cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
alatfal@stainupwr.ac.id
Phone
+6285743364221
Journal Mail Official
alatfal@stainupwr.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.05, Rw. I, Kledung Kradenan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54171
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 2615482X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini is research, study, and analysis related to early childhood include; cognitive development, language development, development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, artistic and creative development, parenting, early childhood education management, curriculum design, inclusive education in early childhood education, teacher competencies, multicultural education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, teaching methods, learning strategy, educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education, and various fields related to Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018" : 14 Documents clear
Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini Khairiah, Dina
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sosio-emosional anak merupakan perkembangan yang menceritakan perkembangan sosial dan emosi anak. perkembangan sosial anak yakni perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan aturan-aturan yang berlaku dilingkungan anak berada. Perkembangan emosional anak diartikan sebuah keadaan yang kompleks dapat berupa perasaan ataupun getaran jiwa yang ditandai oleh perubahan biologis yang muncul menyertai terjadinya suatu perilaku. Sehingga perkembangan sosial berkaitan erat dengan emosional anak karena ekspresi yang ditampilkan anak berkaitan dengan sikap sosial anak menjadikan sikap atau tingkah laku itu muncul. Assemen/penilaian dilakukan untuk melihat aspek perkembangan sosio-emosional anak apakah sudah tercapai atau belum. Proses penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran dan bersifat menyeluruh (holistik) yang mencakup semua aspek perkembangan anak didik baik aspek sikap, ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Agar tujuan penilaian tersebut tercapai, guru hendaknya memiliki pengetahuan berbagai metode dan teknik penilaian seperti; teknik penilaian observasi, percakapan, catatn anekdot dan catatsn spesimen, sehingga memiliki keterampilan memilih dan menggunakan dengan tepat metode dan teknik yang dianggap paling sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran, serta pengalaman belajar yang telah ditetapkan.
MEMBANGUN KEPEDULIAN TERHADAP ABK TAHUN 2018 Lisnayanti, Desy
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)adalah generasi bangsa yang punya hak sama dalam pendidikan.UUD 1945 pasal 31 telah jelas menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhakmendapatkan pengajaran”. Namun dalam kenyataannya angka bullying terhadap ABK masih cukup tinggi. Karakter peduli merupakan kompetensi dasar yang ditanamkan kepada anak usia dini, Aplikasi dari sikap ini adalah menolong terhadap teman-temannya termasuk anak ABK(anak Berkebutuhan khusus). Dengan pembiasaan menolong ini diharapkan anak-anak akan meningkat sikap kepedulian terhadap ABK sehingga angka bullying akan tertekan dan tidak ada lagi diskriminasi terhadapABK.Bangsa ini akan menjadi bangsa yang bermartabat ketika memulyakan anak - anak berkebutuhan khusus.Karya ilmiah ini bertujuan meningkatkan Karakter peduli siswa RA Zidni „Ilma dengan pembiasaan menolong ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)baik dirumah maupun di sekolah. Penelitian ini merupakan Study kasus, Subyek dan Obyek adalah siswa RA Zidni „Ilma Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus Pra siklus,Siklus 1 dan Siklus 2. Disetiap siklusnya mempunyai 4 tahapan yakni Perencanaan,Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara kepada guru maupun orang tua, Observasi dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kepedulian siswa RA Zidni „Ilma. Gambaran hasil pengamatan tingkat kepedulian terhadap Anak Berkebutuhan Khusus menunjukkan bahwa ada peningkatan Karakter peduli dengan pembiasaan menolong sebesar 76%.
Play-Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Progresivisme Amin, Mochammad Lathif
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis Play-based Learning untuk anak usia dini dalam perspektif progresivisme. Play-based learning adalah pendidikan alternatif yang memadukan kegiataan bermain sambil belajar serta pengembangan potensi anak.Penelitan ini merupakan studi kepustakaan. Tahapan penelitian meliputi inventarisasi data, klasifikasi data, analisis data, dan penulisan hasil. Metode analisis menggunakan deskripsi, interpretasi, dan refleksi-kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa play based learning merupakan pendidikan yang menjadikan anak didik sebagai subjek utama pendidikan. Guru berperan sebagai fasilitator bermain anak. Play based learning adalah pendidikan yang bebas dan demokratis, yang terbuka terhadap kritik dan penyempurnaan. Implementasi play based learning pada pendidikan anak usia dini di Indonesia membutuhkan kerja sama seluruh elemen, terutama persiapan matang pihak sekolah, baik material maupun pikiran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia.
Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Akidah pada Anak Usia Dini stainu, athfal; Haji, Indah Puspa
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The more rapid development of the times and the increasingly sophisticated information media in this era of globalization, has become a challenge for parents in nurturing and educating their children, especially in providing religious education. Religious education is the basic education that must be taught to children from an early age, especially education about aqeedah as the foundation for the education of faith and Islamic teachings from an early age. If the faith has been good, then all the deeds will be good. Parenting in growing aqidah in early childhood is a process of interaction between parents and children, which includes activities such as maintaining, protecting, and directing children's behavior to grow faith in early childhood. The right parenting style for early childhood is authoritative parenting because in this parenting style parents value children personally by giving a sense of responsibility based on the rules. In this case parents can apply religious rules to children in order to grow their faith in children from an early age. In growing faith in early childhood there are various ways that are done by both parents, namely: educating through habituation, exemplary, advice and praise / rebuke. There are several factors that influence the process of growing faith in early childhood, namely: the media, peers and family.
Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di TK Islam Plus Mutiara banguntapan Yogyakarta ., Nurhidayati
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen kegiatan ektrakurikuler merupakan proses pengelolaan atau pendayagunaan yang terorganisir di dalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan padakegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di suatu lembaga sekolah. Rumusan penelitian ini adalah apa saja kegiatan ektrakurikuler yang ada di TK Islam Plus Mutiara Banguntapan yogyakarta, dan bagaimana proses manajemen ekstrakurikuler yang diterapkan di TK Islam Plus Mutiara Banguntapan Yogyakarta. Penelitian dilakukan di TK Islam Plus Mutiara Banguntapan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kegiatan ekstrakurikuler di TK Islam Plus mutiara Banguntapan Yogyakarta berjalan dengan sangat baik dan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan pun sangat bervariasi. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di TK Islam Plus mutiara Banguntapan Yogyakarta yaitu, Pelatihan Drumband, Angklung, Menari, Menyanyi, Melukis, Renang, Sanggar Al-Qur’an, Matematika Dahsyat, Multimedia, Baca Tulis dan Berhitung, Manasik Haji Kids, Pesantren Ramadhan, Field Trip, dan Outbound family.
Pengembangan Kreatifitas Melalui Musik Pada Anak Usia Dini StudiKasus di TK ABA Pringwulung Sleman Yogyakarta ., Yulianto; ., Nurjannah; haq, Muhammad zaairul
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research talks about developing music creativity in early educational children in ABA kindergarten, Priwulung,Sleman, Yogyakarta. The method in this research is decriptive qualitative research. It goes to field study. The data was taken from interview, observation, and also collecting data that is supported to this research. The result of this research shows that (1) music can develop the children's intellegency on early educational children in Kindergarten ABA Pringwulung (2). Music can develop creativity and imagination for early educational children, sing a song with move part of the body on early educational children, and can explore aptitude that children have in musically context.
Terapi Mendongeng untuk Perkembangan Bahasa Pada Anak Adzif Dengan Speech Delay di RA Fun Islamic School Purworejo ., Nurjanah; Muyasiroh, Rif’atus Sa’idatul; Haq, Muhammad Zaairul
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses language development in Nadzif children with speech delay in KB / RA FIS (Fun Islamic School) with storytelling method. This study uses a qualitative method of case study with early childhood research in KB / RA FIS (Fun Islamic School) Teaching Group 2018/2019 which is examined as many as 1 child as the subject of the study is Nadif children who are criterias experiencing speech delay Collection data is done using the method of observation, interviews, and documentation. The results showed that the influence of storytelling activities was able to increase vocabulary, children able to speak and language of children increased this can be seen until now Nadzif children are able to improve communication with their peers, with mothers in school and there are many changes in language development when communicating with parents at home
Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini Dina Khairiah
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan sosio-emosional anak merupakan perkembangan yang menceritakan perkembangan sosial dan emosi anak. perkembangan sosial anak yakni perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan aturan-aturan yang berlaku dilingkungan anak berada. Perkembangan emosional anak diartikan sebuah keadaan yang kompleks dapat berupa perasaan ataupun getaran jiwa yang ditandai oleh perubahan biologis yang muncul menyertai terjadinya suatu perilaku. Sehingga perkembangan sosial berkaitan erat dengan emosional anak karena ekspresi yang ditampilkan anak berkaitan dengan sikap sosial anak menjadikan sikap atau tingkah laku itu muncul. Assemen/penilaian dilakukan untuk melihat aspek perkembangan sosio-emosional anak apakah sudah tercapai atau belum. Proses penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran dan bersifat menyeluruh (holistik) yang mencakup semua aspek perkembangan anak didik baik aspek sikap, ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Agar tujuan penilaian tersebut tercapai, guru hendaknya memiliki pengetahuan berbagai metode dan teknik penilaian seperti; teknik penilaian observasi, percakapan, catatn anekdot dan catatsn spesimen, sehingga memiliki keterampilan memilih dan menggunakan dengan tepat metode dan teknik yang dianggap paling sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran, serta pengalaman belajar yang telah ditetapkan.
MEMBANGUN KEPEDULIAN TERHADAP ABK TAHUN 2018 Desy Lisnayanti
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)adalah generasi bangsa yang punya hak sama dalam pendidikan.UUD 1945 pasal 31 telah jelas menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhakmendapatkan pengajaran”. Namun dalam kenyataannya angka bullying terhadap ABK masih cukup tinggi. Karakter peduli merupakan kompetensi dasar yang ditanamkan kepada anak usia dini, Aplikasi dari sikap ini adalah menolong terhadap teman-temannya termasuk anak ABK(anak Berkebutuhan khusus). Dengan pembiasaan menolong ini diharapkan anak-anak akan meningkat sikap kepedulian terhadap ABK sehingga angka bullying akan tertekan dan tidak ada lagi diskriminasi terhadapABK.Bangsa ini akan menjadi bangsa yang bermartabat ketika memulyakan anak - anak berkebutuhan khusus.Karya ilmiah ini bertujuan meningkatkan Karakter peduli siswa RA Zidni „Ilma dengan pembiasaan menolong ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)baik dirumah maupun di sekolah. Penelitian ini merupakan Study kasus, Subyek dan Obyek adalah siswa RA Zidni „Ilma Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus Pra siklus,Siklus 1 dan Siklus 2. Disetiap siklusnya mempunyai 4 tahapan yakni Perencanaan,Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara kepada guru maupun orang tua, Observasi dan Studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kepedulian siswa RA Zidni „Ilma. Gambaran hasil pengamatan tingkat kepedulian terhadap Anak Berkebutuhan Khusus menunjukkan bahwa ada peningkatan Karakter peduli dengan pembiasaan menolong sebesar 76%.
Play-Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Progresivisme Mochammad Lathif Amin
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 1 No 2 (2018): Al-Athfal, Vol. I, No. 2, Juli-Desember, 2018
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis Play-based Learning untuk anak usia dini dalam perspektif progresivisme. Play-based learning adalah pendidikan alternatif yang memadukan kegiataan bermain sambil belajar serta pengembangan potensi anak.Penelitan ini merupakan studi kepustakaan. Tahapan penelitian meliputi inventarisasi data, klasifikasi data, analisis data, dan penulisan hasil. Metode analisis menggunakan deskripsi, interpretasi, dan refleksi-kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa play based learning merupakan pendidikan yang menjadikan anak didik sebagai subjek utama pendidikan. Guru berperan sebagai fasilitator bermain anak. Play based learning adalah pendidikan yang bebas dan demokratis, yang terbuka terhadap kritik dan penyempurnaan. Implementasi play based learning pada pendidikan anak usia dini di Indonesia membutuhkan kerja sama seluruh elemen, terutama persiapan matang pihak sekolah, baik material maupun pikiran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 14