cover
Contact Name
Dr. Madekhan
Contact Email
madekhan@unisla.ac.id
Phone
+6285259898639
Journal Mail Official
madekhan@unisla.ac.id
Editorial Address
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/about/editorialTeam
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25031228     EISSN : 26214172     DOI : 10.30736
Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Desember" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DENGAN SETING DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 4 GRESIK Churun Choiriyah
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.492

Abstract

Meningkatkan hasil belajar matematika dalam diri siswa diperlukan beberapa strategi serta materi dalam mencapai peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalu beberapa pendekatan diantaranya pendekatan open ended dan setting discovery. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil belajar matematika meningkat atau tidaknya setelah menggunakan pendekatan open ended serta setting discovery.Hasil penelitian Penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Gresik. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada siklus I sampai siklus II yang menyebutkan adanya peningkatan hasil siswa semula nilai rata-rata pre test 60,3 dan pada post test siklus I menjadi 71,63. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,66% yang berarti bahwa ketuntasan belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 67% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula nilai ratarata pada pre test 60,3 dan post test siklus I 71,63 pada post test siklus II menjadi 86,06. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 90%, yang berarti bahwa persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 75% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E pada materi segi empat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN METODE GALLERY OF LEARNING DI KELAS IX-I SMP NEGERI 4 GRESIK ABDULLAH AL GHOZI
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.527

Abstract

Meningkatnya belajar siswa merupakan tujuan dari semua pembelajaran, minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam dapat memberikan dampak besar terhadap lingkungan, minat belajar siswa dalam pendidikan Agama Islam dapat meningkat melalui metode gallery of learning. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan terkait bagaimana meningkatkan minat belajar siswa terhapa pembelajaran PAI sehingga siswa mampu berbakti dengan orang tua secara baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi.Hasil penelitian ini Penggunaan metode Galleri of Learning mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam . hal inidappat dilihat rata-rata  nilai dari siklus I yaitu 70.78, pada siklus II rata-rata nilai yaitu 71.09 artinya ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan yang signifikan yaitu nilai rata-ratanya 85.48. Hal ini dapat dilihat selisih dari pra siklus ke siklus I sampai dengan siklus III.
THE PERCEPTION OF PARENT'S ABOUT ONLINE LEARNING USING PROCESS EVALUATION MODEL IN TEJAKULA DISTRICT Katarina Dewi Kurniawati
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.514

Abstract

tis article made to evaluate the online learning process in Tejakula sub-district using the CIPPO model. This article was created based on data obtained related to the evaluation process of parents' perceptions of the online learning process that has been implemented.
AGAMA DAN SOSIOLOGI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN M. shohibul hilmi
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.538

Abstract

Teori-teori sosiologi sudah umum diajarkan terdapat sejumlah kiprah pada kehidupan masyarakat, yaitu menjadi pembimbing & petunjuk pada kehidupan itu sendiri. Dalam Islam sendiri fungsi agama untuk mencapai kebahagiaan hayati baik di dunia & akhirat, secara rinci merupakan pemberi tuntunan mengenai arti & tujuan hayati pada dunia, kemudian agama  menaruh konsep mengenai arti & tujuan hayati, yaitu bahwa hayati itu menyembah Allah, seluruh perbuatan itu wajib dipertanggungjawabkan. Tapi agama secara sosiologis memiliki fungsi perekatan sosial, solidaritas sosial, baik sesama pemeluk agama juga sesama manusia.Rumusan perkara pada penelitian ini merupakan; 1. Bagaimana perspektif al-Qurán mengenai agama & sosial. 2. Bagaimana hubungan (korelasi) antara agama & sosiologi pada perspektif al-Qurán. Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode naratif historis. Kesimpulan pada penelitian ini merupakan; 1) Agama sebenarnya memiliki banyak sinonim dan makna. Dalam istilah bahasa Indonesia, religi digunakan untuk menyebut istilah religion (Inggris), religi (Belanda), din (Arab), dsb. Agama merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari dunia, termasuk manusia dan masyarakat. Masyarakat adalah produk manusia dan sebaliknya 2) Pada hakekatnya semua manusia yang hidup di muka bumi ini memerlukan petunjuk-petunjuk sebagai pedoman hidupnya, sehingga agama (Islam) membawa konsekuensi bagi setiap manusia untuk menuju  kebahagiaan dan menjadi kebutuhan pokok yang harus diikuti, dipatuhi, dikuasai dan diamalkan dalam kehidupan suatu hari nanti. 3) Hasil akhirnya adalah bahwa agama begitu fundamental bagi semua bentuk kehidupan manusia. Karena agama dapat membawa kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan bagi manusia, karena tujuan kita bersama adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Hadits.
RELIGIUSITAS, CINTA, dan ASPEK SOSIAL PUISI-PUISI “PERENUNGAN” SUBHAN MUHAMMAD (Sebuah ulasan nilai-nilai dalam karya sastra) Atrik Trisnowati
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.540

Abstract

Tujuan penelitian adalah menemukan aspek-aspek pembangun karya sastra utamanya puisi-puisi yang ditulis oleh Subhan Muhammad dalam bukunya yang berjudul “.....”.  Puisi adalah karya estetis yang bermakna tinggi, yang mempunyai arti dan makna melalui diksi atau pilihan kata yang digunakan oleh penyairnya sebagai media. Antara  orang  yang  satu dengan orang  lainnya memiliki penafsiran yang  berbeda-beda. Demikian pula dengan karya puisi yang ditulis oleh Muhammad Subhan, yang menurut daya penafsiran pengulas adalah hasil dari perenungan. Dan, tentu saja menurut penafsiran pengulas melalui proses parafrase puisi, Puisi-puisi yang telah digores oleh penyair bernama Subhan selalu condong kepada ketiga hal di sekitar kehidupan manusia, yakni; cinta, agama, dan sosial. Karenanya , saya memberikan judul atas tulisan ini dengan pilihan frase berikut : RELIGIUSITAS, CINTA, dan ASPEK SOSIAL PUISI-PUISI  “PERENUNGAN” SUBHAN MUHAMMAD (Sebuah ulasan nilai-nilai dalam karya sastra). Untuk selanjutnya, marilah kita berikan apresiasi terhadap karya-karya Subhan Muhammad berikut. Kita kaji dan kita kupas secara analisis agar menemukan berbagai hikmah yang bermakna dari hasil proses membaca dan bebas memberikan penafsiran terhadap puisi-puisi tersebut.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Faktor Pendorong Dan Penghambat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia Melalui Metode Snowball Throwing Di Kelas XI MIPA 5ٍ Semester Ganjil SMAN I Sukodadi Lamongan Tahun Pelajaran 2019-2020 Ta'alamal Ihsan
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2021): Desember
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rf.v10i2.562

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Faktor Pendorong Dan Penghambat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia Melalui Metode Snowball Throwing Di Kelas XI MIPA 5ٍ . Salah satu materi yang sangat kompleks membutuhkan sikap cermat, aktif, kritis, dan kreatif agar dapatnya mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran adalah pembelajaran PKN, khususnya pada kompetensi dasar Perubahan Dinamika guru dan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan mengambil sample sebanyak 32 anak. Hasil dari pelaksanaan PTK diketahui bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu: melalui Melalui Metode Snowball Throwing mampu meningkatkan siswa aktif dalam pembelajaran PPKN dan mampu meningkatkan hasil belajar Siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6