cover
Contact Name
Sri Rahmadhani Siregar
Contact Email
englishjournaltbi@gmail.com
Phone
+6281361183515
Journal Mail Official
englishjournaltbi@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Core Subject : Education,
English Education: English Journal for Teaching and Learning which is later called EEJ is a journal published by Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Padangsidimpuan every June and December. EEJ focuses on teaching and learning of English as a foreign language. English Education : English Journal for Teaching and Learning related into some scopes on English Teaching Methodology, Structure and Grammar, Speaking Skill, Listening Skill, Reading Comprehension, Writing Skill, Morphology, Semantic Pragmatic, Discourse Analysis, Syntax, Translation, Phonology, Pronounciation, Language Acquisition, Vocabulary, Linguistics, Psycholinguistics, Sociolinguistics and Literature.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018)" : 10 Documents clear
THE CORRELATION BETWEEN READING MOTIVATION AND READING COMPREHENSION OF THE GRADE X STUDENTS SMA S NURUL ‘ILMI PADANGSIDIMPUAN Amelisa, Desti; Harida, Eka Sustri; Siregar, Fitri Rayani
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi antara motivasi membaca dan pemahaman membaca siswa di kelas X SMA S Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan metode korelasi. Populasi nya terdiri dari 240 siswa dari delapan kelas. Kemudian sample diambil dengan random sebanyak 48 siswa. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengetahui motivasi membaca siswa dan tes untuk mengetahui pemahaman membaca siswa serta menggunakan product moment dan t-test untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini ditemukan rata-rata skor motivasi membaca siswa adalah 93 dan rata-rata skor pemahaman membaca adalah 65.66. Skor pada rcount adalah 0.474 dan rtable pada taraf significant 5% adalah 0.368. Hasilnya rcount lebih besar dari rtable(0.474 0.368). Kemudian, skor dari tcount adalah 3.692 dan ttable pada taraf significant 1 % adalah 2.09. Jadi, tcount lebih besar dari ttable(3.692 2.09) yang berarti  hipotesis (Ha) diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa signifikan korelasi antara motivasi membaca dan kemampuan membaca siswa kelas X di SMA S Nurul Ilmi Padangsidmpuan adalah kategori cukup.
UTILIZING “MENTORING AND SUPERVISION” PROGRAM AS A WAY TO INCREASE LECTURERS’ TEACHING PROFESSIONALISM Sokhira Linda Vinde
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1219

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis manfaat program “mentoring dan supervision” dalam meningkatkan kinerja dan profesi mengajar dosen di lembaga pengembangan bahasa (P2B) IAIN Padangsidimpuan. Masalah yang diangkat adalah apa manfaat yang diperoleh oleh dosen dengan mengikuti program “mentoring dan supervision” itu, apakah memberikan manfaat yang positif atau tidak. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang lebih menekankan pada analisis data yang lebih terperinci dalam bentuk penjabaran dan generalisasi. Penelitian ini diadakan di Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) Institut Agama Islam Negeri yang terletak di Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, 20 dosen dari 60 dosen yang mengajar bahasa Inggris dipilih menjadi responden dalam penelitian ini. Adapun instrument yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan wawancara; angket terdiri atas 15 pertanyaan dan wawancara terdiri atas 5 pertanyaan. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis data deskriptif. Akhirnya, diperoleh kesimpulan bahwa program “mentoring dan supervision” memberikan manfaat dalam pengajaran bahasa Inggris. Adapun manfaat yang diperoleh adalah: (1) memberikan ilmu dan wawasan mengenai teknik dan trik mengajar yang menarik dan menyenangkan, (2) memberikan kesiapan guru dalam mengajar, dan (3) mempererat hubungan social sesama dosen di P2B IAIN Padangsidimpuan. 
THE LANGUAGE OF LOCAL MASS MEDIA IN NORTH SUMATERA (SUARA INDONESIA BARU AND WASPADA NEWSPAPER) Lila Novra Dini
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1222

Abstract

Penelitian ini adalah Kekhasan bahasa pada teks koran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan penggunaan bahasa pada teks koran yaitu pada penggunaan kalimat aktif dan kalimat pasif. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah kata-kata pada teks koran yaitu pada teks koran Suara Indonesia Baru dan Waspada. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan bahwa pada pada kedua teks koran, kalimat yang digunakan adalah 100% kalimat aktif.
AN ANALYSIS OF COHESION IN SHORT STORY “THE GIFT OF MAGI” Zainuddin Zainuddin
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1213

Abstract

The researcher focuses the study on an analysis of Cohesion in short Story “The Gift of Magi”. The research is done through descriptive qualitative, in which the aims of the research are to describe the cohesion in short story, and then to determine the cohesion used dominantly in short story. Consequently, the researcher needs short story “The Gift of Magi” for primary data, and then some related Journals and books about Cohesion. Furthermore, the researcher uses content analysis method for analyzing the data. There the technique of analyzing the data; Reading the story, Analyzing cohesion in the story, and taking conclusion of overall discussion.
THE DIFFERENCES OF PREFIXES IN ENGLISH AND MANDAILING LANGUAGE Sri Minda
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan imbuhan khususnya awalan (prefixes) pada bahasa Inggris dan bahasa Mandailing dengan melakukan penelitian descriptive analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan interview penutur asli bahasa mandailing. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada perbedaan awalan (prefixes) pada bahasa Inggris dan bahasa Mandailing yaitu awalan (prefixes) pada bahasa Inggris dapat diimbuhkan pada kata benda sehingga membentuk kata benda juga, sedangkan pada bahasa Mandailing awalan (prefixes) seperti itu tidak ada; awalan pada bahasa Mandailing dapat diimbuhkan pada kata benda sehingga membentuk kata kerja daan kata sifat menjadi kata keterangan, sedangkan pada bahasa Inggris awalan seperti itu tidak ditemukan.
INCREASING VOCABULARY BY COMPOUND WORDS MASTERY IN THE ISLAMIC BOOK “A GLIMPSE OF FAITH” Fitri Rayani Siregar
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1214

Abstract

Ada banyak cara meningkatkan kosa kata, salah satunya dengan menguasai kombinasi kata. Kombinasi kata terdiri dari 4 macam, yaitu: kombinasi 2 atau lebih kata benda, kombinasi 2 atau lebih kata kerja, kombinasi 2 atau lebih kata sifat, dan kombinasi 2 atau lebih kata keterangan. Namun, bagaimana jika kosakata yang dikuasai adalah sekitar kosakata yang berbau islami, tentu akan lebih menambah wawasan dibidang keagamaan. Terkhusus bagi penulis dan pembaca yang memang berkecimpung didunia keislaman, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Padangsidimpuan. Sehingga artikel ini sangat berguna untuk menambah kancah kosa kata pembaca tentang keislaman, tidak hanya terpatok pada kata-kata bahasa Inggris saja tetapi juga pembaca bisa menambah dan mengokohkan kosakatanya dalam bahasa Inggris keislaman yang diambil dari buku Islam “A Glimpse of Faith”. Hasilnya, terdapat 85 kata tentang kombinasi kata-kata benda, 4 kata tentang kombinasi kata-kata kerja, sebuah kata tentang kombinasi kata-kata sifat, dan 6 kata tentang kombinasi kata-kata keterangan.
THE COMPARATIVE STUDY OF STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY (RTS) AND QUESTION-ANSWER RELATIONSHIP (QAR) STRATEGY AT GRADE XI STUDENTS OF MAN SIPIROK Dewi Sartini; Eka Sustri Harida; Sojuangon Rambe
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan efek Reciprocal Teaching Strategy (RTS) dan Question Answer Relationship (QAR) terhadap pemahaman membaca siswa. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di MAN Sipirol lokasi Dano Situmba tahun ajaran 2017/2018. Sample untuk kelas Experiment 1 adalah kelas XI MIA – 3 yang terdiri dari 29 siswa sedangkan sample untuk kelas Experiment 2 adalah kelas XI MIA – 2 yang juga terdiri dari 29 siswa. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-post test dengan bentuk tes pilihan berganda dan analisis data nya dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata skor sebelum dan sesudah menggunakan RTS dan strategy QAR. Rata-rata skor pada kelas experiment 1 sebelum menggunakan RTS adalah 63.5 dan rata-rata skor setelah menggunakan RTS adalah 75.34. Sedangkan rata-rata kelas pada kelas experiment 2 sebelum menggunakan QAR strategy adalah 63.48 dan rata-rata skor setelah menggunakan QAR adalah 73.79. Perbedaan skor kedua kelas experiment tersebut adalah 1.58 dengan t0 lebih tinggi dar tt (2.053 ˃ 1.672) yang berarti Ha diterima. Jadi, ditemukan perbedaan pengaruh yang significant pada RTS dan QAR Strategy terhadap membaca pemahaman siswa di kelas XI MAN Sipirok lokasi Dano Situmba.      
THE EFFECT OF VENN DIAGRAM STRATEGY TO STUDENTS READING COMPREHENSION ABILITY AT EIGHT GRADE OF SMP SWASTA NURUL ILMI PADANGSIDIMPUAN Sri Rahmadhani Siregar
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1217

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada masalah siswa dalam kemampuan membaca teks Bahasa Inggris. Masalah  yang dihadapi siswa adalah memahami kosa kata sulit dalam yang terdapat pada teks Bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga kesulitan mengidentifikasi tata bahasa dan karakteristik teks yang dibaca. Penelitian ini adalah penelitian eksperiment. Populasi nya adalah semua siswa di kelas delapan SMP Swasta Nuril Ilmi Padangsidimpuan tahun akademik 2017/2018. Sample yang diambil adalah berjumlah enam puluh dua orang yang dibagi ke dalam kelas control dan kelas eksperiment. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dalam bentuk tes pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan rumus t-tes untuk membuktikan hypothesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penghitungan t-tes pada post – test 3.408 dengan sig 2.00. Dengan demikian hypothesis diterima karena tcount ttable yaitu 3.408 2.00. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Venn diagram terhadap kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan.    
THE ACQUISITION OF NOUNS AND VERBS OF MANDAILINGNESE BY TWO – YEAR-OLD MANDAILING CHILDREN Marwah Marwah
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1224

Abstract

Pemerolehan Kata Benda dan Kata Kerja dalam Bahasa Mandailing oleh Anak –Anak Mandailing Usia Dua Tahun. Penelitian ini focus dalam menggambarkan pemerolehan kata benda dan kata kerja bahasa mandailing yang diperoleh anak usia dua tahun. Penelitian ini berlokasi di Jambur Padang Matinggi, Panyabungan Utara, Mandailing Natal dan subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dua tahun. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi partisipant dan sebagai alat pengumpul data menggunakan audio visual. Tekhnik data analisis menggunakan descriptive qualitative.data tersebut di deskriptipkan melalui proses transkrip. Penemuan pertama anak memeperoleh kata benda 140 dan 86 kata kerja and jenis kata benda yang diperoleh subjek didominasikan common nouns.  Kedua, anak anak memperoleh kata benda dan kata kerja ketika pengasuhan dirumah, dan bermain dalam lingkungan.
THE RELATIONSHIP BETWEEN ALQURAN AND LANGUAGE Yusni Sinaga
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v6i1.1216

Abstract

Alquran merupakan buku petunjuk penggunaan dan perawatan semua benda yang ada di duniaini. Benda yang dimaksud adalah benda hidup maupun benda mati. Seperti manusia, tumbuhan, jin, hewan dan benda-benda lainnya yang bertempat di bumi, langit dan yang ada diantara keduanya. Buku petunjuk ini ditunjukkan bagi manusia sebagai khalifah yang Allah Swt pilihkan untuk memimpin di muka bumi, jadi Alquran hanya diberikan kepada makhluk lain seperti malaikat, jin, hewan, dan tumbuhan. Manusia adalah makhluk yang paling istimewa yang salah satu keistemewaan manusia adalah kemampuan menggunakan manusia.Bahasa adalah salah satu alat manusia untuk berkomunikasi dengan penciptanya dan dengan makhluk sesamanya seperti Alquran dalam bahasa arab adalah alat manusia berkomunikasi dengan Allah Swt. Untuk bias memahami perintah dan larangan dari Allah Swt sebagai pencipta bumi, langit, dan yang ada diantara keduanya sehingga semua benda yang digunakan manusia selama dalam kehidupannya diri dhoi oleh pemiliknya yaitu Allah Swt. Ala tkomunikasi yang dimaksudkan adalah bahasa yang meliputi empat kemampuan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Bahkan penjelasan tentang keempat kemampuan berbahasa inipun bias ditemukan dalam Alquran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10