cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
alatfal@stainupwr.ac.id
Phone
+6285743364221
Journal Mail Official
alatfal@stainupwr.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.05, Rw. I, Kledung Kradenan, Kec. Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54171
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 2615482X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini is research, study, and analysis related to early childhood include; cognitive development, language development, development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, artistic and creative development, parenting, early childhood education management, curriculum design, inclusive education in early childhood education, teacher competencies, multicultural education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, teaching methods, learning strategy, educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education, and various fields related to Early Childhood Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
MEDIA KARTU BERGAMBAR PROSEDUR MENCUCI TANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN AKTIVITAS MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA DINI Grace Anggela Larumunde
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_athfal.v5i2.301

Abstract

This study aims to find out the PCS Card media and the steps for using the PCS Card (Self-Handwashing Procedure) in the development of Learning Media and Early Childhood Learning Resources. The method used in this study used a descriptive qualitative approach by collecting data in the form of in-depth interviews, observation, and documentation from parents and three children aged 5-6 years (two girls and one boy). Looking at the current situation of the pandemic, apart from wearing masks and keeping a distance, washing hands is an important action in maintaining personal hygiene against the threat of the Covid-19 virus. To make learning activities more interesting in conveying knowledge about the importance of hand washing to maintain personal hygiene, prevent various diseases and prevent potential antimicrobial resistance. So, we present the card media with unique and colorful pictures and convey it through a simple fun game, one of which is by playing guessing and arranging the PCS cards according to the order of the pictures. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media Kartu PCS dan langkah-langkah pemanfaatan Kartu PCS (Prosedur Cuci tangan Sendiri) sebagai pengembangan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi kepada para orang tua dan tiga anak berusia 5-6 tahun (dua anak perempuan dan satu anak laki-laki). Melihat dari situasi dari kondisi pandemi saat ini, selain memakai masker dan menjaga jarak, mencuci tangan adalah tindakan yang penting dalam menjaga kebersihan diri sendiri dari ancaman virus Covid-19. Agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dalam menyampaikan pengetahuan tentang pentingnya tindakan cuci tangan untuk menjaga kebersihan diri sendiri, mencegah berbagai penyakit dan mencegah potensi resistensi antimikroba. Maka, kami menyajikan media kartu tersebut dengan gambar-gambar yang unik dan berwarna serta disampaikan melalui sebuah permainan sederhana yang menyenangkan, salah satunya dengan bermain tebak dan menyusun kartu-kartu PCS tersebut sesuai urutan gambarnya.
INTERNALISASI PEMANFAATAN PERMAINAN BALOGO SEBAGAI STIMULASI PEMBELAJARAN AUD DALAM PENGASUHAN KELUARGA BANJAR Tiara Nur Haliza
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_athfal.v5i2.304

Abstract

The purpose of this study was to determine the internalization of the balogo game as a stimulation of AUD learning in Banjar family care. This research method is using a qualitative approach to the type of qualitative descriptive research. This research was conducted during April 2022. The participants consisted of 6 students, namely 1 boy and 5 girls and one Banjarese family at the PH Clothing Store, Samarinda. The results of the study indicate that it is important to introduce the traditional game of Balogo from Banjar as a learning stimulation for early childhood so that it is not threatened with extinction. This game can train children's cognitive to focus when playing balogo games, train children's fine motor skills when treading balogo sticks, and train children's social-emotional emotions when playing patiently and waiting for their turn.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) DI TK NA.ZI.FA Tiyas Widanty
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_athfal.v5i2.310

Abstract

Seni merupakan kebutuhan psikologis yang harus terpenuhi, karena secara kontekstual keindahan menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi, sehingga seni dan keindahan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Pengembangan aspek seni anak merupakan tugas dan tanggung jawab guru dalam lingkungan persekolahan, guru harus berupaya semaksimal mungkin untuk memotivasi dan mengajak anak dalam keikutsertaan pada kegiatan seni dengan menggunakan metode dan media yang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran seni melipat (origami). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti menelit sebuah objek dan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kegiatan seni melipat di TK Na.Zi.Fa menggunakan metode demonstrasi dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu : 1). Guru menyiapkan alat dan bahan yang di perlukan, 2). Guru menjelaskan alat dan bahan kepada anak, 3). Guru memberitahu mengenai apa yang akan dibuat dengan menggunakan kertas yang sudah dibagikan kepada anak, 4). Guru memulai tahap demi tahap sembari memberi arahan kepada anak dan membantu anak ketika ada yang kesulitan, 5) tahap akhir ketika sudah selesai guru meminta anak untuk menunjukkan hasil karya mereka dan meminta anak untuk menceritakan pengalaman mereka saat melakukan kegiatan melipat kertas dengan menanyakan “apakah kegiatan tersebut menyenangkan atau tidak ?” “apakah hal tersebut mudah untuk dilakukan oleh anak atau tidak?”
IMPLEMENTASI WORKSHEET ANGKA UNTUK PENGENALAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA DINI Winda Nur Ayu Afifaroh
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_athfal.v5i2.349

Abstract

Teachers have a very important role in the learning process which includes planning, implementing, and assessing. In planning the teacher must pay attention to several aspects that must be in accordance with the child. The use of media must be appropriate to the level of child development. One of them is the use of worksheets to introduce mathematics to early childhood. In this case there must be a special event to help the learning process. So that it will make it easier for students to learn and increase knowledge for children. Stick with the concept of play, so as not to eliminate early childhood learning styles. The type of research used in this research is descriptive with a qualitative approach. This research was conducted in Juwiring Village with children aged 4-5 years as research subjects. Data collection methods include: observation and documentation. Based on the analysis it was found that teaching mathematics to children can use interesting media images, so that it makes children interested in learning to understand the material. The emergence of their own desire in children to learn and do tasks continuously. This research shows that there is an increase in students' learning motivation in early childhood by using pictures of fruits. With interesting pictures can make children feel interested in learning material. So that children's learning motivation increases. With attractive images, children are more focused on one particular task and are less easily distracted by abstract events.
PENGENALAN KONSEP PENGUKURAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA DONAT SUSUN Siti salwa Dkk
Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini Vol 5 No 2 (2022): Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STAINU Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52484/al_athfal.v5i2.357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi bahwa metode pengukuran pada anak usia dini sangat penting, namun banyak lembaga yang tidak mengajarkan metode ini. Kami mencoba untuk menggunakan media donat susun untuk membuktikan bahwa pengajaran pengukuran anak usia dini penting untuk mereka. Pokok pokok yang menjadi penelitianya adalah anak dengan problem solvingnya, dan juga akurat media donat susun sebagai media pengajaran pengukuran terkait besar kecil dari donat itu sendiri. Dan juga penyusunan donat tersebut dari yang terbesar hingga yang terkecil. Metode yang kami gunakan adalah metode tindak kelas dan hasil penelitianya menunjukan bahwa anak usia 4-6 tahun sudah mampu untuk mempelajari dan memahami besar kecil dari media donat susun, sedangkan untuk anak usia 1-3 tahun masih membutuhkan arahan dan bimbingan akan perintah dari media donat susun tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5