cover
Contact Name
Indra
Contact Email
indra@budiluhur.ac.id
Phone
+628568287734
Journal Mail Official
skanika@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12260
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika
ISSN : -     EISSN : 27214788     DOI : 10.36080
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Scope atau Topik Jurnal: Kriptografi, Steganografi, Sistem Pakar / Artificial Intelligence , Sistem Penunjang Keputusan, Bioinformatika, Kecerdasan Komputasional, Semantics Web dan Ontologies, Data Mining,Text Mining,Natural Language Processing, Pengelolaan Citra Digital, Otomasi Berbasis Sensor, Wireless Sensor Network, Network Management dan Maintenance, Sistem Operasi, Sosial Network Analysis, Security, Augmented Reality, Game Development, Virtual Reality, Webservice / API, Internet of Things (IoT)
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022" : 12 Documents clear
PENERAPAN ALGORITMA AES (ADVANCE ENCRYPTION STANDART) 128 UNTUK ENKRIPSI DOKUMEN DI PT. GUNUNG GEULIS ELOK ABADI Arther Ignasius; Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1237.817 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2118

Abstract

PT Gunung Geulis Elok Abadi adalah perusahaan yang bergerak di beberapa bidang seperti food court, hotel, dan lain – lain. Perusahaan ini terdapat data dokumen yang bersifat penting dan tidak semua orang boleh melihat ataupun mengambil data tersebut secara mudah. Permasalahannya adalah perusahaan ini tidak memiliki sistem untuk pengamanan data khususnya dibagian dokumen yang penting untuk perusahaan sebagai pencegahan dari orang yang melakukan penyadapan data. Solusi dari permasalahan tersebut adalah merancang suatu aplikasi yang dapat mengamankan data agar tidak dapat digunakan oleh orang lain. Perancangan aplikasi ini menggunakan algoritma AES-128 untuk proses enkripsi dan dekripsi data. Hasil dari percobaan enkripsi dan dekripsi dari 5 file, menunjukkan rata – rata waktu enkripsi yaitu 8.166 ms dan rata – rata waktu dekripsi yaitu 7.7074 ms.
SISTEM IOT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN KONTROL TELEGRAM Daffa Eka Nadindra; Joko Christian Chandra
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.739 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2887

Abstract

Berkebun dengan tanaman dalam pot merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan bagi sebagian orang. Selain memberikan suasana damai dan tenang, tanaman dapat menghasilkan manfaat seperti buah untuk dikonsumsi atau dijadikan obat-obatan. Namun memelihara tanaman dalam pot bagi warga perkotaan yang memiliki kesibukan tinggi, sering mengalami kendala waktu pemeliharaan. Pemilik yang sibuk tidak dapat memberikan perhatian yang memadai dan mengakibatkan keterlambatan dalam penyiraman yang mengakibatkan tanaman tidak bisa bertumbuh kembang dengan sempurna atau mati. Juga bila dilakukan penyiraman secara berlebihan akan menyebabkan tanaman rentan sakit karena kadar air yang berlebihan. Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan solusi berupa sistem yang dapat menjaga kadar air pada pot tanaman agar tetap seimbang menggunakan mekanisme penyiraman otomatis atau berdasarkan kontrol jarak jauh dengan perintah Telegram. Untuk mengetahui kelembaban tanah, sensor ditancapkan pada pot dan dihubungkan ke Arduino UNO. Sebuah relai juga dihubungkan untuk menyalakan dan mematikan pompa air. Sistem ini juga dihubungkan ke internet menggunakan NodeMCU ESP8266 agar dapat mengirimkan data pemantauan dan menerima perintah dari aplikasi Telegram. Hasilnya adalah sebuah prototipe sistem IoT penyiraman tanaman otomatis dengan Arduino dan kontrol Telegram. Berdasarkan pengujian, sistem ini operasional dan memecahkan permasalahan riset.
SISTEM DISPENSER SAUS OTOMATIS DENGAN INFRARED SEBAGAI SENSOR UTAMA BERBASIS ARDUINO Muhammad Aldi Alfalah; Irawan Irawan
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.042 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2890

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak kepada ekonomi dan social seluruh masyarakat. Diberlakukannya sistem lockdown dan social distancing, bertujuan agar virus Covid-19 tidak menyebar lebih luas. Virus Covid-19 juga dapat menular dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan kontak sentuhan. Alat yang akan dibuat ini bertujuan untuk menghidari adanya kontak sentuhan dengan pengguna. Cara kerja alat ini menggunakan sensor Infrared yang membaca wadah saus yang telah berada diposisi untuk menerima saus. Wadah saus diletakkan di tempat yang sudah terhubung dengan sensor sentuh TTP223, setelah itu akan mengaktifkan motor servo, sehingga menarik wadah menuju tempat saus yang akan keluar. Terdapat sensor ultrasonik di dalam wadah saus yang bertujuan untuk mengukur banyaknya isi saus, bila isi saus berada dibawah nilai minimal, maka lampu LED akan berkedip menandakan saus mulai habis. Pembuatan alat ini menggunakan program Arduino IDE sebagai media komunikasi antara mikrokontroler dengan alat ini. Maka dengan itu terciptalah ide untuk membuat “Sistem Dispenser Saus Otomatis dengan Infrared Sebagai Sensor Utama Berbasis Arduino”.
RANCANG BANGUN BRIDGING SISTEM PENDAFTARAN DAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) Amat Basri; Verri Kuswanto; Andi Leo
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.89 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2891

Abstract

Teknologi informasi di bidang Kesehatan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan, Salah satu manfaat yang didapat adalah menyediakan layanan infomasi terhadap Kesehatan. Oleh karena itu infrastruktur yang baik dan sistem aplikasi yang saling terintegrasi menghasilkan kemudahan dalam berbagi informasi baik antara pasien dengan rumah sakit. Sistem yang di bangun pada penelitian ini adalah membangun sistem informasi pendaftaran yang terintegrasi dengan aplikasi mobile yang digunakan untuk mempermudah pasien melakukan pendaftaran secara online. Metode Rapid Application Development merupakan gabungan dari berbagai Teknik terstruktur dengan Prototyping dan Teknik pengembangan Joint Apllication untuk mempercepat pengembangan aplikasi. Pengembangan Aplikasi dari metode RAD ini, dilakukan dalam waktu yang relative lebih cepat dan cocok digunakan untuk Sistem Bridging. Proses implementasi menggunakan jaringan lokal. Tahapan pengujian sistem menggunakan metode user acceptance test untuk melakukan validasi terhadap sistem yang dikembangkan berdasakan skenario. Dari hasil analisa data yang diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan kepada pengguna bahwa sistem bridging yang dikembangkan dapat diterima dengan presentasi skor 76% (baik).
SISTEM PAKAR MENDETEKSI GEJALA KERUSAKAN PADA LAPTOP BERBASIS WEB Dewi Apriyanti; Novi Yona Sidratul Munti
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.499 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2903

Abstract

Sekarang ini sudah tidak dipungkiri bahwa teknologi informasi dan komputer merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat mendasar dalam membantu pekerjaan dalam bidang komputerisasi. Bagian atau komponen hardware maupun software laptop dalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan fisik maupun kerusakan, yang menyebabkan laptop harus diperbaiki. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi pengguna laptop untuk mengetahui cara merawat dan memperbaiki ketika laptop bermasalah, sebelum memutuskan untuk menyerahkannya ke tempat servis. Maka Diperlukan sebuah sistem berbasis web untuk membantu pengguna mengetahui gejala kerusakan pada laptop beserta solusi dan cara penanganannya. Sistem Pakar adalah sistem yang yang mampu mengambil kemampuan dan pengetahuan seorang Pakar untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor yang dapat menggambarkan tingkat keyakinan seorang pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi. Sistem pakar untuk mendeteksi gejala kerusakan pada laptop yang sudah diimplementasikan dapat berjalan dengan baik dan dapat mendeteksi gejala kerusakan laptop serta memberikan solusinya. Dengan sistem ini, penulis berharap dapat membantu pengguna laptop untuk mendeteksi gejala kerusakan pada perangkatnya.
PENERAPAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI Sawali Wahyu
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.536 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2904

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi Merupakan sebuah kenyataan pada perkembangan peradaban dimasyarakat yang memberikan banyak manfaat dalam mengakses informasi dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut, turut menjadi pemicu bagi upaya-upaya perubahan dalam sistem pembelajaran atau pendidikan. Model pembelajaran saat ini cenderung harus mengikuti pola Pendidikan yang semakin hari semakin tidak menarik dan membosankan. Pembelajaran ilmu Budi pekerti yang diterapkan di sekolah dasar xyz cenderung hanya memahami konteks pada buku pembelajaran dan tidak diberikan contoh dalam kehidupan nyata. Berdasarkan permasalahan di atas akan dilakukan pembangunan aplikasi mobile game edukasi yang interaktif untuk mempelajari ilmu budi pekerti menggunakan teknologi aplikasi mobile, yang akan menerapkan 3 karakteristik pembelajaran yaitu pembelajaran yang dilakukan dalam lingkup alamiah, pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan pengalaman bermakna kepada siswa dan pembelajaran yang dilaksanakan dalam situasi menyenangkan. Adapun metodologi sistem yang akan digunakan yaitu dengan pendekatan Game Development Life Cycle (GDLC), metode ini akan diterapkan sebagai acuan dalam membangun aplikasi game edukasi sesuai dengan tahapan dan Langkah Langkah dalam membangun aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi game edukasi untuk siswa/siswi sekolah dasar yang bermanfaat untuk mengenal nilai nilai budi pekerti dalam kehidupan sehari hari.
IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS PADA ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PENERAPAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT Vitra Bayu Anwari; Yuliazmi Yuliazmi
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.54 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2912

Abstract

Virus Covid-19 merupakan sebuah sejarah baru di dunia, salah satu nya adalah Indonesia yang dilanda virus Covid-19, banyak tindakan yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia dalam memerangi virus Covid-19 salah satu nya adalah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut menuai banyak opini dari masyarakat berupa cuitan pada aplikasi twitter, dengan begitu banyaknya opini yang disampaikan, maka akan dilakukan analisis sentimen dari opini masyarakat dengan menggunakan metodologi Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM). Data yang sudah melewati proses penambangan data terkumpul sebanyak 365 data yang dilakukan menggunakan aplikasi rapid miner dan dilakukan tahapan modeling menggunakan algoritma k-nearest neighbors dengan hasil nilai perbandingan accuracy sebesar 83.74%, precision sebesar 77.78%, dan nilai recall sebesar 84.00% dari total data sentimen negatif sebanyak 244 dan positif sebanyak 175 data.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA SINDROM PRAMENSTRUASI (PMS) MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE Minanti Minanti; Novi Yona Sidratul Munti
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1197.919 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2919

Abstract

Sindrom pramenstruasi merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis, emosi serta perubahan tingkah laku yang mengganggu hubungan interpersonal dan kualitas hidup wanita, Pubertas merupakan salah satu fase dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pada umumnya wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi malu untuk mengkonsultasikan penyakit yang di deritanya. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem penilaian untuk mempermudah masyarakat untuk mengetahui jenis gangguan apa yang sedang diderita tanpa harus bertemu dengan dokter untuk diagnosa awal terlebih dahulu. Sistem pakar merupakan salah satu sistem yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode faktor kepastian atau Certainty Factor metode ini merupakan suatu metode untuk membuktikan ketidakpastian pemikiran seorang pakar. Hasil metode Certainty Factor yang berupa persentase, cocok untuk hasil program yang dibutuhkan pada penelitian ini. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Gejala Sindrom Pramenstruasi (PMS) Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website yang sudah diimplementasikan dapat berjalan baik.
RANCANGAN ALAT PEMILAH SAMPAH OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04, MICROCONTROLLER NODEMCU DAN SENSOR PROXIMITY Dhika Aditya Rumansyah; Safrina Amini; Sri Mulyati; Purwanto Purwanto
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.978 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2920

Abstract

CV. Dhika Fotocopy adalah satu di antara banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yakni bidang fotocopy. Limbah industri yang dhasilkan dari jasa fotocopy tersebut dirasa cukup mengganggu dan jika tidak dikelola dengan baik maka akan dapat mencemarkan lingkungan. Pemilahan sampahnya selalu dilakukan secara manual, yakni dengan tangan manusia, sehingga prosesnya menjadi kurang efisien baik dilihat dari aspek waktu maupun tenaga. Salah satu solusi yang dapat diajukan adalah dengan membangun sistem atau alat pemilah logam dan non logam secara otomatis pada tempat sampah. Alat pemilah sampah logam & non logam yang dibangun ini menggunakan sensor proximity yang mampu mendeteksi logam ataupun non logam, sensor jarak HC-SR04 untuk mendeteksi keberadaan orang di sekitar tempat sampah untuk kemudian membuka dan menutup tempat sampah secara otomatis dengan bantuan motor servo dan juga sebagai sensor untuk mendeteksi kondisi penuh tidaknya tempat sampah menggunakan aplikasi pada perangkat berbasis Android. Dengan dibangunnya system atau alat pemilah sampah otomatis ini, karyawan tidak perlu memisahkan sampah logam maupun non logam secara manual.
Decision Support System for Selection of the Best Middle School Students using the AHP Method Masnuryatie Masnuryatie; Gandung Triyono
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 1 (2022): Jurnal SKANIKA Januari 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.993 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i1.2921

Abstract

Begitu banyak orang tua siswa menginginkan anak – anaknya berprestasi. Berbagai macam cara para orang tua memberikan sekolah tambahan, seperti melakukan belajar tambahan di lembaga – lembaga kursus dan melakukan belajar tambahan di rumah. Pentingnya proses perangkingan siswa berprestasi menyebabkan proses ini perlu dilakukan dengan tepat dan tepat waktu. Dalam proses penentuan siswa berprestasi di lingkungan sekolah masih beberapa maslah, yaitu: adanya kedekatan siswa, orang tua dan guru menyebabkan tidak obyektifnya dalam pemberian penilaian. Selain itu, masalah lain adalah lambannya proses perangkingan siswa berprestasi karena ada beberapa stakeholder yang terlibat. Dari permasalahan yang ada jelas diperlukan sebuah model SPK yang dapat membantu menentukan siswa berprestasi di sekolah tingkat pertama. Model SPK yang dikembangkan merupakan model untuk memberikan rekomendasi dalam penentuan siswa terbiak. Dari hasil pengujian dengan TAM, model SPK yang dikembangkan dengan metode AHP sangat sesuai dengan kebutuhan user.

Page 1 of 2 | Total Record : 12