cover
Contact Name
Rivia Ramadatun Nisa
Contact Email
rivianisa32@gmail.com
Phone
+62231-322877
Journal Mail Official
editor@syntaxidea.co.id
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. D2. H1 Sumber, Cirebon
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
PENGARUH SISTEM KEUANGAN DAN KEBIJAKAN MONETER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PADA ERA ORDE BARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
ISSN : 26846853     EISSN : 2684883X     DOI : -
Core Subject : Economy,
In various literatures on the economy is divided into two sectors: the real sector which includes the service market and the market for goods, and the monetary sector which consists of the money market and the capital market (wealth). In some economic systems, the monetary (financial) flowing in a country will affect the rate of the economy. Monetary economy can be applied in a policy called monetary policy. In a conventional discussion, a monetary policy is implemented to achieve an increase in national income, to stabilize market prices, and to control the inflation rate. To achieve these macroeconomic goals, interest rates are used which is a weakness of the conventional monetary system. The subsequent use of interest rates has led to an economic crisis, even a global financial crisis, therefore there is monetary policy in the Islamic economy to reduce interest rates.It can be concluded that the influence of the financial system and monetary policy in the perspective of Islamic economics in the New Order era and Islam has its own monetary policy that is different from other economic systems. In the aspect of the goal of Islam, it does not only emphasize equilibrium between the demand and supply of money but also strives for equality with the principles of justice and brotherhood, so as to create a fair distribution of wealth and income as well. In connection with the needs of a new economic system, the Islamic monetary system offers a solution to overcome the financial crisis. [Di berbagai literature tentang ekonomi terbagi dalam dua sektor: sektor real yang mencakup pasar jasa dan pasar barang-barang, dan sektor moneter yang terdiri dari pasar uang dan pasar modal (kekayaan). Dalam sebagian sistem ekonomi, moneter (keuangan) yang mengalir di sebuah Negara akan mempengaruhi laju ekonomi. Ekonomi moneter bisa diaplikasikan dalam sebuah kebijakan yang disebut kebijakan moneter. Dalam suatu pembahasan konvensional, sebuah kebijakan moneter diJalankan untuk mencapai peningkatan pendapatan nasional, untuk menstabilkan harga pasar, dan mengontrol laju inflasi. Untuk memperoleh tujuan ekonomi makro tersebut, suku bunga digunakan di mana hal tersebut menjadi kelemahan dari sistem moneter konvensional. Penggunaan suku bunga selanjutnya sudah menyebabkan krisis ekonomi, bahkan krisis keuangan global maka dari itu adanya kebijakan moneter dalam ekonomi islam untuk mengurangi suku bunga. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh sistem keuangan dan kebijakan moneter dalam perspektif ekonomi islam pada era orde baru dan islam memiliki kebijakan moneter tersendiri yang berbeda dengan sistem ekonomi lainnya. Pada aspek tujuan Islam tidak hanya menekankan equilibrium antara permintaan dan penawaran uang akan tetapi juga mengupayakan terjadinya pemerataan dengan prinsip keadilan dan persaudaraan, sehingga tercipta distribusi kekayaan dan pendapatan secara adil pula. Berkaitan dengan kebutuhan sistem ekonomi baru, sistem moneter islam menawarkan sebuah solusi untuk mengatasi krisis keuangan.]
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea" : 30 Documents clear
Purchase Intention Pada Produk Skincare Riska, Riska; Komariah, Kokom; Jhoansyah, Dicky
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.451

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan content marketing dan brand awareness dalam membentuk purchase intention. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengembilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan menggunakan sample random sampling, dan dalam hal ini hanyalah followers instagram Dr.Metz Skincare yaitu sebanyak 350 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien kolerasi ganda, dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian, menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2 ) sebesar 0,542, hal ini diartikan bahwa pengaruh content marketing dan brand awareness dalam membentuk purchase intention sebesar 54,2%, sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil uji koefisien korelasi ganda dapat dilihat nilai R sebesar 0,736, menunjukan adanya hubungan yang kuat antara content marketing dan brand awareness dalam membentuk purchase intention. Berdasarkan hasil uji F nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara parsial content marketing (X1) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap purchase intention (Y) dan brand awareness (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap purchase intention (Y).
Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon Indriyani, Azizah; Saefulloh, Muhammad; Riono, Slamet Bambang
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.441

Abstract

Menyadari peran dan tugas berat yang diemban oleh guru, maka kinerja guru yang berkualitas sangat dibutuhkan. Fenomena di lapangan menunjukkan dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah faktor pendidikan sebagai sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan para guru dan faktor kesejahteraan sebagai sarana untuk memotivasi para guru dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini dilakukan guna mendapatkan gambaran realitas fenomena di lingkungan sekolah dasar negeri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Bagaimana pengaruh faktor tingkat pendidikan (X1) yang meliputi pendidikan guru, perilaku, kemampuan dan keterampilan guru, dan tingkat kesejahteraan guru (X2) meliputi wujud finansial dan non finansial terhadap tingkat kualitas kinerja guru sekolah dasar (Y) meliputi kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Melalui pendekatan kuantitatif, dari hasil penelitian yang mengambil sampel guru sekolah dasar negri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon menunjukkan bahwa, ternyata pengaruh faktor tingkat pendidikan guru dan tingkat kesejahteraan guru terhadap kualitas kinerja guru “besar”. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka sebagai rekomendasi dianggap perlu mengupayakan program pengembangan pendidikan guru terutama berkaitan dengan program studi lanjut lebih intensif dan berkesinambungan dengan memberikan berbagai kemudahan-kemudahan bagi guru yang akan melanjutkan pendidikannya. Sedangkan dalam konteks kesejahteran guru, ralitas masih banyaknya berbagai pembiayaan administratif yang dibebankan kepada para guru memerlukan perhatian khusus terutama berkaitan dengna upaya meminimalkan berbagai pungutan, potongan atau iuruan terhadap penghasilan / gaji guru.
Pengaruh Edukasi Farmasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Peserta Prolanis Di Puskesmas Kaliwedi Kabupaten Cirebon Rahasasti, Indri Dwi; Laeliyah, Neni
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.448

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis yang harus membutuhkan waktu pengobatan yang cukup lama sehingga mempengaruhi kepatuhan minum obat. Ketidakpatuhan dengan program terapi merupakan masalah yang besar pada pasien hipertensi. Ketidakpatuhan pasien hipertensi dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan pemahamannya mengenai tata cara pengobatan. Tujuan pemberian edukasi farmasis pada pasien hipertensi peserta Prolanis di Puskesmas Kaliwedi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan minum obat pasien hipertensi dalam menjalani pengobataanya sehingga tujuan dari terapi hipertensi dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan one group pre-test and post-test designe, pengambilan sampel menggunakan metode total sampling memperoleh responden sebanyak 50 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh edukasi farmasis terhadap pengetahuan dan kepatuhan minum obat yang signifikan dari pasien hipertensi peserta Prolanis. Dari hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p-value untuk variabel pengetahuan dan kepatuhan adalah 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan sebelum dan setelah edukasi farmasis.
Marketing Glocalization Concept Dalam Menarik Minat Beli Kalangan Bridgehead Aisha, Salsabil; Ramdan, Asep Muhamad; Jhoansyah, Dicky
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.456

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Marketing glokalisasi (X1) dan Daya tarik konten iklan (X2) restoran cepat saji terhadap minat beli kalangan Bridgehead. Dimana kalangan Bridgehead yang dimaksud pada penelitian ini adalah kalangan Mahasiswa yaitu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jenis metode penelitian pada penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan sebaran Kuisioner kepada 200 orang responden. Hasil penelitian menggambarkan bahwa melalui Uji F dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang serentak dan signifikan. Melalui Uji T dapat diketahui bahwa Marketing glokalisasi (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y). Daya tarik konten iklan berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y).
Rancang Bangun Alat Bantu Pada Pemeriksaan Ossa Pedis Proyeksi Antero-Posterior (Ap) Arianty, Dessy; ‘Ulumiyah, Ni’matul
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.442

Abstract

Alat bantu adalah alat yang digunakan untuk membantu dalam mendapatkan hasil radiografi yang optimal. Dalam pengaplikasiannya, kenyamanan pasien menjadi faktor pertimbangan yang utama. Alat bantu juga dapat memberikan citra yang lebih baik lagi. Penggunaan alat bantu ini diharapkan dapat mengurangi pengulangan pemotretan karena akan meningkatnya dosis radiasi yang diterima pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil radiografi yang lebih lebih baik dan memenuhi kriteria citra ossa pedis dengan merancang alat bantu pada pemeriksaan ossa pedis. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian rancang bangun alat bantu pada pemeriksaan ossa pedis terutama pada phalang bagian proksimal dan distalnya dengan ossa metatarsal terlihat sama. Hasil penelitian dengan menggunakan alat bantu pada pemeriksaan ossa pedis menghasilkan citra ossa pedis lebih baik dan dapat memenuhi kriteria citra ossa pedis.
Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Bidang Jasa Reynaldo, Reynaldo
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.450

Abstract

Pertumbuhan dan meningkatnya persaingan dalam dunia bisnis terutama bisnis bidang jasa membuat pelaku bisnis berupaya untuk menarik hati calon konsumen dan mempertahankan pelanggannya dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggannya. Peningkatan loyalitas pelanggan tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh dari kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada bisnis bidang jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan literature review sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepercayaan (X1) dan kepuasan (X2) dan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bagi bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan e-commerce marketplace, laundry, dan pariwisata kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Bagi bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan e-commerce marketplace dan laundry kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun pada bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan pariwisata kepuasan tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Aplikasi Placeplus Untuk Mencari Coworking Space Irawan, Aditya Putra; Paputungan, Irving Vitra; Suranto, Beni
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.439

Abstract

Pencarian coworking space kadangkala menjadi sebuah permasalahan di kalangan para penggunanya. Ada beberapa pertimbangan sampai pada akhirnya menentukan salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia. Artikel ini menyajikan penerapan Simple Additive Weighting (SAW) sebagai metode pendukung keputusan pencarian coworking space. Metode SAW akan melakukan proses perangkingan keputusan dari beberapa alternatif. Kriteria yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan yaitu kenyamanan tempat, kestrategisan lokasi, pelayanan/service, fasilitas, dan luas tempat parkir. Beberapa rekomendasi coworking space akan diurutkan berdasarkan bobot akhir yang didapat. Metode SAW ini diterapkan pada aplikasi PlacePlus yang dijalankan pada sistem operasi web. Hasil eksperimen menunjukkan Sinergi Cowork and Network Space berada pada urutan pertama coworking space yang paling direkomendasikan kepada calon pengguna.
Pengaruh Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Delta Tirta Sidoarjo Attamimi, Yasir
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Delta Tirta Sidoarjo. Alat analisis menggunakan kuisioner, pengumpulan data yang berupa uji validias dan uji reabilitas juga dilakukan uji asumsi klasik. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai signifikasi variabel disiplin kerja (X1) sebesar 0,015, Nilai signifikasi variabel kepuasan kerja (X2) sebesar 0,000 dan Nilai signifikasi variabel motivasi kerja (X3) sebesar 0,000. Dengan demikian dikarnakan uji t < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan motivasi kerja (X3) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel disiplin kerja (X1), kepuasan kerja (X2) dan motivasi kerja (X3) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y), hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian dengan uji t dimana nilai signifikansi uji t ke tiga variabel tersebut lebih kecil dari 0,05. Artinya jika variabel bebas disiplin kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan motivasi kerja (X3) ditingkatkan maka kinerja karyawan (Y) juga akan meningkat.
Analisis Web Service Quality Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Shopee (Survei Pada Pengguna Online Shop Kawaidollshop Di Sukabumi) Andira, Firani Dias; Komariah, Kokom; Norisanti, Nor
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis web service quality dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada pengguna shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah pada pengguna online shop kawaidollshop di Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif serta menggunakan teknik random sampling. Dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan pengujian model hipotesis yaitu uji secara parsial dan secara simultan. Hasil yang didapat menunjukan bahwa hasil pengujian hipotesis memperlihatkan variabel web service quality berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen dan variabel kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.
Analisis Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Rizky, Nu Putri Novia; Komariah, Kokom; Mulia, Faizal
Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea
Publisher : Syntax Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/syntax-idea.v2i7.449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas celebrity endorser dan daya tarik iklan terhadap brand awareness. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling, yakni mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang pernah melihat iklan Oppo sejumlah 100 orang. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, koefisien kolerasi ganda, dan koefisien determinasi dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan uji statistik secara parsial (uji t). Hasil penelitian menyatakan Celebrity Endorser berpengaruh positif secara parsial terhadap Brand Awareness pada Smartphone OPPO di Sukabumi. Daya Tarik Iklan berpengaruh positif secara parsial terhadap Brand Awareness pada Smartphone OPPO di Sukabumi.

Page 1 of 3 | Total Record : 30


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 5 No 11 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 10 (2023): Jurnal Syntax Idea Vol 5 No 9 (2023): Jurnal Syntax Idea Vol 5 No 8 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 7 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 6 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 5 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 4 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 3 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 2 (2023): Syntax Idea Vol 5 No 1 (2023): Syntax Idea Vol 4 No 12 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 11 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 10 (2022): Syntax idea Vol 4 No 9 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 8 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 7 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 6 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 5 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 4 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 3 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 2 (2022): Syntax Idea Vol 4 No 1 (2022): Syntax Idea Vol 3 No 12 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 11 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 10 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 9 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 7 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 6 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 5 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 4 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 3 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 2 (2021): Syntax Idea Vol 3 No 1 (2021): Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 12 (2020): Jurnal Syntax Idea Vol 2 No 11 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 11 (2020): Jurnal Syntax Idea Vol 2 No 10 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 9 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 8` (2020): Syntax Idea Vol 2 No 7 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 6 (2020): Jurnal Syntax Idea Vol 2 No 5 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 4 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 3 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 2 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 1 (2020): Syntax Idea Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 8 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 7 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 6 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 6 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 5 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 4 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 3 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Syntax Idea Vol 1 No 2 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Syntax Idea Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Syntax Idea More Issue