cover
Contact Name
Ahmad
Contact Email
aiunigamalang@gmail.com
Phone
+6282113232622
Journal Mail Official
jaiunigamalang@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JAI/about/editorialTeam
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Akuntansi Indonesia
ISSN : 18298532     EISSN : 26142252     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Akuntansi Indonesia (JAI) berfokus pada penelitian yang berkaitan dengan akuntansi dan keuangan yang relevan untuk pengembangan teori dan praktek akuntansi di Indonesia dan asia tenggara. JAI mencakup berbagai pendekatan penelitian, yaitu: kuantitatif, kualitatif dan metode campuran. JAI berfokus pada berbagai tema, topik dan aspek akuntansi dan investasi, termasuk (tetapi tidak terbatas) untuk topik-topik berikut: Akuntansi Keuangan Akuntansi Sektor Publik Manajemen akunting Akuntansi Syariah dan Manajemen Keuangan Auditing Tata kelola perusahaan Akuntansi Perilaku (Termasuk Etika dan Profesionalisme) Manajemen keuangan Akuntansi (Etika) Pendidikan Perpajakan Pasar Modal dan Investasi Akuntansi Perbankan dan asuransi Sistem Informasi Akuntansi Pelaporan Keberlanjutan Modal Intelektual, dll.
Articles 68 Documents
TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN EFISIENSI BIAYA PADA UMKM DI KOTA MALANG Ekasari, Luh Dina
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 11 No. 2 (2015): AGUSTUS
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Total Quality Management (TQM). Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus - menerus atas produk, jasa, manusia dan lingkungannya. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM SepatuMalang. 2) Untuk mengetahuipengaruh efisiensi biaya sebelum dan setelah penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM SepatuMalang.Adapun manfaat penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai masukan atau informasi dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas pelayanan melalui penerapan Total Quality Management (TQM). Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM Sepatu di Kota Malang telah menetapkan “Empat pilar TQM”, yang digunakan untuk penetapan standard kerja seluruh elemen yang terdapat di UMKM Sepatu di Kota Malang, empat pilar TQM tersebut yaitu meliputi synergistic relationships /hubungan sinergi, perbaikan terus menerus dan evaluasi diri, suatu sistem dari proses berkelanjutan dan kepemimpinan. Penetapan standar tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki perusahaan dalam melakukan efektivitas dan efisiensi atas biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan. Tingkat efisiensi biaya sebelum dan setelah penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM Sepatu Malang menunjukkan adanya peningkatan, dimana pada tahun 2011 (sebelum menerapkan Total Quality Management (TQM) yaitu sebesar 114,416% dan meningkat menjadi sebesar 117,531% tahun 2012 atau setelah menerapkan Total Quality Management (TQM).Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan diharapkan perusahaan untuk melaksanakan Total Quality Management (TQM) sebagai upaya untuk memaksimalkan kapasitas produksi pada perusahaan, pihak manajemen untuk memberikan dukungan secara maksimal agar pelaksanaan Total Quality Management (TQM) dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan pihak manajemen lebih memaksimalkan atas potensi yang dimiliki oleh perusahaan sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat secara maksimal dilakukan. 
IMPLEMENTASI PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA Supardi, Supardi
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 11 No. 2 (2015): AGUSTUS
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh simultan variabel komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di P4TK PKn dan IPs Malang; menganalisis pengaruh dominan variabel komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di P4TK PKn dan IPs Malang.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan tipe penelitian penjelasan (explanatory  research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) PPPPTK PKn dan IPS Malang sebanyak 122 orang. Sampel dalam peneleitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Sebanyak 30 kuesioner dinyatakan layak untuk dianalisa. Kuesioner terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Kinerja pegawai di PPPPTK PKn dan IPS Malang; ii) Koefisien regresi gaya kepemimpinan lebih besar daripada koefisien regresi variabel lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di PPPPTK PKn dan IPs Malang.
EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PADA LEMBAGA PENDIDIKAN KEJURUAN Fahmi Poernamawatie; SBP Handhajani
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 11 No. 2 (2015): AGUSTUS
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Management information system of assets, or MISA, broadly refers to a system that provides to a principal of vocational high school with the tools to organize, evaluate and efficiently manage assets within a school. The purpose of this study is to describe the effectiveness of MISA in vocational high school.The data have collected through primary and secondary data. This study used a descriptive analysis method. The selected the object of this study are 3 (three) public vocational high school. The author obtained information about the MISA functions by analyzing written documents and a brief interview with the principal and MISA officer.The discussion of the paper includes: (a) the profile and structure of the organization, (b) MISA, (c) the IT structure and its effectiveness.The results showed the MISA at the vocational high school implementation has not done well. MISA should be carrying out an asset effectively on any particular subsystem on the maintenance concerning the technical guidelines asset management area.
SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Juwarini Juwarini
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 11 No. 2 (2015): AGUSTUS
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of research is to understand and to analyze the influence of Leader Commitment, Consistency, Auditor Competency and Documentary Control on the implementation of Quality Management System ISO 9001:2008. Research is conducted against the employee of Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE)/ VEDC Malang. In theoretical way, the benefits of research include giving important guide to improve the insight of managerial review and to give contribution to the developer and the implementer of ISO, and providing a reference material for the next researcher who will examine the managerial scope of ISO, especially that discuss about Leader Commitment, Consistency, Auditor Competency and Documentary Control.Practical benefit of research involves giving input and information to the management of PPPPTK/VEDC Malang to be processed, developed and applied in the planning and the implementation of Quality Management System ISO to improve the quality.Research is located at PPPPTK/VEDC, Teluk Mandar Street of Arjosari Malang. There are 40 respondents selected from 66 populations. Data are collected through questionnaire. The data are tested for its validity, reliability and others. Questionnaire is self-filled by respondent. Research method is survey with descriptive analytical approach. The analysis tool is multiple regression analysis to understand the influence of each variable. Of four independent variables analyzed simultaneously and partially, the variable with the most dominant effect is looked for. Result of research indicates that Leader Commitment, Consistency, Auditor Competency and Documentary Control, have significant influence on the implementation of Quality Management System ISO 9001:2008, either simultaneous or partial. The variable with the most dominant effect is Consistency. It is evident because consistency can improve the implementation of Quality Management System ISO 9001:2008 at Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE)/ VEDC Malang.
ANALISIS KREDIT MACET PADA BPR MANDIRI ADIYATRA LAWANG KABUPATEN MALANG Dea Arif
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 12 No. 1 (2016): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kredit bermasalah pada BPR Mandiri Adiyatra Lawang Kabupaten Malang dan memberikan solusi pemecahannya. Jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penyebab timbulnya kredit bermasalah di BPR Mandiri Adiyatra antara lain: a) Bagian Lending, lending dalam sebuah bank beresiko menyebabkan kredit bermasalah ketika karyawan yang bertugas sebagai Account Officer (AO) melakukan kesalahan dalam analisis debitur, terutama dalam analisis keuangan nasabah. b) Bagian Administrasi, administrasi juga bisa menyebabkan kredit bermasalah jika bagian tersebut melakukan realisasi kredit tidak sesuai dengan peraturan yang ada, misalnya debitur tersebut berkas kreditnya belum lengkap, namun sudah direalisasi oleh bagian administrasi kredit. c) Bagian Penagihan, penagihan juga beresiko membuat kredit bermasalah tidak terselesaikan, jika bagian penagihan tersebut kurang tanggap terhadap debitur yang bermasalah. Misalnya karena debitur sulit ditemui, bagian penagihan tidak lagi melakukan penagihan, sehingga kredit bermasalah tersebut tidak segera terselesaikan.
ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 23 JASA LAINNYA PADA KPP PRATAMA PROBOLINGGO Ahmad Dahlan; Ali Irfan
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 12 No. 1 (2016): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerimaan pajak pada jenis jasa yang termasuk dalam kriteria jasa lain dalam Pajak Penghasilan Pasal 23 setelah adanya perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 244/PMK.03/2008. Analisis ini penting untuk mengukur kinerja KPP Pratama Probolinggo, dimana pengguna dan penyedia jasa di Probolinggo selalu meningkat seiring dengan perkembangan dan tuntutan akan kebutuhan jasa lainnya tersebut. Mengingat hal tersebut, maka dengan semakin meningkatnya penggunaan atau pemanfaatan jasa, maka apakah pemotongan PPh Pasal 23 jasa lainnya tersebut telah dilaksanakan dengan baik demi mewujudkan penerimaan pajak, bahwa semakin tinggi efektivitas pengamanan penerimaan PPh Pasal 23 jasa lainnya tersebut, maka akan memberikan sumbangsih penerimaan pajak bagi Negara.
ANALISA DAMPAK KEBIJAKAN TAX AMNESTY DAN TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN NEGARA Ulaila Ulaila
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 13 No. 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kebijakan Tax Amnesty dan kepatuhan Wajib Pajak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Penerimaan Negara. Tax Amnesty adalah upaya pemerintah dalam peningkatan penerimaan Negara. Kepatuhan Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya juga merupakan indikator penerimaan pajak. Kebijakan Tax Amnesty dilakukan dalam bentuk pelepasan hak negara untuk menagih pajak yang seharusnya terutang. Sampel penelitian berasal dari data Direktorat Jendral Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia tahun 2016.Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif untuk mengumpulkan datanya. Sampel penelitian ini di peroleh dari data primer maupun data sekunder, survey, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tax Amnesty dan Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap penerimaan Negara.
PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN FORMAL WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING Dwi Hariyani
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 13 No. 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemahaman peraturan perpajakan dengan preferensi risiko berpengaruh terhadap kepatuhan formal wajib pajak. Populasi penelitian adalah seluruh wajib pajak di wilayah KPP Pratama Batu. Pengambilan sampel di lakukan berdasarkan convenience sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 99 responden untuk wajib pajak orang pribadi karyawan, 98 responden untuk non karyawan dan 96 responden untuk wajib pajak badan. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada wajib pajak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Selisih Nilai Mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan formal wajib pajak orang pribadi karyawan, non karyawan dan wajib pajak badan. Akan tetapi preferensi risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan formal wajib pajak orang pribadi karyawan dan non karyawan, sedangkan untuk wajib pajak badan variabel moderating pada penelitian ini yaitu preferensi risiko berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan formal wajib pajak badan. Demikian juga dengan pengaruh preferensi risiko terhadap hubungan antara pemahaman peraturan perpajakan dengan kepatuhan formal wajib pajak orang pribadi karyawan dan non karyawan berpengaruh tidak signifikan dan tidak dapat memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut, sedangkan pengaruh preferensi risiko terhadap hubungan antara pemahaman peraturan perpajakan dengan kepatuhan formal wajib pajak badan berpengaruh signifikan dan dapat memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut. 
PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN, AKUNTABILITAS PUBLIK, TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH Fahmi Poernamawatie; Ronny Hendra
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 13 No. 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Regional Government as an Executive has a duty to prepare Government Budget (APBD), on the other hand, Regional House of Representatives (DPRD) has the right to control the raising and spending of public money that disclosure on APBD. This research investigates the impact of knowledge about budgets, understanding on public accountability, and transparency of public policy either partially or simultaneously to Regional Government Budget (APBD) using data from 120 members of Regional House of Representatives in Malang Raya. Three hypotheses were formulated for the study and tested using F-test and t-statistic. The study relied on primary data from 120 members of DPRD in Malang Raya. The results of this study prove that: 1) Knowledge of DPRD about the budget, public accountability, and transparency of public policy, it is generally inadequate; 2) Knowledge of the DPRD about the budget, public accountability, and transparency of public policy either simultaneously or partially significant effect on controlling to Regional Government Budget (APBD) and have a positive significant relationship. Furthermore, the variable most dominant influence on the supervision of the budget is the knowledge about the budget.
Evaluasi Sistem Pengendaliaan Internal Terhadap Persediaan Bahan Baku Pada PT. HATNI Lamongan Iif Fatmawati
Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 13 No. 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Gajayana Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai aplikasi sistem pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku yang diterapkan oleh PT. HATNI (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Lamongan, dan untuk mengetahui apakah pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku yang diterapkan sudah cukup efektif bagi perusahaan. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dan untuk mencapai simpulan penulis melakukan pengujian secara deskriptif dengan jalan membandingkan data yang diperoleh dengan teorinya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku telah memadai dengan melihat komponen-komponen pengendalian internal yakni: penilaian resiko, aktivitas pengendalian serta pemantauan. Begitu juga dengan persediaan bahan baku dapat dikatakan bagus dan cukup lancar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengendalian internal terhadap persediaan bahan baku pada PT. HATNI telah berperan dalam kelancaran produksi perusahaan.