cover
Contact Name
wahyu setyawan
Contact Email
fitridewiandani1993@gmail.com
Phone
+6285755480938
Journal Mail Official
arisw7178@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
al muttaqin
ISSN : -     EISSN : 27210731     DOI : -
Jurnal AL-MUTTAQIN diterbitkan oleh kampus STAI-SAM, Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto, AL-MUTTAQIN merupakan majalah ilmiah yang memplubikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang ekonomi, pendidikan dan manajemen serta infomasi dakwah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020)" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI SISTEM EKONOMI KELAS X-I SMA PATRIOT PETERONGAN JOMBANG liyana rahmawati; wahyu aris setyawan
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata Pelajaran Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW. Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 75%, mengajukan pertanyaan sebesar 78%, aktif dalam diskusi sebesar 87,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 81,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 68,59 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada siklus II rata-rata sebesar 87,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan sistem ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Patriot Peterongan Jombang tahun ajaran 2019/2020
KLASIFIKASI PENDIDIK PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Analisis Tafsir Tematik) mas'ulil munawaroh
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata Pelajaran Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW. Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 75%, mengajukan pertanyaan sebesar 78%, aktif dalam diskusi sebesar 87,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 81,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 68,59 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada siklus II rata-rata sebesar 87,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan sistem ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Patriot Peterongan Jombang tahun ajaran 2019/2020
PENGELOLAAN WISATA RELIGI MAKAM TROLOYO DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT LOKAL liyana rahmawati; wahyu aris setyawan
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan wisata religi makam Troloyo di Dusun Sidodadi Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto dan untuk mengetahui dampak pengelolaan wisata religi makam Troloyo terhadap kehidupan sosial-ekonomi masyarakat lokal. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menyimpulkan pengelolaan wisata religi makam Troloyo dan dampaknya terhadap kehidupan sosial-ekonomi masyarakat lokal. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui: (1) dalam pengelolaannya pihak pengelola wisata religi makam Troloyo melakukan kerjasama dengan wujud MoU (Memorandum of Understanding) antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa. Fisik sarana dan prasarana mengalami peningkatan 100% dari kondisi sebelumnya. (2) dari pengelolaan makam Troloyo membawa dampak pada kehidupan sosial-ekonomi seperti: pola kehidupan masyarakat yang cenderung konsumtif, penekanan pada segi keamanan dan ketertiban, perubahan pada sektor pendidikan yang meningkat, harga tanah di area pemakaman yang cenderung mahal, mata pencaharian berubah, terjadi penyerapan tenaga kerja, dan terjadi peningkatan pendapatan masyarakat lokal yang dilihat dari bertambahnya tingkat prosentase pendapatan masyarakat lokal sebesar 70,3%
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA dian arleni
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 58 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menyimpulkan penggunaan model pembelajaran materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui: (1) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika, pemahaman siswa mengalami peningkatan 100% dari kondisi sebelumnya. (2) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika membawa dampak pada pola belajar siswa, seperti: tingkat kosentrasi, daya ingat, daya tangkap, ketahanan lama waktu belajar, dan terjadi peningkatan pemahaman siswa, yang dilihat dari bertambahnya tingkat prosentase hasil belajar siswa sebesar 94,87%.
Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Study Kasus pada Anak Autisme) nur arofah tis'ina
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran orang tua sangat penting dalam motivasi belajar pada anak autisme, karena perubahan perkembangan anak membutuhkan kedekatan dan dukungan dari orang tua. Belajar dapat dikatakan berhasil apabila dapat membentuk pola-pola pikir dalam berprilaku baru untuk memenuhi kebutuhannya. Banyaknya penurunan dalam motivasi belajar pada anak autisme yaitu, salah satu dari penyebabnya adalah dari kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua. Karena upaya orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar pada anak autisme kurang maksimal, hal ini disebabkan karena banyak orang tua yang sibuk dan terlalu mempercayakan pada guru shadow. Untuk itu tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah peran orang tua sangat utama dalam perkembangan anak autism terutama dengan motivasi belajarnya. Dari hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam motivasi belajar anak autisme sangatlah penting. Terutama pada subjek A, yang mana orang tua memiliki peran rendah dalam memotivasi belajarnya, karena orang tua hanya mempercayakan pada guru wali kelas dan guru shadow. Sedagkan yang dibutuhkan dalam perubahan perkembangannya adalah dari orang tua. Berbeda dengan subjek B, yang mana orang tua sepenuhnya memeliki motivasi yang begitu tinggi saat memotivasi belajar pada anaknya. Dan selalu memantau perkembangan baik secara akademik, social, dankomunikasi.
PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN STRATEGI PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA KECIL MENENGAH KECAMATAN GEMPOL ach. nur fuad chalimi; Cahyo Setiawan
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penegakanohukumo (LawoEnforcement) omerupakanokegiatanomenyerasikanohubunganonilai-nilaioyang terjabarkanodidalam kaidah-kaidahonilai yangomantapodanosikap tidak sebagaio rangkaianpenjabarannilaitahap akhirountukomenciptakan, menjaga, dan mempertahankanokedamaian dalam pergaulanohidup.Denganoadanya penegakanhukumperpajakanyangobersifatkonsistenmerupakansalahsatucaraagaroketentuanoperpajakan dapatoditaatioolehowajibopajakosehinggatidakadanyaancamanmaupunpaksaandidalammembayarpajak. Tugas aparat perpajakan untuk melakukan berbagai penyuluhan maupun pelatihan agar masyarakat sadar akan kewajibanya untuk membayar pajak, tetapi untuk mewujudkan hal itu tidak lah mudah dan akan menjadi tantangan besar bagi fiskus untuk menyadarkan masyarakat supaya sadar akan pembayaran pajak dan pada hakekatnya adalah membangun bagaimana agar masyrakat sadar akan hukum perpajakan. Kepatuhan wajib pajak sangat penting bagi Negara guna meningkatkan anggaran negara dari pendapatan pajak, untuk itu perlunya perhatian dari aspek PelayananFiskusyangdiberikankepadaWajibpajakoUsahaoKecilomenengahodanoStrategiPenegakan Hukum yang diterapkan pemerintah. Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuipengaruhopelayananofiskusodan strategipenegakanhukumoterhadapokepatuhanowajibopajakodiKecamatanoGempol.Metode pengumpulandatayangdigunakanadalahobservasidankuesioner. Adapunometodeanalisisoyangdigunakanadalahanalisis regresi berganda. HasilpenelitianinioadalahoPelayananfiskusdanstrategipenegakan hukumoberpengaruh secara parsial terhadap tingkat kepatuhan wajibopajakousahaokecil danomenengah dengan hasil uji t yang digunakan untukomengetahui setiap variabel yang berpengaruh terhadap tingkatokepatuhanowajibopajak. Untukomeningkatkan kepatuhanowajibopajak perlu adanya pengelolaan pajakoyang baik berdasarkan nilai, keadilan, kejujuran, kedisipilinan dari petugas perpajakan atau fiskus (pegawai pajak) serta berpedoman terhadap hukum perpajakan.
PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHARAH KALAM MTs SABILUL MUTTAQIN MOJOKERTO Khoirunnisak ilfitriyah Nisak
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa arab merupakan mata pelajaran yang unik karena memiliki banyak keistimewaan dan juga memiliki banyak problematika. Bahasa arab juga mata pelajaran yang wajib dilaksanakan disetiap madrasah, mulai madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah bahkan perguruan tinggi. Karena meskipun bahasa arab bukan bagian dari bahasa resmi Negara Indonesia tetapi bahasa arab adalah bagian dari agama islam. Mengajarkan bahasa arab tidaklah mudah, problematika terbesar yang harus diketahui oleh para pengampu mata pelajaran bahasa arab adalah Motivasi untuk belajar Bahasa Arab bagi siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan seorang guru dalam meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa arab adalah melalui pengembangan penggunaan Media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan instagram sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab maharah kalam / keterampilan berbicara MTS Sabilul Muttaqin Mojokerto. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah siswa Mts Sabilul Muttaqin kelas XB, dan guru mata pelajaran bahasa arab. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa media instagram dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa arab siswa khususnya pada maharah kalam.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAHDALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK FAVORIT PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO wahyu syafa'at
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang memegang peran penting dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah.Oleh karena itu, maka tenaga administrasi sekolah harus memiliki kompetensi yang memadahi agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensinya dengan sangat profesional.Oleh karena itu perlu adanya standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh tenaga administrasi khususnya bidang literasi digital sebagai dasar kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut. Pada lembaga pendidikan khususnya swasta masih banyak ditemukan tenaga administrasi sekolah yang masih dirasa kurang memiliki kompetensi standar sebagai seorang tenaga administrasi yang kompeten, salah satu sebabnya adalah karena karena lembaga pendidikan merekrut tenaga administrasi tersebut lebih karena unsur kekeluargaan di mana mereka adalah orang-orang dekat di lembaga tersebut tanpa melalui seleksi dengan standar kompetensi yang jelas, sehingga seringkali standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga administrasi menjadi terabaikan, akibatnya mutu pelayanan pendidikan di sekolah kurang maksimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga administrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari selain perlu adanya pedoman kerja yang jelas dan sekolah juga harus memberikan fasilitas yang memadahi untuk meningkatkan sumber daya manusia tenaga administrasi sekolah baik berupa sarana prasarana yang memadahi maupun melalui pelatihan-pelatihan yang dibiayai oleh lembaga tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa besar peran tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia tenaga administrasi sekolah sangat penting dan berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITISDAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADAMATA PELAJARAN EKONOMI MATERI BANK SENTRAL EKONOMI KELAS X-I IPSSMAN JOGOROTOJOMBANG 2019/2020 Hartining Parwati
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata Pelajaran Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW.Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 77%, mengajukan pertanyaan sebesar 80%, aktif dalam diskusi sebesar 88,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 83,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 65,59 dengan ketuntasan klasikal 66%, pada siklus II rata-rata sebesar 88,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan bank sentral dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2019/2020
Perbandingan Prestasi Belajar Ilmu Tajwid Antara Siswa Yang Dari MI & SD Di Darul ‘Ulum Jombang Luluk firdausiyah Luluk
Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mmojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar adalah suatu proses sadar, terarah untuk mencapai tujuan untuk mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaqul karimah, selaras dengan tujuan ilmu tajwid yaitu menjadikan siswa fasih dan lancar membaca dan memahami Al-Qur’an sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta berakhlaqul karimah. Secara umum prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah pertama dipengaruhi oleh latar belakang peserta didik di sekolah SD/MI. Metode yang digunakan peneliti yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan analisis Uji T berpasangan (independent samples T-test). Perhitungan ini dengan SPSS versi 18, hasil dari penelitian ini bahwa T hitung > F hitung sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar ilmu tajwid antara siswa yang dari MI dan SD di Darul ‘Ulum. Bedasarkan rata-rata orientasi prestasi siswa SD lebih berprestasi dari siswa yang dari MI yaitu 81,04 – 79,96 = 1, 08

Page 1 of 1 | Total Record : 10