cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Februari" : 13 Documents clear
METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( I P S ) SISWA KELAS III SD NEGERI 008 RAMBAH SAMO KECAMATAN RAMBAH SAMO, KABUPATEN ROKAN HULU Niryandi Niryandi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah Samo ,Kabupaten Rokan Hulu. Metode Demonstrasi adalah suatu cara mengajar dengan mempertunjukan suatu benda atau perilaku yang dapat memberikan gambaran tentang makna dari potensi manusia untuk bertindak. Metode ini dapat meningkatkan kemampuaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III SD Negeri 008 Rambah Samo ,hal ini terbukti setelah dilakukan pembelajaran dengan metode tersebut anak tertarik minat belajarnya, dan dapat mengungkapkaan pendapatnya serta muncul kreatifitas untuk belajar. Dalam menggunakan metode ini penulis tetap mempertimbangkan waktu,keadaan anak,dan masalah yang teridentifikasi sebelum melakukan penelitan tindakan kelas,sehingga tepat dalam mengambil tindakan terbukti terjadi peningkatan berturut –turut dari siklus I pertemuan I sampai dengan siklus II pertemuan II pembelajaran berhasil.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FOLLOW-UP QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM KITA MURID KELAS IV SDN 005 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU DONI NOVIANTO
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada materi Sumber Daya Alam murid kelas IV SDN 005 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Adapun usaha yang peneliti lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Follow-Up Question yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 005 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Sumber Daya Alam Kita Murid Kelas IV SDN 005 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh ketuntasan secara klasikal adalah 36%, terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 60%. Sedangkan peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan ketuntasan secara klasikal 100%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 003 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM ROKAN HULU Tiorunggu Harianja
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rendahnya kemampuan membaca pemahaman kelas V SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam Rokan Hulu dengan penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. subjek penelitian ini adalah 34 siswa tahun pelajaran 2015-2016. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, teknik tes kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam Rokan Hulu. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dari skor dasar ke siklus I 5,56 poin dan dari skor dasar ke siklus II sebesar 23,95 poin
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK DASAR TENIS MEJA SISWA KELAS VI SDM 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Rohima Rohima
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudulkemampuan teknik dasar tenis meja siswa kelas VI SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan gerak dasar tenis meja siswa kelas VI SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VI SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VI SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada SDM 036 Gobah Pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar dapat meningkatkan kemampuan teknik cabang olahraga tenis meja. Selalu terjadinya peningkatan dalam tiap siklus terhadap keterampilan teknik tenis meja melalui modifikasi Permainan pada siswa kelas VI SDM 036 Gobah Kecamatan Tambang kabupaten Kampar, hal tersebut terbukti dari hasil tes yang telah dilaksanakan. Dimana dari 37 jumlah siswa, pada tes awal diperoleh rata-rata nilai yang dikategorikan cukup kompeten dengan nilai rata-rata 53.2, sedangkan pada siklus I keterampilan teknik permainan tenis meja siswa naik menjadi 67.7 dengan kategori cukup kompeten, dan siklus II kemampuan rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dengan kategori kompeten dengan nilai rata-rata 87.1
KESANTUNAN TINDAK TUTUR DEDDY CORBUZIER DALAM ACARA HITAM PUTIH DI TRANS7 Dwi Viora
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya retorika oleh seorang pembawa acara agar memperoleh informasi dari bintang tamunya. Seorang pembawa acara tentu menggunakna strategi bertutur dan kesantunan tindak tutur agar menjaga citra dirinya dan citra mitra tuturnya sehingga memperoleh informasi yang diinginkan. Penelitian ini difokuskan pada strategi bertutur dan kesantunan tindak tutur Deddy Corbuzier dalam acara Hitam Putih di Trans7. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik content analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Strategi bertutur yang digunakan Deddy Corbuzeir dalam acara Hitam Putih di Trans7 adalah bertutur terus terang tanpa basa basi, bertutur dengan basa basi kesantunan positif, dan bertutur dengan basa basi kesantunan negatif. 2) Prinsip kesantunan yang digunakan Deddy Corbuzier dalam acara Hitam Putih di Trans7 adalah maksim pujian, maksim simpati, dan maksim kesepakatan. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa Deddy Corbuzeir adalah pembawa acara yang memiliki ciri khas tersendiri dalam menggunakan strategi bertutur dan prinsip kesantunan bertutur dengan mitra tuturnya
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 013 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM Rusmawati Naiborhu
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 013 Pagaran Tapah Darussalam . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Type Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 013 Pagaran Tapah Darussalam, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian seperti dipaparkan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Cooperative Type Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 013 Pagaran Tapah Darussalam. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Cooperative Type Synergetic Teaching pada mata pelajaran IPS, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terlihat bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata persentase 69,00%. Sedangkan hasil tes pada Siklus II hasil belajar siswa mencapai rata-rata 82,50% yang tergolong sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari skor 69,00%. menjadi 82,50% yang dipengaruhi oleh aktivitas guru yang lebih ditingkatkan, khususnya dalam hal menyampaikan materi dan memberikan motivasi kepada siswa selama pembelajaran
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS V SDN 009 TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Ismanuria Ismanuria
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca nyaring siswa kelas V SDN 009 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas IV SDN 009 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 009 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar berjumlah 26 orang siswa, yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki pada tahun pelajaran 2015-2016. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan terhadap penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam kemampuan membaca nyaring mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari data awal rata-rata nilai 63,0. Jika dilihat dari ketuntasan klasikal, ada 19,2% siswa (5 orang) yang tuntas memperoleh nilai minimal 70 (sesuai standar KKM). Namun setelah diterapkannya metode demonstrasi, diperoleh rata-rata nilai 68,9 atau dengan ketuntasan sebesar 50% siswa (13 orang). Kemudian pada siklus kedua, dicapai rata-rata nilai 81,0 atau dengan ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII.3 DI SMP NEGERI I TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Zulkifli Zulkifli
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII.3 di SMP Negeri I Tambang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 di SMP Negeri I Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Rata-rata siswa pada tes awal dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 62,5 dan pada siklus I naik menjadi 67.0 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II kemampuan rata-rata siswa telah dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 81.0, tetapi dengan ketuntasan 100%, dimana nilai ketuntasan siswa telah tercapi. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII.3 di SMP Negeri I Tambang Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN 003 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM Rusmayanti Rusmayanti
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas V SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam melalui model pembelajaran kooperatif Card Sort yang dilaksanakan selama 1 bulan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam. Kelas yang peneliti teliti adalah Kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini rata-rata siswa pada tes awal dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 54.5, dengan nilai persentase ketuntasan 25% atau ada 5 siswa yang dinyatakan tuntas dan sisanya 15 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 75%, Pada siklus I, nilai kemampuan rata-rata siswa naik menjadi 64.5 dengan kategori sedang, dengan nilai persentase ketuntasan 60%atau dengan jumlah 12 orang siswa,Pada siklus II kemampuan rata-rata siswa telah dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 77.5, tetapi dengan ketuntasan 95%, dimana nilai ketuntasan siswa telah tercapikeempat sebesar (20%).
PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 011 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM Kamusrawati Kamusrawati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2017): Februari
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 011 Pagaran Tapah Darussalam. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 011 Pagaran Tapah Darussalam melalui penerapan metode latihan yang dilaksanakan selama 1 bulan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 011 Pagaran Tapah Darussalam. Kelas yang peneliti teliti adalah Kelas II semester dua dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang. Penelitian tindakan kelas ini mulai dilaksanakan pada awal bulan Februari 2015. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen lembar aktivitas guru dan siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan membaca permulaan melalui metode latihan siswa kelas Kelas II SDN 011 Pagaran Tapah Darussalam. Pernyataan ini dapat diterima, karena kemampuan siswa dalam kemampuan membaca permulaan mengalami peningkatan. Di mana dikatehui dari data awal adalah 62,5 (kategori kompeten). Siklus pertama pertemuan pertama diperoleh rata-rata 65,9 (cukup kompeten), siklus pertama pertemuan ke dua diperoleh rata-rata 70,5 (kompeten), siklus kedua pertemuan pertama diperoleh rata-rata 77,8 (kompeten), dan siklus kedua pertemuan kedua diperoleh rata-rata 86,9 (kompeten) dengan ketuntasan 100% siswa atau 11 orang. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil

Page 1 of 2 | Total Record : 13