cover
Contact Name
Sri Rahmadhani Siregar
Contact Email
englishjournaltbi@gmail.com
Phone
+6281361183515
Journal Mail Official
englishjournaltbi@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Core Subject : Education,
English Education: English Journal for Teaching and Learning which is later called EEJ is a journal published by Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Padangsidimpuan every June and December. EEJ focuses on teaching and learning of English as a foreign language. English Education : English Journal for Teaching and Learning related into some scopes on English Teaching Methodology, Structure and Grammar, Speaking Skill, Listening Skill, Reading Comprehension, Writing Skill, Morphology, Semantic Pragmatic, Discourse Analysis, Syntax, Translation, Phonology, Pronounciation, Language Acquisition, Vocabulary, Linguistics, Psycholinguistics, Sociolinguistics and Literature.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013)" : 10 Documents clear
IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY THROUGH PICTURES SEQUENCES AT SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN Nur Aisyah, Nur Aisyah
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.14

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Inggris pada saat digunakan media gambar berurutan (pictures sequence). Permasalahan berawal dari rendahnya kemampuan siswa dalam menulis berbahasa Inggris yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Untuk menyelesaikan permasalahan ini penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua. Perbedaan yang terjadi cukup signifikan yakni dari 50.51 menjadi 77.94, sehingga diindikasikan bahwa terjadi peningkatan hasil kemampuan menulis bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media gambar. Kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima, karena pictures sequences dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Key Words: Improving, writing ability, and pictures sequences.
AUDIOLINGUAL METHOD; THEORY AND GUIDANCE FOR CLASSROOM PRACTICES Rambe, Sojuangon
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.7

Abstract

AbstractAudiolingual Method (ALM) emerged in 1950s on the shake of military purposes and its popularity declined in 1970s, criticized by linguists and practitioners in the aspect of language and learning theory as well as learning outcomes, together with the rise of communicative approach and other language teaching methods. The practice is still exist nowadays especially in teaching pronunciation, recorded materials and language labs.  In general, this method based on structural linguistics and psychological behaviorism; purposed to enable students to speak target language like native speakers do; develops oral communication through drills and repetition; teaches grammar inductively followed by filling gaps exercises; teaches new vocabulary through mimicry; puts listening and speaking in the top priority then develop reading and writing on spoken basis; and allows the further writing and translation in teaching students at advanced level. This paper discussed these features as guidance for teacher to teach English by using this method.  Key words: audio-lingual, aural-oral, drill, and repetition
IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL THROUGH BRAINSTORMING TECHNIQUE AT SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 1 ANGKOLA BARAT Siregar, Susi Efriana
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.15

Abstract

Abstract Penelitian ini berawal dari ditemukannya masalah terhadap kemampuan menulis siswa SMP Negeri 1 Angkola Barat. Sebahagian besar siswa tidak memiliki kemampuan menulis yang cukup bagus, hal ini dikarenakan minat untuk menulis dalam bahasa Inggris sangat kurang, selain itu juga metode yang digunakan dalam mengajar menulis kurang tepat. Dikarenakan alasan tersebut maka penulis mencoba memberikan solusi pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming technique, dalam hal ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Sehingga diakhir siklus terdapat peningkatan kemampuan menulis siswa sebanyak 49.06%, sehingga dikatakan bahwa brainstorming technique dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan sangat baik. Key Word: improving, writing skill, and brainstorming technique.
TEACHING VOCABULARY USING CROSSWORD PUZZLE FOR ELEMENTARY SCHOOL Fitri Rayani Siregar
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.8

Abstract

AbstractPengajaran bahasa Inggris disekolah dasar menjadi tantangan bagi guru bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. Guru harus mampu menumbuhkan minat anak dalam belajar bahasa Inggris dalam komponen bahasa, salah satunya adalah kosakata atau vocabulary merupakan kumpulan kata yang dimilikioleh suatu bahasa dan memberikan makna bila kita menggunakan bahasa tersebut. Kosakata bahasa Inggris yang perlu dipelajari oleh siswa sekolah dasar diperkirakan sebanyak lebih kurang 500 kata. Crossword puzzle atau Teka –Teki Silang  digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai salah satu media pembelajaran untuk mendorong minat belajar para siswa. Pembelajaran yang menyenangkan hati anak –anak dan memudahkan guru untuk mengaktifkan dasar siswa dan yang paling penting membuat siswa sekolah dasar senang yang akan menambah kosa kata atau vocabulary.Key word: kosa kata, teka-teki silang dan Pengajaran Bahasa Inggris
EQUIVALENCE IN TRANSLATION Saragih, Eli Nondang
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.10

Abstract

ABSTRAKProses terjemahan tidak hanya berkutat pada perubahan bentuk  dari bahasa sumber ke bahasa target, akan tetapi lebih dititik beratkan pada perubahan makna yang ekuivalen (sama/setara) antara bahasa sumber dan bahasa target. Karena focus dari sebuah terjemahan adalah pada makna, khususnya makna yang ekuivalen. Karena itulah sangat perlu untuk memahami konsep ekuivalen dalam terjemahan yang telah banyak di bahas oleh para ahli bahasa melalui teori-teori yang mereka usulkan. Hampir semua para ahli menyatakan bahwa mendapatkan makna yang ekuivalen merupakan hal yang sangat krusial dan merupakan bagian yang terpenting dalam proses terjemahan,dan tidak mudah untuk dapat melakukan hal tersebut. Karena dalam kenyataannya banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses pencarian dan penentuan makna yang ekuivalen, seperti faktor linguistik yang terkait dengan fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, prakmatik,leksikal dan grammatical dari bahasa sumber dan juga bahasa target. Disamping itu juga tidak dapat dinafikan adanya pengaruh budaya yang mempengaruhi makna dalam proses terjemahan. Semua faktor-faktor yang disebutkan diatas harus menjadi perhatian seorang penterjemah ketika melakukan proses terjemahan. Sehingga, makna ekuivalen harus menjadi fokus perhatiannya agar tidak terjadi distorsi atau pengurangan makna dalam terjemahan dan hasil terjemahan dapat difahami oleh pembaca.            Key Words:   Equivalence,translation.
TURN TAKING IN CLASSROOM ORAL INTERACTION AS INPUT TO SECOND LANGUAGE ACQUISITION Eka Sustri Harida
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.4

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pemanfaatan giliran atau kesempatan (turn taking) dalam melakukan interaksi pembelajaran di dalam kelas dalam hal upaya memperbaiki pemerolehan bahasa bagi pelajar yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Penjelasan dimulai dengan konsep interaksi di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengambilan giliran atau kesempatan (turn taking), dan yang terakhir akan dibahas tentang pemerolehan bahasa kedua. Permasalahan yang akan diangkat adalah berupa kegiatan turn taking yang terjadi di dalam kelas dan mencari input bagi pemerolehan bahasa. Permasalahan di dalam kelas tentang keadaan interaksi di kelas dan agar terjadi pemerolehan bahasa yang cukup baik, maka harus adanya aturan giliran dalam berbicara, sehingga interaksi di kelas menjadi komunikatif dan terlaksana dengan baik. 
LANGUAGE ACQUISITION OF ONE AND A HALF YEAR OLD CHILDREN Ernita Daulay
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.11

Abstract

ABSTRAKFungsi utama bahasa adalah sebagai alat untuk berkomunikasi. Disebut sebagai alat berkomunikasi, sebab melalui bahasalah (baik lisan maupun tulisan) gagasan, buah pikiranseperti pengalamanbaru, hubungan sosial dan sebagainya disampaikan.Proses pemerolehan bahasa pada anak memiliki beberapa persamaan aspek, dimana anak dapat mengucapkan kata-kata dengan menggunakan beberapa huruf dalam bentuk vowel dan consonant dan perbedaan dalam menghasilkan kata-kata dalam bunyi yang berbeda. Dalam pemerolehan bahasa anak, perkembangan bahasa mereka begitu berpengaruh terhadap para pengasuh dan orang-orang disekitar mereka, oleh karena itu, perhatian yang khusus harus diberikan kepada para anak-anak. Pada usia satu tahun anak-anak mulai menghasilkan kata-katanya.Key words: language acquisition, words and meaning, one word utterances, and two word utterances.
THE INFLUENCE OF MOTHER TONGUETO STUDENTS’ PRONUNCIATION AT ENGLISH EDUCATIONAL PROGRAM (TBI) STAIN PADANGSIDIMPUAN Ermina, Rini
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.13

Abstract

Abstract Based on fact of the influence of mother tongue to students’ pronunciation at English Educational Program (TBI) STAIN Padangsidimpuan the researcher focused on vowel and consonant which is produced by Angkola Students or the students who used Batak Angkola as their daily language.In this research, the researcher wanted to find out about the influence of mother tongue to students pronunciation. The respondents of research was the students of English Educational Program TBI who used Batak Angkola language as their daily language, they were 12 students and almost 80% students used Batak Angkola as their daily language. As the instrument for collecting data the researcher used the test. The researcher made transcribing data for analyzing data.In this occasion, all respondents pronunced the test depend on their daily pronunciation. And they dominantly used the English feature of pronunciation that have a big similarity with the feature of pronunciation of  Batak Angkola.And the last mother tongue had a significant influence, but actually mother tongue also not a big problem in Angkolas’ students in their pronunciation.  And the students have to drill their pronunciation, so that they can pronunce the word as well as the standard of receive pronunciation.Key Words: mother tongue, pronunciation
ENGLISH DEBATE Rayendriani Fahmei Lubis
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.6

Abstract

Debat merupakan sebuah metode yang interaktif dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Melalui debat, siswa tidak hanya menjadi tertantang untuk berbahsa Inggris tetapi juga berupaya menguasai pendidikan secara global karena mereka menganaisis melalui alasan-alasan yang real dan didukung oleh data yang dapat diakui secara umum. Sistem berdebat yang diakui oleh dunia dilakukan ada berbagai format seperti Australian Parliamentary (Austral), Asian Parliamentary, dan British Parliamentary. Yang terbiasa digunakan di Indonesia adalah sistem Asia dan Australia, namun untuk kompetisi tingkat dunia digunakan sistem debat British Parliamentary.Key Words: English Debate, interactive, expected, and global education.
PHONETICS AND PHONOLOGY IN ENGLISH AS THE THEORY OF LANGUAGE PRODUCTION Hamka Harahap
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v1i1.5

Abstract

Bahasa adalah unik dengan merujuk pada teks dan konteksnya. Kedua teks dan konteks itu tidak dapat dipisahkan antara satu dan yang lain memahami dan memproduksi makna. Tidak ada satu bahasa lebih baik dari yang lain. Setiap bahasa adalah lebih baik, paling baik dan unik merujuk pada applikasi teks dan konteks sebagai produksi manusia. Produksi bahasa adalah proses menyampaikan makna atau pengalaman dalam bahasa tulis dan lisan. Proses produksi bahasa dalam pembahasan ini di fokuskan pada produksi berbicara. Seorang anak dan keluarga terdekatnya butuh waktu, kesabaran dan optimis untuk mewarnai kehidupannya. Jadi, kita butuh teori produksi bahasa, yakni, fonetik dan fonologi. Fonetik adalah pembelajaran tentang suara berbicara. Fonologi adalah pembelajaran tentang suara berbicara dan artinya. Keywords: Language, Production, Phonetics and Phonology

Page 1 of 1 | Total Record : 10