cover
Contact Name
Muhammad Nurrohman Jauhari
Contact Email
mnjauhari@unipasby.ac.id
Phone
+6281234309605
Journal Mail Official
special@unipasby.ac.id
Editorial Address
Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
ISSN : -     EISSN : 27221636     DOI : https://doi.org/10.36456
SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal merupakan jurnal open access yang dapat di akses oleh umum. Jurnal ini menerapkan peer review sebelum artikel akan diterbitkan, hal ini untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang akan dipublikasikan. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan April dan Oktober. E-ISSN : 2722-1636. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal berfokus pada : 1. Pendidikan Khusus 2. Penddikan Inklusi 3. Intervensi Dini dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus 4. Teknologi asistif untuk Disabilitas
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)" : 10 Documents clear
Pembelajaran Brain-based Learning (BbL) Melalui Media Kartu Bermain Pintar (KBP) Untuk Anak Autis Pada Materi Serangga Endro Tri Susdarwono
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5266

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai model pembelajaran Brain-based Learning (BbL) melalui media Kartu Bermain Pintar (KBP) untuk siswa autis pada materi serangga kuno penghuni perairan (capung, lalat sehari, dan lalat batu). Penelitian ini bermaksud menjawab hipotesis apakah terdapat korelasi pembelajaran Brain-based Learning (BbL) melalui media Kartu Bermain Pintar (KBP) dengan tingkat penguasaan siswa autis pada materi serangga kuno penghuni perairan (capung, lalat sehari, dan lalat batu)?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The one-shot case study design sedangkan teknik dalam penganalisisan data menerapkan pengujian hipotesis metode korelasi kontinjensi. Kesimpulan dari penelitian bahwa penerapan pembelajaran Brain-based Learning (BbL) melalui media Kartu Bermain Pintar (KBP) mempunyai korelasi dengan tingkat penguasaan siswa autis pada materi serangga kuno penghuni perairan (capung, lalat sehari, dan lalat batu). Berdasarkan kriteria yang berlaku pada metodologi penelitian, nilai korelasi di antara kedua variabel yang ada dalam penelitian sebesar 74,45%, nilai tersebut tergolong tinggi.
Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Operasi Hitung Campuran Dengan Menggunakan Media Stik Es Krim Pada Siswa Kelas III C1 Di Slb-C “YPLB” Blitar Elies Saadah
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan dan penerapan media stik es krim dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan operasional hitung campuran sampai 10 pada siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 7 siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar pada Semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dan penerapan media stik es krim dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan operasional hitung campuran sampai 10 pada siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar. Bukti dari peningkatan kemampuan siswa tersebut dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa dalam belajar yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 56,28 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 67,00 yang berarti ada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar.
Penggunaan Media Pembelajaran”Warto Percil” untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Merawat Gigi di Kelas V C pada SLB Sariwiyata Wlingi Khoirun Nisak
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5271

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran ”WARTO PERCIL” dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menerapkan pentingnya merawat gigi bagi peserta didik tunagrahita kelas VC di SLB Sariwiyata Wlingi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ”WARTO PERCIL” dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menerapkan pentingnya merawat gigi bagi peserta didik tunagrahita kelas V C di SLB Sariwiyata Wlingi, yaitu adanya peningkatan nilai tes peserta didik pada siklus I dan II. Yaitu pada siklus I rata-rata nilai perolehan peserta didik adalah kurang atau dengan rentang skor antara <25% sd 37,5%, peserta didik melakukan tugas yang diberikan atau diperintahkan dengan bantuan verbal dan fisik secara langsung dari guru atau orang lain, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil nilai peserta didik adalah (>62,5 % - 87,5 %), peserta didik melakukan tugas yang diberikan guru secara mandiri tanpa bantuan dari siapapun.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Forehand dan Backhand Tenis Meja Melalui Alat Peraga “BOBAN” Siswa Tunagrahita Kelas VII dan VIII SMPLB Negeri 2 Yogyakarta Wisnu Satria Ghautama
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5284

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan forehand dan backhand siswa tunagrahita kelas VII dan VIII SMPLB Negeri 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, media pengumpulan data dengan cara observasi, praktik dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan prasiklus tanpa media menunjukkan rerata dalam 30 detik pukulan forehand sebanyak 4 kali dan backhand 4 kali. Pada siklus 1 menunjukkan rerata forehandsebanyak 5 kali dan backhand 6 kali. Pada siklus 2 menunjukkan rerata forehand sebanyak 7 kali dan backhand 7 kali. Pada siklus 3 menunjukkan rerata forehandsebanyak 9 kali dan backhand 10 kali. Kesimpulannya adalah penggunaan media boban dapat meningkaatkan kemampuan forehand dan backhand tenis meja siswa tunagrahita kelas VII dan VIII SMPLB Negeri 2 Yogyakarta.
Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra Kelas VII Melalui Metode Independen Travel Di SMPLB A YPAB Surabaya Dwi Rahmawati
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5299

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik orientasi mobilitas, khususnya teknik independent travel pada siswa tunanetra. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sistem pendidikan, dan mengembangkan manejemen sekolah agar menjadi lebih produktif, efektif dan evisien. Dari hasil tersebut semua peserta didik memiliki nilai ketuntasan sehingga dapat disimpulkan bahwa metode independent travel memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan kepercayaan diri tunanetra dengan nilai ketuntasan 100%.
Pola Kerjasama Guru Dan Orangtua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Tunarungu Di Masa Pandemi Covid-19 Di SLB Paramita Graha Banjarmasin Alvi Violita Dewi; Mirnawati; Eviani Damastuti
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5307

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 mengharuskan orangtua untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk anak tunarungu dengan demikian dibutuhkannya kerjasama antara guru dan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam terkait bagaimanakah pola kerjasama guru dan orangtua dalam pembelajaran jarak jauh pada anak tunarungu di masa pandemi Covid-19 di SLB Paramita Graha Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kerjasama yang telah dilakukan pada anak tunarungu dalam pembelajaran jarak jauh sebagai berikut: 1) kerjasama sebagai guru pendamping, guru memiliki peran dalam memberikan arahan dan peran orangtua menjalankan proses pembelajaran di rumah, 2) kerjasama sebagai fasilitator, guru dan orangtua mengikuti situasi dan kondisi masing-masing, 3) kerjasama dalam menciptakan Friendly E-Learning, guru dan orangt tua menyepakati untuk menggunakan aplikasi Whatsapp, 4) kegiatan parenting, Guru dan orangtua menyelenggarakan kegiatan parenting melalu offline dan online. Kendala yang dihadapi diantaranya: 5) kerjasama sebagai guru pendamping, orangtua sulit mendisplinkan anak di rumah, 6) kerjasama sebagai fasilitator, orangtua kurang memahami dalam mengoperasikan handphone, 7) kerjasama dalam menciptakan Friendly E-Learning, anak lebih memilih belajar dengan guru dibandingkan dengan orangtuanya, 8) kegiatan Parenting, pihak sekolah menerapkan pembatasan sosial dilingkungan sekolah.
Peran SPICE Indonesia terhadap pemenuhan Hidup Dasar Bagi Individu dengan Hambatan Fisik dan Motorik di Bandung Barat Gena Diniarti
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5682

Abstract

Individu dengan hambatan fisik berat dalam pemenuhan hak-hak hidupnya membutuhkan akomodasi, yang layak. Hal yang paling mendasar adalah pemenuhan kebutuhan hidup yang bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi menjadi tanggung jawab masyarakat bersama. Sehingga dibutuhkan organisasi/Lembaga berbasis masyarakat yang concern pada kebutuhan Individu Hambatan Fisik dan Motorik.   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran organisasi SPICE ( Severe AProfound Impairment Collective Empowerment) Indonesia terhadap pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Individu Hambatan Fisik dan motorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah 1 orang ketua spice dengan hambatan fisik, 1 orang sekretaris spice tanpa disabilitas dan 1 anggota spice. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara yang mendalam, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemenuhan dasar hidup dapat diberikan kepada dan oleh individu hambatan fisik bagaimana kondisi dan dimanapun tempat tinggalnya. Pendekatan psikologis dan spiritual selain dari pemuka agama dan professional serta teman sesama hambatan fisik berat menjadi factor pendukung para anggota dapat bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari/ Dukungan personal asistan dalam pemenuhan Hidup dasar sangat penting agar individu dengan hambatan fisik berat dapat memenuhi kebutuhan hidup dasarnya dan dapat ikut serta dalam kegiatan bermasyarakat
Pengembangan Media Ajar Visual “Sambung Pipa” Terhadap Siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Annifa Salja; Muhammad Husni; Abdul Aziz
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5895

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media ajar visual “Sambung Pipa” terhadap siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) pada pembelajaran tematik kelas 1 dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhankan menjadi 7 langkah yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utama, (revisi produk akhir). Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa autis kelas 1 yang mengalami hambatan komunikasi, perilaku dan interaksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan respon guru serta kepala sekolah. Hasil uji validasi ahli materi mendapatkan skor 97 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 93 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah narasumber mengutarakan bahwa media ajar visual “Sambung Pipa” ini mampu mengakomodir kebutuhan siswa autis dalam proses pembelajaran karena materi yang mudah diterima dan tampilan yang mampu menarik perhatian siswa. Sehingga dapat disimpulkan, media ajar visual “Sambung Pipa” sebagai penunjang pembelajaran siswa autis valid dan efektif digunakan sebagai alat bantu yang mempermudah siswa memahami materi pada buku tematik.
Pengaruh Metode Bermain Plastisin dalam Meningkatkan kemampuan kognitif Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Negeri Cerme Gresik Nilna Uffi Al ‘azmi
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5910

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bermain plastisin dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa tunagrahita sedang kelas VII di SLB Cerme Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian tingkat kemampuan anak dalam meningkatkan kreativitasnya mengalami peningkatan. Dari kondisi awal jumlah anak yang belum berkembang berjumlah 3 anak atau 75 % dan mulai berkembang berjumlah 3 anak atau 5% meningkat pada siklus I menjadi 75% atau anak mulai berkembang menjadi 75% dan berkembangsesuai harapan 25%. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 50% berkembang sesuai harapan dan 25% berkembang sangat baik.
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 2 SMPLB Bhakti Luhur Malang Dominica Istinawati; Muhammad Nurrohman Jauhari; Sambira Mambela
SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal Vol 3 No 1 (2022): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/special.vol3.no1.a5911

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 2 SMPLB Bhakti Luhur Malang. Peneliti menggunakan desain One group pretest – posttest design. Hasil penelitian adalah hasil uji hipotesis (Uji t) yang menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing untuk meningkatkan motorik kasar anak kelas 2 SMPLB Bhakti Luhur Malang. Kesimpulan ini diperoleh karena hasil nilai signifikan sebesar 0,00 < taraf signifikansi (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode role playing sangat efektif dalam membantu menguji kemampuan motorik kasar siswa berkebutuhan khusus (tunagrahita ringan). Orientasi kemampuan siswa yang dimaksud adalah siswa bisa menyeimbangkan gerakan yang melibatkan fisik yang saling bersinergi dengan cara berpikir siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10