cover
Contact Name
Teguh Arie Sandy
Contact Email
penjualide@gmail.com
Phone
+6285232777747
Journal Mail Official
jira@ahlimedia.com
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU No.36 Malang 65138
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Published by Ahlimedia Press
ISSN : 27456056     EISSN : 27457036     DOI : https://doi.org/10.47387/jira.v1i1
JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan Kuantitatif - Studi Pendidikan dan Studi Literasi - Pengembangan Media Pembelajaran - Pemanfaatan TIK & Teknologi Terkini
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2020)" : 11 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING Mrs. Komariyah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.60

Abstract

Tujuan penelitian ini memaparkan peningkatan hasil pembelajaran Aqidah Akhlak melalui pendekatan problem based learning.Pendekatan problem based learning dianggap mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut bisa mengalami peningkatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendekatan spiral, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan pemikiran kembali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan dalam aktivitas listening dari 86% menjadi 88%, oral dari 45% menjadi 61%, emotional dari 65% menjadi 84%, visual dari 35% menjadi 78%, writing dari 65% menjadi 73%, motor dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. The purpose of this study is to describe the improvement of Aqidah Akhlak learning outcomes through a problem based learning approach. The problem based learning approach is considered capable of making students more active in class learning. Thus, student learning outcomes in learning can experience an increase. This research method is Classroom Action Research (PTK) which refers to the spiral approach, namely planning, implementing, observing, and rethinking. The subjects of this study were students in grade V. The results showed an increase in listening activity from 86% to 88%, oral from 45% to 61%, emotional from 65% to 84%, visual from 35% to 78%, writing from 65 % to 73%, motoric from 39% to 69%, and mental from 66% to 68%.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAPEL PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN Mulyo Utomo
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.56

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang prestasi belajar serta mendapatkan bukti tentang kontribusi penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Standar Kompetensi Pemeliharaan Sistem Starter, dari penelitian ini didapatkan data bahwa pada test akhir kegiatan pada siswa eksperimen mempunyai rata-rata prestasi belajar 78 , dan pada siswa pembanding mempunyai rata-rata prestasi belajar 73. Pada penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Adapun analisa data yang dipakai untuk pembuktian hipotesa menggunakan metode analisa data statistic dengan uji-t indepent. Dari analisis data  ini diperoleh nilai t hitung sebesar 2,4 sedangkan nilai t table dengan probabilitas sebesar 0,05 diperoleh nilai sebesar 2,003 dari analisa data tersebut menunjukkan t hitung lebih besar t table,  jadi H0 ditolak dan H1 terima sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Produktif Teknik Kendaraan Ringan di kompetensi Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan pada Standar Kompetensi  Pemeliharaan Sistem Starter.The purpose of this study was to obtain data and information about learning achievement and to obtain evidence about the contribution of the use of learning media to student achievement in the subject of Light Vehicle Engineering Competency Standards for Starter System Maintenance, from this study it was obtained data that in the final test activities on experimental students had the average learning achievement was 78, and the comparison students had an average learning achievement of 73. In this study, the questionnaire method and the documentation method were used. The data analysis used to prove the hypothesis used statistical data analysis methods with independent t-test. From this data analysis, it is obtained that the t value is 2.4 while the t value with a probability of 0.05 is obtained by a value of 2.003 from the data analysis, it shows t count more than t table, so H0 is rejected and H1 is accepted so that it can be concluded that there is a significant relationship between learning media and student achievement in the subject of Productive Light Vehicle Engineering in the Electrical Maintenance competency of Light Vehicles in the Starter System Maintenance Competency Standards.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DENGAN MEMANFAATKAN FITUR RUMAH BELAJAR PADA PADA MATA PELAJARAN IPA Sri Handayati
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.61

Abstract

Adanya Virus corona covid-19 yang sudah mewabah hampir seluruh negara termasuk Indonesia telah membawa perubahan yang mendesak pada berbagai sektor, demikian juga dengan sektor Pendidikan.  Tanpa terkecuali sektor ini  juga telah terdampak dengan adanya virus covid-19, akibatnya terjadi berbagai perubahan dalam sektor Pendidikan, perubahan ini terjadi sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran virus covid-19, Adapun peybahan mendasar yang terjadi antara lain adalah perubahan model pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka, maka dengan adanya virus covid-19 berubah menjadi pembelajaran di rumah atau pembelajaran jarak jauh (online). Sejak diberlakukannya pembelajaran online pada awal bulan Maret sampai saat ini jika dihitung kira-kira sudah berlangsung selama hampir 7 bulan , merupakan waktu yang waktu yang cukup  lama  bagi anak-anak termasuk juga bagi guru, hal ini telah menimbulkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran, menurunnya motivasi belajar siswa merupakan salah satu  masalah yang  telah dihadapi hampir semua guru dan di semua jenjang Pendidikan. Oleh karena itu diperlukan adanya solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran saat ini. Motivasi belajar siswa sangat penting agar hasil belajar siswa dapat meningkat.   Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran  e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan  penelitian jenis R and D (Research and Development) yang merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian  adalah mengunakan model Borg and Gall dengan menggunakan 8 tahap dari 10 tahap, yaitu: 1) Observasi Analisis kebutuhan, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Produk, 6) Uji coba Produk, 7) Revisi Akhir, 8) Penyebarluasan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan lembar angket. Media pembelajaran e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  yang di kembangkan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  yang mulai menurun sebagai akibat  pandemi virus covid 19. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pandaan siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan  adalah  siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandaan. Sementara Istrumen penelitian  yang digunakan berupa  angket uji kelayakan oleh Ahli media, Ahli Materi, dan Angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : 1) Berdasarkan validasi penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,875 yaitu berada pada kategori “Baik”. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,75 yaitu pada kategori “Baik”. Sementara Validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 3,875 yaitu berada pada kategori “Baik”. Untuk hasil uji coba skala kecil respon peserta didik diperoleh  skor 4,25  yaitu pada kriteria “Sangat Baik”, dan sedangkan pada uji coba skala besar respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,10 yaitu pada kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut  dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  berada dalam kategori baik dan dapat digunakan pada pembelajaran IPA secara daring siswa VIII I SMP N 1 Pandaan 
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TENTANG PERBANDINGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KONTEKSTUAL Binti Maqsudah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.52

Abstract

Salah satu penyebab kesulitan siswa dalam memahami nilai materi dan nilai perbandingan ternyata adalah penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa mencapai pemahaman materi ajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan pemahaman konseptual tentang materi perbandingan melalui pembelajaran kooperartif tipe STAD berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dengan tiga siklus  dengan subjek penelitian siswa kelas VII sejumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan rata-rata hasil belajar peserta didik di atas KKM 8,0, dan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 83,31 dengan ketuntasan belajar 93,10%. Respons siswa terhadap pembelajaran berbasis kontekstual adalah positif artinya siswa dengan mudah memahami materi ajar.One of the reasons for the difficulty of students in understanding the value of the material and the value of comparison is the improper application of learning strategies. Therefore, an effective learning strategy is needed to help students achieve understanding of the teaching material. The purpose of this study is to describe an increase in conceptual understanding of comparative material through contextual-based STAD cooperative learning. This type of research is classroom action research conducted collaboratively. This classroom action research was conducted in three cycles with the research subjects of class VII students totaling 29 students. The results showed an increase in student learning outcomes which was marked by an average student learning outcomes above the KKM 8.0, and the average value obtained was 83.31 with 93.10% learning completeness. Student responses to contextual-based learning are positive, meaning that students easily understand the teaching material.
PENUNTUN PRAKTIKUM IPA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS 4.0 UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN HOTS Khalida Agustina
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.57

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatihkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS), melalui kegiatan praktikum IPA dengan menggunakan penuntun praktikum animasi sparkol videoscribe. Penggunaan penuntun praktikum dengan animasi sparkol videoscribe sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era pembelajaran 4.0 dan keseharian siswa yang lekat dengan dunia digital. Penuntun praktikum IPA dengan animasi sparkol videosribe dirancang dengan langkah pembimbingan dari mulai merancang praktikum dan melaporkan praktikum dengan langkah HOTS. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian laporan. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan materi pembelajaran Suhu dan perubahannya.Target dari penelitian adalah sebanyak 60% siswa mendapatkan skor dengan kategori sangat baik pada 3 aspek HOTS dari hasil laporan praktikum siswa. Melatihkan keterampilan HOTS dengan penuntun praktikum IPA menggunakan animasi sparkol videoscribe berbasis pembelajaran 4.0 dapat meningkatkan keterampilan HOTS siswa pada laporan praktikum. Dari 32 orang siswa, terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 hasil telaah laporan praktikum siswa pada kategori yang sangat baik untuk keterampilan HOTSnya pada pada aspek Kelengkapan dan Ketepatan Bagian Laporan dari 18 siswa (56,25%) menjadi 25 siswa (78,13%),  pada aspek Kesesuaian hasil pengamatan dan pembahasan dari 17  siswa (53,13%) menjadi 23 siswa (71,88%) dan aspek kesimpulan dari dari 17 siswa (53,13%)  menjadi 25 siswa (78,13%).
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “InEL WeS GoBlog BerMasalah” : MENUJU PENINGKATAN MUTU GURU DAN SISWA PINTAR MEMECAHKAN MASALAH Mr. Asyharuddin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.65

Abstract

Proses seleksi siswa baru dengan kondisi baik pengetahuan maupun skill yang tidak sama dan mempunyai latar belakang dari SMP yang berbeda, maka tidak serta merta siswa cakap dalam pembelajaran produktif khususnya di tingkat SMK. Ketidaksamaan persepsi dalam pembelajaran tentunya membuat pendidik harus kreatif dan inovatif dalam memilih dan memilah metode atau strategi pembelajaran. Langkah konkret dalam implementasi strategi pemecahan masalah atau dalam penerapan strategi “InEl WeS GoBlog BerMasalah” adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan minat dan partisipatif aktif siswa, masalah cara memecahkan cording dan prestasi pemrograman web dengan menggunakan program HTML dan CSS sehingga menjadi PINTAR memecahkan masalah cording pelajaran pemrograman web dasar pada program keahlian Multimedia. Meskipun  demikian,  secara keseluruhan hasil yang diperoleh siswa sudah jauh lebih baik. Nilai yang diperoleh siswa meningkat rata-rata 34 point dari rata-rata 53 menjadi rata-rata 87, dan nilai tersebut di atas KKM/SPM, sehingga siswa dinyatakan tuntas. Perubahan yang terjadi pada aktivitas siswa tersebut sudah dapat membuktikan bahwa strategi pembelajaran “InEl WeS GoBlog BerMasalah” ini cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, terutama mata pelajaran pemrograman web dasar yang berhubungan dengan cording. Dengan demikian dampak yang ditimbulkan dari penerapan strategi pembelajaran ini adalah adanya peningkatan capaian SPM, meningkatnya minat dan semangat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran serta kemampuan memecahkan masalah dalam mendeskripsikan desain web, content web, dan coding.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS Mrs. Huduriah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.53

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru Dalam melaksanakan Pembelajaran  melalui Supervisi Klinis Pengawas. Pengawas dengan melakukan supervisi klinis pengawas diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogiknya dalam pelaksanaan pembelajaran.Selain itu, dengan adanya peningkatan kompetensi guru, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunaan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru MI Binaan Wilayah Kemenag Kab. Lombok Timur. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan rata-rata kemampuan guru dari siklus I yaitu 68.70%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77.04 %, dan meningkat kembali menjadi 85.19 % pada siklus III.The purpose of this study describes an increase in the ability of teachers to carry out learning through Clinical Supervision of Supervisors. Supervisors by conducting clinical supervision of supervisors are expected to improve the ability of teachers to improve their pedagogical competence in the implementation of learning. In addition, with an increase in teacher competence, it can improve student achievement. This type of research uses classroom action research with three cycles. The subjects in this study were MI teachers of the Ministry of Religion Regional Assistance, Kab. East Lombok. The results showed that there was an increase in the average ability of teachers from cycle I, namely 68.70%, then increased in cycle II to 77.04%, and increased again to 85.19% in cycle III.
PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA MANDIRI DAN HASIL BELAJAR MAPEL PRAKARYA MATERI PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN DI MTSN 1 BANTUL Asih Budiati
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh penerapan penilaian  berbasis proyek  untuk meningkatkan kemampuan kerja mandiri dan hasil belajar mata pelajaran prakarya materi pengolahan hasil peternakan dan perikanan di  MTsN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas dengan menerapkan penilaian berbasis proyek, kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui tiga  tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan yang berupa pengolahan, dan tahap pelaporan yang berupa  presentasi hasil pengolahan yang  diakhiri dengan test .  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  IXG di MTsN 1 Bantul  . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,  wawancara, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan cara kategorisasi/penggolongan meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran prakarya dengan menerapkan  penilaian  berbasis proyek dapat meningkatkan  kemampuan kerja mandiri dan hasil  belajar. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan kerja mandiri siswa dari 66,5%, pada siklus I menjadi 97,25% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 76,5% sebelum tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan menjadi 81,8 pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan penilaian berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan kerja mandiri dan hasil belajar siswa mapel prakarya materi pengolahan hasil peternakan dan perikanan.
UJI SKU DENGAN MENGGUNAKAN VLOG BAGI PRAMUKA PENGGALANG Hetty Dwi Agustin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.54

Abstract

Bagi Gugus depan, memiliki siswa Penggalang Garuda merupakan “Prestise” kebanggaan tersendiri. Maka sudah sepatutnyalah peran seorang pembina gugus depan untuk mendorong dan mendukung siswanya agar bersemangat menjadi Penggalang Garuda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengajak siswa penggalang untuk memanfaatkan Hand Phone untuk membuat Vlog sebagai sarana untuk uji SKU yang efektif dan efisien. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Demonstrasi. Hasilnya adalah sebagai berikut: 1). Siswa yang mempunyai HP dan bisa untuk membuat Vlog, maka akan didorong dan diberi motivasi untuk semangat uji SKU dengan membuat Vlog. 2). Siswa yang mempunyai HP dan tidak bisa untuk membuat Vlog, maka dapat diupayakan diajari oleh pembina atau teman dalam satu regunya untuk juga semangat uji SKU dan bisa membuat Vlog. 3). Siswa yang tidak mempunyai HP dan tidak bisa membuat Vlog, maka dapat diupayakan untuk pinjam pada orang tua, saudara, ataupun teman dalam satu regunya untuk juga semangat uji SKU dan bisa membuat Vlog. Dan disimpulkan bahwa penggunaan Vlog untuk uji SKU sangatlah efektif dan efisien bila diterapkan pada siswa penggalang.
MONITORING KEAKTIFAN MAHASISWA SELAMA PERKULIAHAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI ABSENSI DAN PENILAIAN BERBASIS MOBILE Nur Fajriah Muchlis
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.59

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia beberapa bulan lalu, nyaris seluruh aktifitas masyarakat terganggu, tidak terkecuali dengan proses pembelajaran. Kampus ditutup dan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan tatap muka, sehingga untuk melanjutkan proses pembelajaran harus menggunakan platform online. Proses perkuliahan tidak lepas dari sebuah penilaian dan absensi, oleh karena hal tersebut, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan dalam hal memonitor keaktifan juga penilaian terhadap mahasiswa. Metode pengembangan aplikasi RAD digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangan perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan dalam waktu yang singkat. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi yang merespon bahwa penggunaan aplikasi sangat menarik dan dapat memudahkan dalam melakukan absensi dan penilaian sebanyak 88%. Selanjutnya aplikasi ini juga dapat digunakan untuk monitoring keaktifan mahasiswa selama perkuliahan online dengan mengetahui kondisi terkini mahasiswa melalui googlemap yang terintegrasi pada aplikasi absensi dan penilaian mahasiswa ini. Since the Covid-19 pandemic was declared endemic in Indonesia a few months ago, almost all community activities have been disrupted, including the learning process. The campus is closed and face-to-face activities are not allowed, so to continue the learning process one must use an online platform. The lecture process cannot be separated from an assessment and attendance, because of this, an application is needed that can make it easier to monitor student activity as well as assessment. The RAD application development method is used in this research with the aim of developing linear sequential software that emphasizes the development cycle in a short time. The results showed the level of satisfaction of application users who responded that the use of the application was very interesting and could make it easier to do attendance and assessment as much as 88%. Furthermore, this application can also be used to monitor student activeness during online lectures by knowing the current condition of students through Google Map which is integrated in this student attendance and assessment application.

Page 1 of 2 | Total Record : 11