cover
Contact Name
SAFITRI JUANITA
Contact Email
idealis.fti@budiluhur.ac.id
Phone
+6283898928000
Journal Mail Official
idealis.fti@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Idealis : Indonesia Journal Information System
ISSN : -     EISSN : 26847280     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Indonesia Journal Information System (Idealis) adalah jurnal penelitian Program Studi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah Decision Support System, E-Commerce/E-Business, Datawarehouse/BI, Enterprise System, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan selamat membaca,  Admin Jurnal Idealis
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019" : 36 Documents clear
ANALISA DAN RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENILAIAN SISWA BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS: SD NEGERI KUNCIRAN 9 Linda Ratna Sari; Rusdah Rusdah
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis untuk mengetahui bagaimana proses berjalan pada penilaian siswa. Sejauh ini proses yang berjalan untuk pembuatan laporan penilaian masih menggunakan bantuan media aplikasi Microsoft Office dan untuk proses pencatatan penilaian siswa masih memberikan nilai secara tertulis, pada media penyimpanan data ada yang masih berupa buku maka jika ada data siswa dan nilai yang ingin diganti perubahan tersebut dilakukan dengan cara mencoret dari data lama ke data yang baru. Pencoretan tersebut membuat buku menjadi tidak bersih dan tidak rapi. Permasalahan lainnya pada proses pencarian data siswa memerlukan waktu 1 atau 2 jam karena jumlah data yang ada terbilang tidak sedikit. Dengan adanya beberapa masalah yang ada untuk memecahkan beberapa masalah tersebut maka diperlukan sistem yang terkomputerisasi, Penulis menganalisa dan merancang Sistem Informasi Penilaian Siswa menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 2008, menggunakan MYSQL sebagai database dengan metodologi berorientasi obyek dan menggunakan metode Waterfall. Tujuan penulis menggunakan sistem terkomputerasi ini menjadi solusi mempermudah pengolahan nilai yang dapat meningkatkan proses pengolahan data nilai dan pengontrolan data dalam permasalahan yang serupa. Hasil akhir yang dibuat adalah sebuah Sistem Informasi pengolahan data penilaian siswa berbasis desktop pada SD Negeri Kunciran 9 yang membantu pengolahan data dan pehitungan data nilai.
PENERAPAN METODE E-COMMERCE PADA TOKO SEPATU KINYA STORE Ricky Octa Pratama; Humisar Hasugian
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, baik perusahaan industry kecil, menengah maupun besar, akan sangat membutuhkan teknologi internet agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Karena dampak dari internet dapat membantu sebuah perusahaan dalam kemajuan perusahaan untuk hal penjualan produk, iklan dan jasa. Oleh karena itu, teknologi web di internet memainkan peran yang sangat penting. Toko Kinya Store adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam sepatu. Mulai dari sepatu sport, casual dan running tersedia di Toko Kinya Store. Toko Kinya Store sendiri didirikan pada tahun 2017. Permasalahan yang dihadapi pada Toko Kinya Store adalah penjualan yang hanya dilakukan pada jam kerja, jangkauan customer yang hanya sedikit, serta kesulitan dalam mencari stok size sepatu dan kesulitan mencari informasi detail tentang sepatu yang dipasarkan. Untuk itu diperlukan berupa sistem yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Penulis menggunakan metode studi pustaka, wawancara, dan observasi. Untuk perancangan basis data menggunakan alat bantu Entity Relationship Diagram dan dengan tools Unified Modeling Language. Pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Processor dan Hypertext Markup Language, dengan Database MySQL. Hasil akhir yang dicapai dalam penelitian ini adalah prototipe sistem e-commerce yang dapat membantu pihak manajemen dalam proses penjualan dan pengembangan usahanya.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU TERBAIK PADA SD STRADA SANTA MARIA DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) DAN SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) Prima Apriastika; Lusi Fajarita
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai sistem penunjang keputusan dalam penentuan guru terbaik pada SD Strada Santa Maria. SD Strada Santa Maria merupakan komunitas pendidikan yang unggul, peduli, dan berjiwa melayani. Saat ini, pihak sekolah sudah melakukan kegiatan penilaian dalam penentuan guru terbaik, tapi dalam penilaian tersebut belum menghasilkan hasil yang maksimal karena di SD Strada Santa Maria ini semua guru-guru sudah dikatakan baik, semuanya setara, tidak ada yang membedakan derajatnya, Oleh karena itu SD Strada Santa Maria membutuhkan suatu sistem penunjang keputusan yang bersifat objektif, terstruktur, agar hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan harapan dan dapat meningkatkan kualitas dan mutu guru agar tercapai dengan baik. Sistem yang akan dibuat ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) digunakan dalam penentuan bobot dari kriteria yang ada yaitu spiritualisme, profesionalisme, kepemimpinan, dan solidaritas, yang nantinya akan dibandingkan dengan kriteria lainnya. Dan metode SAW (Simple Additive Weighting) digunakan dalam menyeleksi perankingan alternatif. Tool yang digunakan dalam sistem penentuan guru terbaik ini yaitu HeidiSQL sebagai database dan Microsoft Visual Studio 2008 sebagai perancang sistem. Dengan adanya sistem penunjang keputusan ini, dapat membantu Kepala Sekolah SD Strada Santa Maria dalam menentukan guru terbaik sehingga menghasilkan keputusan maksimal dan tepat.
PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN TAS DAN SEMINAR KIT BERBASIS E-COMMERCE PADA PT. RPM Anas Buchari; Yudi Santoso
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan teknologi informasi sudah menjadi hal yang wajib pada era digital saat ini, diikuti dengan perkembangan internet yang semakin luas semakin menguatkan pentingnya suatu sistem berbasis web. Dalam setiap kegiatan PT. RPM memproduksi banyak tas dan pengadaan seminar kit dalam jumlah yang cukup besar. Produksi barang khususnya tas dibuat secara spesifik berdasarkan kegiatan, sehingga setiap kegiatan harus memproduksi tas yang berbeda dan akan membuat penumpukan barang di gudang seiring bertambahnya proyek yang telah dilakukan. Untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi penumpukan stok di gudang, pemilik menjual barang hasil produksi tersebut. Kurangnya media pemasaran dan informasi produk membuat angka penjualan rendah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap bagian penjualan, diperlukan suatu sistem penjualan berbasis web yang terintegrasi dengan data perusahaan seperti data produk, pelanggan dan mampu memasarkan produk. E-Commerce mampu memberikan suatu pendekatan teknologi terkait pemasaran yang tanpa batas dan waktu selama terhubung dengan internet, pemesanan secara online serta memudahkan pelanggan dalam pencarian informasi produk khususnya stok tersedia yang bisa ditampilkan secara realtime. Sistem yang peneliti buat memiliki fitur pencarian produk baik berdasarkan kategori, jenis dan rentang harga produk. Fitur untuk mengelola produk, pemesanan sampai pengiriman dan cetak laporan serta laporan jurnal keuangan dapat memberikan informasi pendapatan serta keuntungan yang diperoleh perusahaan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KURSUS MENYELAM BERBASIS WEB STUDI KASUS: PT. MASTER SELAM INDONESIA dwinurabdayanti dwinurabdayanti; Goenawan Brotosaputro
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melihat perkembangan teknologi dewasa ini, banyak perusahaan menyadari perlunya membangun dan mengembangkan sistem informasi. Sistem informasi yang penulis ajukan yaitu “Sistem Informasi Administrasi Kursus Menyelam Pada PT Master Selam Indonesia Berbasis Web” bermaksud menganalisa, memperbaiki sistem berjalan dengan cara memperpendek siklus bisnis dari sistem berjalan dan menambahkan tekhnologi baru yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis perusahaan yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya jumlah siswa yang mengikuti sekolah selam pada PT. Master Selam Indonesia. Penulis juga mencoba memperkecil resiko terjadinya kesalahan-kesalahan yang sebelumnya pernah terjadi pada sistem berjalan dengan mengotomatisasi laporan-laporan terutama laporan-laporan terkait keuangan perusahaan seperti: laporan jurnal umum, laporan jurnal penerimaan kas, laporan data siswa, laporan rata-rata pendapatan dan laporan-laporan lainnya. Pada penulisan penelitian ini, jenis metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode wawancara, studi pustaka, pengamatan dan dokumentasi kepada pihak instansi yang bersangkutan. Pembuatan sistem menggunakan analisa dan desain sistem informasi yang dimulai dari analisa sistem yang sedang berjalan dengan mengimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP, HTML5 dan CSS dan menggunakan database MySQL. Dengan adanya analisa dan desain ini penulis berharap dapat mempermudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam proses administrasi sekolah selam, serta mempermudah proses administrasi khususnya pendaftaran siswa baru.
PERANCANGAN E-COMMERCE UNTUK MEMPERMUDAH PENJUALAN STUDI KASUS: XYZ Rakha Luri Mubarak; Agus Umar Hamdani
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

XYZ merupakan sebuah badan usaha perorangan yang bergerak didalam bidang penjualan makanan dan aksesoris hewan didirikan pada tanggal 09 Januari 2008, berlokasi di Jl.Cilandak KKO No.48 Jakarta Selatan.Pada XYZ tersebut, penulis melakukan perancangan e-commerce untuk mempermudah penjualan. Dimana sistem yang sedang berjalan pada XYZ. Belum dilakukan secara efektif seperti mengalami kesulitan dalam mengetahui informasi pesanan dari customer karna pemesanan hanya melalui media suara dan tidak ada nya dokumen untuk merekam pesanan customer sehingga barang yang di pesan customer tidak sesuai. Dengan adanya teknologi informasi yang berkembang pesat pada saat ini, sangat mungkin untuk mendukung proses untuk mempermudah penjualan menjadi lebih efisien. Masalah tersebut menjadi sebuah peluang besar untuk menangani masalah yang terjadi pada XYZ. Dengan merancang sistem mempermudah penjualan secara online dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi XYZ. Sehingga dapat memudahkan kegiatan penjualan serta mampu bertahan lama dan bersaing ketat dengan penyedia layanan jasa serupa seperti yang ada pada saat ini. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan PHP, dan menggunakan database MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan sistem e-commerce untuk mempermudah penjualan yang berbasis web, dapat membantu XYZ dalam mengatasi dan menangani masalah-masalah yang sering terjadi.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI JUAL BELI BUKU BERBASIS WEB PADA PT PUSTAKA UKHUWAH DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK Rizcha Wahyu Purbayanti; Lis Suryadi
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi diharapkan dapat menunjang berbagai aspek yang mementingkan adanya sarana pendukung dalam hal pengelolaan data dan penyimpanan yang bertujuan dapat menghasilkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat. Dikarenakan kegiatan bisnis dapat dilakukan dengan tepat sekaligus cepat pada saat proses transaksi berlangsung. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh PT. Pustaka Ukhuwah adalah dokumentasi data transaksi jual beli dan media penyimpanan yang kurang memadai. Dokumentasi data transaksi jual beli berguna untuk mengetahui segala aktifitas jual beli yang dilakukan dan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Selain itu dengan terdokumentasinya data transaksi jual beli dapat membantu proses audit jual beli bila diperlukan. Untuk pihak karyawan, dengan adanya sistem tersebut, proses transaksi jual beli, stok barang dan pembuatan laporan bulanan mudah dilakukan. Dengan pertimbangan tersebut, diperlukanlah sebuah sistem informasi yang dapat menyelesaikan persoalan di atas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dengan adanya sistem informasi , pengolahan data bisnis jual beli menjadi lebih baik. Pengembangan aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database Mysql dan Unifed Modeling Language(UML) sebagai tools untuk mendesain rancangan sistemnya. , , ,,
PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA SMA PGRI 117 KARANG TENGAH Geri Andika; Bima Cahya Putra
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia teknologi sangat cepat berkembang didalam segala aspek kehidupan. Dengan teknologi dan informasi dapat dihasilkan sebuah data yang tepat dan akurat yang dapat dipakai sebagai sarana pendukung. SMA PGRI 117 Karang Tengah adalah tempat pendidikan dan menuntut ilmu. Permasalahan yang dihadapi sistem yang berjalan pada SMA PGRI 117 Karang Tengah saat ini adalah sering terjadinya kesalahan dalam penyampaian informasi dari pihak sekolah kepada orang tua murid, permasalahan tersebut terjadi karena siswa tidak menyampaikan pemberitahuan dari sekolah kepada orang tua, sehingga orang tua banyak yang tidak mengetahui adanya surat pemberitahuan. Selain itu untuk melakukan konsultasi orang tua harus menunggu lama dikarenakan tidak adanya jadwal konsultasi yang baik. Dan orang tua sering tidak tahu anaknya masuk sekolah atau tidak, karena tidak adanya informasi kehadiran siswa yang bisa dilihat oleh orang tua. Maka penulis membuat sebuah aplikasi yang digunakan untuk pihak sekolah memberikan informasi kehadiran siswa dan untuk orang tua dapat membuat jadwal konsultasi. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySql.
ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PASIEN KIROPRAKTIK (STUDI KASUS: PURI CHIROPRACTIC) Bayu Wicaksono; Samsinar Samsinar
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat, bermunculan banyak pelayanan kesehatan baru dalam berbagai bentuk pelayanan medis diantaranya adalah kiropraktik. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena di Indonesia penyakit tulang belakang sering ditemui namun kurang mendapatkan perhatian serius. Tujuan penulisan ini untuk mengenalkan lebih luas kiropraktik kepada masyarakat dengan menggunakan metode prototyping. Untuk memenuhi tujuan tersebut dibutuhkan pendekatan dan pemberian pelayanan terbaik untuk mendapatkan kepuasan dan loyalitas pasien menggunakan strategi Customer Relationship Management (CRM). Tujuan CRM adalah untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan guna menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama serta mengembalikan pelanggan yang hilang, karenanya tentu berdampak pada peningkatan profit perusahaan. Sedangkan E-CRM (Electroninc Customer Relationship Management) merupakan perkembangan dari CRM yang memiliki fokus pada penggunaan media elektronik online dan offline sebagai alat pengelola data customer atau dalam praktek bisnis yang dilakukan Puri Chiropractic adalah sebagai pasien. Penelitian ini diharapkan menghasilkan sebuah sistem E-CRM yang mampu memberikan pelayanan terbaik guna mendapatkan kepuasan dan loyalitas pasien.
ANALISA DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI MODEL WEB E‑COMMERCE PADA MINIMARKET RENDY’S MART Rifqy Fauzi Hadijaya; Lusi Fajarita
IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System Vol 2 No 3 (2019): Jurnal IDEALIS Mei 2019
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendy’s mart merupakan sebuah toko minimarket yang berlokasi dijalan Swadaya No.91 RT04/03, Sudimara jaya, Ciledug, Kota Tangerang. Minimarket ini membutuhkan sistem informasi yang mendukung semua kegiatan yang ada didalam toko, khususnya penjualan. Adapun beberapa masalah yang timbul sebelum adanya sistem yaitu proses pencatatan pemesanan barang yang tidak terstruktur, tidak adanya informasi jumlah stok barang terkini karena tidak adanya perhitungan jumlah stok barang, serta tidak adanya laporan penjualan. Metode yang digunakan untuk menanggulangi masalah yang ada menggunakan metode waterfall. Pada pemodelan sistem, penulis menggunakan metodelogi berorientasi objek dengan alat bantu yaitu bahasa pemrograman yang digunakan PHP Hypertext Preprocessing dan untuk databasenya menggunakan MySQL. Hasil akhir dari perancangan sistem informasi penjualan barang berbasis web adalah memudahkan dalam proses penjualan barang dan pengambilan keputusan. Selain itu, penerapan sistem informasi berbasis web dengan tujuan mengembangkan minimarket Rendy’s Mart agar dapat bersaing dengan toko minimarket lainnya dibidang penjualan.

Page 1 of 4 | Total Record : 36