel yang diperoleh berdasarkan jawaban responden menjawab sangat loyal. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan  terhadap kepuasan anggota, (3) Kualitas Pelayanan secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas anggota, (4) variabel Kepuasan anggota memiliki pengaruh negatif dan signifikan  terhadap  variabel loyalitas, (5) variabel kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota.
PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI DAN TINGKAT EFISIENSI TEKNIS USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI MADURA Zainal Hasan; Elys Fauziyah
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7507

Abstract

Jagung merupakan tanaman pangan yang banyak dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga, pakan ternak dan bahan baku industri. Madura memiliki luas lahan sebesar 400.000 ha yang sangat potensial untuk mengembangkan jagung hibrida. Namun, tingkat produktivitasnya masih sangat rendah. Studi ini bertujuan menganalisis  faktor yang dapatberpengaruh terhadap produksi dan memprediksi tingkat efisiensi teknis pada usahatani jagung hibrida. Metode analisis menggunakan fungsi produksi Stochastic Frontier untuk mengistimasi nilai pendugaan menggunakan Maximum Likelihood Estimation (MLE). Jumlah sampel dalam studi ini sebanyak 60 responden secara purposive terbagi sama besar atas empat kabupaten. Hasil analisis data memberikan gambaran bahwa faktor yang berpengaruh terhada  produksi usahatani jagung hibrida adalah luas lahan yang diusahakan, benih jagung, penggunaan pupuk organik, urea, phonska dan keterlibatan tenaga kerja. Hasil analisis lainnya menunjukkan bahwa tingkat efisiensi teknis produksi  jagung hibrida di Madura 88% sudah efisien.
PERSEPSI DAYA DUKUNG EKOWISATA BAHARI PULAU MANDANGIN KABUPATEN SAMPANG Rasita Risky Ariani; Mardiyah Hayati
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.8019

Abstract

Pulau mandangin merupakan salah satu wilayah di kabupaten sampang dengan luas 1650 km2 dan jumlah penduduk 20.568 jiwa. Sebagai sebuah pulau, mandangin berpotensi dikembangkan sebagai ekowisata bahari. Saat ini pemerintah desa bermaksud  mengembangkan  pulau mandangin sebagai kawasan pariwisata. Maka untuk menjamin keberlanjutan konservasi dan reabilitas sekaligus mendorong ekonomi masyarakat lokal dibutuhkan pengelolaan kawasan pariwisata yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghitung daya dukung dan menganalisis daya dukung ekonomi serta daya dukung sosial. Metode analisis untuk menghitung daya dukung kawasan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dukung kawasan pulau mandangin pada stasiun pasir putih dapat menampung wisatawan sebanyak 480 orang/hari dengan luas areal 12000 m² dan stasiun candin sebanyak 1136 orang/hari wisatawan dengan luas areal 28400 m² pada rekreasi pantai. Pada daya dukung ekonomi adanya ekowisata di pulau mandangin dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Daya dukung sosial masyarakat pulau mandangin menerima keberadaan ekowisata dan bersedia menerima kedatangan wisatwan dengan fasilitas pariwisata yang mendukung.
NILAI TAMBAH PENGOLAHAN SALAK DI HOME INDUSTRY “BUNDA ARUM” BOJONEGORO Aldi Wicaksono; Isdiana Suprapti
Agriscience Vol 1, No 1: Juli 2020
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i1.7806

Abstract

Buah salak tergolong komoditas bersifat musiman, mudah rusak, serta waktu penyimpanannya relatif pendek, sehingga menimbulkan kerugian. Agar tidak menimbulkan kerugian diperlukan perpanjangan masa simpan produk salak dengan cara melakukan proses pengolahan salak menjadi kurma salak. Tujuan penelitian (i) Mengetahui besarnya pendapatan dan (ii) Mengetahui besarnya nilai tambah pengolahan salak jadi kurma salak. Penelitian dilakukan di Home Industry “Bunda Arum” Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian menggunakan analisis pendapatan dan metode Hayami untuk mencari nilai tambah. Pendapatan Home Industry “Bunda Arum”. sebesar Rp 5.003.430 per bulan. Besarnya nilai tambah sebesar 24.500/kg dalam sekali produksi.

Page 1 of 3 | Total Record : 25