cover
Contact Name
Dr. Madekhan
Contact Email
madekhan@unisla.ac.id
Phone
+6285259898639
Journal Mail Official
madekhan@unisla.ac.id
Editorial Address
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/about/editorialTeam
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 25031228     EISSN : 26214172     DOI : 10.30736
Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019)" : 9 Documents clear
PENINGKATAN PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN QUIS GAME DI SDN SENDANGREJO I KECAMATAN LAMONGAN Puji Suprihatin
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.108

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena diperlukannya suatu metode pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran terasa lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan dalam belajar. Salah satu metode yang diperkenalkan dalam penelitian ini adalah metode permainan kuis cerdas cermat. Metode permainan kuis cerdas cermat merupakan sebuah metode ujian lisan yang singkat berupa perlombaan adu cepat menjawab pertanyaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh penggunaan metode permainan kuis cerdas cermat terhadap kemampuan siswa di kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan . Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode permainan kuis , maka pemahaman pada mata pelajaran IPS pada siswa akan meningkat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sendangrejo I Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 20 siswa sehingga penelitian ini disebut juga dengan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa angket, , Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Analisis data digunakan untuk memperoleh data tentang ketuntasan belajar perorangan dan klasikal didapatkan dari penilaian kinerja. Ketuntasan belajar perorangan didapat jika nilai/skor ³ 60 dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh jika persentase siswa yang tuntas belajar perorangan ³ 85 %. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 8 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (25%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II terdapat 20 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 20 jumlah siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal, dan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kuis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Pelajaran IPS, Question Tes
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN OPERASI BARIS ELEMENTER Nur Qomariyah Nawafilah
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.112

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu dilihat, dievaluasi, diperbaiki, bahkan ditingkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika yang telah dilakukan. Hal ini bertujuan supaya kesulitan belajar yang terjadi dan dialami siswa pada materi bahasan tertentu dapat dianalisis dan diberikan solusinya. Dengan begitu, harapannya akan terjadi perubahan perilaku dan prestasi belajar matematika yang lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi. Berdasakan hasil obesrvasi peneliti pada mata kuliah aljabar linear dan matriks diperoleh bahwa masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear menggunakan operasi baris elementer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear menggunakan operasi baris elementer beserta faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jenis kesalahan mahasiswa yang berkaitan dengan konsep sebesar 28,13%, kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan hitung sebesar 40,63%, kesalahan penulisan dan penggunaan tanda sebesar 21,88%, kesalahan dengan menjawab sembarang sebesar 25%. Faktor internal yang mempengaruhi mahasiswa melakukan kesalahan yakni: 1) kecerobohan mahasiswa; 2) minat yang kurang terhadap mata kuliah matematika; 3) kurangnya penguasaan konsep; 4) kepercayaan diri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi yakni lingkungan belajar yang bising dan pengaruh pergaulan yang salah. Kata kunci: Analisis kesalahan, Sistem persamaan linear, Operasi baris elementer
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III DI SDN SIWALANREJO Mahin Mahin
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.107

Abstract

Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan , bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan harus sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? (2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. (2) Ingin mengetahui pengaruh pembelajarankooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa pada siswa Kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi .Instrumen peneletian yang digunakan adalah angket siswa, RPP, hasil tes , lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (33%), siklus II (100%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III SDN Siwalanrejo Sukodadi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran STAD
ANALISIS KEBUTUHAN FUNGSI DAN EXPRESI BAHASA UNTUK RESEPSIONIS DI HOTEL BERBINTANG DI BALI A.A.Ngr. Yudha M. Mahardika
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan fungsi dan ekspresi bahasa yang dibutuhkan oleh seorang Penerima tamu (resepsionis) di hotel-hotel berbintang di Bali. Penelitian ini berjenis penelitian analisis kebutuhan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan. Informasi yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian diperoleh beberapa temuan (1) Fungsi-fungsi bahasa yang muncul disesuaikan dengan 4 tugas utama resepsionis yaitu sebelum kedatangan, saat kedatangan, saat tamu menginap, dan keberangkatan. Masing-masing tugas tersebut terbagi-lagi menjadi beberapa aktivitas sesuai dengan SOP. (2) Ekspresi-ekspresi berbahasa yang muncul untuk masing-masing fungsi bahasa bervariasi disesuaikan dengan karakteristik hotel serta hubungan keakraban dengan tamu. Ekspresi-ekspresi bahasa yang muncul dipergunakan secara spesifik hanya di ranah kantor depan oleh para resepsionis. Dari hasil penelitian, dibutuhkan penelitian lanjutan dalam hal pengembangan silabus dan perbaikan proses pembelajaran yang didasarkan atas hasil analisis kebutuhan. Kata Kunci: Analisis kebutuhan, Fungsi dan ekspresi bahasa, Resepsionis
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALTERNATIF Arum Ismawati
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.109

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahui adanya pengaruh media alternatif terhadap peningkatan pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa di kelas V SD Negeri Gedangan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yang berbunyi : jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media alternatif , maka pemahaman mendeskripsikan unsur cerita pada siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Angket Siswa, Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 26 jumlah siswa (50%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus II semua mengalami ketuntasan belajar perorangan yaitu 26 siswa (100%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal. Kata Kunci : Media Alternatif , Unsur Cerita
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG PROSES BELAJAR SISWA DI SDN PUTER 1 KEMBANGBAHU LAMONGAN Fathurrahman Fathurrahman; Rizky Oktaviani Putri Dewi
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.141

Abstract

Sarana prasarana pendidikan merupakan instrumen penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Oleh karenanya pengelolaan yang baik untuk dapat memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan. Sehingga pendayagunaan dan pengelolaannya meliputi perencanaan; pengadaan; pemeliharaan; inventarisasi; dan penghapusan sarana prasarana di sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Kajian ini berusaha mengungkapManajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SDN Puter 1 Kembangbahu Lamongan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tentang (1) kondisi sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Puter, (2) manajemen sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Puter, (3) hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Puter dengan kenyamanan proses belajar siswa, dan (4) hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Puter dengan prestasi siswa. Keyword: Sarana prasarana pendidikan, Proses belajar siswa
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV Ilham Ilham
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.110

Abstract

Pembelajaran pada era sekarang diharapkan dapat menghadirkan suasana baru bagi siswa-siswinya, oleh karena itu pembelajaran yang diberikan pada saat PBM berlangsung harus bisa memberikan suasana yang bisa membuat siswa-siswinya lebih termotivasi untuk belajar. Pengguinaan model pembelajaran Group Investigation ( melalui metode diskusi dan kerja kelompok ) ternyata memberikan pilihan terbaik, karena siswa lebih termotivasi,antusia dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Suasana pembelajaran lebih hidup karena siswa dapat berdiskusi memecahkan permsalahan yang diberikan oleh guru dan mengerjakan tugas dari guru secara kelompok. Pada penelitian ini subyeknya adalah siswa kelas IV SDN Siwalarejo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan sebanyak 17 siswa. Dengan menggunakan Tehnik Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Dari siklus I ke siklus II ternyata ada pengaruh yang signifikan. Pada Siklus I ketercapaian prosentase ketuntasan adalah 47% sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan maksimal yaitu 100%. Sedangkan nilai rata-rata ulangan pada siklus I adalah 61 dan pada siklus II naik menjadi 80. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan metode diskusi dan kerja kelompok dalam meningkatkan prestasi siswa. Kata Kunci : Pelajaran IPS, Group Investigation
PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA M. Ghofar Rohman; Purnomo Hadi Susilo
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.140

Abstract

Dalam proses pembelajaran peran guru bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan diakhiri dengan mengevaluasi pada peserta didiknya. proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan dua hal yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membawa peran seorang guru untuk bisa lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Pemanfaatan TIK dalam media pembelajaran diharapkan memiliki kontribusi dan inovasi yang besar pada dunia pendidikan. Adanya TIK diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajarnya didalam kelas. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara mendalam (in deep-interview), pengamatan dan studi kepustakaan. Teknik cuplikannya menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah guru di TK Muslimat NU Maslakul Huda sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Guru berperan sangat besar dalam kelangsungan pembelajaran berbasis TIK. Peran guru ini didukung pula oleh adanya fasilitas penunjang sarana dan prasarana dengan memperbanyak media pembelajaran berbasis TIK di sekolah. Kata Kunci: Guru, TIK, Media pembelajaran
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DI TK BINAAN Isti'anah Isti'anah
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/rfma.v8i1.111

Abstract

Penelitian tindakan ini dimaksudkan untuk peningkatan capaian mutu sekolah melalui supervisi klinis yang dilakukan oleh pengawas kepada guru dalam lingkup binaannya. Objek penelitian sebanyak 15 guru di TK binaan wilayah kecamatan sukodadi kabupaten Lamongan pada tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan Pengawas dalam upaya meningkatkan kemampuan guru TK melalui Supervisi klinis pengawas menunjukkan peningkatan pada tiap siklus; 2) aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek; 3) peningkatan kemampuan guru TK oleh Pengawas melalui Supervisi klinis pengawas ini menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya; 4) aktivitas pengawas menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui melalui Supervisi klinis pengawas bermanfaat dan dapat membantu guru TK untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kemampuan guru TK dapat meningkat. Keyword: Kemampuan guru, Supervisi klinis, Peningkatan capaian mutu

Page 1 of 1 | Total Record : 9